Yang terhormat bapak2 di seraya motor, saya mau sharing dan sekalian ingin bertanya.
Saya sekolah di salah satu SMK di kota Medan, dan punya project untuk membuat gokart hemat energi.
MEsin yang kami gunakan adalah mesin statis yanmar L48V dengan spesifikasi 211 CC, satu silinder.
Saya ingin bertanya, modifikasi apa2 saja cara yang bisa dilakukan untuk membuat konsumsi bahan bakar dari mesin ini menjadi sangat irit ?
Transmisi bagaimana yang cocok digunakan untuk menyambungkan nya ke roda ?
Mohon bantuan dari bapak2 sekalian.
Terimakasih...
Modifikasi hemat mesin diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Modifikasi hemat mesin diesel
- Gokart khan aplikasi utk kebut2-an di sirkuit mini
- target-nya mau irit
- Sedangkan Fuel Cons sgt tergantung oleh driving style
Ini bener2 gak kena nih mas, kecuali anda mau bikin kendaraan irit BBM ala anak2 ITS yg modelnya aerodinamis dan dikemudikannya bukan utk ngejar time lap.
- target-nya mau irit
- Sedangkan Fuel Cons sgt tergantung oleh driving style
Ini bener2 gak kena nih mas, kecuali anda mau bikin kendaraan irit BBM ala anak2 ITS yg modelnya aerodinamis dan dikemudikannya bukan utk ngejar time lap.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Jan 27, 2013 18:25
Re: Modifikasi hemat mesin diesel
Iya pak...
Rencana kami mau buat mobil hemat sekali macam abg2 di ITS itu.
Tapi ini blum untuk diperlombakan pak, masi mau dicoba2 dulu.
Kebetulan kan ilmu kami belum sanggup macam abg2 itu...
hehehe...
anggaplah persoalan mengemudi nya tdak menjadi bahan pertimbangan pak.
Yang kami ingin, mendapatkan efisiensi bahan bakar yg tinggi dr mesin ini.
Mungkin ada bantuan penjelasan, apa2 yg bisa kami modifikasi dr mesin ini utk meningkatkan efisiensi bhn bakarnya...
Rencana kami mau buat mobil hemat sekali macam abg2 di ITS itu.
Tapi ini blum untuk diperlombakan pak, masi mau dicoba2 dulu.
Kebetulan kan ilmu kami belum sanggup macam abg2 itu...
hehehe...

anggaplah persoalan mengemudi nya tdak menjadi bahan pertimbangan pak.
Yang kami ingin, mendapatkan efisiensi bahan bakar yg tinggi dr mesin ini.
Mungkin ada bantuan penjelasan, apa2 yg bisa kami modifikasi dr mesin ini utk meningkatkan efisiensi bhn bakarnya...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Modifikasi hemat mesin diesel
Secara umum peningkatan efisiensi Thermal mesin Diesel adalah :wakgenk wrote: Yang kami ingin, mendapatkan efisiensi bahan bakar yg tinggi dr mesin ini.
Mungkin ada bantuan penjelasan, apa2 yg bisa kami modifikasi dr mesin ini utk meningkatkan efisiensi bhn bakarnya...
- Turbocharger (paling signifikan)
- meningkatkan tekanan Nozzle (Diesel mekanikal)
- Pengaturan timing injeksi yg tepat
- Penggunaan Nozzle yg lubang-nya lebih banyak tapi kecil2 agar pengabutan lebih sempurna, tapi ini harus didukung kualitas BBM yg baik
Utk menghasilkan kons BBM yg sgt hemat juga harus ditunjang transmisi yg tepat, nah ini perlu perhitungan mendalam utk disesuaikan dgn karakter Torsi mesin / roda & beban body / chassis
Kalo dari sisi maintenance yg bisa dilakukan = Purging
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sun Jan 27, 2013 18:25
Re: Modifikasi hemat mesin diesel
makasih banyak atas bantuannya pak.
Tapi saya masih bingung, apakah mesin diesel tipe kecil seperti ini bisa mendapat perlakuan sama seperti mesin diesel pada umumnya.
Seperti pemasangan turbocharger, apa bisa dilakukan pada mesin ini ?
Bukannya kalau masang turbocharger yang nambah itu cuman tenaganya ya pak, tp tidak untuk efisiensi bahan bakarnya ?
Apakah ada batas tekanan nozzle maksimum yang dapat dinaikkan dari tiap2 mesin ?
Saya juga ingin bertanya, cara untuk menurunkan putara mesin diesel pak.
Karena tekanan keluar dr mesin ini terlalu besar yaitu 3000 rpm, dimana kami berpikir hal ini akan sangat memboroskan BBM, juga sistem transmisi yang akan dipakai menjadi riskan bertahan untuk putaran sebesar ini.
Kalau dari sisi transmisi, terakhir kami mencoba menggunakan belt & pulley, tp tidak sanggup utk menghantarkan putaran ke mesin (belt nya slip).
Mungkin ada saran dari bapak juga utk hal ini...
Sory kalo kebanyakan pertanyaan ya pak...
Semoga gak ngeselin pak...

Tapi saya masih bingung, apakah mesin diesel tipe kecil seperti ini bisa mendapat perlakuan sama seperti mesin diesel pada umumnya.
Seperti pemasangan turbocharger, apa bisa dilakukan pada mesin ini ?
Bukannya kalau masang turbocharger yang nambah itu cuman tenaganya ya pak, tp tidak untuk efisiensi bahan bakarnya ?
Apakah ada batas tekanan nozzle maksimum yang dapat dinaikkan dari tiap2 mesin ?
Saya juga ingin bertanya, cara untuk menurunkan putara mesin diesel pak.
Karena tekanan keluar dr mesin ini terlalu besar yaitu 3000 rpm, dimana kami berpikir hal ini akan sangat memboroskan BBM, juga sistem transmisi yang akan dipakai menjadi riskan bertahan untuk putaran sebesar ini.
Kalau dari sisi transmisi, terakhir kami mencoba menggunakan belt & pulley, tp tidak sanggup utk menghantarkan putaran ke mesin (belt nya slip).
Mungkin ada saran dari bapak juga utk hal ini...
Sory kalo kebanyakan pertanyaan ya pak...
Semoga gak ngeselin pak...

