Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubsidi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Oct 26, 2011 7:59
Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubsidi
Alo agan2, ada yg pernah tanya ke bengkel resmi mengenai isu yg akhir2 ini lagi hangat yaitu pembatasan bbm bersubsidi dan rencana pemerintah ingin menggunakan bahan bakar gas sebagai pengganti premium.
Apa mereka siap sedia kalo kita mao pasang konverter? atau mereka jg bisa menyediakan?
Ane concern banget ni secara ga langsung ane make bensin "oplosan" (setengah premium setengah pertamax), kalo full pertamax riwayat ane tamat, penghasilan blom memadai untuk bisa pure pertamax, apalagi baca berita akhir2 ini jg serem, timur tengah lg tegang terus, ada kemungkinan minyak dunia melambung tinggi
anyway,
Ane pemakai Grand Livina jadi pasang d mpv forum, jadi kalo dianggap salah kamar mohon dpindah aja ya
Apa mereka siap sedia kalo kita mao pasang konverter? atau mereka jg bisa menyediakan?
Ane concern banget ni secara ga langsung ane make bensin "oplosan" (setengah premium setengah pertamax), kalo full pertamax riwayat ane tamat, penghasilan blom memadai untuk bisa pure pertamax, apalagi baca berita akhir2 ini jg serem, timur tengah lg tegang terus, ada kemungkinan minyak dunia melambung tinggi
anyway,
Ane pemakai Grand Livina jadi pasang d mpv forum, jadi kalo dianggap salah kamar mohon dpindah aja ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Ente mau pasang konverter di sembarang bengkel, yang nggak ada supervisi / ijin dari Perindustrian?
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Oct 26, 2011 7:59
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Sebenernya pengennya dr bengkel resmi tapiiiiii....asudarsono wrote:Ente mau pasang konverter di sembarang bengkel, yang nggak ada supervisi / ijin dari Perindustrian?
Itu mungkin pilihan yang terakhir banget bro kalo kenyataannya bengkel resmi kaga sanggup melakukannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Hehehe, kirain mau ke bengkel mana saja.
Kalau bengkel resmi Nissan, mestinya mereka menjaga kualitas pekerjaan. Bila mereka gak punya ijin memasang, tentunya mereka bisa bekerjasama dengan rekanan yg mereka percaya.
Pilihan kedua, bos bisa langsung ke bengkel yg memiliki ijin untuk itu, dan sebaiknya yang memberi garansi dan memiliki reputasi bagus.
Pilihan ketiga, pakai bahan bakar alternatif lainnya seperti minyak jarak.
Kalau bengkel resmi Nissan, mestinya mereka menjaga kualitas pekerjaan. Bila mereka gak punya ijin memasang, tentunya mereka bisa bekerjasama dengan rekanan yg mereka percaya.
Pilihan kedua, bos bisa langsung ke bengkel yg memiliki ijin untuk itu, dan sebaiknya yang memberi garansi dan memiliki reputasi bagus.
Pilihan ketiga, pakai bahan bakar alternatif lainnya seperti minyak jarak.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
selain harga bbg lebih murah
apakah tenaga yg dihasilkan bisa sebagus bensin? dan iritnya gimana?
apakah tenaga yg dihasilkan bisa sebagus bensin? dan iritnya gimana?
Last edited by evolution21 on Mon Jan 16, 2012 10:47, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
minyak jarak kan untuk mesin diesel om sudarsono
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
evolution21 wrote:selain harga bbg lebih murah
apakah tenaga yg dihasilkan bisa sebagus bensin? dan iritnya gimana?
kalori gas memang rendah dibandingkan Premium sekalipun tapi harganya murah dan asap buangnya lebih ramah lingkungan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Kagak bisa ngomongnya yg untuk bensin bos. Apa sih namanya kayak Ajelina Jole atau stepen Jobs gitu. Heheheilhami wrote:minyak jarak kan untuk mesin diesel om sudarsono
Thanks untuk koreksinya, bos
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Oct 26, 2011 7:59
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Sekedar nambahin CMIIW,
pake gas emang ramah lingkungan plus lebih murah (ini gw ragu sampe kapan bs murahnya)
tapi kalo tarikan rada boyo, kaga ada yg bisa gantiin minyak (ane pernah nyoba pake taksi soluna tetangga ane punya) rada ngeden gt, tp ga masalah harusnya kalo cm buat dalam kota
Yg concern itu safetynya, banyak kan berita pas isi bbg meledug
Ada yg org bengkel resmi ga dsini, dari Nissan mungkin, apa tanggapannya yah, ditunggu
tengkyuu
pake gas emang ramah lingkungan plus lebih murah (ini gw ragu sampe kapan bs murahnya)
tapi kalo tarikan rada boyo, kaga ada yg bisa gantiin minyak (ane pernah nyoba pake taksi soluna tetangga ane punya) rada ngeden gt, tp ga masalah harusnya kalo cm buat dalam kota
Yg concern itu safetynya, banyak kan berita pas isi bbg meledug
Ada yg org bengkel resmi ga dsini, dari Nissan mungkin, apa tanggapannya yah, ditunggu
tengkyuu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
pikirin dulu gan, ngisi gasnya nanti dimana. jangan jadi early adopter kalau buat kebijakan pemerintah yg gak karuan gini.
ingat waktu pada pemaksaan pindah ke elpiji, 3 thaun kemudian pada meledak. dan semua lempar tanggung jawab, hanya JK yg dg berani jadi jubir pemerintah. 3 bulan beres, padahal dia bukan siapa siapa.
agan biasa rute mana? ke depan kayaknya dalam seminggu perlu kombinasi bawa mobil, motor + naik KRL.
kalau ane sih biasa naik KRL
ingat waktu pada pemaksaan pindah ke elpiji, 3 thaun kemudian pada meledak. dan semua lempar tanggung jawab, hanya JK yg dg berani jadi jubir pemerintah. 3 bulan beres, padahal dia bukan siapa siapa.
agan biasa rute mana? ke depan kayaknya dalam seminggu perlu kombinasi bawa mobil, motor + naik KRL.
kalau ane sih biasa naik KRL
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
sabar saja nanti akan ada layanan resmi dari bengkel resmi untuk pemasangan konverter bbg. Kebijakan pembatasan bbm itu belum jelas akan disetujui DPR. Sementara kita bisa lakukan penghematan bbm dulu. Jangan pindah jadi pengguna krl Om. Sekarang KRL sudah penuh sekali hehehe.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
kalo menurut artikel di koran kontan minggu ini kesiapan pemerintah utk memberlakukan bbm non subsidi jawa bali masih jauh dari cukup
jd masih ada kemungkinan kayak taun kemarin, gembor2 diberlakukan tiba2 pada akhirnya........
jd masih ada kemungkinan kayak taun kemarin, gembor2 diberlakukan tiba2 pada akhirnya........
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Oct 26, 2011 7:59
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
iya ane emang lg survey and pelajarin untung ruginya pake bbg, statiun bbg yg ane tau cm ada di daerah Pesing
ane tinggal d cengkareng, kaga ada KRL gan
Motor ane kaga bisa bawa, trauma pernah kecelakan parah dulu
ane tinggal d cengkareng, kaga ada KRL gan
Motor ane kaga bisa bawa, trauma pernah kecelakan parah dulu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
mending yg diem di ibukota msh ada spbbg.
yg tinggal di kota2 lain? di pelosok?
apa ga kasian sama yg cm sanggup bli carry (sejenisnya) taon buatan di bwh 90an.
itu jg buat usaha rumah tangga skala kecil.
demi dapur bs tetep ngebul.
bli converter 11-15jt itu bukan uang kecil buat mrk.
apakah mrk jg hrs beli pertamax?
pgn tau aja kelanjutannya dgn wacana pemerintah yg satu ini.
imo sih sama dgn om evolution21.
yg tinggal di kota2 lain? di pelosok?
apa ga kasian sama yg cm sanggup bli carry (sejenisnya) taon buatan di bwh 90an.
itu jg buat usaha rumah tangga skala kecil.
demi dapur bs tetep ngebul.
bli converter 11-15jt itu bukan uang kecil buat mrk.
apakah mrk jg hrs beli pertamax?
pgn tau aja kelanjutannya dgn wacana pemerintah yg satu ini.
imo sih sama dgn om evolution21.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
ya kalau pengguna BBG banyak, investor mau bikin SPBG sampai pelosok.
Kalau sekarang harga bbm subsidi sudah terlalu murah, nggak ada yang mau konversi ke gas, nggak ada yang beli gas, buat apa membangun SPBG?
Beli Converter 11-15 juta susah? Lha kok beli sepeda motor gampang? Harganya kisaran segitu juga. Tukang Ojek aja bela-belain beli motor, untuk ngojek. Lah mobil seken saja harganya masih 50 juta keatas kondisi belum jelas.
Jelas manfaatnya gas buang bersih, oli lebih jarang ganti. Harga lebih murah Rp 5600 vs Pertamax Rp 8600.
Kalau sekarang harga bbm subsidi sudah terlalu murah, nggak ada yang mau konversi ke gas, nggak ada yang beli gas, buat apa membangun SPBG?
Beli Converter 11-15 juta susah? Lha kok beli sepeda motor gampang? Harganya kisaran segitu juga. Tukang Ojek aja bela-belain beli motor, untuk ngojek. Lah mobil seken saja harganya masih 50 juta keatas kondisi belum jelas.
Jelas manfaatnya gas buang bersih, oli lebih jarang ganti. Harga lebih murah Rp 5600 vs Pertamax Rp 8600.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Not as simple as u thought, bro..ilhami wrote:-cut-
Beli Converter 11-15 juta susah? Lha kok beli sepeda motor gampang? Harganya kisaran segitu juga. Tukang Ojek aja bela-belain beli motor, untuk ngojek. Lah mobil seken saja harganya masih 50 juta keatas kondisi belum jelas.
Jelas manfaatnya gas buang bersih, oli lebih jarang ganti. Harga lebih murah Rp 5600 vs Pertamax Rp 8600.
Kita liat kondisi grass root ya, jangan liat kondisi ente yang mungkin anggap ringan 11-15 juta ya!
The bolded words: Lima puluh juta untuk mobil yang anda anggap kondisi blm jelas. Bagi mereka, itulah PENGELUARAN DANA TERBESAR TERAKHIR dan terhebat yang bisa mereka keluarkan SEKALI dalam SEJARAH HIDUP mereka. Sisanya sudah buat belanja modal (aset tetap, barang dagangan, aktiva lancar lain). Itu aja dalam setaun, belum karuan mereka serpisin mesin loh! Paling isinya cuman gantiin oli mesin. Mereka baru bawa ke bengkel kalo mobil udh mogok. Itu pun paling juga biar asal jalan dulu, yang penting bisa bawa barang dagangan! Kalau model didorong masih bisa nyala, mereka belum akan bawa ke bengkel. Saya yakin, grass root kita masih seperti itu semua kondisinya.
Converter? Dikira orang udh beli mobil, trus beli converter segitu harusnya dianggap murah?? Murah kalo bener2 bermutu. Kalo kayak tabung 3 kilo???? Udh gitu, orang udh beli mobil, dikiranya keluar 15 jeti murah? Diliat dulu mobilnya.. Kalo mobilnya isi variasi super blink blink, ya pasti 15 juta tinggal kentut doank udh dpt converter. Lha kalo pemilik mobil yang sekali beli BBM 18 liter Rp 150rb udh putus dompetnya??
Orang grass root beli sepeda motor ente bilang gampang? Ya, gampang di DP nya. Tukang ojek bela2in? ya karena memang masih gampang di DP nya. Ambil kredit 3 tahun, tahun kedua aja napas angsuran udh putus, alias motor ditarik, lepasin aja, toh biasanya kayak gitu mereka juga udh ngelaba hasil ojekan ama kanibalin komponen sblm motor ditarik.
Kalo buat ane pribadi, daripada mobil ane MELEDAK, masih mending bela2in 8700/liter atau sekalian 9000/liter, sambil nabung dulu, kalau2 pas tidak ada lagi kasus mobil meledak karena tabung converter, mungkin ane udh cukup duit buat beli converter yg sudah revised..
.....................
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
wacana penggunaan BBG itu adalah wacana seperti " Blue Energy " teori 1000 % sedangkan praktek 0,5 %
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kesiapan Bengkel Resmi menghadapi pembatasan bbm bersubs
Tidak akan ada energi alternatif yang bisa berkembang di Indonesia bro. Karena harga premium sudah terlalu murah.solar_kerosen wrote:wacana penggunaan BBG itu adalah wacana seperti " Blue Energy " teori 1000 % sedangkan praktek 0,5 %
Beli mobil dengan bbm E85 -- harga ethanol 99% ada yang nawarin per liter 22.500 , ditambah 15% bensin nggak akan bisa dijual jadi 4500/liter.
Harga gas BBG CNG sudah 4100/LSP. Biaya gas CNG kit mahal karena tabung nya tebal harus tahan tekanan tinggi.
Harga Vigas 5600/LSP mahal karena tidak disubsidi, undang-undang nya belum ada.
Tidak akan ada orang mau investasi untuk energi alternatif.
Premium + octane booster sedikit + Engine Conditioner + Ultrasonic Injector Cleaning + rajin ganti fuel filter masih jauh lebih murah daripada pemakaian Pertamax.
Solar busuk + cetane booster + rajin ganti Fuelfilter + Clean Injector liquimoly jauh lebih murah daripada beli Pertadex.
Nilai subsidi premium sudah terlalu besar. Nggak ada untungnya kita riset cari-cari energi alternatif, mendirikan pabrik biofuel