kemungkinan ya om seperti itu, supaya sasis menekuk keatas pada saat crash terjadi sehingga tidak terus "mbelesek" ke dalam kabin..kalau mobil jaman dulu seingat saya benar sepertinya memang batangan lurus tanpa di las.DOHC wrote:mengenai safety mobil bersasis ladder frame... mungkin rekan2 skalian ada yg perhatiin kalo mobil2 sasis ladder frame skrg uda beda dgn mobil dgn serupa tapi mobil2 jadul...
sbg perbandingan... mobil2 modern bersasis tangga macam ipah, PS dibandingkan dgn sasis nya panther maupun tokisul dan kuda...
buka kap mesin dan perhatikan dehh tulang2 sasis tsb... kalo di mobil2 modern macam ipah dan PS... ane perhatikan di tulang2 sasis tsb dibkin sperti beberapa lempengan yg di las... beda skali dgn panther tokisul dan kuda... bener2 lempengan besi lurus dari ujung blakang ke ujung depan...
mungkin ini kali yahhh teknologi crumple zone utk mobil2 bersasis tangga...![]()
![]()
![]()
![]()
Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ini ada contoh bagus crash test antara mobil keluaran 2009 dgn keluaran tahun 59 :
[url]http://www.youtube.com/watch?v=fPF4fBGN ... elated[url]
[url]http://www.youtube.com/watch?v=fPF4fBGN ... elated[url]
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yup, itu yang ane jadikan contoh bedanya teknologi mobil sekarang dengan jadul.y_anjasrana wrote:Ini ada contoh bagus crash test antara mobil keluaran 2009 dgn keluaran tahun 59 :
[url]http://www.youtube.com/watch?v=fPF4fBGN ... elated[url]
Teknologi jadul, pelat bodi tebal, rangka kaku, malah bikin hancur kabin.
Teknologi sekarang, pelat bodi sebagai 'casing' saja, kekuatan melindungi kabin,dalam arti kemampuan meredam energi benturan, sebenernya ada di chassis yang diperkuat, tapi lebih lentur menyerap energi benturan, sehingga energi benturan bisa 'ditahan' sampai batas maksimal sebelum sampai merusak kabin.
Tentunya ini dalam batas toleransi kecepatan di crashtest lo ya..!
cmiiw

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
newbie numpang nanya, apakah plat body mobil mewah yang baru juga di desain sangat tipis?
mungkin kalau lebih tipis iya
mungkin kalau lebih tipis iya
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ya didesain setipis dan sekuat mungkin dalam proporsi yang tepat..c_adhi_k wrote:newbie numpang nanya, apakah plat body mobil mewah yang baru juga di desain sangat tipis?
mungkin kalau lebih tipis iya
Semua itu berkaitan dengan struktur chassis dan kekuatan bahan.. Saat ini sudah sampai tahap penggunaan carbon fibre sebagai plat body... Lebih tipis dan lebih ringan dari aluminium, tetapi jauh lebih kuat dan kaku dari plat besi..
So, tipis belum tentu lebih jelek..
Selain itu sebenernya tujuan utama plat mobil menjadi tipis adalah masalah ECO ECO gitu... makin ringan, makin hemat bbm, makin eco-friendly.. Cuman kita harus pinter-pinter milih juga.. Bisa jadi itu cuman marketing gimmick mobilnya tapi mengesampingkan faktor safety.
Selain itu, dengan semakin tipisnya plat body yang berfungsi sebagai pelindung pasif (meskipun utamanya crumple zone), diperlukan mobil yang semakin memiliki perlindungan aktif seperti electronic safety system. Jangan pilih mobil yang udah platnya tipis, fitur keamanannya aktifnya kopong..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ya,...berhubung emang mampunya segini... ane pasang perangkat keamanan aktif hanya:
1. Pasang DRL yang bagus, dan langsung on saat kontak on.
2. Saat di tol, tetep nyalakan lampu kota plus lampu kabut depan, supaya kendaraan depan kita aware dengan mobil kita, dan kendaraan belakang kita juga aware karena lampu kota belakang nyala.
Ke depannya, ane berencana supaya khusus lampu belakang bisa ikutan nyala bareng DRL. So, saat swit lampu senja nyala, swit hanya nyalain lampu kota depan (plus ikutan foglamp), lampu interior+indikator dan lampu plat nomor.
3. Pasang rear foglamp yang aftermarket bentuk segitiga untuk nyala hanya kalo hujan lebat, atau saat kita berkendara menghadap matahari, sehingga kendaraan belakang kita melihat mobil kita seperti objek hitam saja..
4. Pakai sabuk pengaman bagi semua penumpang. ALL.

