Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya pernah membaca bahwa secara teoritis top speed mobil bisa dihitung berdasarkan kombinasi antara RPM, gear ratio, dan juga lingkar ban, apakah para sesepuh SM ada yang tau rumusnya atau kalau lebih bagus ada yg punya perhitungannya menggunakan excel, kan bagus juga buat sekedar mengetahui top speed setiap mobil walaupun hanya teoritis sajah.
Mohon bantuan para sesepuh untuk share ilmu untuk saya dan para pembaca SM
atau bila memang sudah pernah dibahas mohon ditunjukkan linknya. Thanks
kklover wrote:Saya pernah membaca bahwa secara teoritis top speed mobil bisa dihitung berdasarkan kombinasi antara RPM, gear ratio, dan juga lingkar ban, apakah para sesepuh SM ada yang tau rumusnya atau kalau lebih bagus ada yg punya perhitungannya menggunakan excel, kan bagus juga buat sekedar mengetahui top speed setiap mobil walaupun hanya teoritis sajah.
Mohon bantuan para sesepuh untuk share ilmu untuk saya dan para pembaca SM
atau bila memang sudah pernah dibahas mohon ditunjukkan linknya. Thanks
Secara teoritis sih begitu, tapi perlu diperhitungkan makin cepat mobil maka ada hambatan angin, momen inersia sendiri dari berat mobil ( efek ke selip kopling pada high speed ) dll
Secara teori misal mobil anda lari 100kpj pada gigi 5 di 3000 rpm, maka kalau mengingat teori putaran mesin sesuai putaran roda maka pada 6000 rpm dia harusnya lari 200kpj,...
Tapi tampaknya ngak sesimpel itu,... pasti ada koreksinya
dulu pas kuliah mekanika pernah kepikiran untuk menghitung hal hal seperti ini. Tapi karena setiap hub perpindahan daya (sekitar gearbox, drive shaft, differential, dll) ada power loss dan tidak diketahui berapa potensial yang hilang ditiap tiap perpindahan daya tersebut, jadi malas hitungnya
Ini hanya berdasar rpm maximum yg bisa dicapai tiap gigi, diameter ban dll
Coba aja masukin datanya
Paling tidak kalo pas ratio giginya direct (sekitar 1), umumnya disitu max.speed bisa dicapai
y_anjasrana wrote:wihh.... setelah ane coba, mirage m/t top speednya 197,67km/jam. yaa segitu cukuplah buat keliling kompleks.....
Kalo bro anjas bisa 6000 rpm waktu gigi 5 sih bisa topspeed segitu
Faktanya sih kondisi std ga mungkin gigi 5 bisa 6000 rpm ya, paling juga 5000an atau kurang bahkan
yaa pd prakteknya ga pernah sampe 6000 rpm. 3000-4000 dah cukup. klu ganti gear di rpm 4000 terasa sekali sentakannya. tp klu berdasar data di atas berarti angka 180kpj jelas dpt dicapai. nanti mlm coba ane hitung data apanja s mt yg dipakai istri.
y_anjasrana wrote:yaa pd prakteknya ga pernah sampe 6000 rpm. 3000-4000 dah cukup. klu ganti gear di rpm 4000 terasa sekali sentakannya. tp klu berdasar data di atas berarti angka 180kpj jelas dpt dicapai. nanti mlm coba ane hitung data apanja s mt yg dipakai istri.
Topik ini seingat saya sudah sering dibahas di trid2 lawas...
Cari saja dengan kata kunci: Gear Ratio atau Rasio Gigi
Atau minta tolong sama om Anjas yg akhir2 ini suka sundul trid2 jadul
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
y_anjasrana wrote:yaa pd prakteknya ga pernah sampe 6000 rpm. 3000-4000 dah cukup. klu ganti gear di rpm 4000 terasa sekali sentakannya. tp klu berdasar data di atas berarti angka 180kpj jelas dpt dicapai. nanti mlm coba ane hitung data apanja s mt yg dipakai istri.
Kendalanya, apakah torsi mesin yang tersedia mampu memutar mesin hingga redline di gigi tinggi...
Biasanya pabrikan mesin pasang gigi tertinggi untuk efisiensi BBM, bukan untuk top speed, cmiiw yah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking