zweifellos wrote:Thanks om andy. Ternyata segitu perbedaannya. Itu belum masuk hitungan perbedaan harga beli ya om (baik second maupun baru).
kalau perbedaan harga beli/jual, itu hal lain lagi om...krn hal tsb bukanlah biaya opex (operational expenditure), namun "diakuntansikan" sbg biaya capex (capital expenditure), yg akan "terbayar" kembali pada saat dijual. krn harga jual diesel biasanya jg lbh mahal drpd bensinnya. jd uang lebih yg dikeluarkan pd awal "invest" tsb tidak hilang begitu saja.
sdgkan perbedaan depresiasi nya spt apa, saya nggak tau.
ak4ng wrote:ndy... cb bandingin biaya per kilometer antara bensin vs diesel.... jadi biaya bbm+pajak+servis... dgn ansumsi yg sama yaitu 15rb km.....
biaya per km mestinya ente bisa breakdown sndiri lah kang?
biaya pajak, kalau harga jual antara keduanya selisih 20juta, maka PKB nya akan selisih 1.5% daripadanya: "cuma" skitar 300rb
sdgkan perbedaan opex service, ane gak tau.
sdgakn perbandingan yg gak bisa dikalkulasi secara eksak adlh ttg feel nya:
pro dari diesel misalnya: torsi pd rpm rendah kesukaan om turboman, yg katanya lbh disukai utk stop n go. dll
pro dari bensin misalnya: nyalain mobil di garasi tertutup ok aja (emisi euro tinggi ya). noise lbh rendah terutama bila srg keluar/pulang larut malam. dll