bushkntl wrote:Hmmmm baca postingan diatas(buat contoh aja) gw jadi bingung kok bisa beli mobil tapi BBMnya minta di subsidi? bukan mendingan nuntut produsen mobilnya yg puter otak gimana cara bawa mesin ke indo yg lebih bersih dan effisien?
Kalo menurut ane sih tergantung mobilnya bro. Kalo naiknya mobil2 papan atas dan ributin soal BBM subsidi, ya memang agak keterlaluan dan ane setuju dengan comment diatas.
Tapi kalo mobilnya kelas entry level (kelas majority disini), rasanya kurang pantes kalo kita pukul rata bahwa mereka semestinya gak perlu lagi pake bbm subsidi karena berpatokan pada asumsi bahwa mereka seharusnya udah kuat beli bbm non subsidi.
Khususnya di pasar sini (indo), gak semua pembeli mobil pribadi itu adalah orang2 berpenghasilan menengah atas karena disini mobil pribadi bisa dibilang udah jadi kebutuhan pokok. Salah satu sebabnya mungkin karena kita belum punya transportasi massal yg baik dan aman, kalo adapun cuma menjangkau daerah2 tertentu saja, juga kultur masyarakat sini yg suka jalan bareng sekeluarga, dsb.
Jadi walaupun penghasilan pas2an (gak susah dan gak melarat sih, cuma masih ngepas aja penghasilannya dengan kebutuhan rumah tangga lain) "maksa" juga untuk beli mobil pribadi.
Nah konsumen mobil yg masih dalam tahap ini masih banyak. Tau darimana sol?
Buktinya mobil2 yg paling laku adalah mobil2 dilevel 100-200jt an yg banyakan dihuni oleh mobil2 entry level.
Untuk konsumen2 spt ini perbedaan harga bensin 100-200rb sekali ngisi itu lumayan untuk misalnya bawa keluarganya rekreasi di mall, dsb....Jadi perbedaan harga bbm subsidi dengan non-subsidi bisa dialokasikan ke post2 anggaran RT lain.
juga untuk konsumen tipe ini, faktor2 spt cleaner emission masih belum jadi no 1 dalam kriteria pemilihan mobil.
Kalo pemerintah udah bikin UU bahwa mobil pribadi harus pake BBM non subsidi, ane bilang sih konsumen2 tipe in kuat juga belinya, tapi selama belum ada UUnya, BBM subsidi jelas alternatif yg paling dicari oleh konsumen ini.
Juga banyak ATPM2 yg mengiklankan bahwa produk2nya bisa diminumin BBM subsidi, jadi menurut aje wajarlah kalo ada konsumen yg mobilnya ngelitik karena dikasi BBM subsidi pada komplain
Kesalahan juga bukan hanya di pihak konsumen, bisa juga dipihak lain misalnya pemerintah yg kurang mendistribusikan BBM non subsidi ke semua daerah di indo. Untuk orang2 yg tinggal di kota2 kecil yg belum ada BBM non subsidi, mereka juga pengen mobil2 mereka (yg kadang2 mobil papan atas) untuk bisa kompatible dengan BBM subsidi, karena sebanyak apapun duit seseorang, kalo barangnya gak ada, ya gak bisa dibeli juga kan