Mobil Nasional???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

feriindrawan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Thu Dec 09, 2010 4:03
Location: Malang

Mobil Nasional???

Post by feriindrawan »

Dari browsing-browsing, dapet berita berita launching "mobil nasional".. Ini link-nya:
http://www.surya.co.id/2011/10/21/duel-mobnas-vs-mobkas

Bisa gak "mobil nasional" itu bertahan ya ato senasib sama sepeda motor dengan merk2 gak jelas yang pernah soba masuk ke pasaran??
Kind regard,
jip_kecil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23

Re: Mobil Nasional???

Post by jip_kecil »

arggggggggggggghhh.......... karoserie nyaaaa.......................................... :frm_shock:

knapa ga di sub ke new armada atau minta join sama tukang nasmoco toyota, atau pabrik karoserie yang sudah matang..
padahal kalo semisal modelnya manis macam estillo atau dibuat macam smart wannabe, 650cc, mungkin banyak bersedia pake ini mobil :ungg:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

kalau memang mau menyasar ke daerah pinggiran dan pedesaan dulu, bagus! Konsep yang sama juga seperti China, industri otomotif nasional wajib menopang roda ekonomi pedesaan. Makanya engga heran. muncul montor roda 3 / montor gerobak. Itu dimaksudkan untuk semakin memudahkan mobilitas orang desa agar hasil pertanian bisa dengan mudah didistribusikan ke kota2. Sektor industri tepat guna jga untuk memudahkan dan mempercepat petani memanen dan mengolah hasil pertanian.

Pertanyaan yang mendasar justru:
1. Sudahkah kemudahan sparepart dan service juga sampai di pedesaan? Kalau modelnya mau macam mocin yang cuman tau jualan doank tapi bengkelnya entah dimana, atau sparepartsnya ngga tau, LUPAKAN.!!
2. Sudahkah kemudahan pembayaran juga disertakan? Jangan sampai orang pedesaan jadi kena batunya karena terlambat bayar cicilan, yang itu juga dikarenakan kendaraan itu sendiri rusak rusak mlulu, atau payment pointnya juauuuh ngga ketulungan..

Simpel, tapi cukup mematikan industri si Tawon itu sendiri, kalau tidak ditindaklanjuti.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mobil Nasional???

Post by mr_mytplx »

“Soal ketangguhan, berdasar uji coba lalu, konsumsi bahan bakar Tawon untuk satu liter bisa menempuh 25 kilometer, dan kecepatan bisa digeber di angka 90 kilometer per jam,” paparnya.
uji nyali...

naek mobil model begituan kec 90 km/jam...sapa mau coba... :upss:
:mky_01:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

mr_mytplx wrote:
“Soal ketangguhan, berdasar uji coba lalu, konsumsi bahan bakar Tawon untuk satu liter bisa menempuh 25 kilometer, dan kecepatan bisa digeber di angka 90 kilometer per jam,” paparnya.
uji nyali...

naek mobil model begituan kec 90 km/jam...sapa mau coba... :upss:
:mky_01:
Rasanya sihh yang namanya uji ketangguhan itu ngga hanya sekali jalan dari ujung ke ujung pulau gitu, dan maen geber gitu... Rasanya sihh, yang namanya uji ketangguhan tuh makan waktu berbulan2, bertahun2, untuk riset ketahanan.

Kalau untuk 650cc, seharusnya yang dikedepankan memang bukan top speed, tapi bagaimana ketahanan dan kekuatan mesin sekecil tu untuk mengangkut hasil pertanian.

cmiiw..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil Nasional???

Post by zweifellos »

VanzMatic wrote:
mr_mytplx wrote:
“Soal ketangguhan, berdasar uji coba lalu, konsumsi bahan bakar Tawon untuk satu liter bisa menempuh 25 kilometer, dan kecepatan bisa digeber di angka 90 kilometer per jam,” paparnya.
uji nyali...

naek mobil model begituan kec 90 km/jam...sapa mau coba... :upss:
:mky_01:
Rasanya sihh yang namanya uji ketangguhan itu ngga hanya sekali jalan dari ujung ke ujung pulau gitu, dan maen geber gitu... Rasanya sihh, yang namanya uji ketangguhan tuh makan waktu berbulan2, bertahun2, untuk riset ketahanan.

Kalau untuk 650cc, seharusnya yang dikedepankan memang bukan top speed, tapi bagaimana ketahanan dan kekuatan mesin sekecil tu untuk mengangkut hasil pertanian.

cmiiw..
:big_peace:
ya sabarlah, belum juga beredar. cemana mo ngarepin bertahun2. yang bisa masih seperti itu. tinggal ditunggu ntar kualitasnya setelah beredar di masyarakat.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mobil Nasional???

Post by mr_mytplx »

VanzMatic wrote:
Rasanya sihh yang namanya uji ketangguhan itu ngga hanya sekali jalan dari ujung ke ujung pulau gitu, dan maen geber gitu... Rasanya sihh, yang namanya uji ketangguhan tuh makan waktu berbulan2, bertahun2, untuk riset ketahanan.

Kalau untuk 650cc, seharusnya yang dikedepankan memang bukan top speed, tapi bagaimana ketahanan dan kekuatan mesin sekecil tu untuk mengangkut hasil pertanian.

cmiiw..
:big_peace:
:upss: saya cm berandai2 om VM...dl saya pernah pake carry...kl lari 90 km/jam aja udah nda karuan rasanya... :big_slap:

apalg pake mobil kaya gini
Image

gmn y rasanya kl naek mobil gituan kec 90 km/jam...kl ada yg penasaran nyoba nt kasih review nya y... :big_peace: :big_slap: :big_slap:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil Nasional???

Post by zweifellos »

mr_mytplx wrote:
VanzMatic wrote:
Rasanya sihh yang namanya uji ketangguhan itu ngga hanya sekali jalan dari ujung ke ujung pulau gitu, dan maen geber gitu... Rasanya sihh, yang namanya uji ketangguhan tuh makan waktu berbulan2, bertahun2, untuk riset ketahanan.

Kalau untuk 650cc, seharusnya yang dikedepankan memang bukan top speed, tapi bagaimana ketahanan dan kekuatan mesin sekecil tu untuk mengangkut hasil pertanian.

cmiiw..
:big_peace:
:upss: saya cm berandai2 om VM...dl saya pernah pake carry...kl lari 90 km/jam aja udah nda karuan rasanya... :big_slap:

apalg pake mobil kaya gini
Image

gmn y rasanya kl naek mobil gituan kec 90 km/jam...kl ada yg penasaran nyoba nt kasih review nya y... :big_peace: :big_slap: :big_slap:
kalo boleh tau, carry tahun berapa om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mobil Nasional???

Post by mr_mytplx »

zweifellos wrote:
mr_mytplx wrote:
VanzMatic wrote:
Rasanya sihh yang namanya uji ketangguhan itu ngga hanya sekali jalan dari ujung ke ujung pulau gitu, dan maen geber gitu... Rasanya sihh, yang namanya uji ketangguhan tuh makan waktu berbulan2, bertahun2, untuk riset ketahanan.

Kalau untuk 650cc, seharusnya yang dikedepankan memang bukan top speed, tapi bagaimana ketahanan dan kekuatan mesin sekecil tu untuk mengangkut hasil pertanian.

cmiiw..
:big_peace:
:upss: saya cm berandai2 om VM...dl saya pernah pake carry...kl lari 90 km/jam aja udah nda karuan rasanya... :big_slap:

apalg pake mobil kaya gini
Image

gmn y rasanya kl naek mobil gituan kec 90 km/jam...kl ada yg penasaran nyoba nt kasih review nya y... :big_peace: :big_slap: :big_slap:
kalo boleh tau, carry tahun berapa om?

carry taon 1988...mobil lungsuran bokap...saya pake dari sma ampe kuliah... :)
jip_kecil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23

Re: Mobil Nasional???

Post by jip_kecil »

ini desarinernya dapet inspirasi dari mana???????????? :weekk:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil Nasional???

Post by zweifellos »

mending design yang katanya jelek tapi karya sendiri daripada design amrik tapi copy paste ala negara RRC. :wkkk:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil Nasional???

Post by Nightster Guy »

Saya bukan 'ahli politik otomotif', maleslah bahas gimana2nya dukungan pemerintah buat misi mulia ini.

Saya cuman bingung, dengan ukuran segitu, kemon boys, ni tawon mo nyasar ke pasar apa y? Ngangkut hasil bumi y kok kecil amat dimensinya? Inget, habit orang kita, selalu overload. Apa gak jebol dini y si tawon mini ini?

Image

Daerah pinggiran, maksudnya yang gimana y? Apa saya salah nangkap soal ini?
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

Salah satu unsur penting dalam ilmu desain, yg pernah ane baca, adalah estetika. Estetika disini juga mencakup desain yg ergonomis dan 'pantes' diliat.

Nah, ngeliat desain begitu, mesin hanya 650cc dan tetep ngeyel ngejual, yahhh.... :mky_04:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Mobil Nasional???

