[INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by vote42ner »

Kadang sales mendorong kita untuk memberikan tanda jadi..dg berbagai rayuan dan alasan yg di kemukakan..dan yg pasti dg jaminan uang akan kembali kalo spk di batalkan..tapi begitu kita batalin..jiaaahh jadi judes..susah di hubungi..dll..akhirnya ya ilaang dah..saya juga pernah ngalami..yg awalnya baekk..akrab..eehhh lgs jadi sangar abis..hehehe..
forex_lovely
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Oct 06, 2011 5:15

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by forex_lovely »

vote42ner wrote:di awal memang sudah bilang begitu..bahwa kalo batal ..tanda jadi akan di kembalikan 100%..tapi kan ngak jarang si salesnya jadi ogah ogahan..ngak bisa di hubungi lah..dlll...jadi tetep aja uang itu ilang... :big_peace:
Setuju, memang kenyataannya biasanya ini yg terjadi. Uang sudah masuk susah kembali dan dipersulit.
vote42ner wrote:Kadang sales mendorong kita untuk memberikan tanda jadi..dg berbagai rayuan dan alasan yg di kemukakan..dan yg pasti dg jaminan uang akan kembali kalo spk di batalkan..tapi begitu kita batalin..jiaaahh jadi judes..susah di hubungi..dll..akhirnya ya ilaang dah..saya juga pernah ngalami..yg awalnya baekk..akrab..eehhh lgs jadi sangar abis..hehehe..
Senasib banget :) skrg orangnya sudah dibayar lunas pun masih sering ingkar janji. STNK dibilang selesai nggak sampai seminggu, ternyata seminggu lebih masih belum ada kabar. Malah kita yg sekarang kesannya selalu telp ngejar-ngejar dia. Sy mau tunggu bbrp hari lagi. Kalau memang nggak ada kabar, sy akan langsung ke atasannya. Kalau perlu masuk ke surat pembaca
ak4ng wrote:bukan maksud memukul rata semua marketing N oknum kabeh........... tp knyataannya di SM pun ada marketing yg ''begitu''......... tp sy yakin koq yg oknum2 cm secuil...... msh banyak orang marketing yg jujur dan berdedikasi............ tp terasa gmn gt kl uang tanda jadi gak dibalikin...........
Memang masih ada juga marketing yg jujur, tapi skrg sudah langka kayanya :) Adapun tujuan dari posting saya di sini untuk sharing trik-trik yang sering digunakan marketing nakal supaya rekan-rekan nggak tertipu dgn trik-trik semacam ini.
Last edited by forex_lovely on Mon Oct 10, 2011 4:15, edited 1 time in total.
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by Lucky11 »

Tak kirain nama Salesnya BASUKI RAHMAT
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!
forex_lovely
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Oct 06, 2011 5:15

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by forex_lovely »

Lucky11 wrote:Tak kirain nama Salesnya BASUKI RAHMAT
Hehe..bukan bro. Itu nama cabang Nissan di Surabaya Jl Basuki Rahmat.
forex_lovely
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Oct 06, 2011 5:15

BUKTI BUKTI

Post by forex_lovely »

Berikut ini adalah form order Nissan Grand Livina dengan Catatan pada bagian bawah :
"Pengajuan Discount" senilai 10 jt.

Form Order :

Image

Salah satu hal yang aneh dan tidak masuk akal, saya harus menunggu sampai akhir bulan sekitar 3 minggu untuk dapat kepastian discount 10 jt / tidak. Dari pihak sales sendiri mengatakan untuk order / pesan mobil dan pengajuan discount diharuskan membayar tanda jadi 5 jt terlebih dahulu. Tanpa membayar tanda jadi, tidak dapat order dan otomatis juta tidak dapat melakukan pengajuan discount.

Nyatanya setelah membayar tanda jadi, sales tidak dapat memberikan kepastian discount 10 jt dan mengulur ulur waktu sampai akhir bulan dan akhirnya tetap tidak mendapatkan discount. Seharusnya jika tidak bisa memberikan tambahan discount pihak sales dari awal sudah memberikan kepastian dan saya tidak perlu menunggu sampai 3 minggu.


Bukti tanda terima transfer DP 5 jt, tertanggal 10 Sept 2011

Image

Setelah dimolor molor sampai 3 minggu sampai awal oktober sales ternyata mengatakan pengajuan discount tidak disetujui dan harga mendapakan discount standard 190 jt (seharusnya dengan discount 10 jt maka total harga mobil adalah 189 jt) sesuai form order, dengan SANGAT KECEWA saya segera melunasi agar tidak dipersulit / diulur-ulur lagi. Total yg saya bayarkan adalah 190 jt.

Bukti serah terima kendaraan :

Image

Yang saya permasalahkan di sini adalah bukan nilai nominal tambahan discount 1 jt tersebut, tetapi "kinerja dari sales yg tidak professional" cenderung mengakali konsumen. Kalau tidak bisa memegang janji tidak perlu mengiming-iming dengan discount tambahan. Setidaknya tidak bisa harusnya dari awal-awal sudah ada konfirmasi ke customer. Saya lebih bisa menerima kalau konfirmasi datang lebih awal.

Sekali lagi, apakah ini memang berhubungan erat dengan "kejar setoran" untuk bulan depan ?? sampai customer disuruh menunggu 3 bulan tanpa ada kejelasan.

Alasan mengajukan "discount tambahan 1 jt ke pusat" yang selalu diucapkan sales bagi saya kurang masuk akal. Dan rencana begitu ada waktu saya akan menemui kepala cabang Nissan Basuki Rahmat untuk meminta penjelasan mengenai hal ini. Sampai hari ini (tgl 10 october) pun STNK yang dijanjikan keluar tidak sampai 1 minggu dan bukti pelunasan kendaraan belum saya terima.



Bukti transfer DP 1 sebesar 90 jt

Image


Bukti transfer DP 2 sebesar 95 jt

Image

Total yg saya bayarkan adalah 5 jt + 90 jt + 95 jt =190 jt
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by aldy »

forex_lovely wrote:Saya mau berbagi pengalaman tidak menyenangkan sewaktu membeli Nissan di Nissan Basuki Rahmat, Surabaya. Ceritanya begini, sewaktu melihat-lihat pameran mobil di mall saya tertarik beli Grand Livina karena ada discount 9 jt. (sebelumnya lebih condong ke Avanza). Setelah beberapa kali telp ke marketing, sebut saja si Ekx, sy berencana ke showroom untuk tanya tanya lebih lanjut, kebetulan saat itu si E keluar dan dikatakan supaya menemui marketing rekan si E, yaitu Raxx.

Saya coba tawar lagi apa bisa tambah diskon lagi dari diskon awal 9 jt, Si R, mengatakan discount normal memang 9 jt untuk Grand Livina, tapi kalau mau menunggu sampai akhir bulan akan diberikan diskon tambahan 1 jt, alias total 10 jt. Kebetulan waktu itu termasuk awal bulan (sekitar tgl 8 ), sy pikir-pikir lagi lebih baik nunggu sekitar 3 minggu an toh memang nggak buru-buru. Lumayan tambahan 1 jt lagi.

Singkat kata saya deal, dengan catatan saya setuju menunggu sampai akhir bulan dan ada diskon 10 jt. Kira-kira 1 jam kemudian datanglah si E, dia mengatakan untuk tanda jadi harus bayar 5 jt supaya mobil bisa dipesan. Nah di sini mulai nggak beresnya si marketing. Di formulir order barang dia menulis "Pengajuan Discount 10 jt" dan mengatakan discount 10 jt harus pengajuan dulu.

Setelah transfer tanda jadi 5 jt, si E mulai jarang nelpon. Saya tanyakan gimana discount 10 jt nya. Dia mengatakan masih belum tau harus nunggu akhir bulan. Sy mulai berpikir wah kalau ternyata akhir bulan ternyata nggak dikasih bisa gigit jari. Tapi saya singkirkan pikiran seperti ini, krn seharusnya marketing berani berjanji sprt itu tentu dia yakin bisa mendapat diskon 10 jt.

Sekitar mendekati akhir bulan saya telp berkali-kali tapi si E tetap beralasan atasan dia si R masih mencoba mengajukan ke pusat buat diskon 10 jt. Dalam hati saya berpikir ini jangan-jangan ini cuma akal-akalan si marketing. Si marketing berani ngasih iming iming diskon 10 jt di akhir bulan adalah untuk memenuhi target dia bulan depan. Beberapa hari saya telp ngejar si E supaya beri kepastian (waktu itu sudah sekitar tanggal 28) jadi nggak ada alasan si E molor molor lagi. Ternyata benar, si E kemudian memberi kabar kalau nggak disetujui. Saya pikir pikir lagi target tentu target cabang, mana mungkin pusat memberikan diskon lebih untuk customer per customer. Justru marketing yang berjanji memberikan discount adalah dipotong dari komisi si marketing sendiri. Akhirnya dengan berat hati saya bayar cash mobil itu TANPA tambahan discount 1 jt dan mendesak si E supaya secepat mungkin diproses. Sudah saya bayar cash ternyata masih ditunda-tunda pula, dgn alasan transfer masih pending lah dll. Dalam hati saya parah banget nih marketing. Terus terang saya memilih dia karena kasihan, jaga pameran bawa anak istri. Sampe anaknya bagi-bagi brosur. Ternyata air susu dibalas dgn air tuba.

Memang ini keteledoran saya sendiri karena terlalu percaya ke si marketing. Si marketing mungkin skrg tertawa-tawa puas, customer mau menunggu dgn rela sampai akhir bulan tanpa harus ngasih discount tambahan :) Suatu cara mengakali pelanggan yg cerdas. Mungkin dia bisa ngakali saya, tapi akan saya sebar-sebarkan ke teman / relasi agar jangan pakai dia kl mau beli mobil.

Sebetulnya BANYAK SEKALI HAL LAIN yang mengecewakan dari si marketing seperti tidak menepati janji, plin plan, dll. Tapi yang paling mengecewakan adalah masalah discount tsb. :mad: :mad: :mad:

Krn itu saran saya sebelum membeli mobil : JANGAN PERCAYA JANJI-JANJI DISCOUNT / BONUS BARANG DARI MARKETING, KECUALI ADA BUKTI TERTULIS YANG SUDAH PASTI. JANGAN MAU PENGAJUAN DLL. KALAU TIDAK BISA MEMBERIKAN BUKTI TETULIS LEBIH BAIK TIDAK USAH DISCOUNT / BONUS BARANG KECUALI ANDA SIAP KECEWA. ATAU COBA CARI KE DEALER LAIN / MARKETING LAIN.
Wah om ane ada kenalan sales baik bgt disitu heheh sayang nasi udah jadi bubur :e-doh: :e-doh:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by BADAK »

Bung aldy kl gak salah stay di Sby n jg pake lipina ya? Dulu jg beli di Nissan BR ya?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by ak4ng »

BADAK wrote:Bung aldy kl gak salah stay di Sby n jg pake lipina ya? Dulu jg beli di Nissan BR ya?
ente juga pake lipina kan DAK????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by BADAK »

ak4ng wrote:
BADAK wrote:Bung aldy kl gak salah stay di Sby n jg pake lipina ya? Dulu jg beli di Nissan BR ya?
ente juga pake lipina kan DAK????
iya k4ng, tp beli seken.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by aldy »

BADAK wrote:Bung aldy kl gak salah stay di Sby n jg pake lipina ya? Dulu jg beli di Nissan BR ya?
Iya om domisli sby beli juga di BR :frm_tumbright: :frm_tumbright:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by ak4ng »

om TS.... awalnya kan mau apanja...... knp g lgsg deal aja???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Lucky11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Wed Jan 12, 2011 6:09
Location: Jalan Rusak ? ? ?

Re: [INFO] HATI-HATI DENGAN MARKETING NISSAN BASUKI RAHMAT

Post by Lucky11 »

Sudah jodoh sama si Basuki Rahmat k4ng..
Dilarang Merokok Kecuali Perlu!