Minerva adalah motor produksi dalam negeri. Mesinnya berbasis Honda GL Series, untuk X-Road 150s yg mirip dgn GL Pro 145cc. Mengingat dominasi pabrikan Jepang yg sangat kuat, Minerva harus punya nilai lebih untuk bisa bersaing. Dalam hal ini yg ditonjolkan adalah desain bodynya, dulu pertama keluar model sport yg bodynya mencopy CBR 150 lama, setelah sukses kemudian coba bikin desain sendiri yg juga bisa diterima pasar. Sebagai diversifikasi produk, melihat pasar motor sport naked yg berkembang, Minerva akhirnya mengeluarkan X-Road 150s.
Dari desain, motor ini sudah cukup bagus, berbeda dari motor2 yg sekarang ada di pasaran, apalagi mengingat ini motor produksi sini. Kelemahan utamanya menurut saya adalah pada mesinnya. Bukan rahasia lagi kalo mesin motor2 seperti Minerva, Viar dll motor sini itu masih belum bisa menyaingi motor Jepang. Sama kasusnya kayak motor Cina beberapa waktu lalu, di putaran tinggi getaran mesin sudah sangat mengganggu. Jadi dlm kondisi standar, tampangnya memang keren tapi begitu diajak balapan dgn bebek jepang, udah ngos-ngosan. Minerva sendiri sudah melakukan beberapa perbaikan untuk mengatasi hal ini spt memberikan balancer pada mesin.
Untunglah basis mesin Minerva sama seperti Honda GL series, jadi bukan hal yg sulit untuk meningkatkan performa mesinnya. Tinggal cari bengkel yg mumpuni, dgn sedikit modifikasi & tuning, motor Minerva sudah bisa ngacir. Lebih mak nyus lagi kalo beberapa komponen vital diganti pake punya Honda, motor lebih awet & ngacir.
Sekarang bro termasuk biker yg mana? Kalo lebih mengutamakan penampilan drpd performa, boleh ambil X-Road ini. Kalo bro lebih memprioritaskan performa drpd status motor (baru/bekas), suka turing luar kota, mending beli motor jepang second seperti Vixion, dgn 15 juta udah dapet yg tahun 2009, bener2 worth it utk harga segitu.

Motor ini udah injeksi, jadi perawatannya gampang. Sasis deltabox yg stabil, mesin 4 klep berpendingin cairan plus kualitas yamaha.
Tapi kalo memang udah kepincut dgn tampang X-Road, suka betot gas & turing kemana-mana, ya harus rela keluar dana lagi utk bikin X-Road ini bisa bejaban dgn motor Jepang. Motor2 Minerva terdahulu biasanya kruk asnya diganti punya Honda plus dibalans ulang biar center & gak getar, saluran masuk-keluar diporting-polished, karbu diganti, penyesuaian sitting klep, udah enak larinya. Kalo memungkinkan, test drive aja dulu, rasakan bagaimana handlingnya, koplingnya, getaran mesinnya di putaran tinggi, mungkin sudah ada perbaikan pada model ini.