Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by NYoman »

DOHC wrote:mengenai safety mobil bersasis ladder frame... mungkin rekan2 skalian ada yg perhatiin kalo mobil2 sasis ladder frame skrg uda beda dgn mobil dgn serupa tapi mobil2 jadul...

sbg perbandingan... mobil2 modern bersasis tangga macam ipah, PS dibandingkan dgn sasis nya panther maupun tokisul dan kuda...

buka kap mesin dan perhatikan dehh tulang2 sasis tsb... kalo di mobil2 modern macam ipah dan PS... ane perhatikan di tulang2 sasis tsb dibkin sperti beberapa lempengan yg di las... beda skali dgn panther tokisul dan kuda... bener2 lempengan besi lurus dari ujung blakang ke ujung depan...

mungkin ini kali yahhh teknologi crumple zone utk mobil2 bersasis tangga... :e-think: :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:
kemungkinan ya om seperti itu, supaya sasis menekuk keatas pada saat crash terjadi sehingga tidak terus "mbelesek" ke dalam kabin..kalau mobil jaman dulu seingat saya benar sepertinya memang batangan lurus tanpa di las.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by y_anjasrana »

Ini ada contoh bagus crash test antara mobil keluaran 2009 dgn keluaran tahun 59 :

[url]http://www.youtube.com/watch?v=fPF4fBGN ... elated[url]
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

y_anjasrana wrote:Ini ada contoh bagus crash test antara mobil keluaran 2009 dgn keluaran tahun 59 :

[url]http://www.youtube.com/watch?v=fPF4fBGN ... elated[url]
yup, itu yang ane jadikan contoh bedanya teknologi mobil sekarang dengan jadul.

Teknologi jadul, pelat bodi tebal, rangka kaku, malah bikin hancur kabin.
Teknologi sekarang, pelat bodi sebagai 'casing' saja, kekuatan melindungi kabin,dalam arti kemampuan meredam energi benturan, sebenernya ada di chassis yang diperkuat, tapi lebih lentur menyerap energi benturan, sehingga energi benturan bisa 'ditahan' sampai batas maksimal sebelum sampai merusak kabin.

Tentunya ini dalam batas toleransi kecepatan di crashtest lo ya..!

cmiiw
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by c_adhi_k »

newbie numpang nanya, apakah plat body mobil mewah yang baru juga di desain sangat tipis?
mungkin kalau lebih tipis iya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by AD74YA »

c_adhi_k wrote:newbie numpang nanya, apakah plat body mobil mewah yang baru juga di desain sangat tipis?
mungkin kalau lebih tipis iya
Ya didesain setipis dan sekuat mungkin dalam proporsi yang tepat..

Semua itu berkaitan dengan struktur chassis dan kekuatan bahan.. Saat ini sudah sampai tahap penggunaan carbon fibre sebagai plat body... Lebih tipis dan lebih ringan dari aluminium, tetapi jauh lebih kuat dan kaku dari plat besi..

So, tipis belum tentu lebih jelek..

Selain itu sebenernya tujuan utama plat mobil menjadi tipis adalah masalah ECO ECO gitu... makin ringan, makin hemat bbm, makin eco-friendly.. Cuman kita harus pinter-pinter milih juga.. Bisa jadi itu cuman marketing gimmick mobilnya tapi mengesampingkan faktor safety.

Selain itu, dengan semakin tipisnya plat body yang berfungsi sebagai pelindung pasif (meskipun utamanya crumple zone), diperlukan mobil yang semakin memiliki perlindungan aktif seperti electronic safety system. Jangan pilih mobil yang udah platnya tipis, fitur keamanannya aktifnya kopong..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Ya,...berhubung emang mampunya segini... ane pasang perangkat keamanan aktif hanya:

1. Pasang DRL yang bagus, dan langsung on saat kontak on.
2. Saat di tol, tetep nyalakan lampu kota plus lampu kabut depan, supaya kendaraan depan kita aware dengan mobil kita, dan kendaraan belakang kita juga aware karena lampu kota belakang nyala.
Ke depannya, ane berencana supaya khusus lampu belakang bisa ikutan nyala bareng DRL. So, saat swit lampu senja nyala, swit hanya nyalain lampu kota depan (plus ikutan foglamp), lampu interior+indikator dan lampu plat nomor.
:mky_01:
3. Pasang rear foglamp yang aftermarket bentuk segitiga untuk nyala hanya kalo hujan lebat, atau saat kita berkendara menghadap matahari, sehingga kendaraan belakang kita melihat mobil kita seperti objek hitam saja..
4. Pakai sabuk pengaman bagi semua penumpang. ALL.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Megalontong »

Pintu mirip plat seng tipis yang diberi lubang & dilas menyerupai pintu seperti itu ditabrak pelan sepeda motor udah melesak kemana2, sepeda motornya padahal selamat & utuh. Malah keselamatan penumpang di dalamnya terancam, terutama lagi bersandar di pintu.
Itu baru sepeda motor, coba kalau ditabrak mobil lain... ceritanya lebih seru lagi.

Safety? Ngga ada safetynya sama sekali. Itu hanya pintu versi 'el cheapo'.
Apansah berani tes tabrak NCAP?
Saya memperkirakan tes tabrak depan apansah susut hingga setengah bodi , tes tabrak samping susut hingga setengahnya.
Rating NCAP : tidak lulus tes.

:big_slap:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Megalontong wrote:Pintu mirip plat seng tipis yang diberi lubang & dilas menyerupai pintu seperti itu ditabrak pelan sepeda motor udah melesak kemana2, sepeda motornya padahal selamat & utuh. Malah keselamatan penumpang di dalamnya terancam, terutama lagi bersandar di pintu.
Itu baru sepeda motor, coba kalau ditabrak mobil lain... ceritanya lebih seru lagi.

Safety? Ngga ada safetynya sama sekali. Itu hanya pintu versi 'el cheapo'.
Apansah berani tes tabrak NCAP?
Saya memperkirakan tes tabrak depan apansah susut hingga setengah bodi , tes tabrak samping susut hingga setengahnya.
Rating NCAP : tidak lulus tes.

:big_slap:
Bisa bikin sebiji pintu doang, dengan mutu pabrikan, om? :mky_03:

Belum tau arti pedestrian safe, om?
Memang, desain yang pedestrian safe itu membuat mobilnya yang "dikalahin' nekuk, daripada tulang kaki orangnya yang ketekuk kan? :mrgreen:
Menurut Anda, desain sebuah mobil hanya dibikin dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam)...? :mrgreen:

Memperkirakan? Apa dasarnya? Pantesan aja kapasitas kayak Anda hanya sampai kepada taraf 'memperkirakan'. :mrgreen:
Sudah pernah ditabrak?
Saya sudah. Tabrak beruntun malah. Alhamdulillah selamat. Anda, mungkin tidak ya...? :mrgreen:

Pintu belakang? Iya, penyok blesek. Depan? Radiator bocor kedorong dikit ama bumpernya karena nyundul Granmax. Pintu belakang Granmax juga penyok. Yang penting, saya selamat (selain juga karena berkat dan anugerah perlindungan-Nya juga).

Selamatkan penumpangnya, jangan pikirin bagaimana jadinya rupa si mobil.

Simpel kan?
:mrgreen:

Rating NCAP:Tidak lulus tes .... :mrgreen:

Mana buktinya?



Perlu saya bantu? :mrgreen:
Image
Image


susut sampe setengah body, hmm? :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by g4ndalf »

Sekilas baca2, sedikit sudut pandang lain: selain kabin yg utuh perlu dipertimbangkan juga kondisi penumpang, mau pake mobil apapun kalo seatbelt nggak terpasang - tentu kemungkinan cedera lebih besar ketimbang pake seatbelt. Saya pernah liat satu dokumentasi ttg crash test, pada akhirnya yg dianalisa adalah crash test dummy (manusia plastik/karet) yg di dalem, bukan bentuk mobilnya gimana, atau kabin masih utuh. Dummy ini akan merekam semua benturan2 yg terjadi. jadi misal kabin utuh (karena keras atau lentur atau apalah...) tapi kepala kebentur2 di dalem, kemungkinan penumpangnya juga tetep KO.

Jadi utk amannya walau duduk di belakang, pakailah seatbelt, apalagi di jalan tol misalnya. Pilihlah driver yg betul2 fit & tidak ngantuk apalagi teler... :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

g4ndalf wrote:Sekilas baca2, sedikit sudut pandang lain: selain kabin yg utuh perlu dipertimbangkan juga kondisi penumpang, mau pake mobil apapun kalo seatbelt nggak terpasang - tentu kemungkinan cedera lebih besar ketimbang pake seatbelt. Saya pernah liat satu dokumentasi ttg crash test, pada akhirnya yg dianalisa adalah crash test dummy (manusia plastik/karet) yg di dalem, bukan bentuk mobilnya gimana, atau kabin masih utuh. Dummy ini akan merekam semua benturan2 yg terjadi. jadi misal kabin utuh (karena keras atau lentur atau apalah...) tapi kepala kebentur2 di dalem, kemungkinan penumpangnya juga tetep KO.

Jadi utk amannya walau duduk di belakang, pakailah seatbelt, apalagi di jalan tol misalnya. Pilihlah driver yg betul2 fit & tidak ngantuk apalagi teler... :big_peace:
Setuju, om... :off_good_job: Di keluarga ane, alhamdulillah anak2 ane yang sekarang sering ngingetin ibunya kalau duduk di seat tengah lupa ngga pake seatbelt..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by bapakne_satya »

Nightster Guy wrote:
bushkntl wrote:
.....
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia masih belum butuh ABS dan airbag," pungkasnya.
statement diatas sama dengan masturbation: it feels good until you realize you're just f*king yourself :mrgreen:
:wkkk: :wkkk:

Yasudlah, tar seiring waktu juga pasti meningkat fitur2nya, juga.. harganya.... :ngacir: :ngacir:
Terbukti sdh Om, sdh ada peningkatan kok, tp harganya dulu deh sptnya......



Kaburrrrr (pake avanza gw yg di pake utk rental)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

bapakne_satya wrote: Terbukti sdh Om, sdh ada peningkatan kok, tp harganya dulu deh sptnya......



Kaburrrrr (pake avanza gw yg di pake utk rental)
Boleh nanya, om, dulu taun 2005 atau 2006, beli semangkok baso bayar berapa? Masih inget?
Masih boleh bayar pakai harga 2005/2006...?
:e-whistle:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by nugroho bagor »

VanzMatic wrote:apalah arti opini supir truk....

Image
Sini mas,kok sopir truk mulu ya,saya kok gak sreg anda pake sopir truk,karena saya ada truk 4 biji,gak ada yang ngotot kayak anda,wis tho sing legowo nek kleru ya ngomong kleru bener ya bener,opini kok sopir truk mulu huuuuffff
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by madcat015 »

nugroho bagor wrote: Sini mas,kok sopir truk mulu ya,saya kok gak sreg anda pake sopir truk,karena saya ada truk 4 biji,gak ada yang ngotot kayak anda,wis tho sing legowo nek kleru ya ngomong kleru bener ya bener,opini kok sopir truk mulu huuuuffff
Loph yu pul om nug... :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Salvanost »

untung aja dulu nabrak pintu tengah avanza ga kenapa napa...
cuma penyok doank
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by NYoman »

berarti antara Xenia dan Terios beda ya? Terios saya ad SIB nya tuh..seperti silinder memanjang gitu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by c_adhi_k »

rush ama terios juga ga ada SDIB nya
gila tuh harga 200 juta ga ada SDIB
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by MonSTER_GTR »

tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.

CMIIW
Here Come's The Best Car - Coming soon
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by MonSTER_GTR »

kalo ane boleh berpendapat ya, no offence, ada yang lebih parah daripada apanja-xenia
yaitu grandmax-luxio. waktu itu ada patahan mobil temen grandmax. ane lekuk dikit aja
langsung bengkok.
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by htannis »

MonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.

CMIIW
Tetap parahan duo xenia avanza :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

Sering terdengar plat mobil ini tipis, itu agak mending...
Ada kawan2 disini yang mempunyai data ketebalan plat yang dipakai oleh suatu mobil?(Misalkan merk A di pintu sekian mm/10, fender sekian)
User avatar
bimbimsalabim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
Location: dipelukan gunung kembar

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by bimbimsalabim »

mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu

Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

htannis wrote:
MonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.

CMIIW
Tetap parahan duo xenia avanza :big_weee:
Luxio sudah built in peredam pa belom di pintu pintu, panel row 3 dan pintu belakang? Di avanza 2010, peredam hanya ada di dek lantai. Sudah saya liat ndiri kok.

Yap, parah nih kembar...sempat ngetrend beberapa kejadian tabrakan si kembar dalam jeda waktu singkat, pengemudi dan penumpangnya terbukti selamat tuh...
Parah ya.. :mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by NYoman »

yah jelas aja livina lebih terasa tebal lha bidang nya lebih sempit..si luxio itu kan bidang nya luas, dengan ketebalan plat yang sama ya jelas luxio terasa lebih tipis.. satu lagi, livina itu ada peredamnya di pintu, beda sama luxio yang ga ada peredam.. terios saya dulu di isi peredam bunyinya kayak pake mobil2 sedan tuh...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

NYoman wrote:yah jelas aja livina lebih terasa tebal lha bidang nya lebih sempit..si luxio itu kan bidang nya luas, dengan ketebalan plat yang sama ya jelas luxio terasa lebih tipis.. satu lagi, livina itu ada peredamnya di pintu, beda sama luxio yang ga ada peredam.. terios saya dulu di isi peredam bunyinya kayak pake mobil2 sedan tuh...
Betul, om... :big_peace:

Ane pernah juga bandingkan antara Grand Livina dengan Kuda diesel jadul bapak ane. Sama2 sudah berperedam.
Biar kata nutup pintu nya masih model bunyi BRAK bukan BLEB, terasa jauuuh banget bedanya antara buka jendela dan tutup jendela. Itu pun karet lis pintu yang di body kendaraan belum model karet balon loh.. Masih model biasa kayak Futura atau pintu tengah avanza. Tanpa karet model balon. Karet standar.
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "