JonoJack wrote:Oom Oom sekalian
Mohon info dengan budget 230 jt an, apakah lebih worthed beli Ipah D4D 2010 seken tw Freed baru 2011 ya..?
Pertimbangan :
1 Tiap hari jalan min 70 km (TOL 80% Dalkot 20%)
2 Senin - Jumat pake sendiri , weekend bawa keluarga keliling kota (4 orang)
3 Hari raya & libur bawa keluarga (6 - 7 orang)
4 Mau dijual lagi setelah 4 - 5 tahun (re sale value setelah 4 - 5 tahun) bagus mana ya kira2
5 Biaya bensin / solar per bulan (apakah Ipah D4D bisa campur pertadex & Bio Solar..? krn Freed bisa campur pertamax & premium)
6 Biaya perawatan per tahun nya (mahalan mana ya Ipah atw Freed)
Trims Oom Oom sekalian... Mohon inputnya ya, soal nya lagi hunting mobil nich (baru kesampean sekarang...)

Berhubung semuanya sudah pernah coba berikut pengamatan seorang nubie:
1 dan 2. Untuk pemakaian harian, kedua mobil tersebut sama enak tapi kalo nyetir sendiri prefer bawa freed krn dimensi kompak drpd ipah yang kegedean(imo), untuk weekend ber-4 freed masih nyaman Poin 1 &2 sy pilih freed
3. saya vote buat ipah d4d karena pas kmaren pulkam ke semarang dengan penumpang 7 dan barang bawaan, ipah d4d tenaganya yahud banget trus dalemnya lega bgt walau bagasi masih kalah ma kapsul, tapi klo freed ber-7 agak kurang nyaman, bersenggolan kanan kiri, dengkul mentok aplg baris ketiga, tapi headroom lega dan kemudahan akomodasi keluar masuk. Ruang bagasi agak terbatas.
4. klo ini saya blm tau persis karena blm pernah jual tapi wktu itu beli ipah d4d(2009) juga seken sedang freed baru, tp perkiraan resale masih megang toyota, apalagi d4d bekasnya masih diburu krn lbih jarang dbanding bensin(imo)
5. Kalo untuk bahan bakar ipah d4d masih kuat dicekokin bio solar biasa ga perlu pertadex tapi dicampur lebih baik, ipah d4d sy dah 88rb km masih aman2 aja asal filter solar ganti setiap 20rbu dan purging. Buat freed juga bisa diisi premium tapi alangkah baiknya di combine dengan pertamax plus or shell super extra. Buat konsumsi bahan bakar keduanya relatif hampir sama. Buat luar kota ipah d4d biasanya kena 1:12-13 kpl sedangkan dalam kota 1:9-10 kpl, begitu pula buat freed kmaren test luar kota 1:12,5 tp kaki kanan ga sekolah harusnya sih bs lbih hemat
6. Perihal biaya perawatan sepertinya ipah d4d lebih murah karena sudah tidak ada setel klep ato tune up seperti freed, perawatan ipah d4d hanya ganti oli mesin dan transmisi dan menjaga selalu kualitas filter solar, filter udara dan oli selebihnya tinggal gas puoll ga perlu beres..
semua pilihan tergantung pada sang ts.