Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

Boeat para pengguna mobil Diesel dengan Turbo VGT spt Evie dan Ranger TDCi /
Captiva VCDi / PS Dakar / Nissan Frontier Navara / Hi-Lux Vigo / BMW Diesel,
dll.

Harap hati-hati dalam memodif mesin mobil anda, utk peningkatan Horsepower
misalnya, dimana berkonsekuensi meningkatkan suhu gas buang (EGT) :

Karena hingga sejauh ini di Jakarta, untuk Turbo VGT / VNT jika rusak belum ada
yg menyediakan spare parts-nya dan Turbo harus diganti bulat2 (assy) dan
tentunya akan sgt mahal.

Ini berdasarkan observasi saya ke bbrp tempat reparasi Turbocharger di Jkt dan
kota lain, malah lucunya ada yg nggak ngerti apa itu Turbo VGT, padahal mereka
bergerak di bidang reparasi Turbo.

So, rawatlah Turbo VGT mobil anda baik-baik, spt penggunaan oli mesin yg
berkualitas / monitoring dgn EGT meter.

Semoga bermanfaat

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by solar_kerosen »

Turboman wrote:Boeat para pengguna mobil Diesel dengan Turbo VGT spt Evie dan Ranger TDCi /
Captiva VCDi / PS Dakar / Nissan Frontier Navara / Hi-Lux Vigo / BMW Diesel,
dll.

Harap hati-hati dalam memodif mesin mobil anda, utk peningkatan Horsepower
misalnya, dimana berkonsekuensi meningkatkan suhu gas buang (EGT) :

Karena hingga sejauh ini di Jakarta, untuk Turbo VGT / VNT jika rusak belum ada
yg menyediakan spare parts-nya dan Turbo harus diganti bulat2 (assy) dan
tentunya akan sgt mahal.

Ini berdasarkan observasi saya ke bbrp tempat reparasi Turbocharger di Jkt dan
kota lain, malah lucunya ada yg nggak ngerti apa itu Turbo VGT, padahal mereka
bergerak di bidang reparasi Turbo.

So, rawatlah Turbo VGT mobil anda baik-baik, spt penggunaan oli mesin yg
berkualitas / monitoring dgn EGT meter.

Semoga bermanfaat

Salam

pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang :frm_tumbleft:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote: pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang :frm_tumbleft:
Turbocharger has nothing to do with "solar"......paling solar jelek / sulphur tinggi bikin endapan karbon lebih tebal saja en itu bisa dibersihkan.

Penyebab Turbo "mati muda" adalah jika mesin di tuning kelewat extrem sampai EGT terbang sgt tinggi atau oli mesin yang jelek.

Buat baca2 :
http://www.turbo.com.sg/damage-analysis.html

sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang <-- apakah anda sudah melakukan riset sendiri atau hanya dengar2 saja ??

Setahu saya Ipah D4 D dipake sbg mobil AKAP di Sumatra dan banyak yg odo-nya sudah lewatin 500.000 Km en sebagian besar mesin tetep jalan terus.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by solar_kerosen »

iya om .......... tapi kan turbo di mesin jadi kalau mesin sakit turbo juga sakit pret .............

di daerah sangatta banyak driver yg pusing pake pick up doublecab, kalau pas tanjakan di gunung mau ambil ancang ancang nanjak sulit di prediksi karena mesin tidak bekerja semestinya terlalu pintar pake "ECU" membaca pembakaran akibatnya gak sinkron injakan gas sama tarikan mobil . malah dibilang enak pake non turbo dibanding turbo ber embel2
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by ZombiEE »

@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
By-pass lgsg kaya nya aman donk?
Thanks for the info btw
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by BADAK »

Nice inpo Pak Turbo..
Gejala kerusakannya seperti apa ya Pak Turbo? Apa sudah pernah menemukan kejadian? :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote: di daerah sangatta banyak driver yg pusing pake pick up doublecab, kalau pas tanjakan di gunung mau ambil ancang ancang nanjak sulit di prediksi karena mesin tidak bekerja semestinya terlalu pintar pake "ECU" membaca pembakaran akibatnya gak sinkron injakan gas sama tarikan mobil . malah dibilang enak pake non turbo dibanding turbo ber embel2
Gini yah, salah 1 nya itu bisa disebabkan lag dari sistem TBW (Throttle By Wire), terutama mesin2 yg posisi ECU nya jauh dr sensor / actuator di mesin, yg ECU nya di sekitar Dasbor, walau mmg gak semua.

Silahkan join milis [email protected], nanti anda akan tahu apa dan mengapa menyangkut serba serbi mesin CRD.

Di milis IC mah banyak tuh yg D4 D nya respons-nya serasa mesin Natural Aspirated ! :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by evolution21 »

Turboman wrote:
ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.
brarti pemakaian filter udara berhambat rendah sangat disarankan ya?
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by mr_mytplx »

evolution21 wrote:
Turboman wrote:
ZombiEE wrote:@TM: mods yang berpotensi meningkatkan suhu EGT bisa diberikan contoh nya pak?
Solar kelewat Rich / Timing injeksi kelewat retard / supply udara kurang.
brarti pemakaian filter udara berhambat rendah sangat disarankan ya?
sekalian tanya...ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...

btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek... :upss:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by VanzMatic »

Another tret bergizi nih... Numpang nyimak, bos Turbo!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by asudarsono »

Kalau cuma rechip biasanya nggak bahaya bagi mesin. Ini bicara secara umum, soalnya gak nyebut merknya. Apalagi aku juga belum pernah pakai tuh merk.
Ready to Race
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by mr_mytplx »

asudarsono wrote:Kalau cuma rechip biasanya nggak bahaya bagi mesin. Ini bicara secara umum, soalnya gak nyebut merknya. Apalagi aku juga belum pernah pakai tuh merk.
mungkin selama nda di tingkatkan secara ekstrim masih fine2 aja y...

oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by asudarsono »

Waduh, kalau yg ini aku gak berani jawab. Takut ada yg salah tafsir atau salah implementasi.

