406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

puskas wrote:
asudarsono wrote:Nah khan, mau ngebut juga khan.

Kalau Peugeot 406, port and polish maupun piggyback gak efek karena dari sononya udah bagus. Makanya Peugeot dioprek sampai rada ekstrim masih mampu minum premium.

Kuncinya di DOHCnya, kalau tensioner timing beltnya udah lemah tenaga langsung drop. Maka kalau ganti timing belt harus ganti tensionernya. Kalau gak antar cam gak sinkron.

Kedua, Peugeot kalau minumnya premium dan gak pernah ngebut suka numpuk kerak di silindernya. Dikasih carbon clean sampai asap knalpotnya gak hitam, bisa 3 botol itu.

Kalau segitu belum kenceng, namanya suka ngebut beneran.
hehe, kadang2 aja suka tergoda ngebut om. btw, di jalanan pantura sih mobil sehat aja gak cukup, nyali juga harus cukup, mengingat bis dan truk2 besarnya agak sinting di jalanan.

back to topic, karena di kota kecil saya, bengkel non resmi yg setara koh enggin (profesor mercy dari bandung)..dan profesor pug (yg ini saya belum tau siapa), tidak tersedia, untuk problem2 yg sulit, mobil mana yg baik buat dipiara duluan? (saya sebut "duluan", karena rencananya kalo ada rejeki taun depan mau ambil yg satunya lagi). sebagai transisi dari kebiasaan miara mobil jepun muda ke mobil eropa. (saya miara genmek, papanjah, dan engkel canter, umur semuanya masih balita).

*pertanyaan intinya yg dibold om.

Ingin ngebut coba Shell Super 95, bedanya gila abis. Karakter mesin langsung smooth, super responsif & ringan tarikan ala Pug aslinya keluar semua. Tp ngapain PnP & piggyback kalau cuma dipaksa minum yg "kepepet" itu?

Copas dr webnya, Piggyback $2000-2500 excl. ongkir, menurut Australia naik HP & torque dgn catatan minumnya oktan >95. Ditulis jelas kenapa bisa naik timingnya krn di optimalkan utk oktan bagus, nah giliran diberi 88 pasti kacau pembakarannya

406MT sih udah cukup di pantura, akselerasi di 70 ke 140kpj buat mendahului ringan sekali pakai Super95.
Kotanya seberapa kecil, tp kalau spesialis 2 merk ini gada menurut hemat saya aga ribet ya.

Kesimpulan:
Cari yg PR nya nol, entah 300E atau 406.
KM rendah barang simpanan harga tinggi lebih terjamin.
KM tinggi taun tua jg boleh asal empunya the have & sudah ngerjain PR-nya (langka sih yg beginian)
Jujur pada diri sendiri , berani beli jauh diatas harga pasaran apabila memang barang sangat terawat.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by asudarsono »

Di Cirebon ada bengkel Edi Tajudin dan Rio untuk peugeot. Di Bandung ada banyak sekali bengkel Peugeot dan Citroen (bengkel Citroen biasanya bisa pegang Peugeot).

Yang mana dulu yg dipinang? Gini aja cari aja dua2nya, mana yg duluan dapat ya itu yg dibeli.
Ready to Race
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

Memang berburu boil kondisi mint itu butuh tenaga ekstra. Sering juga showroom kawakan punya boil simpanan yg kondisi super mint, km super rendah & harga dipatok di atas pasaran.
Kasus terjelek untuk Peugeot, bengkel resmi tidak temasuk mahal, jasa & harga parts ori sekelas H**** Accor*. Sedang bengkel resmi Mercedes mintanya jauh di atas itu untuk jasa & harga parts ori.
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

Megalontong wrote:Memang berburu boil kondisi mint itu butuh tenaga ekstra. Sering juga showroom kawakan punya boil simpanan yg kondisi super mint, km super rendah & harga dipatok di atas pasaran.
Kasus terjelek untuk Peugeot, bengkel resmi tidak temasuk mahal, jasa & harga parts ori sekelas H**** Accor*. Sedang bengkel resmi Mercedes mintanya jauh di atas itu untuk jasa & harga parts ori.
berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.
siluman knalpot
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by andy1800 »

Tulll...lbh baik muka Badak drpd muka Kucing, malu2 nampak lucu di awal tp bs menyesal kemudian.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by iwang »

300E sportline aja..ngapain 406..:D :D :D
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

puskas wrote:
Megalontong wrote:Memang berburu boil kondisi mint itu butuh tenaga ekstra. Sering juga showroom kawakan punya boil simpanan yg kondisi super mint, km super rendah & harga dipatok di atas pasaran.
Kasus terjelek untuk Peugeot, bengkel resmi tidak temasuk mahal, jasa & harga parts ori sekelas H**** Accor*. Sedang bengkel resmi Mercedes mintanya jauh di atas itu untuk jasa & harga parts ori.
berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.

mau mint kok minta murah sih Bang? peugeot murah biasanya acak adul kondisinya , sorry ya biasanya empunya ngga punya duit utk ngerawat.



iwang wrote:300E sportline aja..ngapain 406..:D :D :D

Tergantung dompet juga sih, 406 kan mobil enak murah taun baru cc-kecil.
Berapa PKB 300E sharing dong? klo pejot cuma 1.7jt ke atas (ntah udah naik blm)
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by asudarsono »

iwang wrote:300E sportline aja..ngapain 406..:D :D :D
Keruk terus .......
Ready to Race
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

ujung2nya ntar beli Honda deh :wkkk:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Nightster Guy »

puskas wrote:berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.
ada 3 garis besar nasib mercedes di indo:

1) yg msh di pemilik pertama, yg mostly orkay/okl.. kondisi ini yg terbaik, skaligus termahal, skaligus langka, tp ada aja kok aplg populasi w124 byk bener di indo.

2) yg udah pindah2 tangan tp tetep di kalangan pehobi/komunitas/temen2nya yg jg ngerti.. kondisi kedua terbaik dibanding #1.

3) yg udah pindah2 tangan, pindah ke tangan org yg 'social climber' alias mo naikin stratanya, parahnya, duitnya biasanya cekak atau kultur miara jepangannya kental banget..

unit di mereka ini biasanya hancur, HINDARIN.. para social climber ini mostly CULTURAL SHOCK saat mesti miara mercedes buat naikin derajatnya.. tetep aja mereka cari bengkel murah non spesialis mercy, akal2an kek miara jepangan, ganjel sana-sini. akibatnya, mobil cm beres sementara, besok2 tambah parah, ujung2nya dijual ke org yg social climber jg yg cari mobil mewah murah, makin hancur.


udah kenyang ngeliat mercy ancur saat bbrp taun lalu nyambi jd hunter w123/w124 di sini buat dikirim ke daerah asal ane, buat temen2 social climber di daerah..

:mky_03:

jgn sampe mercy tipe ke 3 ini jatuh di tangan anda bro.. cape ati, cape waktu, cape tenaga ngebenahinnya, uda sgt byk kjadian yg desperate di tgh jln miara mercy/eropa, akirnya mobil cm jd hiasan garasi/njogrok lumutan di bengkel. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

Megalontong wrote:ujung2nya ntar beli Honda deh :wkkk:
hehe..justru duitnya hasil jual honda om, masa dibeliin honda lagi, makruh itu hukumnya :D
siluman knalpot
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

Nightster Guy wrote:
puskas wrote:berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.
ada 3 garis besar nasib mercedes di indo:

1) yg msh di pemilik pertama, yg mostly orkay/okl.. kondisi ini yg terbaik, skaligus termahal, skaligus langka, tp ada aja kok aplg populasi w124 byk bener di indo.

2) yg udah pindah2 tangan tp tetep di kalangan pehobi/komunitas/temen2nya yg jg ngerti.. kondisi kedua terbaik dibanding #1.

3) yg udah pindah2 tangan, pindah ke tangan org yg 'social climber' alias mo naikin stratanya, parahnya, duitnya biasanya cekak atau kultur miara jepangannya kental banget..

unit di mereka ini biasanya hancur, HINDARIN.. para social climber ini mostly CULTURAL SHOCK saat mesti miara mercedes buat naikin derajatnya.. tetep aja mereka cari bengkel murah non spesialis mercy, akal2an kek miara jepangan, ganjel sana-sini. akibatnya, mobil cm beres sementara, besok2 tambah parah, ujung2nya dijual ke org yg social climber jg yg cari mobil mewah murah, makin hancur.


udah kenyang ngeliat mercy ancur saat bbrp taun lalu nyambi jd hunter w123/w124 di sini buat dikirim ke daerah asal ane, buat temen2 social climber di daerah..

:mky_03:

jgn sampe mercy tipe ke 3 ini jatuh di tangan anda bro.. cape ati, cape waktu, cape tenaga ngebenahinnya, uda sgt byk kjadian yg desperate di tgh jln miara mercy/eropa, akirnya mobil cm jd hiasan garasi/njogrok lumutan di bengkel. :)
tadi pagi saya TD yg jenis pertama om, pemiliknya kayaknya lagi ngetest saya layak meminangnya atau ngga :) kerawat banget, dan saya kayaknya harus siap2 budget 2x lipatnya..hadoohhh...#tepokjidatsampejenong. harus mecahin celengan babi nih..
siluman knalpot
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

iwang wrote:300E sportline aja..ngapain 406..:D :D :D
hehe..sportline buat mengunjungi calon mertua, 406 buat melipir ke kost mahasiswi..#ah..sudahlah..
siluman knalpot
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Risol1 »

kalo ane mah ambil W124 gak pake mikir lagi hehehe....
406 muka dan dalemannya lebih cakep (lebih modern), tapi rasanya sih jauh enakan E class, apalagi kalo bisa dapetin yg E320 (70 jt juga kayaknya dapet nih yg thn2 93/94), tapi memang musti restorasi lagi sedikit :mrgreen:
W124 rasanya berat tapi mantaff dan lengket.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

Nightster Guy wrote:
puskas wrote:berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.
ada 3 garis besar nasib mercedes di indo:

1) yg msh di pemilik pertama, yg mostly orkay/okl.. kondisi ini yg terbaik, skaligus termahal, skaligus langka, tp ada aja kok aplg populasi w124 byk bener di indo.

2) yg udah pindah2 tangan tp tetep di kalangan pehobi/komunitas/temen2nya yg jg ngerti.. kondisi kedua terbaik dibanding #1.

3) yg udah pindah2 tangan, pindah ke tangan org yg 'social climber' alias mo naikin stratanya, parahnya, duitnya biasanya cekak atau kultur miara jepangannya kental banget..

unit di mereka ini biasanya hancur, HINDARIN.. para social climber ini mostly CULTURAL SHOCK saat mesti miara mercedes buat naikin derajatnya.. tetep aja mereka cari bengkel murah non spesialis mercy, akal2an kek miara jepangan, ganjel sana-sini. akibatnya, mobil cm beres sementara, besok2 tambah parah, ujung2nya dijual ke org yg social climber jg yg cari mobil mewah murah, makin hancur.


udah kenyang ngeliat mercy ancur saat bbrp taun lalu nyambi jd hunter w123/w124 di sini buat dikirim ke daerah asal ane, buat temen2 social climber di daerah..

:mky_03:

jgn sampe mercy tipe ke 3 ini jatuh di tangan anda bro.. cape ati, cape waktu, cape tenaga ngebenahinnya, uda sgt byk kjadian yg desperate di tgh jln miara mercy/eropa, akirnya mobil cm jd hiasan garasi/njogrok lumutan di bengkel. :)


Paling parah golongan 3. Yg duit mepet tapi maksa pakai Eropa. Ada glitches bukannya di diagnose & dibenerin, malah main jumper2an.

Risol1 wrote:kalo ane mah ambil W124 gak pake mikir lagi hehehe....
406 muka dan dalemannya lebih cakep (lebih modern), tapi rasanya sih jauh enakan E class, apalagi kalo bisa dapetin yg E320 (70 jt juga kayaknya dapet nih yg thn2 93/94), tapi memang musti restorasi lagi sedikit :mrgreen:
W124 rasanya berat tapi mantaff dan lengket.

Dua2nya ngga punya problem nikasil , komponen vital plastik & elektrik super sensitif. Amannnnn!
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by iwang »

Image

dipilih dipilih..ada yang atepnya sambungan juga tuh :mky_01:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

Citarasa babe kental sekali.

Info PKB kebetulan ketemu:
Mercedes boxer 300E W124 3000 cc BEN 1987 1,200,000
Mercedes boxer 300E W124 3000 cc BEN 1989 1,665,000

Peugeot 406 2000 cc BEN 2001 2,578,000
Yg D8 97 kisaran 1.7jt
405 STI dibawah itu
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Nightster Guy »

iwang wrote:Image

dipilih dipilih..ada yang atepnya sambungan juga tuh :mky_01:
yg unit plg depan, mercedes young timer aka semi klasik plus vkool 40 = PERFECT COMBO !! :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Das Beste oder nichts.
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

iwang wrote:Image

dipilih dipilih..ada yang atepnya sambungan juga tuh :mky_01:

ya alloohh...#glek

udah konfirm ke menteri keuangan di rumah, budgetnya dinaikin dan pilihan pertama jatuh ke 300e.

*ambil topeng badak buat TD 300e
siluman knalpot
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by asudarsono »

Sip sip, good luck
Ready to Race
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

asudarsono wrote:Sip sip, good luck

makasih om.

*sambil nabung ngumpet2 buat ambil 406 taun depan :D
siluman knalpot
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Megalontong »

boxer punya Turbo Diesel?
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by Abu2 »

Nightster Guy wrote:
puskas wrote:berarti fokus saya sekarang bermuka badak test drive mobil orang :) sampe ketemu yg mint, sukur2 harganya murah.
ada 3 garis besar nasib mercedes di indo:

1) yg msh di pemilik pertama, yg mostly orkay/okl.. kondisi ini yg terbaik, skaligus termahal, skaligus langka, tp ada aja kok aplg populasi w124 byk bener di indo.

2) yg udah pindah2 tangan tp tetep di kalangan pehobi/komunitas/temen2nya yg jg ngerti.. kondisi kedua terbaik dibanding #1.

3) yg udah pindah2 tangan, pindah ke tangan org yg 'social climber' alias mo naikin stratanya, parahnya, duitnya biasanya cekak atau kultur miara jepangannya kental banget..

unit di mereka ini biasanya hancur, HINDARIN.. para social climber ini mostly CULTURAL SHOCK saat mesti miara mercedes buat naikin derajatnya.. tetep aja mereka cari bengkel murah non spesialis mercy, akal2an kek miara jepangan, ganjel sana-sini. akibatnya, mobil cm beres sementara, besok2 tambah parah, ujung2nya dijual ke org yg social climber jg yg cari mobil mewah murah, makin hancur.


udah kenyang ngeliat mercy ancur saat bbrp taun lalu nyambi jd hunter w123/w124 di sini buat dikirim ke daerah asal ane, buat temen2 social climber di daerah..

:mky_03:

jgn sampe mercy tipe ke 3 ini jatuh di tangan anda bro.. cape ati, cape waktu, cape tenaga ngebenahinnya, uda sgt byk kjadian yg desperate di tgh jln miara mercy/eropa, akirnya mobil cm jd hiasan garasi/njogrok lumutan di bengkel. :)
bang En-Ji ini, jika urusan piara memiara , paling jago deh..... :frm_salut:
:ngacir:
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by puskas »

Gak terasa udah 5 tahun sejak pertama bikin trit disini, 300e saya sekarang pensiun, karena pernah menjadi mobil kesayangan mendiang emak saya, sekarang menjadi benda memorabilia.
siluman knalpot
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: 406 atau 300e? mohon saran buat mobil kedua.

Post by arfyano »

gmn om kesan2 nya pake w124 selama 5 tahun ini? total duit udah habis berapa bwt restorasi nya om? hehehe.. bwt pengalaman teman2 SM yg mau miara w124, heheje