Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Nightster Guy »

Turboman wrote:Buat yg demen model agak boxy

- CUT -

yg udah pasti sih
Image
Yg mesin 2.8 CRD kalo dah meluncur di Tol susah dikejar...................

- CUT -
Kurang BOXY.. Ini baru bener2 BOXY.. :big_weee:

Image

Image

Wrangler, Defender, G Klasse.. Triumvirat SUV SEJATI yang tersisa.. Biar si mbak tamba pusingggg............ :big_peace:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Abu2 »

:e-think: :e-think: sempat binun, mengapa disini para pakar begitu serius, penjelasan dengan detail panjang lebar lengkap dengan gambar,
ditambah pulak si Pak Nightser Gay yang berapi2 semangat '74 mengurai penjelasan dengan deskripsi dan gambar...

mantap...mantappp :frm_tumbright:

lanjutkan perjuanganmu, eh penjelasanmu pak NG....

nubie ijin nyimak sambil nyonyot teh kotak aje :e-whistle:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Abu2 »

valentina_oye wrote: Thanks ya Pak Nightster Guy
Ini koleksi gambarnya banyak, pasti banyak ikut klub2 otomotif. Itu mobilnya Holden ya? Keren juga ya, cuman lebih keren Toyota hardtop yang sebelumnya....

mbak Valentina
abang saya yang satu itu bukan hanya ikut Klub otomotip, tp doi juga sebagai dewan penasihat, dan pembina di berbagai Klub , baik yg oto maupun non-oto....

referensi dan wawasannya susah digambarkan dengan kata2 dah.... :frm_salut: :frm_salut:
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by vote42ner »

Abu2 wrote:
valentina_oye wrote: Thanks ya Pak Nightster Guy
Ini koleksi gambarnya banyak, pasti banyak ikut klub2 otomotif. Itu mobilnya Holden ya? Keren juga ya, cuman lebih keren Toyota hardtop yang sebelumnya....

mbak Valentina
abang saya yang satu itu bukan hanya ikut Klub otomotip, tp doi juga sebagai dewan penasihat, dan pembina di berbagai Klub , baik yg oto maupun non-oto....

referensi dan wawasannya susah digambarkan dengan kata2 dah.... :frm_salut: :frm_salut:
saya menunggu laporan dari wan abu saja...inget inget ane ya wan kalo perjuangannya udah selesai... :mky_01: :mky_01: :big_slap: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Turboman »

Bang NG khan spesialis aktivitas subuh yah kayaknya......waktunya bang NG di QM : 24.00 - 02.00.........waktunya uka uka :ngacir: :ngacir: :ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by Abu2 »

kayaknya siabang bentar lg nongol deh...
ane bobok dulu dehh, drpd di cekek ntar............
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by ZombiEE »

Abu2 wrote:kayaknya siabang bentar lg nongol deh...
ane bobok dulu dehh, drpd di cekek ntar............
abang mana main cekek2 nih??? :evil: :evil:
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by uchychan »

Akhirnyaa ada jg yg buka posting ttg ini..
\(ˆ▽ˆ)/ -(ˆ▽ˆ)- \(ˆ▽ˆ)/ thanks ya sis udh posting duluan en congrats posting'a sukses besar byk msukan...!! "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
Sblmnya sy jg mau nanya" bginian cmn b'hub sy lg sibuk2nya usaha n mudik jdnya diulur2 trus.
Finally,thanks very much buat rekan/mods2 udh jabarin apa yg ane cari" akhirnya solved jga dsini..
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by valentina_oye »

SUV2 kotak kayak diatas cakep2 tapi mahal banget ya....klo yang pake gitu udah pasti mapan coz ga mungkin punya mobil itu aja....mudahan aja suatu saat punya....yang kw jg gpp
uchychan wrote:Akhirnyaa ada jg yg buka posting ttg ini..
\(ˆ▽ˆ)/ -(ˆ▽ˆ)- \(ˆ▽ˆ)/ thanks ya sis udh posting duluan en congrats posting'a sukses besar byk msukan...!! "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
Sblmnya sy jg mau nanya" bginian cmn b'hub sy lg sibuk2nya usaha n mudik jdnya diulur2 trus.
Finally,thanks very much buat rekan/mods2 udh jabarin apa yg ane cari" akhirnya solved jga dsini..
Sama2 belajar Pak, saya masih awam banget.....
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by VanzMatic »

valentina_oye wrote:SUV2 kotak kayak diatas cakep2 tapi mahal banget ya....klo yang pake gitu udah pasti mapan coz ga mungkin punya mobil itu aja....mudahan aja suatu saat punya....yang kw jg gpp

-cut-
Yang boxy kan ngga perlu mahal...
Tuh di halaman sebelumnya juga ada kan...

Nih lagi...
Image

Image

Image

Yang rada membumi..
Image

Balik menyimak ah..
:ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by akulemu »

Om turbo, pernah denger HKS direst deposit emoval diesel? untuk orang yang udah pake shell perlu ga? KM saya 10.000 udah modif ampe 200 hp, awal beli pernah 3-4x isi biosolar
Cars have soul.
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Tanya tentang Diesel, Turbo, istilah2 lainnya

Post by ferryset »

Turboman wrote:
valentina_oye wrote:Kebetulan tadi malem pas maen ke tempt temen ada koleksi majalah tentang otomotif. Iseng baca kok isinya menarik juga ya. Terutama yang berhubungan SUV n truck diesel. Cuman bingung banget ama istilah-istilahnya, kebanyakan (sepertinya) berhubungan dengan mesin. Mau nanya donk, yang di bawah ini artinya apa n gimana cara kerjanya, maklum masih awam tentang mobil. Liat wikipedia juga ga membantu, bahasanya terlalu teknis.
1. Commonrail diesel
2. Cara kerja turbo, jenis2nya
3. Intercooler
4. Direct injection
5. Turbolag
6. VGT
7. Piggyback
8. VNT (pada Fortuner)
9. Ladder Frame
Mohon pencerahannya, kalau bisa dengan contoh mobilnya donk.
Seandainya aja harganya ga mahal, tertarik banget buat punya, mudah2an suatu saat kebeli...
:thanks:
bahasa simple-nya :

1. Ini sistem injeksi bahan bakar spt sistem injection di mesin bensin, jadi ada tabung yg menghubungkan 4 Injector (tuk mobil 4 Cyl), dan ada pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb. Buka tutup katup pada injector dikontrol oleh komputer mesin. Bedanya pada sistem Commonrail tekanan pompa utk memampatkan BBM ke tabung tsb amat sangat jauh lebih besar drpd sistem di mesin bensin.

Common = Umum / Sama / rail = Rel (tabung yg dimaksud), jadi semua injector mendapatkan tekanan yg sama.

2. Turbo adalah pompa spt pompa air, bedanya kalo pompa air digerakkan oleh motor listrik dan memompa air, ini digerakkan oleh aliran gas buang mesin utk memompa udara di jalur intake, jadi ada 2 kipas itu di situ, kipas di jalur knalpot yg digerakkan oleh aliran gas buang dan kipas di jalur intake utk memompa udara. Kedua kipas dihubungkan oleh sebuah as.

3. Alat utk mendinginkan udara yg lewat, biasanya diterapkan pada mesin turbo dimana udara yg dipadatkan oleh Turbo (pompa) itu menjadi lebih panas, kemudian didinginkan kembali oleh Intercooler. kenapa udara dingin ? Udara dingin lebih padat maka dengan demikian kandungan oksigen per meter kubiknya juga akan lebih banyak. Oksigen ini yg dibutuhkan pada proses pembakaran di mesin.

4. Sistem injeksi langsung ke ruang bakar, dimana injector menyemprotkan BBM lgs ke ruang bakar.

5. Kondisi dimana Turbo belum berputar optimal.
Bayanginnya = 2 kipas angin berhadap2-an, yg satu colok listrik, satunya gak colok listrik / pasif. Kita hidupkan yg 1 maka yg satu juga akan ikut berputar, tapi proses kenaikan putarannya gak secepat kipas utama walau akhirnya nanti putarannya akan sama, nah saat putaran si kipas pasif belum optimal yang disebut "lag"

Pada mesin gambarannya = kipas utama yg menghembuskan angin itu = gas buang yg keluar dari mesin. Seberapa banyak waktu yg dibutuhkan si kipas Turbo agar putarannya mencapai kecepatan putaran optimal nah ini yg disebut seberapa besar Turbo Lag-nya, semakain banyak waktu yg dibutuhkan = Lag semakin besar.

krn kipas Turbo di sisi jalur knalpot itu bertugas memutar baling2 di sisi intake utk memompa udara.

Segitu dulu nti sambung lagi
Top banget nih bos Turboman buat penjelasannya. saya juga jadi lumayan ngerti nih buat penjelasan diatas. yang saya tau tuh cma turbocharger aja nih hehehehehe. emang pengetahuan tingkat tinggi nih turboman. memang dari forum kita jadi bisa lebih mengetahui lebih jelas tentang sesuatu hal yang berhubungan dengan otomotif.
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.