Post by pradit_d »

klo mobnas ane ngedukung banget gan. oke lah sekarang masih jauh dari mobil bikinan negara2 lain di asia semisal malay, india, taiwan, dll. tapi klo ga dicoba n dimulai selamanya indonesia gag bakalan punya mobnas
:big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

pradit_d wrote:klo mobnas ane ngedukung banget gan. oke lah sekarang masih jauh dari mobil bikinan negara2 lain di asia semisal malay, india, taiwan, dll. tapi klo ga dicoba n dimulai selamanya indonesia gag bakalan punya mobnas
I do agree, but boleh donk sebagai 'calon konsumen' menanyakan hal2 spt yg udh ane posted di atas..??
1. Pemeliharaannya bagaimanaaaa...?????

Jangan macam hit n run motor2 cina atau mobil2 cina yah! Macam Mobil Beijing yang kalo beli spare part kudu ke pabriknya di Cikande?????
Hmm?
:mky_04: :mky_04:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil Nasional???

Post by Nightster Guy »

1. Ane dukung dan respek pada idealisme para pengusaha atau siapa pun yang berada di balik kelahiran tawon dkk.

2. Tapi, pasarnya ke mana, sekali lagi ini pertanyaan ane. Jual harga berapa? Mereka survei gak ke pelosok2? Liat tuh, para kreator di kampung2, mereka ketimbang beli mobil gak terjangkau, bikinlah mobil jejadian alias odong2 bermesin genset Dongfeng ato Yanmar.

Bandel, daya angkut hebat. Ada kerusakan? Pergi ke kota kecamatan terdekat beli onderdil. Soal tampang mah sabodo wonk buat ngangkut padi ini.

Soal marketing dan endorsement pada masyarakat adalah hal krusial yang bikin semua proyek mobnas murni di Indo gagal selama ini. Ini di luar bicara soal political will pemerintah yang GAK BAKALAN berpihak pada mereka para idealist ini. :(

Temenan di FB ama seorang marketing Tawon. Jujur, yang ane liat, bakal tumbang di tengah jalan neh. Paling juga cuman berhasil ngejual sedikit di Tangerang dan pinggiran kota2 besar di Jawa. Tidak lebih dari itu. Maaf pesimis.
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Mobil Nasional???

Post by solar_kerosen »

lagi lagi kalah di modal awal dan spare part
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
FortunerMan

Re: Mobil Nasional???

Post by FortunerMan »

jip_kecil wrote:arggggggggggggghhh.......... karoserie nyaaaa.......................................... :frm_shock:

knapa ga di sub ke new armada atau minta join sama tukang nasmoco toyota, atau pabrik karoserie yang sudah matang..
padahal kalo semisal modelnya manis macam estillo atau dibuat macam smart wannabe, 650cc, mungkin banyak bersedia pake ini mobil :ungg:
Betul - pertama designnya harus tidak malu2in dulu. Kalo yg seperti gambar diatas....ogah, mending ane naik Busway.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil Nasional???

Post by zweifellos »

ya kita liat aja lah ntar. apakah ini mobil bisa 'berbicara' di pasaran seperti yang ditargetkan atau 'teori2' yang di tulis di atas memang benar adanya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Mobil Nasional???

Post by scorpio »

Nightster Guy wrote: 2. Tapi, pasarnya ke mana, sekali lagi ini pertanyaan ane. Jual harga berapa? Mereka survei gak ke pelosok2? Liat tuh, para kreator di kampung2, mereka ketimbang beli mobil gak terjangkau, bikinlah mobil jejadian alias odong2 bermesin genset Dongfeng ato Yanmar.

Bandel, daya angkut hebat. Ada kerusakan? Pergi ke kota kecamatan terdekat beli onderdil. Soal tampang mah sabodo wonk buat ngangkut padi ini....
baca tulisan ini jadi inget di kampung deket rumah ane jg ada yg pake.. bentuknya beneran kaya mobil pickup tapi dikasi genset sebagai tenaga dorongnya. supirnya tinggal injak rem doank ama muterin setir

cuma klo disini yg ketauan pake gituan cuma toko bahan bangunan, bukan petani.. itu pun rasanya cuma 1 1 nya tuh mobil ajaib ada di daerah ane :mrgreen:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: Mobil Nasional???

Post by Lucky11 »

Berarti masih mending pakai mobil kalau disini petani pakai motor roda tiga yang merk terkenalnya tossa gitu deh...
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Mobil Nasional???

