
Merk : Toyota
Model : 1.5G A/T NEW FACELIFT TRD Sportivo Transmisi : A/T Tahun Pembuatan : 2012
Spesifikasi Kendaraan: lihat di website yah
Toyota New Vios TRD Sportivo G A/T NCP93R dengan penggantian part dan aksesoris berikut (semua adalah TGA kecuali disebutkan lain):
a. Set suspensi dan per TRD depan belakang.
b. Front strut bar (Ultra Racing, bukan TGA)
c. Pedal TRD tipe A/T
d. Head up display
e. Kevlar panel di handrest dan konsol tengah
f. Corner sensor (ambil punya Rush)
g. Pelat krom AC kiri kanan (ambil punya Yaris)
h. Rear camera (dari dealer, bukan TGA)
i. Replacement air filter (K&N)
Positif:
- Kenyamanan dan kelegaan kabin
- Kualitas material dashboard
- Fitur melimpah : start stop, auto doorlock, smart key entri, auto levelling headlamp, etc
- Downforce saat melaju kecepatan tinggi (dengan suspensi TRD)
- Suspensi cukup nyaman untuk harian
- Mesin responsif di putaran bawah, irit
- Aksesoris ATPM melimpah, terutama aksesoris elektrik
- Jaringan bengkel
Negatif:
- Peredaman kabin kurang
- Handling kurang gesit/responsif
- Harga aksesoris masih mahal
- Tenaga mesin di putaran atas kurang
- Pengetahuan dan kualitas kerja pemasangan aksesoris di bengkel kurang merata/terstandard.
- Belum dilengkapi dengan auto climate control
Ringkasan:
Nuvi benar benar mobil yang berusaha mengejar kenyamanan berkendara untuk pengemudinya. Karakter mesinnya halus tapi kuat. Tenaga melimpah diputaran bawah. Ruang kabin juga cukup lega meskipun dari luar mobil ini terlihat kecil. Sayang sekali peredaman kabin kurang tebal sehingga kabin cukup berisik. Tenaga mesinpun sedikit datar diputaran atas.
Meskipun bodykit membuat desain mobil agak montok, penggantian suspensi membuat mobil ini manis dilihat karena GC turun.
Ulasan:
DISCLAIMER & KETERBATASAN
Penulis bukanlah seorang yang ahli otomotif, jago rally, drag race dan sebangsanya. Penulis hanya mencari sedan yang terjangkau, nyaman dan bisa diajak lari di tol. Sebelumnya penulis menggunakan Neo Baleno SX4 Sedan (Neo) sebagai daily driver selama 3 tahun. Dalam berbagai bagian review ini akan diulas beberapa perbedaan dengan si Neo. Semenjak hari pertama penulis mengemudikan kendaraan dengan suspensi replacement TRD. Apa yang ditulis dibawah ini adalah pandangan amatir penulis yang bersifat subjektif selama pemakaian Nuvi 2 bulan, mohon maaf sebelumnya apabila ada kesalahan penyebutan dan penempatan istilah teknis, kata-kata yang menyinggung perasaan dan kalimat-kalimat yang rada lebay.