ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Mohon sedikit sharing dan info dari pemakai/ ex pemakai
Honda Odyssey Gen 2 - RA (2000 - 2003) dan Gen 3 - RB (2004 - 2008).
Perbandingan kedua model tsb. dari segi:
- maintenance/ spare part (harga dan ketersediaan)
- penyakit2 bawaan (kelemahan)
- Handling / Performance
- Riding Comfort
- atau lainnya yang jadi kelebihan dan kekurangan masing2 model,
eg. Gen 2 - Ra sepertinya ground clearance nya lebih tinggi yah.
Saya lagi hunting mobil mpv, dengan budget 200 jt an
(tadinya mau ambil Nissan Serena HWS 2008 tapi setelah beberapa
lama hunting jadi mikir2 liat2 opsi lainnya).
Odyssey RA (2000 - 2003) liat2 iklan di range harga Rp 120 - 150 jt.
Odyssey RB (2004 - 2005) Rp 210 - 240 jt.
Terima kasih sebelumnya.
Honda Odyssey Gen 2 - RA (2000 - 2003) dan Gen 3 - RB (2004 - 2008).
Perbandingan kedua model tsb. dari segi:
- maintenance/ spare part (harga dan ketersediaan)
- penyakit2 bawaan (kelemahan)
- Handling / Performance
- Riding Comfort
- atau lainnya yang jadi kelebihan dan kekurangan masing2 model,
eg. Gen 2 - Ra sepertinya ground clearance nya lebih tinggi yah.
Saya lagi hunting mobil mpv, dengan budget 200 jt an
(tadinya mau ambil Nissan Serena HWS 2008 tapi setelah beberapa
lama hunting jadi mikir2 liat2 opsi lainnya).
Odyssey RA (2000 - 2003) liat2 iklan di range harga Rp 120 - 150 jt.
Odyssey RB (2004 - 2005) Rp 210 - 240 jt.
Terima kasih sebelumnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
RA sama RB jangan dibandingin atuh, bagai langit dan bumi baik handling maupun model. Dulu mertua pake RA 2001, ane pake RB absolute 2005. Jauh lah RB menang di fitur, performa, handling. Ada sunroof, 5 speed tiptronik, AFS, terus irit pula. Cuman 17" kekecilan, ane pake 19 inch, ban 245/45/19 aja bantingan masih enak banget, bener2 ride and handling kayak sedan yg stabil, bahkan lebih stabil dari model vios, city dll, Keluhan sih gak ada, ane sih pake selama 3 tahun dan puas banget, cuman karena ada kebutuhan terpaksa dijual.
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
di trit restorasi camry (search aja) ada sedikit menyinggung mobil-mobil honda, termasuk odyssey & accord th 2000an. katanya karet2 kaca cenderung cepat getas / mengeras, dibanding punya toyota atau nissan.
sambil ikut memantau tanggapan master2 yg lain di sini, cukup tertarik juga sama ody.
sambil ikut memantau tanggapan master2 yg lain di sini, cukup tertarik juga sama ody.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Saya mantan pengguna RA 3000cc v6 thn 2000 dari baru sampai 2006, selama 6 thn baru jalan 50rb km, reviewnya tenaga bagus bgt, kabin lumayan lapang buat 6 org, rem agak kedodoran, AC sering bermasalah, kenyamanan cukup ok, handling juga cukup ok utk ukuran MPV, sisanya udah lupa hehehe..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Jangan lupa oddesey V6 3000cc harus pake pertamax+ dan 1:6 bro, soalnya mertua ane punya begitu
Hehehehehehe
Kl mesin 2.4 RB cukup premium dan 1:8 dalkot
Hehehehehe
Hehehehehehe
Kl mesin 2.4 RB cukup premium dan 1:8 dalkot
Hehehehehe
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
@htannis : RA jg ada yg udah triptonik, sunroof. Ada pilihan mesin 2.3L yg harusnya lebih ekonomis.
Model RA buat saya sih ga membosankan, RB lmodelnya ebih futuristik dan kelihatannya memang lebih pendek jadi handling lebih baik. Apalagi dibandingkan dengan kelas vios, city, civic pun (compact sedan) tentu odyssey, accord (full size sedan) lebih mantap.
Kalau comfort untuk penumpang bagaimana??
@mintblue : karet2 getas memang udah umur kali ya...
saya masih jadi supir jadi prefer Honda dibanding Toyota dan Nissan.
@Belphegor : Masalah AC RA apa bro? sampe sering gitu???
Model RA buat saya sih ga membosankan, RB lmodelnya ebih futuristik dan kelihatannya memang lebih pendek jadi handling lebih baik. Apalagi dibandingkan dengan kelas vios, city, civic pun (compact sedan) tentu odyssey, accord (full size sedan) lebih mantap.
Kalau comfort untuk penumpang bagaimana??
@mintblue : karet2 getas memang udah umur kali ya...
saya masih jadi supir jadi prefer Honda dibanding Toyota dan Nissan.
@Belphegor : Masalah AC RA apa bro? sampe sering gitu???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Iya cuman sepertinya yg 2300cc kurang menarik yah, engine bay kosong gitu dan mesinnya model lama gitu, dan tenaganya juga kurang banget. Kalau untuk kenyamanan penumpang beda di kursi tengah yg captain seat aja. Kalau kaki2 sih ane berasanya di oddesey RA mertua sama RB ane jaman dulu itu sih empuknya dan bantingannya sih sama2 enak banget
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
kesan subyektif saya saja...
kebetulan pakai yg RA (2002) buat di kantor..., yg 2300cc, jadi bisanya kasih komen itu
bawa ke spesialis rem dan kaki-kaki (bukan BeRes), bengkelnya bilang mayoritas pemakai ody bilang remnya begitu...padahal kalo dilhat semua roda sudah pakai rem cakram+ABS, diameter cakram depannya juga saya lihat relatif besar...tapi entah kenapa kok karakternya begitu.
mungkin bobot mobil dan ukurannya kali ya? yang saya perhatikan, piringan rem-nya sering terkikis tidak rata, padahal sudah pakai kampas ori/nissin
sampai akhirnya terakhir ganti kampas tempohari, cakram depan dimodif dikit, dikasih lubang ventilasi kayak cross-drilled disc gitu...lumayan sih, bunyinya hilang, sedikit lebih pakem (feeling loh...) dan permukaan disc-nya terkikisnya rata, cuman kampas jadi boros
AC pernah sekali bermasalah, ternyata ada yg bocor di dalam, habis diservice..sekarang sehat dan normal lagi
yang kejadian, seperti mitos orang yg bilang kalo kaki2 honda itu ringkih, kayaknya kejadian di ody saya...
- stabilizer bar link roda belakang patah/putus, untung bisa diperbaiki dgn dilas
- waktu alignment (spooring), sudut roda belakang ternyata bergeser (meski sedikit), tapi karena konstruksi umumnya kaki-kaki hoda patent (tdk bisa spooring), ya udah biarin
- power steering system (pompa dan selang) jebol...terpaksa ganti,
handling khas honda, meski bongsor gitu...handlingnya tetap enak...
untuk ergonomi dan kenyamanan, meski handling enak, tapi buat saya kalo buat nyetir luar kota agak jauh (diatas 200-250 km) di jalanan biasa khas tanah air kita (dan non tol), kok rasanya badan jadi pegal...mungkin karena postur saya kali ya, kebetulan ukuran badan saya S...nyaris M
saya juga pakai hyundai santa fe generasi 1 (thn 2001), meski modelnya aneh ga jelas gitu, tapi masalah handling bisa diadu dengan odyssey... tapi jika harus nyetir diatas 250 km (saya sering nyetir sendiri semarang-solo-mojokerto-surabaya), saya akan pilih santa fe yg bentuknya aneh itu
mengenai BBM, saya sekarang pakai pertamax...yang saya perhatikan bedanya dibanding premium (feeling lagi...), kalo nyetir santai, pakai pertamax lebih cepet naik giginya dibanding premium
misalnya saat mulai jalan, pakai pertamax di rpm 1800-2000, sudah terasa oper gigi, kalau premium barus terasa naik giginya di rpm 2000-2200an...
kalau mesin dan perangkat elektronik sih, saya rasa sangat baik dan bisa diandalkan, belum pernah mengalami masalah yg serius
mesinnya masih halus dan minim getaran
matic-nya halus dan kickdownya responsif...selama ini oli maticnya pakai yg oli keluaran honda
kalau oli mesinnya pakai motul
kekurangan lain buat saya (subyektif), lampu standardnya kok kurang terang...kalo sudah keterjang hujan kabut, agak repot terutama di jalur luar kota yang ngga jelas penerangan jalannya
yang lain, saya merasa peredaman kabinnya agak kurang untuk mobil selevel itu... kalau sudah jalan diatas 70Kpj, apalagi dijalanan kasar, gemuruh ban, terutama yg saya rasakan ban depan) terasa sekali masuk kabin
kebetulan pakai yg RA (2002) buat di kantor..., yg 2300cc, jadi bisanya kasih komen itu
sepertinya yg RA juga ada sunroof..., soalanya yg saya pakai ada tuhhtannis wrote:Jauh lah RB menang di fitur, performa, handling. Ada sunroof, 5 speed tiptronik, AFS, terus irit pula..
yg 2300 juga gitu oom, rem-nya kadang mengkhawatirkan...sudah gitu sering bunyi mendecitBelphegor wrote:Saya mantan pengguna RA 3000cc v6 thn 2000 dari baru sampai 2006, selama 6 thn baru jalan 50rb km, reviewnya tenaga bagus bgt, kabin lumayan lapang buat 6 org, rem agak kedodoran, AC sering bermasalah, kenyamanan cukup ok, handling juga cukup ok utk ukuran MPV, sisanya udah lupa hehehe..
bawa ke spesialis rem dan kaki-kaki (bukan BeRes), bengkelnya bilang mayoritas pemakai ody bilang remnya begitu...padahal kalo dilhat semua roda sudah pakai rem cakram+ABS, diameter cakram depannya juga saya lihat relatif besar...tapi entah kenapa kok karakternya begitu.
mungkin bobot mobil dan ukurannya kali ya? yang saya perhatikan, piringan rem-nya sering terkikis tidak rata, padahal sudah pakai kampas ori/nissin
sampai akhirnya terakhir ganti kampas tempohari, cakram depan dimodif dikit, dikasih lubang ventilasi kayak cross-drilled disc gitu...lumayan sih, bunyinya hilang, sedikit lebih pakem (feeling loh...) dan permukaan disc-nya terkikisnya rata, cuman kampas jadi boros
AC pernah sekali bermasalah, ternyata ada yg bocor di dalam, habis diservice..sekarang sehat dan normal lagi
yang kejadian, seperti mitos orang yg bilang kalo kaki2 honda itu ringkih, kayaknya kejadian di ody saya...
- stabilizer bar link roda belakang patah/putus, untung bisa diperbaiki dgn dilas
- waktu alignment (spooring), sudut roda belakang ternyata bergeser (meski sedikit), tapi karena konstruksi umumnya kaki-kaki hoda patent (tdk bisa spooring), ya udah biarin
- power steering system (pompa dan selang) jebol...terpaksa ganti,
handling khas honda, meski bongsor gitu...handlingnya tetap enak...
untuk ergonomi dan kenyamanan, meski handling enak, tapi buat saya kalo buat nyetir luar kota agak jauh (diatas 200-250 km) di jalanan biasa khas tanah air kita (dan non tol), kok rasanya badan jadi pegal...mungkin karena postur saya kali ya, kebetulan ukuran badan saya S...nyaris M

saya juga pakai hyundai santa fe generasi 1 (thn 2001), meski modelnya aneh ga jelas gitu, tapi masalah handling bisa diadu dengan odyssey... tapi jika harus nyetir diatas 250 km (saya sering nyetir sendiri semarang-solo-mojokerto-surabaya), saya akan pilih santa fe yg bentuknya aneh itu
mengenai BBM, saya sekarang pakai pertamax...yang saya perhatikan bedanya dibanding premium (feeling lagi...), kalo nyetir santai, pakai pertamax lebih cepet naik giginya dibanding premium
misalnya saat mulai jalan, pakai pertamax di rpm 1800-2000, sudah terasa oper gigi, kalau premium barus terasa naik giginya di rpm 2000-2200an...
kalau mesin dan perangkat elektronik sih, saya rasa sangat baik dan bisa diandalkan, belum pernah mengalami masalah yg serius
mesinnya masih halus dan minim getaran
matic-nya halus dan kickdownya responsif...selama ini oli maticnya pakai yg oli keluaran honda
kalau oli mesinnya pakai motul
kekurangan lain buat saya (subyektif), lampu standardnya kok kurang terang...kalo sudah keterjang hujan kabut, agak repot terutama di jalur luar kota yang ngga jelas penerangan jalannya
yang lain, saya merasa peredaman kabinnya agak kurang untuk mobil selevel itu... kalau sudah jalan diatas 70Kpj, apalagi dijalanan kasar, gemuruh ban, terutama yg saya rasakan ban depan) terasa sekali masuk kabin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Saya sih dulu pake RA selalu isi pertamax plus n transmisinya tiptronic kok.. Bantingan cukup ok kok mengingat brandnya "honda", betul sekali bro suara ban cukup mengganggu serta peredaman yang kurang baik. Tp saya overall cukup puas sih dengan performa nya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
@Belphegor : Masalah AC RA apa bro?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Sering ga dingin, kadang bau, juga bunyi ga wajar, sering bolak balik bengkel krn masalah AC ini. Kemungkinan permasalahannya ada 3, yaitu entah krn emang bawaan penyakit, atau bengkel AC yang kurang bagus, ataupun krn saya jarang pakai.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
- Location: Sunter, Jakarta-Utara
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Oya sama 1 lagi, kinerja mekanis door lock yg lemah, terakhir sebelum saya jual, kalau saya central lock, pintu bagasi dan penumpang kiri tdk terkunci, jd bahaya sekali kalo parkir, setelah konsultasi, mekanisnya sudah lemah, hrs ganti mesin, tapi saya suruh org bengkel utk akalin.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
odysey RB dikasih premium emang aman ya ?? kompresi msn nya brp ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
ooo...berarti memang peredaman memang kurang ya..Belphegor wrote:Saya sih dulu pake RA selalu isi pertamax plus n transmisinya tiptronic kok.. Bantingan cukup ok kok mengingat brandnya "honda", betul sekali bro suara ban cukup mengganggu serta peredaman yang kurang baik. Tp saya overall cukup puas sih dengan performa nya.
sama kalo lagi nutup pintu maupun bagasi...rasanya kok suaranya "garing" dan kurang mantap...ngga bisa bunyi "jleb" gitu

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
sepengetahuan saya yg udah belasan tahun di otomotif , cari SUKU CADANG mobil yg populasinya kurang dari 50 ribu silahkan di Dealer Resmi jadi gak mungkin carinya di toko spare part kaya pick up,kijang atau L300
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
jadi inget kejadian beberapa waktu lalu..Belphegor wrote:Oya sama 1 lagi, kinerja mekanis door lock yg lemah, terakhir sebelum saya jual, kalau saya central lock, pintu bagasi dan penumpang kiri tdk terkunci, jd bahaya sekali kalo parkir, setelah konsultasi, mekanisnya sudah lemah, hrs ganti mesin, tapi saya suruh org bengkel utk akalin.
matiin mesin, kunci kontak ga bisa dicabut...padahal posisi tuas sudah di P
sekalinya kecabut, pas mau hidupin mesin lagi, kunci mau masuk tapi ga mau diputer....
untung kejadian dekat rumah...akhirnya panggil tukang kunci, ternyata bola dan gigi di dalam rumah kunci kontak pada berantakan dan lepas, jadi ngga sinkron dengan mata kunci

untung bisa diperbaiki, cuma bayar tukang kunci 350rb (karena sekalian dibikinkan 1 anak kunci cadangan)...

