Aqua Planning

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Aqua Planning

Post by MonSTER_GTR »

Banjir sering menjadi pembicaraan orang di musim hujan saat ini. Tapi sebetulnya, banjir tak memiliki risiko menghilangkan nyawa yang besar saat kita berkendara. Justru bahaya sesungguhnya ada di aquaplanning yang jarang dibahas atau dipahami.

Secara umum aquaplanning dideskripsikan sebagai keadaan saat ban mengambang di atas genangan air sehingga tak ada kontak dengan jalan. Gejala ini begitu mudah terjadi, bahkan cukup dengan genangan air setinggi 2,5 mm saja.

Potensi bahaya kurang diwaspadai lantaran kita sering menganggap enteng air sebagai zat yang cair. Padahal sesungguhnya air memiliki sifat tak bisa ditekan alias incompressible. Ketika datang tekanan dari ban mobil dan air tak sempat dibuang keluar melalui alur ban, yang terjadi adalah air terjebak di bawah ban dan memisahkannya dari kontak ke permukaan jalan.

Saat itu terjadi, tak ba­nyak yang bisa dilakukan pengendara. Bahkan bila salah bereaksi mobil dapat meluncur tanpa terkendali dan menabrak apapun yang ada di sekitarnya.

PREVENTIF

Salah satu cara paling efektif untuk menghindar­kan diri dari gejala ini adalah tak menginjak ge­nangan air sama sekali. Namun tentu saja ini agak sulit dilakukan mengingat banyak dan tersebarnya genangan air di jalan saat hujan.

Membatasi kecepatan juga efektif mengurangi risiko aquaplanning. Meski belum ada rumus akurat untuk menghitung kecepatan maksimal sebelum terjadi aquaplanning, beberapa studi menunjukkan rata-rata hal tersebut mulai terjadi pada kecepatan 72 km/jam atau lebih.

Lantas yang tak kalah penting adalah menjaga kondisi tapak ban beserta tekanannya. Semakin tebal tapak dan semakin tepat tekanannya, maka alur ban akan makin efektif membuang air ke samping.

Bila ketiga tips tadi dilaku­kan saat hujan, maka Anda sudah mereduksi kemungkinan terjadinya aquaplanning secara signifikan.

Hal Penambah Risiko
Tanpa disadari, kita kerap melakukan hal yang mempertinggi risiko mobil kehilangan kendali ketika melewati genangan air. Apa saja yang meningkatkan kemungkinan terjadinya aquaplanning? Berikut beberapa di antaranya.

KECEPATAN TINGGI
Semakin tinggi kecepatan, semakin sebentar pula waktu yang didapat ban untuk secara efektif mengusir air dari bawahnya.

BAN AUS
Ketika tapak menipis, maka dibutuhkan waktu lebih lama bagi ban untuk membuang air. Artinya di kecepatan yang, sama risikonya lebih tinggi.

TEKANAN BAN RENDAH
Saat ban memiliki tekanan rendah, maka bagian tengah akan terangkat. Hal ini dapat mengumpulkan air lebih banyak lagi di bawah ban.

PEMAKAIAN BAN LEBAR
Ban lebar memang meningkatkan ceng­keraman saat kondisi kering. Tapi saat melewati genangan, performanya justru terbalik. Lebarnya tapak memperbesar efek tekanan permukaan dan membuat mobil mengambang lebih mudah.

BERAT MOBIL
Di tekanan ban normal, mobil yang lebih ringan akan mudah terkena aquaplanning. Tapi bila tekanan ban terlalu rendah, justru kebalikannya dan risiko akan lebih besar di mobil yang berbobot berat.

copas dari AB

cuman buat ngingetin sm'ers aja waktu lagi banjir gini :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Aqua Planning

Post by Jambangan »

nah ini bener bgt nih
aquaplanning bahaya bgt apalagi di tol kecepatan agak tinggi
ane pernah ngelewatin genangan air di tol kecepatan kira2 80 kpj gile itu setir jadi liar bgt susah buat dikendaliin
mantap bro tritnya :big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aqua Planning

Post by Turboman »

kalo di jalan tol biasanya genangan air ngumpul di bagian tepi jalan, karena dimana mana konstruksi jalan dibuat sedikit cembung agar air mengalir ke tepi dan masuk lubang drainase.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Aqua Planning

Post by MonSTER_GTR »

berarti di jalan tol aman ya, asal gak ambil jalur pinggir mod
Here Come's The Best Car - Coming soon
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Aqua Planning

Post by newrubble »

kira kira mirip 'black ice' kalo di negri 4 musim ya ...jaman sy masih di denver, colorado sy pernah otw ke stapleton airport (wkt itu naik mobil rental 1992 ford explorer) injak itu n melintir 3 rotasi n berhenti melintang pas di bahu jalan i-225 pas mau kluar ...langsung mobil kena tabrak bumper depan mobil polisi yg nasibnya sama

trus ga inget lagi ...n bangun 2 jam kemudian dah di rumah sakit ...hidung retak di hajar airbag (wkt itu cuma ada single airbag) yg nitrogen nya masih keras
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aqua Planning

Post by Turboman »

Memang sebisa mungkin hindari nerabas air dalam kecepatan tinggi, selain mobil sulit dikendalikan, siraman air ke kaca depan membuat kita gak bisa melihat apa2 walau hanya sesaat, tapi tetap berbahaya.

Yg konyol pernah waktu pas jalan ke Bandung, sewaktu di tol Cipularang ujan gede, di lajur sebelah arah berlawanan ada truk jalan cepat nerabas genangan air di tol, posisi dia di lajur paling kanan yg arah ke Sadang, ane juga di lajur paling kanan yg ke arah Bandung, siraman airnya nerpa kaca depan mobil ane en selama bbrp detik gak bisa lihat apa2 ke depan walau wiper full speed........untung aja jarak ama mobil depan jauh en staff ane yg nyetir bawa mobilnya nyantai.
* Bukan ajakan Beli *
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Aqua Planning

Post by MonSTER_GTR »

oh ya buat mod turboman, kan kalo gak salah ada kan ban khusus trobos air, itu ban tipe apa ya?

@newrubble serem amat ya, nah itu kalo orang gak ngeliat bahaya banget ya, mau pake ban apa juga kegelincir
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Aqua Planning

Post by Jambangan »

newrubble wrote:kira kira mirip 'black ice' kalo di negri 4 musim ya ...jaman sy masih di denver, colorado sy pernah otw ke stapleton airport (wkt itu naik mobil rental 1992 ford explorer) injak itu n melintir 3 rotasi n berhenti melintang pas di bahu jalan i-225 pas mau kluar ...langsung mobil kena tabrak bumper depan mobil polisi yg nasibnya sama

trus ga inget lagi ...n bangun 2 jam kemudian dah di rumah sakit ...hidung retak di hajar airbag (wkt itu cuma ada single airbag) yg nitrogen nya masih keras
om rubble, waktu itu mobilnya pake ban standar atau pake ban snow/winter??
ngeri jg ya nyetir di daerah 4 musim gitu kalo pas musim dingin jalanan jadi kyk tempat ice skating mobil. jadi pada selip semua. pernah liat videonya di TV
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Aqua Planning

Post by y_anjasrana »

taun lalu saat ujan deres di tol merak (cilegon-tangerang), atoz ane sempat menghajar genangan air di jalur kiri. saat itu pandangan ga begitu jelas, tp di kanan ada 2 mobil yg jalan terlalu pelan dgn hazard menyala. ga sempat ada gejala ban mengambang. yg ada laju mobil terhambat oleh cipratan air. mirip engine brake. stelah itu jalan biasa lg. tp muncul kendala di mesin, seperti kehilangan tenaga. mungkin krn cipratan air yg masuk ke ruang mesin. stelah istirahat bbrp jam di rest area, masalahnya hilang
Accurate V5 Accounting System Consultant
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Aqua Planning

Post by MonSTER_GTR »

@jambangan, kalo yang dilewatin es kayaknya mau ban snow atau winter gak bisa grip (kayaknya) IMHO
Here Come's The Best Car - Coming soon
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Aqua Planning

Post by fur10usx »

Turboman wrote:Memang sebisa mungkin hindari nerabas air dalam kecepatan tinggi, selain mobil sulit dikendalikan, siraman air ke kaca depan membuat kita gak bisa melihat apa2 walau hanya sesaat, tapi tetap berbahaya.

Yg konyol pernah waktu pas jalan ke Bandung, sewaktu di tol Cipularang ujan gede, di lajur sebelah arah berlawanan ada truk jalan cepat nerabas genangan air di tol, posisi dia di lajur paling kanan yg arah ke Sadang, ane juga di lajur paling kanan yg ke arah Bandung, siraman airnya nerpa kaca depan mobil ane en selama bbrp detik gak bisa lihat apa2 ke depan walau wiper full speed........untung aja jarak ama mobil depan jauh en staff ane yg nyetir bawa mobilnya nyantai.
wahh sama nih ane jg pernah ngalamin parah deh ud ga kliatan ap2 aer smua di kaca...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aqua Planning

Post by Turboman »

MonSTER_GTR wrote:oh ya buat mod turboman, kan kalo gak salah ada kan ban khusus trobos air, itu ban tipe apa ya?
Semua ban didisain utk "menyapu" air ke pinggir, kecuali slick tyres.

Gak ada ban khusus trobos air, yg ada ban khusus Winter / snow yg ada "paku2" kecilnya, ban khusus Lumpur alias M/T or Mud Terrain tyre
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Aqua Planning

Post by toonafish »

Kalo dulu saya di amrik pas high school (all boys catholic high school CCHS in pittsburgh, PA) ada diberikan pelatihan mengemudi. Jadi ada mobil khusus yang dikemudikan oleh siswa ditemani oleh instructor dengan kecepatan sedang di sebuah track khusus. Nah instructornya ada megang semacam tombol, yang pas dipencet menyebabkan mobil jadi hilang kendali seperti ketika ngelewatin black ice. Pas dipencet saya ngeliatin pada melenceng semua kanan kiri nabrak cones ga terkecuali saya. Ya intinya diajarin gitu deh biar ga kaget kalo kejadian. Paling serem tuh kalo malem2 abis hujan, di jalanan yang kiri kanan pohon. Cuman abis awhile, jadi hapal jalan2 yang kemungkinannya lebih gede ada black ice-nya. Jadi lebih hati-hati aja pas lewat. Guna jugangeliat jadwal perawatan jalan di lobby apt
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Aqua Planning

Post by kompresorz »

sebenarnya saat hujan ato jalan basah bawa mobil jgn terlalu cepat.walo mau posisi jalan tengah ato pinggir...
saya taun 2000 posisi jalan tengah tol cilandak posisi lurus tiba2 melintir nabrak besi pembatas jalan tengah ampe mobil berenti samping tembok tinggi keluar cilandak..udah pasrah aja diputar2 di dalam n masih sadar melihat...
makanya walo saya senang bawa mobil cepat kalo pas ujan lgsg pelan sekali....paling tinggi lari 120km tp sgt jarang skali..
cuma emang yang paling parah sekali air ngumpul di pinggir...krn 2 taun lalu pas bayar tol karang tengah gardu paling kiri n menuju bsd saya ambil paling kiri bahu jalan n lgsg sodok kejalur umumnya n ternyata jalannya ada sedikit ngantong air/melendung bulat kebawah tiba2 aja mobil ky ular meliuk2 tp syukur msh bisa terkendali padahal sudah hampir kena kijang kotak sebelah kanan ato besi pembatas bahu jalan padahal lari waktu itu paling 60-80 cm mang tarik cepat...ampe kijang lgsg kaget pelan
tapi syukurlah masih diberkati sampe skrg..
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Aqua Planning

Post by MonSTER_GTR »

@toonafish, berarti kalo driving school di US, ada pelatihan buat menghadapi black ice ya?
@turboman oh gitu toh, maap nih banyak tanya hhe :mky_01: :mky_01: :mky_01:
Here Come's The Best Car - Coming soon
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Aqua Planning

Post by newrubble »

Jambangan wrote:
newrubble wrote: om rubble, waktu itu mobilnya pake ban standar atau pake ban snow/winter??
ngeri jg ya nyetir di daerah 4 musim gitu kalo pas musim dingin jalanan jadi kyk tempat ice skating mobil. jadi pada selip semua. pernah liat videonya di TV
Ban pakai all seasons n itu urusan hertz krn saya sewa dr mrk ...kalo blackice tdk bisa terlihat krn tampak jernih spt anda lihat permukaan jln tdk ada lapisan es ...

Mobil kalo sdh kena blackice ...jgn dilawan arah spinning nya ikuti saja ...lepas gas nya ...kecuali mobil terbawa ke arah jurang ...cari sisi n moment yg bagus u lompat keluar

Sy sendiri saat itu sukses krn mobil tdk terbawa keluar jalan ...tapi mobil polisi yg tabrak itu gagal antisipasi
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Aqua Planning

Post by ferryset »

menurut saya supaya tidak bahaya kalau melewati genangan air, yang harus diperhatikan adalah kembang ban. kembang ban harus sama antara kiri dan kanan, tidak apa-apa kalau berbeda depan dan belakang.
kalau terjadi aquaplanning waktu kecepatan tinggi, ikutilah arah mobil, jangan menggerakan setir kearah berlawanan karena bisa menyebabkan mobil jadi melintir dan bisa menyebabkan mobil terguling. pokonya harus safety riding deh.
thanks
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.