Sebelumnya di tahun 2009, ane juga pernah sambangi PPS Autocare Bandung untuk mengaplikasikan di New CRV (bisa di lihat di tret berikut: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... s&start=75 ), saat ini untuk Ichi, saya mengaplikasikan di Mazda6 2012.
Sebelumnya mohon maaf karena membuat tret sendiri berhubung Ichi ini sudah banyak yang menanyakan di tret-tret lain terpisan antara lain:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=533690
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&p=526130
dan
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 34&t=16544
Ichi autocare mengklaim dirinya berbeda dengan teknologi teflon PPS. Kalau PPS memiliki bahan dasar teflon, sedangkan Ichi adalah SiO2, atau silika cair. Silika merupakan bahan dasar untuk pembuatan kaca, dan porselain. Teknologi silika untuk lapisan cat di mobil sebenarnya sudah cukup jamak juga dipakai. Pada awalnya dulu, aplikasi ini merupakan teknologi lapisan cat mobil yang diciptakan oleh Mercedes Benz. Kenapa silika? Berdasar teorinya, berikut kelebihan lapisan silika di permukaan cat:
1. Silika meningkatkan durabilitas dari cat dan coating dasar cat karena memberikan lapisan tambahan
2. Mencegah korosi
3. Sangat resistan ke perubahan cuaca, dan sinar UV
4. Meningkatkan gloss cat
Di Ichi ada beberapa service yang bisa dibaca di brosur berikut: Paket yang saya ambil berada di highlight kuning
Mengenai harga yang tertera di paketnya antara lain: Paket yang saya ambil lagi-lagi yang di highlight kuning, dan berukuran besar.
Selain paket paint protection, saya juga mengaplikasikan Ichi PPF yaitu semacam sticker untuk side-door guard, berwarna transparan, dan memiliki lem khusus yang aman untuk coating mobil. Saya mengambil paket yang door handle, door side, dan mirror. Harga PPF nya yaitu 500/cm.
Sebelum dimasukkan ke dalam Ichi, dengan sengaja saya seminggu tidak mencuci mobil saya dalam kondisi tersiram hujan dan banyak debu. Ketika serah terima, terlihat banyak sekali waterspot di body dan di kaca yang susah hilang.
Pada saat serah terima mobil, paling pertama dilakukan adalah pemeriksaan menyeluruh kondisi mobil mulai dari kondisi luar, hingga cat bagian dalam mobil yang tidak terlihat seperti di balik pintu, selain itu kaca-kaca hingga sunroof mendapatkan perhatian yang sama besarnya. Hasilnya adalah, sepanjang sisi mobil ditemukan banyak sekali baret halus yang kasat mata (karena microfiber), dan dengan surat pemerikasaan ditandai posisi baret-baret tersebut. Setelah selesai pengecekan secara menyeluruh, dilakukan pengukuran untuk PPF dengan cara yang sangat tradisional.. Pengecekan dilakukan sekitar 30 menit, dan pengukuran sekitar 15 menit. Untuk prosesi paint protection dan pemasangan PPF membutuhkan waktu 2 hari kerja untuk mobil ukuran besar. Proses pekerjaan diawali dengan pencucian mobil, pengeringan, aplikasi paint protection, anti jamur di kaca, detailing ruang mesin, dan interior (kabarnya memakan waktu kurang lebih 5-6 jam), lalu waktu tunggu "penyerapan" obatnya (entah berapa lama, tapi disuruh bermalam), setelah itu finishing, dan pemasangan PPF kira-kira 3 jam-an.
Berikut kondisi mobil ketika diambil:
Komparasi kilap dengan CRV yang diberi PPS tahun 2009 (gak fair banget yak hehe) Berikut aplikasi PPF pada mobil: Hasilnya, jujur saja, sangat memuaskan mata. Cat mobil tampak deep, semua yang baret halus-halus hilang jadi mulus, waterspot dan jamur-jamur lenyap, pemasangan PPF pun sangat rapih, kaca juga mendapatkan perhatian besar terbukti menjadi lebih terang dan jelas, semua jamur kaca hilang. Sunroof juga diberikan treatment kelihatannya.
Harga total yang ane bayarkan adalah 3 juta pas setelah diskon-diskon. Meskipun mendapatkan garansi 2 tahun untuk protection dan 5 tahun untuk PPF, tetap saja harga tersebut terasa sangat overpriced. Akan tetapi ada beberapa poin yang ane bisa acungkan 2 jempol untuk Ichi Bandung:
1. Pelayanan profesional: ane yang sebelumnya sudah reservasi hari diingatkan sehari dan saat hari H, dan ketika ane datang, memang mobil ane langsung dikerjakan, penerimaan rada kaku, karena frontman yang menerima ane membawa serta satu karyawan lainnya yang sepertinya trainee. Tapi beliau masih cukup informatif, meskipun untuk banyak detail masih harus bertanya ke atasannya. Jadwal pengambilan mobil tepat waktu sesuai yang dijanjikan.
2. Mekaniknya berpengalaman. Pemeriksaan sangat detail dan menyeluruh. Selama setengah jam memeriksa bagian cat mobil, banyak sekali baret halus yang bahkan tidak terlihat secara langsung tapi mekaniknya benar-benar detail pemeriksaannya sampai satu panel saja diperiksa bolak-balik sampai yakin. Ketika ditanya mengenai prosesinya, alat dan bahan yang digunakan, mekanik yang memeriksa mobil ane langsung menjawab secara lugas, dan lancar. Cukup menenangkan hati ane karena mobil dipegang oleh mekanik yang pengalaman. Selain itu juga ketika kita meminta tambahan service untuk mobilnya, seperti protes untuk detail-detail kecil, mekaniknya tetap memenuhi permintaan dengan cara yang "benar" untuk detailing.
3. Hasil ketika mobil diambil, mobil terlihat sangat mulus. Finishing pekerjaannya sangat baik, bahkan ruang mesin juga di detailing dengan baik. kondisi mobil full kering, tidak ada jamur di kaca atau air di sela-sela badan mobil, kekurangannya paling hanya ada beberapa bagian seperti sela-sela grill yang masih ada sisa obat yang belum rata di poles.. Wajar sih, karena untuk memolesnya saja dibutuhkan korek kuping yang di gepengin.
Berikut perbandingan sertifikasi Ichi dan PPS: Untuk service aftersales menawarkan paketan yang sama yaitu selama 2 tahun free maintenance 4 kali per 6 bulan sekali atau berdasar kedatangan.
Berikut perbandingan service antara Ichi Bandung dan PPS Bandung:
1. Ichi terasa lebih ramah dan profesional, karena di PPS saya mengalami keterlambatan delivery ketika selesai karena masih ngantri finishing mobil yang lain.
2. Mekaniknya lebih welcome dan terkesan lebih mengerti dan memberikan ketenangan yang lebih di Ichi. Terbukti juga dengan kondisi mobil ketika serah terima akhir sangat baik, ketika di PPS masih terdapat jamur di ujung-ujung kaca belakang dan ada bekas air di sela-sela pintu dan grill.
3. Kekurangan Ichi paling fatal adalah di harganya yang sangat mahal.. Entah harga PPS sekarang berapa, tapi ketika mengaplikasikan di CRV tahun 2009 saya mendapatkan setengah harga Ichi sekarang, dan oleh karena itu menjadikan PPS terasa lebih value dan affordable.
Mengenai perbandingan hasil paint protection nya, ane bingung bagaimana cara komparasi keduanya karena ane tidak memiliki peralatan pengetesan cat yang akurat, hanya berdasar feeling, Ichi terasa lebih "keras" sedangkan Teflon terkesan halus seperti waxing biasa (istilahnya apa ya ini? mungkin ahli poles lebih tau). Untuk bidang Gloss, ane rasa keduanya setara. So far entah kenapa ane merasa lebih yakin dengan silika melihat dari hasilnya kalau dibanding dengan teflon.

CMIIW