bakal ngga lucu kalo kejadiannya pas lagi berhenti di tengah jalanan antah berantah...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
atau kalo darurat, cari kampakan/lepasan dari mobil yg se-platform...solar_kerosen wrote:sepengetahuan saya yg udah belasan tahun di otomotif , cari SUKU CADANG mobil yg populasinya kurang dari 50 ribu silahkan di Dealer Resmi jadi gak mungkin carinya di toko spare part kaya pick up,kijang atau L300

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Dulu saya pake rb 2005 yg absolute malahan, 1 1/2 tahun pertama pake pertamax mlulu, terus begitu naik jauh itu, langsung ganti premium, selama 1 1/2 tahun ane pake sih gak pernah ngelitik, dan kalau injek pol, maknyos juga kok ke topspeed 180kmh nya, sayang sih jepang punya, jadi speedo dan speed dilimit di 180kmhmpvlover wrote:odysey RB dikasih premium emang aman ya ?? kompresi msn nya brp ?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
sedikit oot...
di forum2 yg saya baca, untuk bbm crv 2.0 minta ron tinggi, kalau yg 2.4 malah tuntutan ron-nya lebih rendah dibanding yg 2.0
omong2, mesin crv yg 2.4 apakah sama persis dgn yg dipakai di ody RB (2.4)?
di forum2 yg saya baca, untuk bbm crv 2.0 minta ron tinggi, kalau yg 2.4 malah tuntutan ron-nya lebih rendah dibanding yg 2.0
omong2, mesin crv yg 2.4 apakah sama persis dgn yg dipakai di ody RB (2.4)?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Iya sih katanya yg 2000cc kl pake premium malah ngelitik, yg 2400cc malah kagak tuh. Mesin sih sama, cuman kayaknya beda di setelan ecu aja, soalnya outputnya beda kayaknyaimsus2c wrote:sedikit oot...
di forum2 yg saya baca, untuk bbm crv 2.0 minta ron tinggi, kalau yg 2.4 malah tuntutan ron-nya lebih rendah dibanding yg 2.0
omong2, mesin crv yg 2.4 apakah sama persis dgn yg dipakai di ody RB (2.4)?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
saya pengguna CRV '05 (Gen2 facelift) 2.0, dari dulu pakai premium ga pernah ngelitik.
kalau keluar kota saya isi pertamax. kalau di dalam kota saya berapa kali hitung bandingin
pakai premium dengan pertamax sama aja konsumsinya di 1:7-8, hanya perasaan lebih
enteng pakai pertamax, tapi pakai premium digas pun masih ngacir..
btw Odyssey mesinnya bukannya sama dengan Accord?
Kalo CRV sama dengan Civic?
masalah a/c nya sepertinya masih wajar yah apalagi kalau jarang dipakai.
Kalau digital climate control/ switch elektronik ga masalah ya? (Ini yg bikin serem kalo suka rusak).
kejadian kunci ga bisa kecabut mungkin karena switch release waktu transmisi di P masalah?
jadi masih ke lock trus kuncinya ga bisa dicabut. Pas dipaksa cabutnya jadi berantakan.
kalau keluar kota saya isi pertamax. kalau di dalam kota saya berapa kali hitung bandingin
pakai premium dengan pertamax sama aja konsumsinya di 1:7-8, hanya perasaan lebih
enteng pakai pertamax, tapi pakai premium digas pun masih ngacir..
btw Odyssey mesinnya bukannya sama dengan Accord?
Kalo CRV sama dengan Civic?
masalah a/c nya sepertinya masih wajar yah apalagi kalau jarang dipakai.
Kalau digital climate control/ switch elektronik ga masalah ya? (Ini yg bikin serem kalo suka rusak).
kejadian kunci ga bisa kecabut mungkin karena switch release waktu transmisi di P masalah?
jadi masih ke lock trus kuncinya ga bisa dicabut. Pas dipaksa cabutnya jadi berantakan.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Nubie urun sumbang pengalaman aja ya... Nubie mantan pengguna Oddysey Absolute RB 2004, bermesin 2400cc K24 DOHC yang sama dipakai di CRV gen 3 yang saat ini beredar, hanya memiliki output 180hp, 10 hp lebih besar dari CRV.. Waktu itu own yang warna hitam bunglon, full option jadi dapet HID dan jok kulit..
Sedangkan sodara pake RA... So far perbandingannya, untuk kemewahan, dan interior, kelapangan, kenyamanan, dan performa menang RB. Kekurangan RB di banding RA hanya GC yang pendek, dan wheelbase yang lebih Panjang sehingga agak repot untuk maneuver.. Parkir, belok, dan rentan lewat ramp atau jalan rusak..
Selain itu untuk sebuah honda, karakter estate nya kerasa yaitu kenceng tapi wind noise sangat tinggi di kecepatan tinggi, draft akibat turbulensi udara mudah terasa, mesin memiliki akselerasi yang agak lag dan untuk driver antusias akan berakibat boros BBM.. But, RB merupakan estate yang valuable untuk dibeli.... Tentu saja pilihan yang jelas ketika dibandingkan dengan RA...
yang perlu diperhatikan saat membeli tentu saja kondisi kolong mobil akibat banjir, bumper depan belakang skirt ada yg pecah nggak, mesin pernah di utak atik nggak, kaki2 terutama shock depan masih bener nggak dan setir masih rigid apa enggak..
CMIIW.. Ini merupakan varian RB Absolute yang saya review.. Kalau yg CBU Thai mungkin ada perbedaan sedikit dgn yg saya review..
Sekian nubie undur diri memantau dr jauh........
Sedangkan sodara pake RA... So far perbandingannya, untuk kemewahan, dan interior, kelapangan, kenyamanan, dan performa menang RB. Kekurangan RB di banding RA hanya GC yang pendek, dan wheelbase yang lebih Panjang sehingga agak repot untuk maneuver.. Parkir, belok, dan rentan lewat ramp atau jalan rusak..
Selain itu untuk sebuah honda, karakter estate nya kerasa yaitu kenceng tapi wind noise sangat tinggi di kecepatan tinggi, draft akibat turbulensi udara mudah terasa, mesin memiliki akselerasi yang agak lag dan untuk driver antusias akan berakibat boros BBM.. But, RB merupakan estate yang valuable untuk dibeli.... Tentu saja pilihan yang jelas ketika dibandingkan dengan RA...
yang perlu diperhatikan saat membeli tentu saja kondisi kolong mobil akibat banjir, bumper depan belakang skirt ada yg pecah nggak, mesin pernah di utak atik nggak, kaki2 terutama shock depan masih bener nggak dan setir masih rigid apa enggak..
CMIIW.. Ini merupakan varian RB Absolute yang saya review.. Kalau yg CBU Thai mungkin ada perbedaan sedikit dgn yg saya review..
Sekian nubie undur diri memantau dr jauh........
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Mon Oct 10, 2011 9:34
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
makasih banyak atas info2nya yg sangat membantu.
Model Odyssey RB ada varian type M, L , ATPM dan IU ??
Bedanya apa yah?
Model Odyssey RB ada varian type M, L , ATPM dan IU ??
Bedanya apa yah?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: ASK: Honda Odyssey : Gen 2 - RA atau Gen 3 - RB
Kalau untuk yang RB sejauh yang ane tau:boed2 wrote:makasih banyak atas info2nya yg sangat membantu.
Model Odyssey RB ada varian type M, L , ATPM dan IU ??
Bedanya apa yah?
ATPM = CBU Thailand = varian ada 2 tetapi tidak ada Absolute
IU = CBU Jepang = kebanyakan stok dan order yang Absolute saja tetapi permainan di optional nya,..
Perbedaan di sektor interior pada generasi RB awal adalah kalau versi IU head unit integrated CD player, sedangkan versi ATPM ada panel 2 din untuk tape CD jadi bisa gonta ganti head unit. Varian ATPM versi awal-awal kalau nggak salah jok nya masih fabrik, dan warna wooden panel nya antara ATPM dan IU beda.
Untuk bagian eksteriornya, perbedaan terletak di garnish chrome pada sekeliling bumper dan pintu. Untuk IU tidak ada garnish chrome sedangkan ATPM punya full-chrome. Lalu yang berbeda adalah di velg, IU dapat velg sport jari-jari warna dark grey, sedangkan ATPM version dapet velg standar...
Untuk fitur-fitur lain juga pasti ada beda tapi saya kurang ingat... Menurut saya sih kalau dapet yang varian Absolute IU oke banget tuh dibanding ATPM punya, harga seken lebih jatuh, tetapi kualitas lebih tinggi.
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...