Bagusnya di mobil siapin pemadam 3 kg untuk electrical fire.
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote: sekalian tanya...1. ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...

2. btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek... :upss:
1. Yes

2. Kalo nyetirnya sering ngebut sy sgt sarankan pasang EGT meter, jika instalasi probe di pangkal Down Pipe maka set buzzer di 630 deg C, jika probe dipasang di header Turbo set di 705 deg C.

Soalnya yg namanya EGT itu realita di lapangan bersifat sgt dinamis, saya pernah coba di D4 d dgn setting Dastek di MAP By Pass aja (0), saat di Tol bejek abis utk akselerasi kecepatan tinggi, EGT juga "terbang" ke 630 deg C.

Biar mesin dgn setting standard, saat kita bejek abis di Tol / nanjak maka EGT juga bisa terbang, maka itu EGT meter dibutuhkan. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Turboman »

mr_mytplx wrote: oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
EGR ditutup ada sedikit berpengaruh thd bacaan EGT krn gas buang full mengalir ke Turbo en exhaust, EGT jadi ada sedikit lebih tinggi.

Tetapi suhu intake akan lebih rendah, krn gas buang yg ke intake tetap membawa panas walau udah lewat EGR cooler. EGR ditutup maka akan memperbaiki efisiensi thermal mesin walau mmg emisi NOx jadi agak naik yah. Tapi dgn solar sulphur tinggi, lebih cocok tanpa EGR.
* Bukan ajakan Beli *
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by FMEAKD »

Turboman wrote:
solar_kerosen wrote: pastinya mahal om , secara masih Built up tuh onderdil apalagi belinya unit alias assy tambah keder dah denger harganya . tapi sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang :frm_tumbleft:
Turbocharger has nothing to do with "solar"......paling solar jelek / sulphur tinggi bikin endapan karbon lebih tebal saja en itu bisa dibersihkan.

Penyebab Turbo "mati muda" adalah jika mesin di tuning kelewat extrem sampai EGT terbang sgt tinggi atau oli mesin yang jelek.

Buat baca2 :
http://www.turbo.com.sg/damage-analysis.html

sehebat hebatnya mobil terbaru diesel kalau dikasih solar murahan mah umurnya juga gak panjang <-- apakah anda sudah melakukan riset sendiri atau hanya dengar2 saja ??

Setahu saya Ipah D4 D dipake sbg mobil AKAP di Sumatra dan banyak yg odo-nya sudah lewatin 500.000 Km en sebagian besar mesin tetep jalan terus.
hebat om bisa tau :D ... mlahaan om ada yang IPAH nya jadi mobil travel nonstop. udah ada yang nyampe 700k dengan body penyok sana sini. tapi dieselnya masih sehat :mky_03:
Casciscus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Jul 01, 2011 6:24

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by Casciscus »

Turboman wrote:
mr_mytplx wrote: sekalian tanya...1. ganti downpipe jg dpt mengurangi suhu EGT y...

2. btw kl PS dakar di pasangi chip yg cm naekin HP 20-25% yg nda bisa di setting itu aman nda y...nda nyebut merek... :upss:
1. Yes

2. Kalo nyetirnya sering ngebut sy sgt sarankan pasang EGT meter, jika instalasi probe di pangkal Down Pipe maka set buzzer di 630 deg C, jika probe dipasang di header Turbo set di 705 deg C.

Soalnya yg namanya EGT itu realita di lapangan bersifat sgt dinamis, saya pernah coba di D4 d dgn setting Dastek di MAP By Pass aja (0), saat di Tol bejek abis utk akselerasi kecepatan tinggi, EGT juga "terbang" ke 630 deg C.

Biar mesin dgn setting standard, saat kita bejek abis di Tol / nanjak maka EGT juga bisa terbang, maka itu EGT meter dibutuhkan. :mrgreen:
busseet, ampir 2 kali suhu turbo intercooler medium speed tu bos
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Pesan utk pengguna Diesel dgn VGT Turbo

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
mr_mytplx wrote: oh y kl EGR di tutup itu berpengaruh jg thd suhu gas buang nda y...
EGR ditutup ada sedikit berpengaruh thd bacaan EGT krn gas buang full mengalir ke Turbo en exhaust, EGT jadi ada sedikit lebih tinggi.

Tetapi suhu intake akan lebih rendah, krn gas buang yg ke intake tetap membawa panas walau udah lewat EGR cooler. EGR ditutup maka akan memperbaiki efisiensi thermal mesin walau mmg emisi NOx jadi agak naik yah. Tapi dgn solar sulphur tinggi, lebih cocok tanpa EGR.
om turbo kalau mau nutup EGR di ipah, caranya gimana yah?

d rugger turbo saya, caranya cukup mudah hanya melepas vakum yang ke klep EGRnya, dan performa naik tajam.

apakah di ipah caranya semudah d rugger? posisi vakum/valvenya yg sebelah mana yah?

efek samping selain emisi apa yah, dengan menutup EGR?
hmmm d rugger sih sudah 2thn saya tutup, blm ada masalah bearti sih..

makasih om turbo :D :D
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz