Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
soalnya ane pernah gak sengaja/missed/gak nyadar, pasang parkingbrake pdhl posisi msh D
skitar 15 menitan
so far sih ga ada keanehan apa2, baik2 aja n no worries at all.
kalau ane bawa matic, dalam keadaan sadar ane sering pasang parkingbrake pada posisi masih D sewaktu kena trafficlight/kondisi jalanan padat merayap, karena kalau mau stop n go tinggal lepas parkingbrake trus injek pedal gas tanpa perlu pindah2 tuas persneling
gak tau deh, efeknya apaan..
soalnya ane pernah gak sengaja/missed/gak nyadar, pasang parkingbrake pdhl posisi msh D
skitar 15 menitan
so far sih ga ada keanehan apa2, baik2 aja n no worries at all.
kalau ane bawa matic, dalam keadaan sadar ane sering pasang parkingbrake pada posisi masih D sewaktu kena trafficlight/kondisi jalanan padat merayap, karena kalau mau stop n go tinggal lepas parkingbrake trus injek pedal gas tanpa perlu pindah2 tuas persneling
gak tau deh, efeknya apaan..
haha mantap itu om.
ane senang punya teman sesama dlm memperlakukan mobilnya scara "kasar" ... .... mmg seharusnya, oleh pabrikan, mobil tu dirancang dan dibikin tidak bagaikan bayi
AB1050 wrote:
kalau ane bawa matic, dalam keadaan sadar ane sering pasang parkingbrake pada posisi masih D sewaktu kena trafficlight/kondisi jalanan padat merayap, karena kalau mau stop n go tinggal lepas parkingbrake trus injek pedal gas tanpa perlu pindah2 tuas persneling
gak tau deh, efeknya apaan..
Paling BBM sedikit lebih boros dan suhu ATF sedikit lebih panas aja.
skult wrote:Penasaran nih, pas lampu merah kan pindah ke N, nah biasanya master2 di sini tarik hand brake atau tetap injek rem atau lepas aja kalau jalanan rata?
Kalo jalanannya rata sih biasanya gw tarok di N trus gak ditarik handbrake sih... Tp biar amannya sih tarik handbrake aja om..
kalo pake matic berhenti di lampu merah saya selalu posisikan ke N biar meringankan kinerja mesin. mungkin bisa lebuh hemat bbm juga, dan brake lamp gak gampang putus
jadi penasaran kalau mobil yg ada auto brake hold nya macem HRV begitu sebaiknya ke N jg ga ya? soalnya ane ga bisa ngerasain itu transmisi engage apa ngga pas auto brake hold aktif.
oiya, kalau ane selalu posisi N kalau berhenti kecuali macet yg bener bener berhentinya bentar bentar bgt. bahkan mobil yang pake DCT meski dia hrsnya disengage saat posisi berhenti pun tetep ane simpen N takutnya ga fully disengage wkwk
A/T transmission umumnya terdiri dari 3 komponen, torque converter, lock up clutch, dan girbox. Girbox ini bisa berupa sabuk baja kalo CVT, ato planetary gear dengan multiple plate wet clutch kalo konvensional. kalo DCT ane ga paham.
ATF sebaiknya OEM pabrikan aja, jangan aftermarket. ATF punya sifat2 tertentu yang harus cocok dengan girboksnya, operation temperature, dan aditif anti slip yang kompatibel dengan plat kopling. Contohnya biarpun sama-sama 4 speed A/T, tapi material plat kopling yang beda membutuhkan ATF yang beda.
Jangan sekali2, digas tinggi waktu netral trus langsung masuk ke D. Bisa rompal torque conventer, gigi dan plat koplingnya.
Terus posisi P bukan handbrake ya.., tetap Gunakan handbrake kalo di slope position, ato kalo parkir. Jangan sampe itu mobil bergerak saat P, ato pengunci di girboks bisa patah dan bikin rompal gigi transmisi.
Kalo mau drag / traffic light start, khusus mobil dengan torque converter, lebih baik masukkan di D. tahan rem, dan tekan separuh gasnnya. Saat lampu ijo, bersamaan lepas gas dan tekan gas dalam-dalam. Gw sering begini di Captiva ane dan launch sangat keras tapi smooth, plus nice wheel spin :-). Beda dengan kalo gasing transmisi manual, kadang tersentak sentak, dan yang jelas bikin umur plat kopling ga lama.
silentIm2 wrote:ane sih bukan engineer, jadi CMIIW yaa.
A/T transmission umumnya terdiri dari 3 komponen, torque converter, lock up clutch, dan girbox. Girbox ini bisa berupa sabuk baja kalo CVT, ato planetary gear dengan multiple plate wet clutch kalo konvensional. kalo DCT ane ga paham.
ATF sebaiknya OEM pabrikan aja, jangan aftermarket. ATF punya sifat2 tertentu yang harus cocok dengan girboksnya, operation temperature, dan aditif anti slip yang kompatibel dengan plat kopling. Contohnya biarpun sama-sama 4 speed A/T, tapi material plat kopling yang beda membutuhkan ATF yang beda.
Jangan sekali2, digas tinggi waktu netral trus langsung masuk ke D. Bisa rompal torque conventer, gigi dan plat koplingnya.
Terus posisi P bukan handbrake ya.., tetap Gunakan handbrake kalo di slope position, ato kalo parkir. Jangan sampe itu mobil bergerak saat P, ato pengunci di girboks bisa patah dan bikin rompal gigi transmisi.
Kalo mau drag / traffic light start, khusus mobil dengan torque converter, lebih baik masukkan di D. tahan rem, dan tekan separuh gasnnya. Saat lampu ijo, bersamaan lepas gas dan tekan gas dalam-dalam. Gw sering begini di Captiva ane dan launch sangat keras tapi smooth, plus nice wheel spin :-). Beda dengan kalo gasing transmisi manual, kadang tersentak sentak, dan yang jelas bikin umur plat kopling ga lama.
ricz wrote:
Kalo jalanannya rata sih biasanya gw tarok di N trus gak ditarik handbrake sih... Tp biar amannya sih tarik handbrake aja om..
Cmiiw
katanya-katanya, kalau kita di parkiran (ngadem lama nunggu bini belanja), baiknya kalau mesin nyala jangan di P tapi malah bagusnya pindahin aja ke N terus di footbrake/handbrake, karena katanya waktu di P sirkulasi atf nggak ngalir buat ngedinginin transmisi. cmiiw
Turboman wrote:
Saya juga saat macet berhenti total selalu pindah ke N, yg penting asal saat pindah D ke N or sebaliknya rem diinjak penuh.
Pengamatan via OBD2 reader (i-Trax) : saat berhenti tetap di D atau pindah ke N, suhu ATF lebih rendah jika kita pindah ke N, juga engine load lebih rendah yg berarti kons BBM lebih sedikit.
Jika tetap di D suhu ATF pelan2 akan naik. Ini hasil pengamatan saya dgn iTrax di D4 D Matic saya
*Bukan sales i-Trax*
Turboman wrote:
Paling BBM sedikit lebih boros dan suhu ATF sedikit lebih panas aja.
Ngobrolin suhu ATF, kok di pengamatan saya suhu ATF hampir sama dengan engine temp ya? apa semua mobil begitu om Turbo??
berikut pengamatan saya
klo lg kencang main manual paksa pindah gigi lebih rendah tp kadang kagak mau pindah...klo honda malah indikator lampu giginya kedip2 tp balik lg gigi semula...n seandainya maupun rpm hampir redline...
entah benar tidaknya...saya anggap sekali2 transmisi ikut italian tune up..tp syukurlah awet aja...
baruhut wrote:Klo udah sampe tujuan baiknya matiin mesin dulu terus pindahin ke P apa pindahin ke P trs matiin mesin?
Prosedur normalnya P dulu baru matiin mesin bro. Tapi harusnya sih reliability matic skrg ud bagus jadi kalo dilakukan tidak sesuai prosedur normal juga belum tentu akan rusak.
Sekedar tambahan. Garasi saya agak nanjak.
Biasanya saya posisi N. Trus tarik rem tangan. Lepas kaki dari rem. Kalau mobil sdh diam. Pindahin ke P. Lalu matikan mesin.
Tujuan spy rem yg nahAn beban mobil. Bukan gearbox.
Kalo berkendara mobil matic di jalan menurun atau sehabis kecepatan tinggi,saya sering memindahkan tuas matic ke posisi N untuk meringankan kerja mesin dan mengurangi FC
Nah kebiasaan saya (tuas di N jalan turunan) apakah dapat merusak transmisi matic??dan apakah memindahkan tuas ke N tiap 'lampu merah' itu jg mengurangi umur transmisi??
jalananDOHC wrote:Kalo berkendara mobil matic di jalan menurun atau sehabis kecepatan tinggi,saya sering memindahkan tuas matic ke posisi N untuk meringankan kerja mesin dan mengurangi FC
Nah kebiasaan saya (tuas di N jalan turunan) apakah dapat merusak transmisi matic??dan apakah memindahkan tuas ke N tiap 'lampu merah' itu jg mengurangi umur transmisi??
Pake D aja hampir ngga ada engine brake, N tambah ngeloyor kalo diturunan. Yang aman justru dimatikan overdrivenya atau diturunin satu gigi dari D biar dapet efek engine brake. Ini untuk yang sistem gear, saya belum pernah punya CVT. Untuk yang jalan lurus mending ditahan di D kalo jalan, karena kalo di N oli ngga sirkulasi penuh seinget saya. Posisi N kan torque converter lepas dan pressure oli turun. Tolong dikoreksi kalo saya salah. Ini sama kaya derek mobil matik kenceng, ngga dianjurkan.
jalananDOHC wrote:Kalo berkendara mobil matic di jalan menurun atau sehabis kecepatan tinggi,saya sering memindahkan tuas matic ke posisi N untuk meringankan kerja mesin dan mengurangi FC
Nah kebiasaan saya (tuas di N jalan turunan) apakah dapat merusak transmisi matic??dan apakah memindahkan tuas ke N tiap 'lampu merah' itu jg mengurangi umur transmisi??
Setau saya cara itu malah merusak. Sama aja kaya aturan mobil matic klo mogok ga boleh ditarik/derek.
Nah klo pindah ke N pas lampu merah sih aman apalagi klo kira2 msh lama ijonya. Kaki juga ga pegel nahan rem.
jalananDOHC wrote:Kalo berkendara mobil matic di jalan menurun atau sehabis kecepatan tinggi,saya sering memindahkan tuas matic ke posisi N untuk meringankan kerja mesin dan mengurangi FC
Nah kebiasaan saya (tuas di N jalan turunan) apakah dapat merusak transmisi matic??dan apakah memindahkan tuas ke N tiap 'lampu merah' itu jg mengurangi umur transmisi??
Setau saya cara itu malah merusak. Sama aja kaya aturan mobil matic klo mogok ga boleh ditarik/derek.
Nah klo pindah ke N pas lampu merah sih aman apalagi klo kira2 msh lama ijonya. Kaki juga ga pegel nahan rem.
netral saat turun tanjakan tidak apa apa asal mesinnya menyala. oli tetap sirkulasi kok selama mesin berputar.
aku kalau di lampu merah pake N trs injek rem trus kalo jalanan tdk rata. apakah itu bisa merusak. kalo misalnya aku rem tangan soalnya pas mau turunin lagi berat akibatnya diklakson mobil blkg hehehe
Sent from my GT-I9300 using Tapatalk
Last edited by cresentmoon on Fri Nov 20, 2015 4:43, edited 3 times in total.