1. Pasang DRL yang bagus, dan langsung on saat kontak on.
2. Saat di tol, tetep nyalakan lampu kota plus lampu kabut depan, supaya kendaraan depan kita aware dengan mobil kita, dan kendaraan belakang kita juga aware karena lampu kota belakang nyala.
Ke depannya, ane berencana supaya khusus lampu belakang bisa ikutan nyala bareng DRL. So, saat swit lampu senja nyala, swit hanya nyalain lampu kota depan (plus ikutan foglamp), lampu interior+indikator dan lampu plat nomor.

3. Pasang rear foglamp yang aftermarket bentuk segitiga untuk nyala hanya kalo hujan lebat, atau saat kita berkendara menghadap matahari, sehingga kendaraan belakang kita melihat mobil kita seperti objek hitam saja..
4. Pakai sabuk pengaman bagi semua penumpang. ALL.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Pintu mirip plat seng tipis yang diberi lubang & dilas menyerupai pintu seperti itu ditabrak pelan sepeda motor udah melesak kemana2, sepeda motornya padahal selamat & utuh. Malah keselamatan penumpang di dalamnya terancam, terutama lagi bersandar di pintu.
Itu baru sepeda motor, coba kalau ditabrak mobil lain... ceritanya lebih seru lagi.
Safety? Ngga ada safetynya sama sekali. Itu hanya pintu versi 'el cheapo'.
Apansah berani tes tabrak NCAP?
Saya memperkirakan tes tabrak depan apansah susut hingga setengah bodi , tes tabrak samping susut hingga setengahnya.
Rating NCAP : tidak lulus tes.

Itu baru sepeda motor, coba kalau ditabrak mobil lain... ceritanya lebih seru lagi.
Safety? Ngga ada safetynya sama sekali. Itu hanya pintu versi 'el cheapo'.
Apansah berani tes tabrak NCAP?
Saya memperkirakan tes tabrak depan apansah susut hingga setengah bodi , tes tabrak samping susut hingga setengahnya.
Rating NCAP : tidak lulus tes.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Bisa bikin sebiji pintu doang, dengan mutu pabrikan, om?Megalontong wrote:Pintu mirip plat seng tipis yang diberi lubang & dilas menyerupai pintu seperti itu ditabrak pelan sepeda motor udah melesak kemana2, sepeda motornya padahal selamat & utuh. Malah keselamatan penumpang di dalamnya terancam, terutama lagi bersandar di pintu.
Itu baru sepeda motor, coba kalau ditabrak mobil lain... ceritanya lebih seru lagi.
Safety? Ngga ada safetynya sama sekali. Itu hanya pintu versi 'el cheapo'.
Apansah berani tes tabrak NCAP?
Saya memperkirakan tes tabrak depan apansah susut hingga setengah bodi , tes tabrak samping susut hingga setengahnya.
Rating NCAP : tidak lulus tes.

Belum tau arti pedestrian safe, om?
Memang, desain yang pedestrian safe itu membuat mobilnya yang "dikalahin' nekuk, daripada tulang kaki orangnya yang ketekuk kan?

Menurut Anda, desain sebuah mobil hanya dibikin dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam)...?

Memperkirakan? Apa dasarnya? Pantesan aja kapasitas kayak Anda hanya sampai kepada taraf 'memperkirakan'.

Sudah pernah ditabrak?
Saya sudah. Tabrak beruntun malah. Alhamdulillah selamat. Anda, mungkin tidak ya...?

Pintu belakang? Iya, penyok blesek. Depan? Radiator bocor kedorong dikit ama bumpernya karena nyundul Granmax. Pintu belakang Granmax juga penyok. Yang penting, saya selamat (selain juga karena berkat dan anugerah perlindungan-Nya juga).
Selamatkan penumpangnya, jangan pikirin bagaimana jadinya rupa si mobil.
Simpel kan?

Rating NCAP:Tidak lulus tes ....

Mana buktinya?
Perlu saya bantu?



susut sampe setengah body, hmm?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sekilas baca2, sedikit sudut pandang lain: selain kabin yg utuh perlu dipertimbangkan juga kondisi penumpang, mau pake mobil apapun kalo seatbelt nggak terpasang - tentu kemungkinan cedera lebih besar ketimbang pake seatbelt. Saya pernah liat satu dokumentasi ttg crash test, pada akhirnya yg dianalisa adalah crash test dummy (manusia plastik/karet) yg di dalem, bukan bentuk mobilnya gimana, atau kabin masih utuh. Dummy ini akan merekam semua benturan2 yg terjadi. jadi misal kabin utuh (karena keras atau lentur atau apalah...) tapi kepala kebentur2 di dalem, kemungkinan penumpangnya juga tetep KO.
Jadi utk amannya walau duduk di belakang, pakailah seatbelt, apalagi di jalan tol misalnya. Pilihlah driver yg betul2 fit & tidak ngantuk apalagi teler...
Jadi utk amannya walau duduk di belakang, pakailah seatbelt, apalagi di jalan tol misalnya. Pilihlah driver yg betul2 fit & tidak ngantuk apalagi teler...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Setuju, om...g4ndalf wrote:Sekilas baca2, sedikit sudut pandang lain: selain kabin yg utuh perlu dipertimbangkan juga kondisi penumpang, mau pake mobil apapun kalo seatbelt nggak terpasang - tentu kemungkinan cedera lebih besar ketimbang pake seatbelt. Saya pernah liat satu dokumentasi ttg crash test, pada akhirnya yg dianalisa adalah crash test dummy (manusia plastik/karet) yg di dalem, bukan bentuk mobilnya gimana, atau kabin masih utuh. Dummy ini akan merekam semua benturan2 yg terjadi. jadi misal kabin utuh (karena keras atau lentur atau apalah...) tapi kepala kebentur2 di dalem, kemungkinan penumpangnya juga tetep KO.
Jadi utk amannya walau duduk di belakang, pakailah seatbelt, apalagi di jalan tol misalnya. Pilihlah driver yg betul2 fit & tidak ngantuk apalagi teler...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Terbukti sdh Om, sdh ada peningkatan kok, tp harganya dulu deh sptnya......Nightster Guy wrote:bushkntl wrote:statement diatas sama dengan masturbation: it feels good until you realize you're just f*king yourself.....
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia masih belum butuh ABS dan airbag," pungkasnya.![]()
![]()
Yasudlah, tar seiring waktu juga pasti meningkat fitur2nya, juga.. harganya....![]()
Kaburrrrr (pake avanza gw yg di pake utk rental)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Boleh nanya, om, dulu taun 2005 atau 2006, beli semangkok baso bayar berapa? Masih inget?bapakne_satya wrote: Terbukti sdh Om, sdh ada peningkatan kok, tp harganya dulu deh sptnya......
Kaburrrrr (pake avanza gw yg di pake utk rental)
Masih boleh bayar pakai harga 2005/2006...?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sini mas,kok sopir truk mulu ya,saya kok gak sreg anda pake sopir truk,karena saya ada truk 4 biji,gak ada yang ngotot kayak anda,wis tho sing legowo nek kleru ya ngomong kleru bener ya bener,opini kok sopir truk mulu huuuuffffVanzMatic wrote:apalah arti opini supir truk....
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Loph yu pul om nug...nugroho bagor wrote: Sini mas,kok sopir truk mulu ya,saya kok gak sreg anda pake sopir truk,karena saya ada truk 4 biji,gak ada yang ngotot kayak anda,wis tho sing legowo nek kleru ya ngomong kleru bener ya bener,opini kok sopir truk mulu huuuuffff