Post by jalu »

IMO yang lbh realistis kalo mau jadi produsen mobil sepertinya merek Viar : http://gilamotor.com/2011/03/viar-motor ... bil-murah/

skrg ini Viar sudah punya 2 pabrik di daerah Semarang (Kawasan Industri Terboyo & Bukit Semarang Baru), kalo mau ekpansi dr roda 2 ke roda 4 sepertinya lebih memungkinkan krn sarananya sudah punya. Skrg ini ekspansinya baru sampe roda 3 (motor grobak :mrgreen: ), mudah2an gak lama jd nambah 1 roda lg jadi roda 4 :upss:

dr sisi rekor penjualannya juga udah lumayan krn bisa berada di posisi 4 tingkat nasional, berada diantara suzuki dan kawasaki :

http://udiendkab.wordpress.com/2011/09/ ... -apa-coba/
http://www.republika.co.id/berita/otomo ... alan-motor
http://www.infoindo.com/20110728143520- ... award-2010
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
jip_kecil
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 10, 2011 2:23

Re: Mobil Nasional???

Post by jip_kecil »

jalu wrote:IMO yang lbh realistis kalo mau jadi produsen mobil sepertinya merek Viar : http://gilamotor.com/2011/03/viar-motor ... bil-murah/

skrg ini Viar sudah punya 2 pabrik di daerah Semarang (Kawasan Industri Terboyo & Bukit Semarang Baru), kalo mau ekpansi dr roda 2 ke roda 4 sepertinya lebih memungkinkan krn sarananya sudah punya. Skrg ini ekspansinya baru sampe roda 3 (motor grobak :mrgreen: ), mudah2an gak lama jd nambah 1 roda lg jadi roda 4 :upss:

dr sisi rekor penjualannya juga udah lumayan krn bisa berada di posisi 4 tingkat nasional, berada diantara suzuki dan kawasaki :

http://udiendkab.wordpress.com/2011/09/ ... -apa-coba/
http://www.republika.co.id/berita/otomo ... alan-motor
http://www.infoindo.com/20110728143520- ... award-2010
completely agreed!
kayaknya lebih realistis kalau pabrikan yang udah ready di basis roda 2 kayaknya lebih siap expansi ke roda 4,
disamping lebih ready mengembangkan jaringannya yang udah ada, pengalaman marketing di pasar motor nasional yang sudah berdarah2 tentunya akan jadi sisi positif tersendiri;
pintarnya viar / tossa juga patut di acungi jempol dengan triseda nya; blue ocean strategy nya mmg bagus; dia bermain sendirian di pasar roda tiga; dimana -kayaknya- di daerah pedesaan jenis angkutan ini lumayan populer; di jakarta juga kadang sempat lihat buat angkutan anak2 (disekitaran monas?) model yang cukup sederhana, muat banyak, perawatan -sepertinya- cukup mudah juga, dan seperti tipikal industri menengah kebawah; konsumsi bbm yang terhitung irit untuk kemampuannya patut di acungi jempol,

andai saja viar berencana membuat mobil -lagi2 desainnya harus minimal eye catching- dan 600 cc; mungkin tersedia versi pick up 900 cc; dengan desain yang paling ngga relatif manis; atau harus jauh lebih segar daripada tawon;
saya optimis mobil ini bisa di terima masyarakat;

apalagi di dukung pemerintah dengan semisal katakanlah pajak 0% untuk mobil 650cc kebawah; dan dukungan investasi ke viar (ini harapan yang agak lebay kayaknya :frm_bang_head: ) ;


* tidak perlu harus masuk ke 4 besar penjualan mobil nasional; itu masih terlalu muluk2; tapi mobil tsb bisa bertahan 3-6 tahun kemudian di gelontorkan model baru dengan cc dan penyempurnaan yang lebih baik... :e-clap: kenapa engga? ...

pertanyaannya? siapkah pemerintah? siapkah viar? siapkah konsumen? (saya dan duitnya :big_slap: )

mimpi ini suatu hari akan nyata....
* balik lagi mboncengin ayu ting ting di all new viar i-coupe 2 pintu 850cc sport 100% indonesia
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Mobil Nasional???

Post by aldy »

Sorry om nih ane agak kesel ama desainer exterior tawon..masak sih desainer indonesia ga bisa buat model eksterior yg lebih keren.. :mky_06: :mky_06: ane yakin bisaa :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Buktinya banyak desainer eksterior / konsep mobil yg sudah melanglang buana di negeri orang.. Jadi harusnya bentuk eksterior tawon bisa lebih manusiawi sama mata :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mobil Nasional???

Post by ak4ng »

padahal kalo desainernya dari SM sy yakin akan bisa mendekati perfect...... besar volumenya ..irit bbmnya..kenchanggg pula........ full time 4wd....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR