Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo para kawasaki ninja mania boleh gabung kan, ini saya baru beli ninja 150 s nih, saya ada beberapa pertanyaan tolong di bantu ya
1. apa benar suara blok ninja 2004 lebih kasar dari buatan taun sebelumnya( kt mekanik dealer kawasaki sih memang gitu krn piston ninja 2004 lebih besar) ?
2. saya udah 2 kali service di dealer kawasaki, kok kyknya pistonnya gak pernah dibersihin keraknya ( king saya dulu setiap service pasti kerak diatas piston dibersihin)?
1. Kalau Piston lebih besar berarti jarak piston dengan silinder semakin rapat. Seharusnya tidak kasar. Justru suara kasar kalau celah piston dan silinder besar. Coba anda panasin dulu mesinnya, kalau pada keadaan panas normal sudah ngak berisik artinya material piston sudah memuai dan kondisinya pas dengan silinder.
2. Kalau Kawasaki saya kurang tahu ya. Tapi kalau di AHASS yang namanya service biasa ya cuma karburator dan filter udara doang. Kalau bersihin kerak piston biasanya service besar.
3. Saya sih pake Oli 2T ENEOS utk NSR saya dan sampai sekarang silindernya halus ngak ada baret satupun padahal kalau ngas ngak kira-kira lho. Tapi kalau punya budget lebih pakai REPSOL Competicion juga bagus.
Handy wrote:1. Kalau Piston lebih besar berarti jarak piston dengan silinder semakin rapat. Seharusnya tidak kasar. Justru suara kasar kalau celah piston dan silinder besar. Coba anda panasin dulu mesinnya, kalau pada keadaan panas normal sudah ngak berisik artinya material piston sudah memuai dan kondisinya pas dengan silinder.
2. Kalau Kawasaki saya kurang tahu ya. Tapi kalau di AHASS yang namanya service biasa ya cuma karburator dan filter udara doang. Kalau bersihin kerak piston biasanya service besar.
3. Saya sih pake Oli 2T ENEOS utk NSR saya dan sampai sekarang silindernya halus ngak ada baret satupun padahal kalau ngas ngak kira-kira lho. Tapi kalau punya budget lebih pakai REPSOL Competicion juga bagus.
1. sama aja mas Handy, walau mesin udah panas suaranya tetap gitu juga, semalam saya tanya lagi ke mekanik kawasaki ktnya standardnya memang gitu, en katanya lagi satu-satunya cara cuma borosin oli samping. memang setelah disetting pompa olinya, suaranya halus, tetapi asapnya banyak banget. mas handy kalo oli samping diborosin bisa berpengaruh gak ke piston en bloknya?. pengalaman man handy gimana?
Kalau terlalu banyak oli samping efeknya ya kerak pada piston, trus berasap dan ada kemungkinan tarikan awal agak berat. Tapi efek positifnya yaitu piston dan silinder lebih awet karena pelumasannya cukup basah sehingga menguranggi gesekan yang berujung piston atau ring jadi aus. Kalau saya sih oli smapingnya gak terlalu besar, memang kalau pagi berasap, tapi kalau udah panas gak ada asap sama sekali.
teman2 forumer, setting pompa oli yang cocok ut ninja gimana ya?. pemakaian yang normal 1 liter oli samping bisa berapa kilo?. kalo 1 liter oli samping habisnya dicampur dengan berapa liter bensin?. tolong dibantu ya
jimmylay87 wrote:teman2 forumer, setting pompa oli yang cocok ut ninja gimana ya?. pemakaian yang normal 1 liter oli samping bisa berapa kilo?. kalo 1 liter oli samping habisnya dicampur dengan berapa liter bensin?. tolong dibantu ya
tergantung settingan juga bro... kalu motor standar 1 liter bensin 25cc oli samping .... CMIIW..
gue mo nanya lagi nih
gue rencana mo coba buka cylinder head ninja gue buat
bersihin kerak karbon.
ada yang bisa kasih tips2 kagak caranya ?
maksud gue urut2an bukanya
karena itu kan ada selang radiator segala yah
gue takut jadi gak beres sebab belum pernah hehehe...
ok deh segitu aja tolong sarannya yah please
gue tunggu
Mo buka silinder head doang apa bloknya diangkat juga ?
kalu silinder head doang rada gampang ngerjainnya, jangan lupa siapin paking atas silinder ada 2 macam (yg merah & hitam) terus paking KIS, buka busi, baut head... bersihinnya make amplas yg alus campur bensin..
Kalu mau diturunin bloknya, beli juga paking bawah blok silinder, terus juga ganti air radiator.
Kalu belum pernah buka blok lebih baik sama bengkel yg biasa buka Ninja, sangat beresiko kalu berhubungan dengan blok mesin...
bung Fadli, gue rencananya buka silinder headnya aja, gak sama bloknya, takut gak bisa pasang lagi, hehehe. bung fadli kalo buka silinderheadnya aja, slang radiatornya mau dibuka gak?, kalo dibuka, baut yang sebelah mana yang dibuka( baut yg dekat degan silinderheadnya ato baut yang dekat ke radiatornya)?.
kalo buka silinderheadnya aja, air radiator perlu dikuras gak?
sebelumnya thanks dulu ya atas informasinya
Saya mau tanya soal cylinder ninja yang banyak banget tipenya. Yang saya tau ada Super KIPS Gold, Super KIPS Silver, Hi KIPS, Super KIPS Gold PDK yang ada selangnya. Apa sih perbedaannya masing-masing dan mana yang paling bagus performancenya?
jimmylay87 wrote:bung Fadli, gue rencananya buka silinder headnya aja, gak sama bloknya, takut gak bisa pasang lagi, hehehe. bung fadli kalo buka silinderheadnya aja, slang radiatornya mau dibuka gak?, kalo dibuka, baut yang sebelah mana yang dibuka( baut yg dekat degan silinderheadnya ato baut yang dekat ke radiatornya)?.
kalo buka silinderheadnya aja, air radiator perlu dikuras gak?
sebelumnya thanks dulu ya atas informasinya
kalu buka headnya, selangnya yg di head dicopot juga dunk, baut yang dihead nya aja yg dibuka, kalu mau nguras air radiator pan ada bautnya sendiri tinggal buka ngucur deh itu air radiator ... hehe
Handy wrote:Saya mau tanya soal cylinder ninja yang banyak banget tipenya. Yang saya tau ada Super KIPS Gold, Super KIPS Silver, Hi KIPS, Super KIPS Gold PDK yang ada selangnya. Apa sih perbedaannya masing-masing dan mana yang paling bagus performancenya?
Gw juga kurang paham kalu urutan blok, cuman yang gw tau gini Super KIPS Gold atau Super KIPS Gold PDK sama aja yang ngeluarin PDK (ada tulisan PDK dideket bloknya, biasanya di pake buat Ninja R/S kalu mo ganti blok dari standar ke Super Kips... Kalu yang super KIPS Silver dipake buat Ninja RR/ZX ini blok keluaran terbaru... CMIIW
ada yang bisa nambahin...?
Last edited by fadly on Sat Feb 05, 2005 6:17, edited 1 time in total.
han^han wrote:saya mau tanya. ninja saya th 96. baru di over bost cuma ko jadi kayanya tidak ada tenaga ya (boyo gitulah). mang normal nya dioverbost begitu ya?
yang dioverbost apanya ? kalu blok Ninja setau gw ngga bisa dioverbost.. bisa dijelasin lagi permasalahannya ?
yang dioverboost bloknya. ditambain daging gitu lah katanya g juga kurang ngerti. lalu abis itu dihun/dialusin di kebon jeruk sana jawa ya nama tempatnya. udah ganti piston ama ringnya segala.
han^han wrote:yang dioverboost bloknya. ditambain daging gitu lah katanya g juga kurang ngerti. lalu abis itu dihun/dialusin di kebon jeruk sana jawa ya nama tempatnya. udah ganti piston ama ringnya segala.
Mmmm... gw pernah denger seh Ninja di tambah daging, cuma blm pernah liat, soalnya temen2 gw juga kalu bloknya udah bermasalah langsung beli blok baru tanpa di tambal lagi... (apa gw yg ketinggalan jaman yak)
soalnya dulu gw make Ninja ngga pernah ganti blok, Ninja susah di overbost bloknya beda dengan blok2 biasa, kalu spt RX-King sudah sering denger di overbost..
Kalu udah ganti semua ring/piston berarti seperti baru yaa.. butuh waktu penyesuaian blok dgn pistonnya..
Crash wrote:Wait, overboost itu maksudnya apa, sih? Masa bore-nya dikecilin?
overboost spt digedein gitu bloknya karena dinding silinder udah baret2, kompresinya bocor, jadi digedein itu lobang silindernya (sorry neh bahasanya ancur) makanya ada ukuran piston 25,50, 100 disesuaikan dengan ukuran silindernya...
Karena Ninja ngga bisa dioverbost makanya ada istilah nambah daging di silindernya (ini jg gw masih sangsi sama ketahanannya) ..
overboost spt digedein gitu bloknya karena dinding silinder udah baret2, kompresinya bocor, jadi digedein itu lobang silindernya (sorry neh bahasanya ancur) makanya ada ukuran piston 25,50, 100 disesuaikan dengan ukuran silindernya...
Karena Ninja ngga bisa dioverbost makanya ada istilah nambah daging di silindernya (ini jg gw masih sangsi sama ketahanannya) ..
yap. kalo ketahanannya emang kurang. g abis motor g diover bost tenaganya berasa banget. gak ada tarikan n boyo.
kalo digedein gitu bukannya oversize ya? mang overbost ama over size sama?
asumsi g disini over bost adalah ditambain daging di silindernya lalu baru dioversize (digedein bloknya)
Setahu gw yang namanya silinder di overboost itu paling tahan dipake setahun. Apalagi silinder ninja yang sebenarnya dibikin dgn cara coating / pelapisan bukan spt RK-King yang ada selongsongnya pasti jangka wkt pemakaian setelah di overboost ngak tahan lama.
Dari pada bingung dng overboost dan berdebat mengenai ketahanannya, mendingan ganti blok Super KIPS Ninja RR aj biar ninja lu bisa kaya Ninja Hatori
kalu motor standar 1 liter bensin 25cc oli samping
jadi normalnya 40 liter bensin, oli samping dah mesti abis yahh? bener ga? abis ninja gw perasaan dah lebih 40 liter-an tp oli samping masih banyak aja