Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Boeat para pengguna mobil Diesel dengan Turbo VGT spt Evie dan Ranger TDCi /
Captiva VCDi / PS Dakar / Nissan Frontier Navara / Hi-Lux Vigo / BMW Diesel,
dll.
Harap hati-hati dalam memodif mesin mobil anda, utk peningkatan Horsepower
misalnya, dimana berkonsekuensi meningkatkan suhu gas buang (EGT) :
Karena hingga sejauh ini di Jakarta, untuk Turbo VGT / VNT jika rusak belum ada
yg menyediakan spare parts-nya dan Turbo harus diganti bulat2 (assy) dan
tentunya akan sgt mahal.
Ini berdasarkan observasi saya ke bbrp tempat reparasi Turbocharger di Jkt dan
kota lain, malah lucunya ada yg nggak ngerti apa itu Turbo VGT, padahal mereka
bergerak di bidang reparasi Turbo.
So, rawatlah Turbo VGT mobil anda baik-baik, spt penggunaan oli mesin yg
berkualitas / monitoring dgn EGT meter.
Semoga bermanfaat
Salam
Captiva VCDi / PS Dakar / Nissan Frontier Navara / Hi-Lux Vigo / BMW Diesel,
dll.
Harap hati-hati dalam memodif mesin mobil anda, utk peningkatan Horsepower
misalnya, dimana berkonsekuensi meningkatkan suhu gas buang (EGT) :
Karena hingga sejauh ini di Jakarta, untuk Turbo VGT / VNT jika rusak belum ada
yg menyediakan spare parts-nya dan Turbo harus diganti bulat2 (assy) dan
tentunya akan sgt mahal.
Ini berdasarkan observasi saya ke bbrp tempat reparasi Turbocharger di Jkt dan
kota lain, malah lucunya ada yg nggak ngerti apa itu Turbo VGT, padahal mereka
bergerak di bidang reparasi Turbo.
So, rawatlah Turbo VGT mobil anda baik-baik, spt penggunaan oli mesin yg
berkualitas / monitoring dgn EGT meter.
Semoga bermanfaat
Salam
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Turboman wrote:Boeat para pengguna mobil Diesel dengan Turbo VGT spt Evie dan Ranger TDCi /
Captiva VCDi / PS Dakar / Nissan Frontier Navara / Hi-Lux Vigo / BMW Diesel,
dll.
Harap hati-hati dalam memodif mesin mobil anda, utk peningkatan Horsepower
misalnya, dimana berkonsekuensi meningkatkan suhu gas buang (EGT) :
Karena hingga sejauh ini di Jakarta, untuk Turbo VGT / VNT jika rusak belum ada
yg menyediakan spare parts-nya dan Turbo harus diganti bulat2 (assy) dan
tentunya akan sgt mahal.
Ini berdasarkan observasi saya ke bbrp tempat reparasi Turbocharger di Jkt dan
kota lain, malah lucunya ada yg nggak ngerti apa itu Turbo VGT, padahal mereka
bergerak di bidang reparasi Turbo.
So, rawatlah Turbo VGT mobil anda baik-baik, spt penggunaan oli mesin yg
berkualitas / monitoring dgn EGT meter.
Semoga bermanfaat
Salam
pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Turbocharger has nothing to do with "solar"......paling solar jelek / sulphur tinggi bikin endapan karbon lebih tebal saja en itu bisa dibersihkan.solar_kerosen wrote: pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang
Penyebab Turbo "mati muda" adalah jika mesin di tuning kelewat extrem sampai EGT terbang sgt tinggi atau oli mesin yang jelek.
Buat baca2 :
http://www.turbo.com.sg/damage-analysis.html
sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang <-- apakah anda sudah melakukan riset sendiri atau hanya dengar2 saja ??
Setahu saya Ipah D4 D dipake sbg mobil AKAP di Sumatra dan banyak yg odo-nya sudah lewatin 500.000 Km en sebagian besar mesin tetep jalan terus.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
iya om .......... tapi kan turbo di mesin jadi kalau mesin sakit turbo juga sakit pret .............
di daerah sangatta banyak driver yg pusing pake pick up doublecab, kalau pas tanjakan di gunung mau ambil ancang ancang nanjak sulit di prediksi karena mesin tidak bekerja semestinya terlalu pintar pake "ECU" membaca pembakaran akibatnya gak sinkron injakan gas sama tarikan mobil . malah dibilang enak pake non turbo dibanding turbo ber embel2
di daerah sangatta banyak driver yg pusing pake pick up doublecab, kalau pas tanjakan di gunung mau ambil ancang ancang nanjak sulit di prediksi karena mesin tidak bekerja semestinya terlalu pintar pake "ECU" membaca pembakaran akibatnya gak sinkron injakan gas sama tarikan mobil . malah dibilang enak pake non turbo dibanding turbo ber embel2
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
By-pass lgsg kaya nya aman donk?
Thanks for the info btw
By-pass lgsg kaya nya aman donk?
Thanks for the info btw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Nice inpo Pak Turbo..
Gejala kerusakannya seperti apa ya Pak Turbo? Apa sudah pernah menemukan kejadian?
Gejala kerusakannya seperti apa ya Pak Turbo? Apa sudah pernah menemukan kejadian?

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Gini yah, salah 1 nya itu bisa disebabkan lag dari sistem TBW (Throttle By Wire), terutama mesin2 yg posisi ECU nya jauh dr sensor / actuator di mesin, yg ECU nya di sekitar Dasbor, walau mmg gak semua.solar_kerosen wrote: di daerah sangatta banyak driver yg pusing pake pick up doublecab, kalau pas tanjakan di gunung mau ambil ancang ancang nanjak sulit di prediksi karena mesin tidak bekerja semestinya terlalu pintar pake "ECU" membaca pembakaran akibatnya gak sinkron injakan gas sama tarikan mobil . malah dibilang enak pake non turbo dibanding turbo ber embel2
Silahkan join milis [email protected], nanti anda akan tahu apa dan mengapa menyangkut serba serbi mesin CRD.
Di milis IC mah banyak tuh yg D4 D nya respons-nya serasa mesin Natural Aspirated !

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
brarti pemakaian filter udara berhambat rendah sangat disarankan ya?Turboman wrote:Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
sekalian tanya...ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...evolution21 wrote:brarti pemakaian filter udara berhambat rendah sangat disarankan ya?Turboman wrote:Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Another tret bergizi nih... Numpang nyimak, bos Turbo!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Kalau cuma rechip biasanya nggak bahaya bagi mesin. Ini bicara secara umum, soalnya gak nyebut merknya. Apalagi aku juga belum pernah pakai tuh merk.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
mungkin selama nda di tingkatkan secara ekstrim masih fine2 aja y...asudarsono wrote:Kalau cuma rechip biasanya nggak bahaya bagi mesin. Ini bicara secara umum, soalnya gak nyebut merknya. Apalagi aku juga belum pernah pakai tuh merk.
oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
Waduh, kalau yg ini aku gak berani jawab. Takut ada yg salah tafsir atau salah implementasi.
Bagusnya di mobil siapin pemadam 3 kg untuk electrical fire.
Bagusnya di mobil siapin pemadam 3 kg untuk electrical fire.
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
1. Yesmr_mytplx wrote: sekalian tanya...1. ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...
2. btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek...
2. Kalo nyetirnya sering ngebut sy sgt sarankan pasang EGT meter, jika instalasi probe di pangkal Down Pipe maka set buzzer di 630 deg C, jika probe dipasang di header Turbo set di 705 deg C.
Soalnya yg namanya EGT itu realita di lapangan bersifat sgt dinamis, saya pernah coba di D4 d dgn setting Dastek di MAP By Pass aja (0), saat di Tol bejek abis utk akselerasi kecepatan tinggi, EGT juga "terbang" ke 630 deg C.
Biar mesin dgn setting standard, saat kita bejek abis di Tol / nanjak maka EGT juga bisa terbang, maka itu EGT meter dibutuhkan.

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
EGR ditutup ada sedikit berpengaruh thd bacaan EGT krn gas buang full mengalir ke Turbo en exhaust, EGT jadi ada sedikit lebih tinggi.mr_mytplx wrote: oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
Tetapi suhu intake akan lebih rendah, krn gas buang yg ke intake tetap membawa panas walau udah lewat EGR cooler. EGR ditutup maka akan memperbaiki efisiensi thermal mesin walau mmg emisi NOx jadi agak naik yah. Tapi dgn solar sulphur tinggi, lebih cocok tanpa EGR.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
hebat om bisa tauTurboman wrote:Turbocharger has nothing to do with "solar"......paling solar jelek / sulphur tinggi bikin endapan karbon lebih tebal saja en itu bisa dibersihkan.solar_kerosen wrote: pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang
Penyebab Turbo "mati muda" adalah jika mesin di tuning kelewat extrem sampai EGT terbang sgt tinggi atau oli mesin yang jelek.
Buat baca2 :
http://www.turbo.com.sg/damage-analysis.html
sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang <-- apakah anda sudah melakukan riset sendiri atau hanya dengar2 saja ??
Setahu saya Ipah D4 D dipake sbg mobil AKAP di Sumatra dan banyak yg odo-nya sudah lewatin 500.000 Km en sebagian besar mesin tetep jalan terus.


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
busseet, ampir 2 kali suhu turbo intercooler medium speed tu bosTurboman wrote:1. Yesmr_mytplx wrote: sekalian tanya...1. ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...
2. btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek...
2. Kalo nyetirnya sering ngebut sy sgt sarankan pasang EGT meter, jika instalasi probe di pangkal Down Pipe maka set buzzer di 630 deg C, jika probe dipasang di header Turbo set di 705 deg C.
Soalnya yg namanya EGT itu realita di lapangan bersifat sgt dinamis, saya pernah coba di D4 d dgn setting Dastek di MAP By Pass aja (0), saat di Tol bejek abis utk akselerasi kecepatan tinggi, EGT juga "terbang" ke 630 deg C.
Biar mesin dgn setting standard, saat kita bejek abis di Tol / nanjak maka EGT juga bisa terbang, maka itu EGT meter dibutuhkan.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo
om turbo kalau mau nutup EGR di ipah, caranya gimana yah?Turboman wrote:EGR ditutup ada sedikit berpengaruh thd bacaan EGT krn gas buang full mengalir ke Turbo en exhaust, EGT jadi ada sedikit lebih tinggi.mr_mytplx wrote: oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
Tetapi suhu intake akan lebih rendah, krn gas buang yg ke intake tetap membawa panas walau udah lewat EGR cooler. EGR ditutup maka akan memperbaiki efisiensi thermal mesin walau mmg emisi NOx jadi agak naik yah. Tapi dgn solar sulphur tinggi, lebih cocok tanpa EGR.
d rugger turbo saya, caranya cukup mudah hanya melepas vakum yang ke klep EGRnya, dan performa naik tajam.
apakah di ipah caranya semudah d rugger? posisi vakum/valvenya yg sebelah mana yah?
efek samping selain emisi apa yah, dengan menutup EGR?
hmmm d rugger sih sudah 2thn saya tutup, blm ada masalah bearti sih..
makasih om turbo


thx