aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
klo ada yg msh ingin bahas2, disini aja yak. drpd di QM
termasuk klo ada yg ingin bahas policy2/sistem pengaturan lain sehubungan pembatasan kendaraan utk mengurangi kemacetan di Jkt.
silaken
termasuk klo ada yg ingin bahas policy2/sistem pengaturan lain sehubungan pembatasan kendaraan utk mengurangi kemacetan di Jkt.
silaken
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Apakah ini peraturan mencontoh seperti di China sana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Solusinya punya 2 mobil yang satu plat nomor ganjil dan satunya genap. Kalau sudah seperti ini apanya yang mengurangi kemacetan? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Hmm, mudah-mudahan bisa terlaksana deh biar bisa agak mengurangi kemacetan
Kebiasaan pemerintah kan gitu cuma ngomong doang tapi ga terlaksana
btw siap2 pake busway lagi nih
Kebiasaan pemerintah kan gitu cuma ngomong doang tapi ga terlaksana
btw siap2 pake busway lagi nih

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
sy jadi ingat di solo dulu. ..becak. ..yg warna putih utk operasional malam. ..yg warna hijau, biru untuk operaional pagi hingga sore
atau spore. ..plaat nopol yg diawali huruf S untuk pemakaian tiap hari u mobil penumpang. ..begitu pula untuk mobil beban yg nopol nya berawalan G (goods atau barang) ...sementara mobil tua saya cuma dapat jatah jalan 200 hari per tahun kalender
mobil lain ada yg hanya boleh jalan weekend, sunday n public holidays
atau spore. ..plaat nopol yg diawali huruf S untuk pemakaian tiap hari u mobil penumpang. ..begitu pula untuk mobil beban yg nopol nya berawalan G (goods atau barang) ...sementara mobil tua saya cuma dapat jatah jalan 200 hari per tahun kalender
mobil lain ada yg hanya boleh jalan weekend, sunday n public holidays
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Hari senin dan jumat mmg macet kesetanan .. padahal ga ada apa2 ...
jumat kemarin dari rumah (seberang mall sunter) cuma ke skul st. paulus jemput anak (blkg RS Hermina) jam 11 siang .. balik kerumah .. trus jalan ke MGK .. total 1,5jam!!!! udah gila padetnya nih jalanan .. padahal jaraknya cuma sejengkal semua .. kalo jalan kosong plg cuma 15 menit u/ mobilitas hari jumat tsb.
coba deh pengen tau bener bisa jalan apa kaga nih aturannya, semoga jalanan hari jumat bisa sedikit lebih lenggang dg plat ganjil genap
jumat kemarin dari rumah (seberang mall sunter) cuma ke skul st. paulus jemput anak (blkg RS Hermina) jam 11 siang .. balik kerumah .. trus jalan ke MGK .. total 1,5jam!!!! udah gila padetnya nih jalanan .. padahal jaraknya cuma sejengkal semua .. kalo jalan kosong plg cuma 15 menit u/ mobilitas hari jumat tsb.
coba deh pengen tau bener bisa jalan apa kaga nih aturannya, semoga jalanan hari jumat bisa sedikit lebih lenggang dg plat ganjil genap
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
buang2 waktu bikin aturan yang ga bakal bisa diterapkan, bagaimana mau kontrol? jokowi kelamaan di solo..kalo becak bisa diganjil genap atau diwarnain..kalo mobil udah lebih dari 5 juta unit, gimana mau ngaturnya?
tinggal naikin harga bbm aja, ke harga pasar, kok susah bener.
tinggal naikin harga bbm aja, ke harga pasar, kok susah bener.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Buruk muka cermin dibelah.... Yang bermobil, sudah pada taat tidak mengkorup lajur TransJakarta? Yang bermobil sudah tidak mengkorup lajur bahu jalan tol? Dua hal sepele itu aja deh, ngga usah muluk2 ke arah ketaatan kecepatan mengemudi.. Sudah pa blom? Kok ngrasa kendaraan pribadi (mobil) yang paling ditindas padahal paling seneng banget menindas lajur TransJakarta dan lajur bahu jalan? Teriak2 public transport, tapi kok makin banyak yang seenak perutnya rampas lajur TransJakarta dengan dalih MACET....? Semua juga ngrasa macet lah...
Benahi disiplin diri sendiri.
Tahan diri untuk tidak mengkorup lajur TransJakarta, biar public transport juga punya kesempatan MEMBUKTIKAN sendiri bahwa naik public transport bisa terbebas dari macet.
Berani mengaku salah bahwa sudah mengkorup lajur busway, sangat terpuji. Lebih terpuji lagi kalau tidak mau memakai lajur busway dengan kendaraan pribadi...
Berani ga?

Benahi disiplin diri sendiri.
Tahan diri untuk tidak mengkorup lajur TransJakarta, biar public transport juga punya kesempatan MEMBUKTIKAN sendiri bahwa naik public transport bisa terbebas dari macet.
Berani mengaku salah bahwa sudah mengkorup lajur busway, sangat terpuji. Lebih terpuji lagi kalau tidak mau memakai lajur busway dengan kendaraan pribadi...
Berani ga?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
ruas jalan tanpa yg ga ada jalur busway juga sudah padat bro ... bukan masalah ambil jalur busway apa tidak lagi ini nih... mmg kendaraan yg mmg sudah melampaui kemampuan ruas jalan jkt ... over capacity sdgkan ruas jalan sudah tidak memadai dan ga bisa di tambah, satu2nya cara ya mmg mengurangi jumlah kendaraan beredar pada waktu bersamaan.VanzMatic wrote:Buruk muka cermin dibelah.... Yang bermobil, sudah pada taat tidak mengkorup lajur TransJakarta? Yang bermobil sudah tidak mengkorup lajur bahu jalan tol? Dua hal sepele itu aja deh, ngga usah muluk2 ke arah ketaatan kecepatan mengemudi.. Sudah pa blom? Kok ngrasa kendaraan pribadi (mobil) yang paling ditindas padahal paling seneng banget menindas lajur TransJakarta dan lajur bahu jalan? Teriak2 public transport, tapi kok makin banyak yang seenak perutnya rampas lajur TransJakarta dengan dalih MACET....? Semua juga ngrasa macet lah...
Benahi disiplin diri sendiri.
Tahan diri untuk tidak mengkorup lajur TransJakarta, biar public transport juga punya kesempatan MEMBUKTIKAN sendiri bahwa naik public transport bisa terbebas dari macet.
Berani mengaku salah bahwa sudah mengkorup lajur busway, sangat terpuji. Lebih terpuji lagi kalau tidak mau memakai lajur busway dengan kendaraan pribadi...
Berani ga?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Motor kena gak ya
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
sama bro... kena juga tuh motor ...nugroho bagor wrote:Motor kena gak ya
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
bakal rumit ngontrolnya nih..
di satu sisi pemerintah/pemda mau ngurangin jumlah mobil tapi di sisi lain bakal ada kebijakan buat mobil murah yang akan memicu daya beli masyarakat dan pastinya bikin tambah macet..
di satu sisi pemerintah/pemda mau ngurangin jumlah mobil tapi di sisi lain bakal ada kebijakan buat mobil murah yang akan memicu daya beli masyarakat dan pastinya bikin tambah macet..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Jun 28, 2007 2:26
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
IMO ini kebijakan yg kurang tepat utk di sini. Kenapa mencontoh di luar sana sdgkn sikon di sini tdk sama?
Infrastruktur masih kurang, tata tertib lalu lintas? Ketersediaan angkutan umum yg layak?
Gimana org yg punya kendaraan 1 buat operasional Sehari-hari? Kurir delivery? Org yg nginep hotel semalam, dst dst, apa iya bisa efektif kebijakan tsb? Paling di lapangan bakal di terabas rame2 Kyk jalur bussway
Infrastruktur masih kurang, tata tertib lalu lintas? Ketersediaan angkutan umum yg layak?
Gimana org yg punya kendaraan 1 buat operasional Sehari-hari? Kurir delivery? Org yg nginep hotel semalam, dst dst, apa iya bisa efektif kebijakan tsb? Paling di lapangan bakal di terabas rame2 Kyk jalur bussway
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Bukan kesitu sih maksud saya...maxx wrote:ruas jalan tanpa yg ga ada jalur busway juga sudah padat bro ... bukan masalah ambil jalur busway apa tidak lagi ini nih... mmg kendaraan yg mmg sudah melampaui kemampuan ruas jalan jkt ... over capacity sdgkan ruas jalan sudah tidak memadai dan ga bisa di tambah, satu2nya cara ya mmg mengurangi jumlah kendaraan beredar pada waktu bersamaan.VanzMatic wrote:Buruk muka cermin dibelah.... Yang bermobil, sudah pada taat tidak mengkorup lajur TransJakarta? Yang bermobil sudah tidak mengkorup lajur bahu jalan tol? Dua hal sepele itu aja deh, ngga usah muluk2 ke arah ketaatan kecepatan mengemudi.. Sudah pa blom? Kok ngrasa kendaraan pribadi (mobil) yang paling ditindas padahal paling seneng banget menindas lajur TransJakarta dan lajur bahu jalan? Teriak2 public transport, tapi kok makin banyak yang seenak perutnya rampas lajur TransJakarta dengan dalih MACET....? Semua juga ngrasa macet lah...
Benahi disiplin diri sendiri.
Tahan diri untuk tidak mengkorup lajur TransJakarta, biar public transport juga punya kesempatan MEMBUKTIKAN sendiri bahwa naik public transport bisa terbebas dari macet.
Berani mengaku salah bahwa sudah mengkorup lajur busway, sangat terpuji. Lebih terpuji lagi kalau tidak mau memakai lajur busway dengan kendaraan pribadi...
Berani ga?
Hanya geli aja, kalo sampe ada yang menganggap kendaraan pribadi yng didiskriminasi...teriak2 public transport..
Padahal, kendaraan pribadi yang paling demen menindas hak pemakai jasa TransJakarta.
Kalau depan udah stuck, ane juga engga mau menzholimi hak pemakai jasa TJ. Biar kata engga gerak sekalipun.
Tapi, lihat kan, bagaimana sukacita nya para kendaraan plat item dari segala strata jenis merampas hak penumpang TJ?
Dimana konsistensinya?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Hahahaha saya pribadi sih ga pernah masuk jalur Trans Jakarta kecuali emang disuruh sama pak pulisi. Yang bikin eneg itu transportasi umumnya aja masih belum bener. Istilahnya masih dalem proses dibenerin, udah mau batesin kendaraan pribadi kayak gini... itu mah kecepetan namanya.
Kalo yang kerjanya jadi kurir motor jadi musti gmana ini ngadepin plat ganjil genap? Yang ada bisnis2 online yang ngadelin kurir pada engap2an ini... buntut2nya harga barang2 naek lagi....
Tadinya saya dukung Jokow n Ahok, tapi makin ke sini liat kebijakannya kok goblog amat... Dari UMP sekarang plat ganjil genap...Tujuannya mau fix macet atau mau bikin inflasi gila2an seh?
Katanya pengusaha tapi kok otaknya kek ga nyampe....
Kalo mau bener2 ga macet, ya udah buruan itu angkutan umum yang kerjanya ngetem ga jelas ditindak yang bener... Saya rasa sebagai pengguna mobil di Jakarta, warga SM sini udah tau kan seberapa parah kontribusi angkutan kurang ajar ini yang bikin macet parah.....
Kalo yang kerjanya jadi kurir motor jadi musti gmana ini ngadepin plat ganjil genap? Yang ada bisnis2 online yang ngadelin kurir pada engap2an ini... buntut2nya harga barang2 naek lagi....
Tadinya saya dukung Jokow n Ahok, tapi makin ke sini liat kebijakannya kok goblog amat... Dari UMP sekarang plat ganjil genap...Tujuannya mau fix macet atau mau bikin inflasi gila2an seh?

Kalo mau bener2 ga macet, ya udah buruan itu angkutan umum yang kerjanya ngetem ga jelas ditindak yang bener... Saya rasa sebagai pengguna mobil di Jakarta, warga SM sini udah tau kan seberapa parah kontribusi angkutan kurang ajar ini yang bikin macet parah.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
wah lumayan dilema jg..mana mobil saya semua genap..jadi mulai taun depan mau saya jual aja 1 persatu tiap taun trs sekalian ganti model baru sekalian beli plat nomor genap ganjil..
walo untung udah tinggal di bsd tapi masih bnyk urusan di jakarta..
jadi lahan tambahan buat polisi bikin tambah buncit perutnya
walo untung udah tinggal di bsd tapi masih bnyk urusan di jakarta..
jadi lahan tambahan buat polisi bikin tambah buncit perutnya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
saya setuju dengan yang ane bold, memang jumlah kendaraan yang terlalu banyak juga memiliki andil tapi yang paling besar menyumbang kemacetan ya itu angkot/kendaraan umum yang sesukanya berhenti naik/turun penumpang, ngetem nungguin penumpang.lava85 wrote:Hahahaha saya pribadi sih ga pernah masuk jalur Trans Jakarta kecuali emang disuruh sama pak pulisi. Yang bikin eneg itu transportasi umumnya aja masih belum bener. Istilahnya masih dalem proses dibenerin, udah mau batesin kendaraan pribadi kayak gini... itu mah kecepetan namanya.
Kalo yang kerjanya jadi kurir motor jadi musti gmana ini ngadepin plat ganjil genap? Yang ada bisnis2 online yang ngadelin kurir pada engap2an ini... buntut2nya harga barang2 naek lagi....
Tadinya saya dukung Jokow n Ahok, tapi makin ke sini liat kebijakannya kok goblog amat... Dari UMP sekarang plat ganjil genap...Tujuannya mau fix macet atau mau bikin inflasi gila2an seh?Katanya pengusaha tapi kok otaknya kek ga nyampe....
Kalo mau bener2 ga macet, ya udah buruan itu angkutan umum yang kerjanya ngetem ga jelas ditindak yang bener... Saya rasa sebagai pengguna mobil di Jakarta, warga SM sini udah tau kan seberapa parah kontribusi angkutan kurang ajar ini yang bikin macet parah.....
kalo para angkot cuman boleh berhenti di halte dan cuman beberapa menit (gak boleh ngetem), saya rasa gak kan semacet sekarang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
org indo itu cara berpikirnya paternalistik ...intinya ikut pattern atau pola yg ada / existing
yg namanya perubahan / change ... hal apapun ... topik apapun ...selalu disikap dgn rasa kuatir
kalo ada yg ingat 4 tahun lalu ...pedagang pasar tanah abang blok A, B, C mau dipindah ke tempat yg lbh nyaman n ber AC begitu hebat resistensinya ...ada acara kebakaran (entah sengaja / accident) ...ada water cannon nyembur ...ada batu terlontar
untungnya skrg tempat mrk yg baru sudah ber AC (saya lupa namanya krn tdk pernah ke sana) harga kiosk yg mrk tempat sdh berlipat lipat lbh mahal dari saat mrk di blok A, B, C dulu
coba tanya ke bbrp dari mrk skrg ...apa masih ada yg mau balik lagi spt dulu? silakan tafsirkan sendiri kira kira apa jwb mrk
disini saya yg masih baru, masih belajar banyak ...bukan u mendebat tapi cuma usul agar :
"biarkan dulu proposal ganjil genap ini jadi lbh jelas"
macet jalanan ini problem bersama ...bukan issue kendaraan pribadi vs kendaraan umum ...semua menderita, semua buang waktu ...toh siapapun pemimpinnya ...dengan atau tanpa ahok ...mrk juga punya keluarga ...yg pasti juga terimbas bila formula ganjil genap ini dijalankan seperti apa yg dikuatirkan kita semua
jalan keluar pasti perlu pengorbanan ...tanpa meng-anakemaskan strata sosial tertentu
siapapun yg merasa terimbas atas jalan keluarnya (dgn melihat org lain begitu beruntung)...toh punya sense of survival
yg namanya perubahan / change ... hal apapun ... topik apapun ...selalu disikap dgn rasa kuatir
kalo ada yg ingat 4 tahun lalu ...pedagang pasar tanah abang blok A, B, C mau dipindah ke tempat yg lbh nyaman n ber AC begitu hebat resistensinya ...ada acara kebakaran (entah sengaja / accident) ...ada water cannon nyembur ...ada batu terlontar
untungnya skrg tempat mrk yg baru sudah ber AC (saya lupa namanya krn tdk pernah ke sana) harga kiosk yg mrk tempat sdh berlipat lipat lbh mahal dari saat mrk di blok A, B, C dulu
coba tanya ke bbrp dari mrk skrg ...apa masih ada yg mau balik lagi spt dulu? silakan tafsirkan sendiri kira kira apa jwb mrk
disini saya yg masih baru, masih belajar banyak ...bukan u mendebat tapi cuma usul agar :
"biarkan dulu proposal ganjil genap ini jadi lbh jelas"
macet jalanan ini problem bersama ...bukan issue kendaraan pribadi vs kendaraan umum ...semua menderita, semua buang waktu ...toh siapapun pemimpinnya ...dengan atau tanpa ahok ...mrk juga punya keluarga ...yg pasti juga terimbas bila formula ganjil genap ini dijalankan seperti apa yg dikuatirkan kita semua
jalan keluar pasti perlu pengorbanan ...tanpa meng-anakemaskan strata sosial tertentu
siapapun yg merasa terimbas atas jalan keluarnya (dgn melihat org lain begitu beruntung)...toh punya sense of survival
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Yah simplenya saja lah... Kalo emang angkutan umum di Jakarta ini sudah Aman dan nyaman siapa sih yg mau naek kendaraan pribadi? Mahal bok bensin + perawatannya lom macetnya yang bikin mumet kesal dan emosi
Sudah lupakah kalian dengan kasus pemerkosaan dan pembunuhan + perampokan di angkot ? Udah lupa sama kasus taksi yang ternyata supirnya juga perampok? Udah lupa sama copet di Bus & kereta?
Belom lagi itu Transjakarta saya pernah naek kalo jam pulang kerja. Sumpek, penuh dan bau asem sama sekali ga ada nyaman2nya. Mau masuk bus aja itu dorong2an kaya mau rebutan sembako... Saya sempet baca juga ada yang sampe jarinya putus kejepit pintu busway....
Kalo saya pribadi mah ke kantor malah jalan kaki, ga keimbas apa2 sama sekali dengan aturan ini. Yang konyol kan sanak kluarga laenya terutama yang wanita... Kalo memang perubahan yang diusung bagus saya rasa kita juga ga akan berpikiran kritis seperti sekarang ini tokh CMIIW IMHO

Sudah lupakah kalian dengan kasus pemerkosaan dan pembunuhan + perampokan di angkot ? Udah lupa sama kasus taksi yang ternyata supirnya juga perampok? Udah lupa sama copet di Bus & kereta?
Belom lagi itu Transjakarta saya pernah naek kalo jam pulang kerja. Sumpek, penuh dan bau asem sama sekali ga ada nyaman2nya. Mau masuk bus aja itu dorong2an kaya mau rebutan sembako... Saya sempet baca juga ada yang sampe jarinya putus kejepit pintu busway....
Kalo saya pribadi mah ke kantor malah jalan kaki, ga keimbas apa2 sama sekali dengan aturan ini. Yang konyol kan sanak kluarga laenya terutama yang wanita... Kalo memang perubahan yang diusung bagus saya rasa kita juga ga akan berpikiran kritis seperti sekarang ini tokh CMIIW IMHO

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
"Ikut pola nenek moyang" lebih kurang begitulah...newrubble wrote:org indo itu cara berpikirnya paternalistik ...intinya ikut pattern atau pola yg ada / existing
yg namanya perubahan / change ... hal apapun ... topik apapun ...selalu disikap dgn rasa kuatir
kalo ada yg ingat 4 tahun lalu ...pedagang pasar tanah abang blok A, B, C mau dipindah ke tempat yg lbh nyaman n ber AC begitu hebat resistensinya ...ada acara kebakaran (entah sengaja / accident) ...ada water cannon nyembur ...ada batu terlontar
untungnya skrg tempat mrk yg baru sudah ber AC (saya lupa namanya krn tdk pernah ke sana) harga kiosk yg mrk tempat sdh berlipat lipat lbh mahal dari saat mrk di blok A, B, C dulu
coba tanya ke bbrp dari mrk skrg ...apa masih ada yg mau balik lagi spt dulu? silakan tafsirkan sendiri kira kira apa jwb mrk
disini saya yg masih baru, masih belajar banyak ...bukan u mendebat tapi cuma usul agar :
"biarkan dulu proposal ganjil genap ini jadi lbh jelas"
macet jalanan ini problem bersama ...bukan issue kendaraan pribadi vs kendaraan umum ...semua menderita, semua buang waktu ...toh siapapun pemimpinnya ...dengan atau tanpa ahok ...mrk juga punya keluarga ...yg pasti juga terimbas bila formula ganjil genap ini dijalankan seperti apa yg dikuatirkan kita semua
jalan keluar pasti perlu pengorbanan ...tanpa meng-anakemaskan strata sosial tertentu
siapapun yg merasa terimbas atas jalan keluarnya (dgn melihat org lain begitu beruntung)...toh punya sense of survival
1. Dulu nda ada aturan pake helm juga nda apa apa...
2. Dulu nda ada aturan Automatic Headlamp On untuk motor juga udah keliatan , karena sinar matahari sudah cukup terang, en lampu nyala bikin boros accu.
3. Dulu nda pake sabuk pengaman, kalo kecelakaan pas bejo ya nda mati juga..
Nanti apa lagi?
1. Dulu naik turun bus dimana aja bisa, kok harus ke halte?
2. Dulu buang sampah aja ngga diresehin, kok sekarng pake didenda?
3. Dulu truk dan bus nda perlu nyalain lampu juga udah keliatan, mosok truk aja ampe nda keliatan?
4. Dulu angkot ngetem aja nggapapa, kok sekarang maen gusur?
5. Dulu naek busway, kereta, rebutan en dorong dorongan aja tetep ngga dapet, apalagi disuru antri...?
Apa mau gitu gitu aja?
Setuju untuk suhu Rubble..!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
mobil gua genap semua neh 88 338 502 158 338
kudu beli yang ganjil dah gara2 si jokowe 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
soal pro kontra, ane cuma berharap aturan yg baru ini bisa membuat jakarta lebih lancar. biarkan jalan dulu. ane ga mau berburuk sangka dulu. biarkan duet gub n wagub bekerja. lebih baik keluar aturan yg aneh2 daripada ga kondisi jakarta dibiarkan ancur2an seperti periode sebelomnya. mudah2an aja program perbaikan di bidang transportasinya juga berjalan mulus.
btw aturan ganjil genap ini melihat angka belakangnya aja khan? atau ada aturan yg lain? lalu areanya dimana aja ya? mohon infonya. soalnya udah siap2 ganti mobil nih...
btw aturan ganjil genap ini melihat angka belakangnya aja khan? atau ada aturan yg lain? lalu areanya dimana aja ya? mohon infonya. soalnya udah siap2 ganti mobil nih...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
untungnya ane bukan pengendara kek gitu om valVanzMatic wrote:Buruk muka cermin dibelah.... Yang bermobil, sudah pada taat tidak mengkorup lajur TransJakarta? Yang bermobil sudah tidak mengkorup lajur bahu jalan tol? Dua hal sepele itu aja deh, ngga usah muluk2 ke arah ketaatan kecepatan mengemudi.. Sudah pa blom? Kok ngrasa kendaraan pribadi (mobil) yang paling ditindas padahal paling seneng banget menindas lajur TransJakarta dan lajur bahu jalan? Teriak2 public transport, tapi kok makin banyak yang seenak perutnya rampas lajur TransJakarta dengan dalih MACET....? Semua juga ngrasa macet lah...
Benahi disiplin diri sendiri.
Tahan diri untuk tidak mengkorup lajur TransJakarta, biar public transport juga punya kesempatan MEMBUKTIKAN sendiri bahwa naik public transport bisa terbebas dari macet.
Berani mengaku salah bahwa sudah mengkorup lajur busway, sangat terpuji. Lebih terpuji lagi kalau tidak mau memakai lajur busway dengan kendaraan pribadi...
Berani ga?

Ga pernah ane yg namanya masuk jalur busway
Kecuali yg ga ada separatornya ya

Itupun jarang bgt cuma kalo mau muter arah doang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
yep setuju bgt bro. Harus ada peraturan yg aneh2 untuk mengurangi kemacetan. Tapi ya itu harus bisa terlaksana. Pemerintah jgn omdoy_anjasrana wrote:soal pro kontra, ane cuma berharap aturan yg baru ini bisa membuat jakarta lebih lancar. biarkan jalan dulu. ane ga mau berburuk sangka dulu. biarkan duet gub n wagub bekerja. lebih baik keluar aturan yg aneh2 daripada ga kondisi jakarta dibiarkan ancur2an seperti periode sebelomnya. mudah2an aja program perbaikan di bidang transportasinya juga berjalan mulus.
btw aturan ganjil genap ini melihat angka belakangnya aja khan? atau ada aturan yg lain? lalu areanya dimana aja ya? mohon infonya. soalnya udah siap2 ganti mobil nih...

@iwang
Wah harus genti nopol nih keknya om

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Menurut saya gpp dicoba dulu dengan batasan2 misalnya :
1. Tidak berlaku bagi kendaraan2 ber plat daerah yang masuk ke jkt krn hal penting ( kalau orang dari jateng mau ke sumatra dengan membelah jakarta masak gak dikasih jalan. Urusan Kematian, Ke Bandara soeta, dan tentu saja kendaraan sembako)
2. Tidak berlaku bagi kendaraan yang bergegas ke RS (ini yg susah ngontrolnya )
3. sebaiknya untuk jam2 tertentu saja.
Susah juga ya.. mau gak mau harus jabotabek.. bukan DKI saja.. soalnya kepala sama2 B susah ngontrolnya kalau tidak jabotabek sekalian..
Tapi memang kemacetan jakarta sudah bikin eneg.. ruas sepanjang 1 km misalnya diisi 90 an kendaraan yg rata2 isinya hanya satu or dua orang saja..
padahal dengan orang sebanyak itu hanya butuh 2 bus trans jakarta hehehe...
1. Tidak berlaku bagi kendaraan2 ber plat daerah yang masuk ke jkt krn hal penting ( kalau orang dari jateng mau ke sumatra dengan membelah jakarta masak gak dikasih jalan. Urusan Kematian, Ke Bandara soeta, dan tentu saja kendaraan sembako)
2. Tidak berlaku bagi kendaraan yang bergegas ke RS (ini yg susah ngontrolnya )
3. sebaiknya untuk jam2 tertentu saja.
Susah juga ya.. mau gak mau harus jabotabek.. bukan DKI saja.. soalnya kepala sama2 B susah ngontrolnya kalau tidak jabotabek sekalian..
Tapi memang kemacetan jakarta sudah bikin eneg.. ruas sepanjang 1 km misalnya diisi 90 an kendaraan yg rata2 isinya hanya satu or dua orang saja..
padahal dengan orang sebanyak itu hanya butuh 2 bus trans jakarta hehehe...
Lagi nginjek rem..