New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by ZombiEE »

ndak opo2 ooom....woof wwwwooofff :upss: :upss: :upss: :ngacir: :ngacir:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

submariner wrote:kalau fortuner diesel dibilang boyot, segimana boyotnya sih ? karena saya belum pernah coba test drivenya.
kalau dibandingin sama innova 2.0L G bensin, tarikannya menang mana ? (0-100kph) ?
Kencengan panther touring manual. Fortuner 0-100 di 18 detik, pjs dakar 10.5 detik
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by submariner »

ZombiEE wrote:
@submariner: salam kenal Pak, dalam keadaan standar dan transmisi manual, menang tarikan innova bensin dibandingkan fortuner diesel berdasarkan feeling2 atau butt-dyno.
salam kenal juga pak.

sebenernya saya sedang dilema nih saat ini. lagi indent PS tapi kaga keluar2 tuh mobil, kaga tau kapan. sampe2 saya mau beralih ke fortie disel aja.
tapi karena belum pernah coba (waktu dulu pernah ke auto2000 mau test drive dan tidak tersedia test car nya), saya berpikir kalau memang benar fortie disel itu boyot - seperti yg banyak orang bilang - yah tak apa deh, karena tujuan beli mobilnya bukan untuk tujuan kebut2an, cuma kalau memang boyot banget , sepertinya jadi tambah bimbang deh.

kalau akselerasinya setidaknya sama dengan innova bensin, masih termasuk OK untuk saya (berdasarkan feeling juga OK).
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

submariner wrote:
ZombiEE wrote:
@submariner: salam kenal Pak, dalam keadaan standar dan transmisi manual, menang tarikan innova bensin dibandingkan fortuner diesel berdasarkan feeling2 atau butt-dyno.
salam kenal juga pak.

sebenernya saya sedang dilema nih saat ini. lagi indent PS tapi kaga keluar2 tuh mobil, kaga tau kapan. sampe2 saya mau beralih ke fortie disel aja.
tapi karena belum pernah coba (waktu dulu pernah ke auto2000 mau test drive dan tidak tersedia test car nya), saya berpikir kalau memang benar fortie disel itu boyot - seperti yg banyak orang bilang - yah tak apa deh, karena tujuan beli mobilnya bukan untuk tujuan kebut2an, cuma kalau memang boyot banget , sepertinya jadi tambah bimbang deh.

kalau akselerasinya setidaknya sama dengan innova bensin, masih termasuk OK untuk saya (berdasarkan feeling juga OK).
Saya anjurin td dulu pak, dulu saya beli kaga td. Tarikan fortuner D4D a/t lebih boyo dari innova 2.0 a/t. Sama panther touring m/t aja kencengan panther touring m/t ke 160 kmh nya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by ZombiEE »

kalau memang berpengalaman dgn innova bensin, saya pernah nyetir fortie diesel m/t walau cuman untuk jarak bbrp puluh kilometer dgn medan yg agak rusak dan menanjak, clearly kalau dibilang tarikan / akselerasi masih menang innova bensin....(keluarga memiliki innova bensin)
semoga membantu Pak,,,
bisa dimengerti dilema nya Pak,,,me too, was in your shoes before :big_peace: ...dan tidak gampang mengambil keputusan nya..
seperti yg disarankan oleh kawan2 sebelum nya, apakah fortie bensin tidak masuk dalam konsiderasi?
submariner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Thu Jan 26, 2012 4:40

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by submariner »

ZombiEE wrote:kalau memang berpengalaman dgn innova bensin, saya pernah nyetir fortie diesel m/t walau cuman untuk jarak bbrp puluh kilometer dgn medan yg agak rusak dan menanjak, clearly kalau dibilang tarikan / akselerasi masih menang innova bensin....(keluarga memiliki innova bensin)
semoga membantu Pak,,,
bisa dimengerti dilema nya Pak,,,me too, was in your shoes before :big_peace: ...dan tidak gampang mengambil keputusan nya..
seperti yg disarankan oleh kawan2 sebelum nya, apakah fortie bensin tidak masuk dalam konsiderasi?
penyesalan selalu datang belakangan.

bulan feb lalu ketika bbrp hari baru bayar indent PS, sales dari auto2000 (yg kenal dari pameran) pernah telp nawarin fortie bensin lux tahun 2011 akhir sebelum GNF, dikasih diskon up to 40 juta, dan bonus KF v-kool, warna mobilnya gold. tapi saya tolak..

kalau fortie bensin GNF masih di luar budget.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by ZombiEE »

btw, list price sekarang untuk GNF yang bensin G beserta diesel G fortie berapaan yah?kalau PS dakar?thanks atas info nya :thanks:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

ZombiEE wrote:btw, list price sekarang untuk GNF yang bensin G beserta diesel G fortie berapaan yah?kalau PS dakar?thanks atas info nya :thanks:
GNF D4D a/t 387.5 juta
Ps dakar 4*2 442 juta
GNF 2.7 vvti a/t 440 juta *kl gak salah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Belphegor »

Walah dakar naik lg hrgnya ya om?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

Belphegor wrote:Walah dakar naik lg hrgnya ya om?
Launching 408 juta
Awal oktober launching reloaded 2011 419 juta
Pertengahan november 2011 431 juta
Awal maret 2012 439 juta
Awal april 2012 442 juta
Barang laku, barang langka, yg exceed katanya dah gak produksi karena mesin dan tranmisinya dah ketinggalan selangkah sama dakar. :big_peace: gak kayak t*y*t* pake body lama, ganti bemper sama lampu doang, ditambah setir bekas camry gak kepake karena camry dah ganti model :big_peace: tapi dah gak ada saingan lagi dia di harga segitu untuk suv diesel 4*2, karena untuk ps exceed saja sudah seharga 404 juta, itu pun katanya tinggal ngabisin stock dari thailand doang, makanya barangnya susah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
FortunerMan

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by FortunerMan »

Belphegor wrote:Ok dilist aja sekalian, yang saya tau kekurangan dakar dibanding gnf: ruang kabin lebih sempit, headroom lebih sempit, build quality kalah (jauh), kualitas cat, bentuk eksterior (relatif). Sedangkan kelebihan dakar: fitur, tenaga, ada lagi? Jadi pemenangnya?
Kenapa ya bisa kasar gitu bikinannya...apalagi kalo cat warna putih - buset itu cat mati banget.
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Belphegor »

Waduh saya sih klo harga segitu mending beli pajero "beneran" yang 2nd daripada yg "boongan" :big_peace:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Belphegor »

FortunerMan wrote:
Belphegor wrote:Ok dilist aja sekalian, yang saya tau kekurangan dakar dibanding gnf: ruang kabin lebih sempit, headroom lebih sempit, build quality kalah (jauh), kualitas cat, bentuk eksterior (relatif). Sedangkan kelebihan dakar: fitur, tenaga, ada lagi? Jadi pemenangnya?
Kenapa ya bisa kasar gitu bikinannya...apalagi kalo cat warna putih - buset itu cat mati banget.
Mungkin peruntukannya utk jalan yg off road kali ya om, makanya dikasi cat jelek aja.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

Belphegor wrote:Waduh saya sih klo harga segitu mending beli pajero "beneran" yang 2nd daripada yg "boongan" :big_peace:
Kalau ane malah pilih w204 second daripada pajero"beneran" :big_smoking:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by htannis »

Belphegor wrote:Ok dilist aja sekalian, yang saya tau kekurangan dakar dibanding gnf: ruang kabin lebih sempit, headroom lebih sempit, build quality kalah (jauh), kualitas cat, bentuk eksterior (relatif). Sedangkan kelebihan dakar: fitur, tenaga, ada lagi? Jadi pemenangnya?
Pernah punya dua2 nya gak bro? Kl gak punya gimana bandingin? Dashboard fortuner saya dulu sambungan gak rata, dah complain dua kali diganti kaga rata, dijawab sama orang astra emang begitu malah dikasi liat mobil displaynya emang rata2 sambungan dashboard tengah ke samping kaga rapet semua, sampe ane kesel ya udah ane pasrah aja.
Ruang kabit sempit sama headroom sempit juga bukan kekurangan, tergantung postur tubuh, malah buat ukuran ane 170cm termasuk pas dan kursi juga ngebucket dikit, gak kayak fortuner ngeloss banget duduknya, plafond juga tinggi, jadi kopong, emang kl org tinggi 175 keatas agak gak enak duduk di dakar apalagi dengan sunroofnya jadi turun 5 cm. Cat jelek? Relatif, menurut ane fortuner juga jelek, ane pake 2 tahun nongol bintik2 semua, itu salah satu alasan ane jual fortuner ane selain ill fill liat bentuk gnf. Anyway tinggal klaim asuransi kok, cat ulang jadi bagus. Mesin boyo? Psg piggy dan intercooler? Gak nolong, harus ganti turbo, habis biaya banyak dan daya tahan belum teruji. Rem belakang tromol? Mau ganti belum tentu bener pasangnya, pesen ke brembo? Mahal banget. Transmisi 4 speed jadul? Gak ada obatnya, Mau ganti transmisi? Mahal. Bentul exterior? Relatif, ada yg suka bentuk mobil pesolek, mesin boyo gak masalah, ada yg suka mobil gagah, torsi besar :big_peace: jadi semua kembali ke orangnya, suke ke mall? Dandanin mobil? Atau suka fun to drive nya 254HP turbo diesel dengan torsi 380NM di rpm1500, 540 di rpm2500 dan kembali ke 380NM di rpm4500, kembali ke kebutuhan masing2 :big_smoking:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
FortunerMan

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by FortunerMan »

Belphegor wrote:Waduh saya sih klo harga segitu mending beli pajero "beneran" yang 2nd daripada yg "boongan" :big_peace:
Kasian ya nama Pajero diperkosa - dulu denger org pake Pajero....WOW...skrg...dikira PJ Sport :mrgreen: ...yahhhh....biasa aja - turun pamor abis tuh nama besar.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Turboman »

htannis wrote:Dashboard fortuner saya dulu sambungan gak rata, dah complain dua kali diganti kaga rata, dijawab sama orang astra emang begitu malah dikasi liat mobil displaynya emang rata2 sambungan dashboard tengah ke samping kaga rapet semua, sampe ane kesel ya udah ane pasrah aja.
Ruang kabit sempit sama headroom sempit juga bukan kekurangan, tergantung postur tubuh, malah buat ukuran ane 170cm termasuk pas dan kursi juga ngebucket dikit, gak kayak fortuner ngeloss banget duduknya, plafond juga tinggi, jadi kopong, emang kl org tinggi 175 keatas agak gak enak duduk di dakar apalagi dengan sunroofnya jadi turun 5 cm. Cat jelek? Relatif, menurut ane fortuner juga jelek, ane pake 2 tahun nongol bintik2 semua, itu salah satu alasan ane jual fortuner ane selain ill fill liat bentuk gnf. Anyway tinggal klaim asuransi kok, cat ulang jadi bagus. Mesin boyo? Psg piggy
Biar gak punya PS ane setuju ama um HT, mobil2 buatan Thailand yah kualitas 11 - 13 lah, wong supplier-nya banyak yg sama.....mobil2 Mitsu juga banyak pake parts2 buatan DENSO, transmisi-nya juga Aisin Warner.

Yg ane appreciate dari PS = ada semacam styrofoam di rongga antara pelat spakbor dan pelat body dekat pangkal pintu depan, tujuannya utk peredaman suara, ini di 42ner en Ipeh gak ado.

Idle nya mesin 4D56 Di-D cuman 600 - 700 an RPM, ini lebih ekonomis saat idle drpd D4 D yg idle 850 RPM (kayak mesin bensin), mungkin kalo idle D4 D diturunin ke 600 an RPM akan lebih guncang2 drpd 4D56 ?

Kemampuan Off Road PS lebih baik drpd 42ner, Wheel articulation-nya lebih besar.

Built Quality secara keseluruhan kayaknya masih lebih baik 42ner dikit yah, tapi D-Cab Triton-nya terbukti sukses di lapangan, konon Triton sangat tangguh utk medan berat, kaki kakinya juga kuat.

Harga parts PS banyak yg lebih murah drpd 42ner D4 D, terutama filter solarnya lebih murah jauh (sama2 Ori), bahkan steering rack PS konon lebih murah dr steering rack Mitsu Kuda.......lho....tapi benar.

Harga Ball Joint, sokbreker orisinil PS mengingatkan kepada harga parts Kijang kapsul........ :off_good_job:

Well, baik PS maupun 42ner masing2 punya kelebihan sendiri2.

*Bukan sales Mitsu*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Hansen »

Turboman wrote: Idle nya mesin 4D56 Di-D cuman 600 - 700 an RPM, ini lebih ekonomis saat idle drpd D4 D yg idle 850 RPM (kayak mesin bensin), mungkin kalo idle D4 D diturunin ke 600 an RPM akan lebih guncang2 drpd 4D56 ?
kalo D4-D idle dengan AC on berapa om?
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by DOHC »

kalo yg ane perna nyetir sehh... skitaran 850an siong ( satu garis dibawah angka 1 di tacho)... itu unit d4d g manual

rpm nya pas ac nyala dan posisi idle nya mirip ama yg 1TR..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Hansen »

jadi idle si D4-D dengan AC off dan on itu mirip alias relatif konstan yah?

kalo si DI-D meskipun idle dengan AC off nya rendah tapi sewaktu AC on bedanya lumayan jauh (w/ AC 950-1000rpm)
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by DOHC »

gini siong... kompresor nya kan ga nyala terus2an, kadang nyala kadang mati... nahh waktu lg mati yahh kisaran sgitu 800an....tapi gt kompressor nya nyala yahh naek rpm nya, bisa 1000 tapi cuman bentar trus turun ke 900 kali... ini angka nya jg sama, baik itu kondisi double blower nyala atau mati...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Hansen »

iya maksud ane pas magnetic clutch kompressor AC engaged chiong
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by DOHC »

ohhh kalo gt yahh berarti sama lahh siong....

ehh btw pemakai d4d laen gmana nehh... sama ga tuh angkanya sama ane... scara unit yg ane nyetir itu mobil rentalan.... ga tau di serpis berkala atau kaga, ac nya masi sehat atau kaga...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Hansen »

oh iya sama satu lagi, kondisinya sama2 di posisi gear Netral

sebab kalo di matic posisi D biasanya rpm ga bakal naik
Image
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: New Grand Fortuner or Pajero Dakar Faselift (All 4x2)

Post by Belphegor »

htannis wrote:
Belphegor wrote:Ok dilist aja sekalian, yang saya tau kekurangan dakar dibanding gnf: ruang kabin lebih sempit, headroom lebih sempit, build quality kalah (jauh), kualitas cat, bentuk eksterior (relatif). Sedangkan kelebihan dakar: fitur, tenaga, ada lagi? Jadi pemenangnya?
Pernah punya dua2 nya gak bro? Kl gak punya gimana bandingin? Dashboard fortuner saya dulu sambungan gak rata, dah complain dua kali diganti kaga rata, dijawab sama orang astra emang begitu malah dikasi liat mobil displaynya emang rata2 sambungan dashboard tengah ke samping kaga rapet semua, sampe ane kesel ya udah ane pasrah aja.
Ruang kabit sempit sama headroom sempit juga bukan kekurangan, tergantung postur tubuh, malah buat ukuran ane 170cm termasuk pas dan kursi juga ngebucket dikit, gak kayak fortuner ngeloss banget duduknya, plafond juga tinggi, jadi kopong, emang kl org tinggi 175 keatas agak gak enak duduk di dakar apalagi dengan sunroofnya jadi turun 5 cm. Cat jelek? Relatif, menurut ane fortuner juga jelek, ane pake 2 tahun nongol bintik2 semua, itu salah satu alasan ane jual fortuner ane selain ill fill liat bentuk gnf. Anyway tinggal klaim asuransi kok, cat ulang jadi bagus. Mesin boyo? Psg piggy dan intercooler? Gak nolong, harus ganti turbo, habis biaya banyak dan daya tahan belum teruji. Rem belakang tromol? Mau ganti belum tentu bener pasangnya, pesen ke brembo? Mahal banget. Transmisi 4 speed jadul? Gak ada obatnya, Mau ganti transmisi? Mahal. Bentul exterior? Relatif, ada yg suka bentuk mobil pesolek, mesin boyo gak masalah, ada yg suka mobil gagah, torsi besar :big_peace: jadi semua kembali ke orangnya, suke ke mall? Dandanin mobil? Atau suka fun to drive nya 254HP turbo diesel dengan torsi 380NM di rpm1500, 540 di rpm2500 dan kembali ke 380NM di rpm4500, kembali ke kebutuhan masing2 :big_smoking:
Bro, walaupun saya tdk pny keduanya tapi saya cukup sering naik ps yang panel bagian dashboardnya aja bisa dipencet msk kedalam, itu exceed sih, saya tdk tau ttg dakar, lalu di beberapa bagian juga kasar dibuatnya, entah jelasinnya gimana. Saya bandingkan dgn innova saja, jujur kualitas panel dan plastiknya masih bagusan innova, tapi ya itu pendapat saya, sekali lagi relatif bro. Menurut bro, dakar udah kenceng, klo bagi yg udah biasa bawa x5/6 apa udah msk kategori kenceng? Saya tdk pernah memaksakan pendapat saya agar bro setuju, ini hanya opini saya semata.