Ya, bung Szli, sepertinya karena ketika Serena (C24) dan X-Trail lahir, Nissan sedang dalam keadaan 'perang' melawan cost (menutup banyak sekali pabrik yg tidak efisien, merumahkan banyak karyawan dan mengurangi jumlah supplier yang terlalu banyak - seperti Anda bisa lihat pada Ghosn's first 3-year plan di bawah ini)
- The first plan, the 3-year Nissan Revival Plan, announced in 1999, was completed AHEAD of schedule, in April 2001. It rescued the company and wiped out $ 22 BILLION of debt, and returned Nissan to profit.
- The second 3-year plan is called Nissan '180'. The digit '1' in 180 refers to one million extra sales, the '8' is an 8 percent profit margin and the '0/zero' is the total removal of debt. The plan has now gone ahead of plan and Nissan now enjoys not an eight percent margin but 11.1 percent!
Pasar yang pertama dibenahi adalah pasar Jepang, dan baru pada tahap 3-year plan yang kedua (hingga kini) Nissan meningkatkan target penjualan dengan memperkenalkan model2nya ke pasar2 yang sebelumnya belum diberi model tersebut (case with C24 in Indo and X-Trail in Canada).
Tapi Nissan memang berencana mengganti seluruh line-upnya dengan segera, seperti telah dimulai dengan diperkenalkannya 6 model baru sekaligus (Tiida, Latio, Fuga, Murano, Note, Lafesta) and they have only begun. Dalam 1-2 tahun ke depan akan lebih banyak lagi model baru diperkenalkan sehingga seluruh line-upnya menjadi fresh offering.
Btw, yang aku tahu X-Trail memang sudah di-facelift sudah cukup lama di Jepang dan Eropa, kalau tidak salah awal tahun ini, tepat 3 tahun setelah peluncurannya di tahun 2001. Tahun 2006 kita akan melihat X-Trail baru..
