Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Terimakasih NMI atas balasannya yang sangat politis... Saya sebagai user Juke (meskipun sekali-sekali) sudah menunggu dr akhir maret sampe sekarang entah kenapa kepolisian menunda pengumuman forensik...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by solar_kerosen »

Kasus Nissan Juke kok kesannya sangat sangat tertutup

1. TABRAKAN TERJADI pada kecepatan berapa 100 ,150 atau 200 km/jam
2. SI - edited- kok gak ditanya , lah itu cowo yg disebelah dia apa gak bisa dijadikan SAKSI masa yg punya anak yg jadi saksi dan juga penggugah :mky_07: :mky_07: :mky_07:
3. KONDISI PENGEMUDI apakah sedang MABUK,TELER ataupun NARKOBA ..... ngapain jalan jalan pukul 3 dini hari jualan sayur, jualan ikan di pasar
4. Airbag ? apakah Juke pake airbag apakah ngembang sewaktu tabrakan


jadi bisa disimpulkan ini kasus MALING TERIAK MALING ..... :mky_07: :mky_07: :mky_07: gak tahu mana setannya mana malaikatnya :e-doh:
Last edited by DOHC on Tue Apr 10, 2012 15:01, edited 1 time in total.
Reason: harsh language
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by ZombiEE »

Sejati nya, alasan orang itu mau jam brp berkeliaran di jalan itu bukan lah bahasan substantif di thread ini,,cmiiw
Maaf kalau saya sok pintar ataupun ada kesalahan dlm menginterpretasikan esensi trit ini, tapi mnrt saya selama ini pembahasan nya itu secara garis besar adalah perdebatan atas kebijakan yg diambil NMI meanwhile juke di pasar AS yang katanya dgn mesin turbo sudah di recall, tapi disini tidak terindikasi ada gerakan apa2...cmiiw...
Dan tentu saja, karena ini forum otomotif yang dibahas adalah teknikal nya kenapa misalkan saat terjadi kecelakaan korban bisa terjepit?airbag tidak mengembang misalkan?

Jadi, sekali lagi, mengenai kenapa anak orang itu berkeliaran tengah malam mnrt saya bukan lah bahasan substantif, dan jangan tendensius menghakimi orang tersebut lantas dikaitkan dgn hal2 kurang baik,,toh misalkan ada pun bukan lah urusan kita, dan konsekuensi nya itu adalah urusan orang itu sendiri dimana dalam hal ini, maaf, nyawa pun melayang...

*cuman tunjukkan sedikit empati*
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Aje gile hari ini keluar lagi berita baru... :
http://otomotif.kompas.com/read/2012/04 ... .Indonesia
KOMPAS wrote:Jakarta, KompasOtomotif - Belum usai kasus antara Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan Ludmilla Arif - komplain konsumsi BBM yang tidak sesuai antara realita dan iklan - kini muncul persoalan baru. Kali ini menyangkut Nissan Juke.

intinya, PT Wahana Sun Solo (WSS) dealer Nissan di Surakarta, disomasi 3 kali oleh pemilik Nissan Juke, Bernard melalui kuasa hukumnya Muhammad Taufiq dari MT&P Law Firm. Terakhir, Muhammad taufig mengirimkan surat Kompas.com. Diceritakan, Juke yang dibeli Bernard dari WSS kondisinya tidak dengan yang diharapkan.

AC dan Mesin Mati
Pertama, terjadi kerusakan pada evaporator AC dan mesin mati tiba-tiba. Bernard menyampaikan keluhan tersebut kepada WSS dan meminta penggatian unit mobil dengan merk yang sama. Permohonan tersebut ditolak dan hanya dilakukan pemeriksaan.

Menurut Taufiq, permintaan itu diajukan karena kliennya trauma karena mobilnya pernah berhenti mendadak tanpa sebab. Di lain hal, ia juga khawatir dengan Juke yang terbakar terbakar yang menyebabkan penumpangnya meninggal.

Somasi pertama dilayangkan ke WSS pada 1 Maret lalu berisi: Meminta Wahana Sun Solo bertanggung jawab dengan mengganti 1 (satu) unit mobil denganmodel yang sama, Nissan Juke.

WSS memrespon dan menjelaskan tidak dapat memenuhi permintaan tersebut, namun hanya bersedia memperbaiki atau mengganti komponen tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, somasi kedua dilayangkan pada 9 Maret 2012 dan ketiga pada 29 Maret. Karena tidak adanya tanggapan dari WSS, kasus ini akan dilanjutkan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Surakarta dan surat ke kompas.com yang bisa dibaca melalui www1.kompas.com/suratpembaca/read/31396.

Saat dihubungi KompasOtomotif, (10/4) Bernard membernarkan kejadian yang disampaikan pihak kuasa hukumnya. "Untuk kasus ini saya menyerahkan sepenuhnya kepada kuasa hukum saya," ujar Bernard.

Sesuai prosedur
"Memang benar ada kasus yang menimpa Juke milik Bernard. Mengenai somasi, kami sudah menyerahkan kepada pihak Indomobil selaku bos kami dan NMI sebagai ATPM," terang Ngurah Sebudhie JR, Brand Manager WSS yang dihubungi KompasOtomotif siang ini (10/4)

Menurut NMI, kasus ini adalah garansi normal dan sudah dilakukan penanganan sesuai prosedur. "Evaporator AC yang bocor sudah diganti. Sedangkan mesin tiba-tiba mati karena sensor O2 error, juga sudah ditukar dengan yang baru. Semua sudah dilakukan sesuai prosedur," papar Hendro Sugito, General Manager Layanan Purna Jual PT NMI.

"Kami tentunya dari NMI merasa prihatin atas kejadian tersebut, Apa yang telah dilakukan tim WSS sudah sesuai dengan prosedur. Tidak ada penggantian unit mobil kecuali kalau benar-benar sudah tidak bisa diperbaiki. Kami berharap hal ini bisa dimengerti dan diselesaikan secara kekeluargaan," tutup Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur NMI.
SALUTE TO MR. BERNARD. Well-educated people who doesn't afraid to speak for his right.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Underlined ya, ini kasus Juke Indonesia lhor... Ayo pemilik Juke periksakan kendaraan anda,..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by asudarsono »

Sensor O2 baru eror? bisa saja terjadi, cuma ini jangan sampai mengindikasikan bhw sensor2 itu akan bermasalah seiring waktu.

Kayaknya Nissan harus bekerja keras, reputasinya dalam bahaya besar. Saya kemarin lihat Juke baru lagi diantar pakai plat putih. Entah kenapa, saya merasa kasihan sama pembelinya.
Ready to Race
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Alhamdulillah hasil investigasi yang saya tunggu-tunggu mulai keluar.
Berikut beritanya di:
http://otomotif.kompas.com/read/2012/04 ... e.Terbakar.
KOMPAS wrote: Jakarta, KompasOtomotif - Penyebab Nissan Juke terbakar pada Sabtu dini hari, 11 Maret lalu di kawasan Sudirman, Jakarta, menurut Kepolisian Indonesia kepolisian adalah human error atau kelalai manusia. Akibatnya, penyidikan dihentikan Ditlantas Polda Metro Jaya sejak 11 April 2012.

Kepolisian beralasan, kasus ditutup karena murni kelalaian pengemudi. Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab, Jumat (13/4/2012), di Mapolda Metro Jaya mengatakan, "Ini murni personal error, kesalahan manusia".

Lantas, adanya kerusakan pada komponen mesin dan bodi, Untung menuturkan pihaknya tidak berkompeten meneliti itu. "Itu ranah perdata. Soal mesin, bukan kewenangan polisi menyelidikinya," pungkas Untung.

Guna mendapatkan jawaban misteri tersebut KompasOtomotif menghubungi Nissan Motor Indonesia. Sebagai penyeimbang kami juga mengirimkan data dan foto yang berhasil dikumpulkan dari Juke terbakar hingga posisi tempat terjadinya kecelakaan kepada beberapa ahli mesin dan ahli kelistrikan mobil yang terdiri dari, Wiewie (Firna Protechnik), Taqwa (Garden Speed), Teddy Jusman (SS Performance Shop) dan Atek (Galeri Alternator).

Investigasi NMI
Kejadian ini membuat Nissan Motor Indonesia harus mendatangkan ahli mereka dari Jepang. Dari hasil penelitian, api berasal dari kucuran bensin yang membasahi knalpot. Sementara bensin itu sendiri berasal dari 2 sumber, yaitu selang bensin menuju fuel rail yang putus atau copot dan kebetulan dekat dengan baterai (aki). Sumber lain, selang bensin berada di firewall terjepit dan pecah akibat himpitan mesin.

Api yang melahap seluruh bodi terjadi adanya kebocoran tangki akibat dorongan keras knalpot dari belakang dan berubah bentuk menjadi segitiga. Bensin mengalir membasahi aspal dan menjalar kearah sumber api di depan. Bekas bensin yang terbakar dan lelehan tangki teridentifikasi dari kondisi aspal pasca kebakaran.

Di atas 65 kpj
Merujuk pada uji tabrak yang dilakukan oleh Euro NCAP, Juke memperoleh predikat 5 bintang. Uji tabrak yang dilakukan meliputi tabrak depan dan kecepatan saat tes 65 kpj. Dari pengujian ini terlihat mesin masih berada di kompartemennya dan hanya bergeser sedikit.

Sementara Juke naas di jalan Sudirman. posisi mesin tidak lagi di tempatnya, tetapi mundur hingga menohok ruang kabin bagian bawah. Posisi depan mesin sejajar dengan garis yang melintang antara pilar A alias sejajar dengan firewall.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto,mengatakan bahwa hasil uji labfor diketahui bahwa Olivia mengendarai kendaraan di atas kecepatan normal. "Lebih dari 80 km/jam," ujarnya.

Saat kehilangan kendali, Olivia juga tidak menginjak pedal rem. Polisi tidak menemukan adanya bekas rem di lokasi peristiwa. "Kami simpulkan bahwa ini kelalaian," papar Rukwanto.

Jadi, Juke menabrak tiang besi reklame di atas pondasi cor (terbang) dan kemudian bagian bawah mobil (karena melorot) menghantam siku pondasi. Pelek depan kiri terlepas dari tempatnya karena lebih dulu menghantam trotoar.

Kemungkinan
Hantaman keras tersebut menyebabkan mesin bergeser sekitar 65 cm. "Dengan kondisi tersebut wajar saja selang bensin putus, terjepit atau pecah kena himpitan mesin. Akibatnya selanjutnya bensin mengucur cukup deras," terang Teddy Jusman. "Dari sinilah sumber api yang akhirnya melumat crossover tersebut," lanjutnya.

Kemungkinan lain penyebab kebakaran, "Ketika tabrakan bisa jadi kepala aki menghatam bodi atau kap mesin dan menimbulkan percikan api. Pada saat bersamaan bensin juga ngocor. Kebetulan posisi selang bensin dan aki berdekatan," papar Atek.

Wiewie menambahkan, "Bisa juga dari gesekan antar logam sehingga muncul percikan dan menyambar bensin. Dengan kondisi kecelakaan seperti ini sangat mungkin semua mobil akan terbakar."

Kemungkinan lain, bensin membasahi knalpot setelah bertabrakan. Berdasarkan data penelitian yang dimuat Engineering Toolbox, bensin bisa terbakar dengan sendirinya tanpa ada percikan api bila suhunya amencapai suhu 560 derajat Celcius. Sementara Inchem menuliskan, bensin bisa terbakar pada suhu 498 derajat Celcius.

"Suhu pada knalpot berkisar antara 300-800 derajat Celcius, tergantung mesin," terang Taqwa. Volume bensin yang menempel pada knalpot dalam jumlah banyak akan menimbulkan kebakaran. "Apalagi bensin yang digunakan oktannya rendah," tambah Taqwa.
Sampai rujukan third party mengundang dedengkot yang tuning Unichip di mobil ane; Mr. Taqwa.

Bagaimana menurut rekan-rekan?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by doq »

mendingan beli papanjah sama rav4 aja........kecelakaan se-naas gimana juga kecil kemungkinan terbakar :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by FMEAKD »

bukannya kasusnya ditutup karena "HUMAN ERROR"
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by doq »

FMEAKD wrote:bukannya kasusnya ditutup karena "HUMAN ERROR"
kecelakaan nya memang dimana2 karena human error, klo penyebab kebakar nya masa gara2 human error? :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by asudarsono »

Begitu dong. Investigasinya oleh tim independen yg pakar, nama2nya jelas bisa menjadi referensi lanjut. Hasilnya jelas dan gamblang, kesimpulannya tidak mengada2. Yah, perkara kata2 human error selalu diulang2, begitulah bahasa accident investigation report. Di udara dan laut juga gitu. Malah kalau di laut, kaptennya tanpa babibu langsung dikurung dah.

Okay, kalau saya sudah bisa terima, semoga kejadian ini jangan terulang lagi.

Good job Nissan.
Ready to Race
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by Lucky11 »

Hasil yang sudah bisa diduga, paling kayak gitu
:off_bored:
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by FMEAKD »

doq wrote:
FMEAKD wrote:bukannya kasusnya ditutup karena "HUMAN ERROR"
kecelakaan nya memang dimana2 karena human error, klo penyebab kebakar nya masa gara2 human error? :upss:

itulah om doq .... mungkin dia kira tuh meleduk karena tuh cewek bawak mobil ngebut bgt ... :mky_05:
yah ginilah gak terkejut deh hasilnya :mky_06:


*apakah ada recall di indonesia? :ungg: *
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by Lucky11 »

Ga akan mungkin om atpm disini mau untungnya aja...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by skylion »

AD74YA wrote:Alhamdulillah hasil investigasi yang saya tunggu-tunggu mulai keluar.
Berikut beritanya di:
http://otomotif.kompas.com/read/2012/04 ... e.Terbakar.
KOMPAS wrote: Jakarta, KompasOtomotif - Penyebab Nissan Juke terbakar pada Sabtu dini hari, 11 Maret lalu di kawasan Sudirman, Jakarta, menurut Kepolisian Indonesia kepolisian adalah human error atau kelalai manusia. Akibatnya, penyidikan dihentikan Ditlantas Polda Metro Jaya sejak 11 April 2012.

Kepolisian beralasan, kasus ditutup karena murni kelalaian pengemudi. Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab, Jumat (13/4/2012), di Mapolda Metro Jaya mengatakan, "Ini murni personal error, kesalahan manusia".

Lantas, adanya kerusakan pada komponen mesin dan bodi, Untung menuturkan pihaknya tidak berkompeten meneliti itu. "Itu ranah perdata. Soal mesin, bukan kewenangan polisi menyelidikinya," pungkas Untung.

Guna mendapatkan jawaban misteri tersebut KompasOtomotif menghubungi Nissan Motor Indonesia. Sebagai penyeimbang kami juga mengirimkan data dan foto yang berhasil dikumpulkan dari Juke terbakar hingga posisi tempat terjadinya kecelakaan kepada beberapa ahli mesin dan ahli kelistrikan mobil yang terdiri dari, Wiewie (Firna Protechnik), Taqwa (Garden Speed), Teddy Jusman (SS Performance Shop) dan Atek (Galeri Alternator).

Investigasi NMI
Kejadian ini membuat Nissan Motor Indonesia harus mendatangkan ahli mereka dari Jepang. Dari hasil penelitian, api berasal dari kucuran bensin yang membasahi knalpot. Sementara bensin itu sendiri berasal dari 2 sumber, yaitu selang bensin menuju fuel rail yang putus atau copot dan kebetulan dekat dengan baterai (aki). Sumber lain, selang bensin berada di firewall terjepit dan pecah akibat himpitan mesin.

Api yang melahap seluruh bodi terjadi adanya kebocoran tangki akibat dorongan keras knalpot dari belakang dan berubah bentuk menjadi segitiga. Bensin mengalir membasahi aspal dan menjalar kearah sumber api di depan. Bekas bensin yang terbakar dan lelehan tangki teridentifikasi dari kondisi aspal pasca kebakaran.

Di atas 65 kpj
Merujuk pada uji tabrak yang dilakukan oleh Euro NCAP, Juke memperoleh predikat 5 bintang. Uji tabrak yang dilakukan meliputi tabrak depan dan kecepatan saat tes 65 kpj. Dari pengujian ini terlihat mesin masih berada di kompartemennya dan hanya bergeser sedikit.

Sementara Juke naas di jalan Sudirman. posisi mesin tidak lagi di tempatnya, tetapi mundur hingga menohok ruang kabin bagian bawah. Posisi depan mesin sejajar dengan garis yang melintang antara pilar A alias sejajar dengan firewall.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto,mengatakan bahwa hasil uji labfor diketahui bahwa Olivia mengendarai kendaraan di atas kecepatan normal. "Lebih dari 80 km/jam," ujarnya.

Saat kehilangan kendali, Olivia juga tidak menginjak pedal rem. Polisi tidak menemukan adanya bekas rem di lokasi peristiwa. "Kami simpulkan bahwa ini kelalaian," papar Rukwanto.

Jadi, Juke menabrak tiang besi reklame di atas pondasi cor (terbang) dan kemudian bagian bawah mobil (karena melorot) menghantam siku pondasi. Pelek depan kiri terlepas dari tempatnya karena lebih dulu menghantam trotoar.

Kemungkinan
Hantaman keras tersebut menyebabkan mesin bergeser sekitar 65 cm. "Dengan kondisi tersebut wajar saja selang bensin putus, terjepit atau pecah kena himpitan mesin. Akibatnya selanjutnya bensin mengucur cukup deras," terang Teddy Jusman. "Dari sinilah sumber api yang akhirnya melumat crossover tersebut," lanjutnya.

Kemungkinan lain penyebab kebakaran, "Ketika tabrakan bisa jadi kepala aki menghatam bodi atau kap mesin dan menimbulkan percikan api. Pada saat bersamaan bensin juga ngocor. Kebetulan posisi selang bensin dan aki berdekatan," papar Atek.

Wiewie menambahkan, "Bisa juga dari gesekan antar logam sehingga muncul percikan dan menyambar bensin. Dengan kondisi kecelakaan seperti ini sangat mungkin semua mobil akan terbakar."

Kemungkinan lain, bensin membasahi knalpot setelah bertabrakan. Berdasarkan data penelitian yang dimuat Engineering Toolbox, bensin bisa terbakar dengan sendirinya tanpa ada percikan api bila suhunya amencapai suhu 560 derajat Celcius. Sementara Inchem menuliskan, bensin bisa terbakar pada suhu 498 derajat Celcius.

"Suhu pada knalpot berkisar antara 300-800 derajat Celcius, tergantung mesin," terang Taqwa. Volume bensin yang menempel pada knalpot dalam jumlah banyak akan menimbulkan kebakaran. "Apalagi bensin yang digunakan oktannya rendah," tambah Taqwa.
Sampai rujukan third party mengundang dedengkot yang tuning Unichip di mobil ane; Mr. Taqwa.

Bagaimana menurut rekan-rekan?

sebelum ada statement bahwa kesalahan pada mobilnya, ini produk gagal, dsb dsb maka kasus ini tidak akan pernah dianggap selesai, sehebat apapun ahli yg ngomong.

karena yang ditunggu pemirsa adalah statement kesalahan pada mobil

:big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by DOHC »

doq wrote:mendingan beli papanjah sama rav4 aja........kecelakaan se-naas gimana juga kecil kemungkinan terbakar :upss:
mendingan beli baenol gen 1 aja... nabrak ampe patah swing arm aj gpp tuhh... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by doq »

beda dooooonkkk...........
mobil balap ituuuuu :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by DOHC »

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Saya pribadi cukup lega kalau memang kepolisian sudah berani klaim seperti itu...

Tapi saya tetep precaution saja lah ke sistemnya...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by ZombiEE »

Yg masih jadi misteri atau mungkin ketidaktahuan saya adalah pintu yg tak bisa dibuka serta steering column yg mungkin menjepit secara sang pengemudi tidak bisa dievakuasi...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

Misteri kenapa fuel hose bocor/pecah dan bensin tetep ngocor juga gak dijelasin...

Padahal kebakarannya jelas tidak spontan karena penumpang sempat diselamatkan oleh satpam.

Berarti mengerucut ke robeknya tangki bensin mungkin?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by nugroho bagor »

Ah gampang aja,juke no reccommended for our big family
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by VanzMatic »

soraksorai wrote:kok gw juga jadi sedih baca surat ini ya....

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/31221

-CUT-

Saya bukanlah seorang ahli di bidang otomotif, namun dari berbagai berita kecelakaan yang pernah saya baca dan dipublikasikan di media, baik kasus Afriyani hingga Syaiful Djamil; tidak satupun dari mereka yang tidak dapat keluar ataupun dikeluarkan dari mobil hingga mobil tersebut terbakar sampai tinggal bangkainya. Sepengetahuan saya, di berbagai kecelakaan tersebut, bahkan mobil yang menabrak hingga terguling, tidak berujung pada kebakaran sefatal yang dialami Olivia; sedangkan Olivia hanyalah menubruk tiang billboard.

-CUT-
Cukup menyita perhatian saya juga, dari beberapa kecelakaan fatal, bahkan yang sampai merenggut nyawa penumpangnya yang akibat dihajar bus AKAP yang bengis pun, engga sampai kebakaran...]

Like mod doq said, point nya adalah, kenapa bisa sampai kebakaran?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by AD74YA »

yang jelas terbukti kalau NCAP itu gak sepenuhnya bisa dijadikan patokan..

NCAP ngetes mobil dengan menabrakannya ke bidang datar, bukan tiang. Pabrikan mobil berlomba-lomba bikin chassis depan yang bisa distribusi energi tabrakan merata ke seluruh chassis. Fokus poinnya benturan ada di ujung kiri dan kanan bumper.

Nah kalau yang kena bagian tengah seperti kecelakaan almarhum olivia ini?

Jelas terbukti bagian tengah chassis depan Juke ringkih dan kurang aman, mesin pun begitu, dasborpun begitu, setir pun begitu, semuanya tidak ada yang kolaps. Fuel hose setelah tabrakan juga masih mengalirkan bbm.

Mungkin karena semuanya terjadi begitu cepat ya... berarti tabrakannya sangat tinggi kecepatannya... Dan tidak disebutkan ada jejak rem saat menabrak berarti sensor keamanan pasif mobil tidak dalam kondisi aktif.

Well, serba salah sih.. Yang jelas masing-masing ada porsi kesalahannya sendiri...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke

Post by VanzMatic »

AD74YA wrote:yang jelas terbukti kalau NCAP itu gak sepenuhnya bisa dijadikan patokan..

NCAP ngetes mobil dengan menabrakannya ke bidang datar, bukan tiang. Pabrikan mobil berlomba-lomba bikin chassis depan yang bisa distribusi energi tabrakan merata ke seluruh chassis. Fokus poinnya benturan ada di ujung kiri dan kanan bumper.

Nah kalau yang kena bagian tengah seperti kecelakaan almarhum olivia ini?

Jelas terbukti bagian tengah chassis depan Juke ringkih dan kurang aman, mesin pun begitu, dasborpun begitu, setir pun begitu, semuanya tidak ada yang kolaps. Fuel hose setelah tabrakan juga masih mengalirkan bbm.

Mungkin karena semuanya terjadi begitu cepat ya... berarti tabrakannya sangat tinggi kecepatannya... Dan tidak disebutkan ada jejak rem saat menabrak berarti sensor keamanan pasif mobil tidak dalam kondisi aktif.

Well, serba salah sih.. Yang jelas masing-masing ada porsi kesalahannya sendiri...
:ungg: :ungg:

Kalo boleh sedikiiiiit aja meluruskan, metode uji NCAP bukan menabrakkan pada bidang datar murni, tapi front offset crash, om.... Jadi ada 'pembentur' yang lebih 'kedepan' pada posisi drivernya, sebagai simulasi bahwa tabrakan biasanya jarang terjadi totally front crash. Biasanya di sisi pengemudi dari masing2 posisi kendaraan yang saling bertabrakan..

cmiiw juga... :ungg:


Kalo guling2 peristiwa kecelakaan merk sebelah, ada yang bonnetnya melesek tepat di tengah sampai 1/3 panjang bonnet mobil itu akibat nabrak tiang listrik. Tidak kebakar..

BTT .. :mky_08:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "