Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suhu yang ada disini khususnya pengguna mesin 4g63t newbie mau bertanya nih. mohon dengan sangat pencerahan dan jawaban para suhu" disni.
1. Mobil mendadak tenaganya menurun drastis tanpa ada masalah atau gejala pada mesin? kira" apa yg harus di cek.
2. mohon petunjuk boost bensiin bagusnya di boost brpa bar ya, dan pertamax di brapa bar?
3. masalah oli. kalau oli yg bagus buat mesin itu oli apaan ya?
saya brharap para suhu" membantu kendala saya ini, saya ucapkan terima kasih
numpang nyundul ya om.. sambil nunggu para pakar secara ane gak pernah punya mobil dengan mesin ini...
1. kalo mesin pake turbo dan tiba2 tenaganya turun drastis, kemungkinan besar ada masalah di turbo.
bisa cerita detail lagi gimana penurunannya?
misalnya sebelum turbo bekerja, apakah dulu dan sekarang beda jauh drop tenaganya?
trus pada saat rpm turbo bekerja, apakah dulu dan sekarang beda jauh drop tenaganya?
2. untuk tekanan boost ini maksudnya tekanan turbonya kali ya? ane kurang paham berapa yang pas. tapi biasanya kisaran 0.2 - 0.5 bar... untuk keperluan balap bisa 1 bar... cmiiw.
3. kalo oli, ane kurang paham Om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:numpang nyundul ya om.. sambil nunggu para pakar secara ane gak pernah punya mobil dengan mesin ini...
1. kalo mesin pake turbo dan tiba2 tenaganya turun drastis, kemungkinan besar ada masalah di turbo.
bisa cerita detail lagi gimana penurunannya?
misalnya sebelum turbo bekerja, apakah dulu dan sekarang beda jauh drop tenaganya?
trus pada saat rpm turbo bekerja, apakah dulu dan sekarang beda jauh drop tenaganya?
2. untuk tekanan boost ini maksudnya tekanan turbonya kali ya? ane kurang paham berapa yang pas. tapi biasanya kisaran 0.2 - 0.5 bar... untuk keperluan balap bisa 1 bar... cmiiw.
3. kalo oli, ane kurang paham Om...
kamren pas ada even pertama ane dpet waktu 9.2 @201M . nah kelang 2bulan tu ada even lagi nih om ehh waktunya jadi 9.8an pdhal bahan bakar dan stelan sudah kyak kmaren. atau mungkin suhu udara nentuin nggk kerja turbo?
iyak betul tekanan turbo, pertamax bisa nggk main di 1 bar?
Kalau masih bisa di bawah 10 detik sih, berarti turbonya masih okay. Itu kalau quarter mile kira2 15 detik kali ya? Tinggal dinaikin boostnya jadi 1 bar aja tuh. Baiknya sih bos beli gauge yg mengukur turbo boost. Murah, kok dan banyak yg jual (jangan beli yg mahal ya) jadi tahu boostnya berapa. Kalau Subaru 1 bar, banyak yg masih pakai RON98. Tahu deh Evo, asal gak ngelitik atau tenaga drop, why not pakai pertamax plus? Oli yg dipakai adalah oli yg tahan suhu tinggi, misalnya Mobil One dll. Ada yg bilang Royal Purple adalah oli terbaik, tim saya sih pakai merk "Trust" di 6 mobil balapnya. Saya juga ikut pakai "Trust", tapi gak bisa saya recommend, soalnya jarang yg pakai. Seingat saya untuk mesin Evo, frekuensi penggantian adalah tiap 4500 - 5000 km atau dua kali frekuensi mobil natural aspirated.
Kalau saya pikir, asal mesinnya gak panas / ngebul / bunyi2 / aneh2 yg lain, mesinnya masih sama seperti yg pertama turun. Itu sebetulnya bos aja yg gak beruntung waktu yg kedua. Biasanya kalau ada kerusakan engine, waktu ngedrop banyak bos. Aku pernah kehilangan waktu sampai 4 detik, gara2 karbu ngadat.
Yah gitu bos,kalau menurut saya mungkin launchnya kebanyakan spin, miss gear atau yg lain. Banyakin latihan aja bos.
BTW, ngukur waktunya pakai christmas tree atau stopwatch manual? Kalau pakai stopwatch mah gak bisa buat patokan sama sekali. Bos, kalau gak berubah, tgl 19 Mei ada kejurnas drag. Ikut aja, biar tahu waktunya secara akurat. Peralatan Sentul canggih banget
asudarsono wrote:Kalau masih bisa di bawah 10 detik sih, berarti turbonya masih okay. Itu kalau quarter mile kira2 15 detik kali ya? Tinggal dinaikin boostnya jadi 1 bar aja tuh. Baiknya sih bos beli gauge yg mengukur turbo boost. Murah, kok dan banyak yg jual (jangan beli yg mahal ya) jadi tahu boostnya berapa. Kalau Subaru 1 bar, banyak yg masih pakai RON98. Tahu deh Evo, asal gak ngelitik atau tenaga drop, why not pakai pertamax plus? Oli yg dipakai adalah oli yg tahan suhu tinggi, misalnya Mobil One dll. Ada yg bilang Royal Purple adalah oli terbaik, tim saya sih pakai merk "Trust" di 6 mobil balapnya. Saya juga ikut pakai "Trust", tapi gak bisa saya recommend, soalnya jarang yg pakai. Seingat saya untuk mesin Evo, frekuensi penggantian adalah tiap 4500 - 5000 km atau dua kali frekuensi mobil natural aspirated.
Kalau saya pikir, asal mesinnya gak panas / ngebul / bunyi2 / aneh2 yg lain, mesinnya masih sama seperti yg pertama turun. Itu sebetulnya bos aja yg gak beruntung waktu yg kedua. Biasanya kalau ada kerusakan engine, waktu ngedrop banyak bos. Aku pernah kehilangan waktu sampai 4 detik, gara2 karbu ngadat.
Yah gitu bos,kalau menurut saya mungkin launchnya kebanyakan spin, miss gear atau yg lain. Banyakin latihan aja bos.
BTW, ngukur waktunya pakai christmas tree atau stopwatch manual? Kalau pakai stopwatch mah gak bisa buat patokan sama sekali. Bos, kalau gak berubah, tgl 19 Mei ada kejurnas drag. Ikut aja, biar tahu waktunya secara akurat. Peralatan Sentul canggih banget
Wahh dapat pencerahan lgi nih dri mas asudarsono, kayaknya pas saya bawa yg ke 2 itu sama aja mas soalnya saya terasa bener mobilnya agak berat di banding even pertama. Ngukur wktuya ya pake cristmas tree dong mas kan drag race hehhehe.
Atau ,umgkin iya ya saya slah bawanya kmaren
Kalau saya boleh nnya ni ye mas, kalau masih gerak roda depan kita start rpm gede' tu as roda rentan patah yak?
Ini nih yg hebat, dikasih input mungkin human error, gak marah. Ente hebat om. Biasanya orang tersinggung hehehehe, peace ya om.
Bisa aja sih yg lain, seperti busi kotor, race fuel udah busuk dll. Tapi biasanya sih, teknik belum optimal.
Bukan berarti sebelum race, tidak perlu dicek semua sih. Banyak hal yg bisa jebol saat race, jadi setelah race perlu dipastikan kondisinya.
Termasuk as roda juga. Bisa saja jebol, tapi justru di FWD lebih aman dari AWD. Ini disbabkan di AWD gak ada wheelspin. Kalau om pakai drag radial seperti Mickey Thompson gak ada wheelspin, bisa aja as patah. Bisa aja kopling gosong. Ya gak apa2 tho, tinggal panggil derek aja, pulang digendong. Tapi as patah jarang terjadi, moso besi semua patah. Kalau offroad sih iya patah krn kepentok2. Yg lebih sering kopling gosong aja kok. Aman masih bisa pulang sendiri.
Mengenai human error di atas, launch rpm sangat berpengaruh. Kalau launch di atas 3000 rpm, turbonya udah mulai nendang. Bannya wheelspin nggak? Banyak teman yg launch pd 2000 rpm krn takut wheelspin (atau takut asnya patah). Ya kalau beli bannya di toko gitu deh, di atas 3000 rpm wheelspin. Kalau belinya ban via dikirim, bisa lebih. Namanya juga special order. Makanya banyak mobil turbo yg di start kalah ama mobil NA, nyusulnya belakangan. Tapi kalau 201 m, lumayan pendek kalau harus nunggu turbonya masuk.
Kalau mau lebih detail belajar, bisa dari YouTube, bisa dari nasioc.com, bisa dari ajak temen jadi sparring partner. Tapi ya gitu, namanya pembalap kudu belajar terus
asudarsono wrote:Ini nih yg hebat, dikasih input mungkin human error, gak marah. Ente hebat om. Biasanya orang tersinggung hehehehe, peace ya om.
Bisa aja sih yg lain, seperti busi kotor, race fuel udah busuk dll. Tapi biasanya sih, teknik belum optimal.
Bukan berarti sebelum race, tidak perlu dicek semua sih. Banyak hal yg bisa jebol saat race, jadi setelah race perlu dipastikan kondisinya.
Termasuk as roda juga. Bisa saja jebol, tapi justru di FWD lebih aman dari AWD. Ini disbabkan di AWD gak ada wheelspin. Kalau om pakai drag radial seperti Mickey Thompson gak ada wheelspin, bisa aja as patah. Bisa aja kopling gosong. Ya gak apa2 tho, tinggal panggil derek aja, pulang digendong. Tapi as patah jarang terjadi, moso besi semua patah. Kalau offroad sih iya patah krn kepentok2. Yg lebih sering kopling gosong aja kok. Aman masih bisa pulang sendiri.
Mengenai human error di atas, launch rpm sangat berpengaruh. Kalau launch di atas 3000 rpm, turbonya udah mulai nendang. Bannya wheelspin nggak? Banyak teman yg launch pd 2000 rpm krn takut wheelspin (atau takut asnya patah). Ya kalau beli bannya di toko gitu deh, di atas 3000 rpm wheelspin. Kalau belinya ban via dikirim, bisa lebih. Namanya juga special order. Makanya banyak mobil turbo yg di start kalah ama mobil NA, nyusulnya belakangan. Tapi kalau 201 m, lumayan pendek kalau harus nunggu turbonya masuk.
Kalau mau lebih detail belajar, bisa dari YouTube, bisa dari nasioc.com, bisa dari ajak temen jadi sparring partner. Tapi ya gitu, namanya pembalap kudu belajar terus
kalau masalah tersinggung ya enggk lah mas, kalau kritikannya masih dalam ambang kewajaran dan bisa dicerna ya saya nggk masalah
minggu lalu saya ikut drag race seri 2 di kota saya mobil sudah di stel dan beberapa komponen sudah di ganti, alhasil waktu dpet 9.9detik @201 m jadi main di 10 detik
apa yang salah sama mesin saya , apa turbo yg bermaslah?? atau kah human error lagi??? tolong bantu dong yg pakai mitsubishi dan pakar mesin 4g63T hellppppppppppppppppppppp
4g63T bukannya AWD permanen yah... Cmiiw
Setahu saya mesin dari keluarga 4G adalah HLA sangat sensitif, oli terlalu kental sedikit saja langsung bunyi dan pastinya kerjanya nggak maksimal. Apalagi sering gonta ganti oli tanpa flushing.
Saat saya pake 4g63 dulu masalah yang sering terjadi dan buat tenaga drop hanya HLA dan injector.
Es ist nicht genug zu wollen,man muss es auch tun!