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
untung aja dulu nabrak pintu tengah avanza ga kenapa napa...
cuma penyok doank
cuma penyok doank
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
berarti antara Xenia dan Terios beda ya? Terios saya ad SIB nya tuh..seperti silinder memanjang gitu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2198
- Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
rush ama terios juga ga ada SDIB nya
gila tuh harga 200 juta ga ada SDIB
gila tuh harga 200 juta ga ada SDIB
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.
CMIIW
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.
CMIIW
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kalo ane boleh berpendapat ya, no offence, ada yang lebih parah daripada apanja-xenia
yaitu grandmax-luxio. waktu itu ada patahan mobil temen grandmax. ane lekuk dikit aja
langsung bengkok.
yaitu grandmax-luxio. waktu itu ada patahan mobil temen grandmax. ane lekuk dikit aja
langsung bengkok.
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Tetap parahan duo xenia avanzaMonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.
CMIIW

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sering terdengar plat mobil ini tipis, itu agak mending...
Ada kawan2 disini yang mempunyai data ketebalan plat yang dipakai oleh suatu mobil?(Misalkan merk A di pintu sekian mm/10, fender sekian)
Ada kawan2 disini yang mempunyai data ketebalan plat yang dipakai oleh suatu mobil?(Misalkan merk A di pintu sekian mm/10, fender sekian)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
- Location: dipelukan gunung kembar
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu
Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu
Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Luxio sudah built in peredam pa belom di pintu pintu, panel row 3 dan pintu belakang? Di avanza 2010, peredam hanya ada di dek lantai. Sudah saya liat ndiri kok.htannis wrote:Tetap parahan duo xenia avanzaMonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.
CMIIW
Yap, parah nih kembar...sempat ngetrend beberapa kejadian tabrakan si kembar dalam jeda waktu singkat, pengemudi dan penumpangnya terbukti selamat tuh...
Parah ya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yah jelas aja livina lebih terasa tebal lha bidang nya lebih sempit..si luxio itu kan bidang nya luas, dengan ketebalan plat yang sama ya jelas luxio terasa lebih tipis.. satu lagi, livina itu ada peredamnya di pintu, beda sama luxio yang ga ada peredam.. terios saya dulu di isi peredam bunyinya kayak pake mobil2 sedan tuh...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Betul, om...NYoman wrote:yah jelas aja livina lebih terasa tebal lha bidang nya lebih sempit..si luxio itu kan bidang nya luas, dengan ketebalan plat yang sama ya jelas luxio terasa lebih tipis.. satu lagi, livina itu ada peredamnya di pintu, beda sama luxio yang ga ada peredam.. terios saya dulu di isi peredam bunyinya kayak pake mobil2 sedan tuh...

Ane pernah juga bandingkan antara Grand Livina dengan Kuda diesel jadul bapak ane. Sama2 sudah berperedam.
Biar kata nutup pintu nya masih model bunyi BRAK bukan BLEB, terasa jauuuh banget bedanya antara buka jendela dan tutup jendela. Itu pun karet lis pintu yang di body kendaraan belum model karet balon loh.. Masih model biasa kayak Futura atau pintu tengah avanza. Tanpa karet model balon. Karet standar.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "