Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
3 bintang untuk uji tabrakan frontal offset versi Australia NCAP

Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
FortunerMan

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by FortunerMan »

solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
masa? :mrgreen: :mrgreen:

http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159

Image

Daihatsu Sirion(2005-on)
Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Nightster Guy »

Image

IMHO....

Mobil jaman sekarang udah gak bisa diliat semata dari tebel tipisnya plat. Karena plat bodi hanya kulit aja, bukan struktur. Kalo mobil jaman dulu memang dibuat dengan material struktur dan kulit luar yang lebih masif, semata karena pertimbangan long life. Apakah lebih aman? Masih harus dipertanyakan dan terbuka ruang untuk didebatkan.

Tapi sekarang, model mobil harus cepat berganti. Soal aman tidaknya, yup, parameternya y standardisasi versi NCAP gitu2lah....
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Image

IMHO....

Mobil jaman sekarang udah gak bisa diliat semata dari tebel tipisnya plat. Karena plat bodi hanya kulit aja, bukan struktur. Kalo mobil jaman dulu memang dibuat dengan material struktur dan kulit luar yang lebih masif, semata karena pertimbangan long life. Apakah lebih aman? Masih harus dipertanyakan dan terbuka ruang untuk didebatkan.

Tapi sekarang, model mobil harus cepat berganti. Soal aman tidaknya, yup, parameternya y standardisasi versi NCAP gitu2lah....
Jika ada yang berpikir, mobil jaman dulu jauh lebih aman karena asumsi plat yang jauh lebih tebeeelll, think about it again..!

Perhatikan gambar Chevy Bel Air yang di adu kambing frontal offset dengan Chevy Malibu. Selisih 50 tahun generasinya. Tapi lihat hasil nya di mobil jadul:

Image
hasilnya, jika pengemudi Bel Air bukan dummy: MATI


Lihat hasil Chevy Malibu:
Image
SELAMAT.
Lihat bodi nya Malibu yang keriting itu. Yang penting, pengemudinya selamat.


cmiiw ya.. :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

FortunerMan wrote:
solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
masa? :mrgreen: :mrgreen:

http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159

Image

Daihatsu Sirion(2005-on)
Image

gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
FortunerMan

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by FortunerMan »

solar_kerosen wrote:
FortunerMan wrote:
solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
masa? :mrgreen: :mrgreen:

http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159

Image

Daihatsu Sirion(2005-on)
Image

gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo :wkkk:
Fortuner tidak dijual di Australia, adanya Hilux :mrgreen:

Jadi kalo mau tau bahaya atau tidak suatu produk harus denger analisa anda? :mrgreen: :mrgreen: no thanks :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by AD74YA »

new CRV kalau gak salah bentuk side impact door beam nya nggak berupa tabung, tapi kotak dan menempel di rangka pintu luar dengan welding penguat di ujung-ujungnya...

ketebalan dengan plat body juga berbeda signifikan. tapi sekarang ane ga bisa lagi ambil fotonya soalnya udah full peredam.. :mky_01:

setau ane sekarang bentuk SIDB ga mesti tabung.. :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

mobil apapaun kalau namanya tabrakan tergantung posisi , sudut impact maupun reaksi badan terhadap impact tersebut yg bisa mengurangi resiko cedera
ambil contoh orang yg mau tabrakan tapi melihat tinggal 5 detik dengan yg lagi tidur tiba tiba tabrakan biasanya lebih parah yg tidak siap
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?
:e-think:
bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail? :e-think: :e-think: :e-think:
Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..
:shrug:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Abu2 »

VanzMatic wrote:
Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?
:e-think:
bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail? :e-think: :e-think: :e-think:
Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..
:shrug:
iya, detail gambarnya bahwa avanja ada/tidak ada SIB
apakah hanya itu yg bikin efek harga "harusnya" lebih murah?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

datsu wrote:http://mobil.otomotifnet.com/read/2010/ ... Kompetitif
“Berkat fasilitas IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement) kepada ATPM, masyarakat Indonesia dapat menikmati harga New Elgrand yang jauh lebih kompetitif,” yakin Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT NMI.

Dengan perjanjian yang akan dimulai pada tahun 2011 ini, ATPM mobil di Indonesia memperoleh hak istimewa, yaitu berupa pengurangan tarif bea masuk impor dari 45 persen menjadi 4 persen, bahkan akan terus turun menjadi 0 persen pada tahun 2012 mendatang.

“Tapi fasilitas ini hanya bisa digunakan untuk mobil berkapasitas mesin 3000cc keatas. 2999cc pun belum bisa masuk,” ungkap Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur Penjualan dan Promosi Nasional PT NMI.
dah kejawab blm kenapa cuman diatas 3000cc aja yang bisa drop jauh harganya? :D
Paham, pak Guru!
:frm_salut:

Abu2 wrote:
VanzMatic wrote:
Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?
:e-think:
bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail? :e-think: :e-think: :e-think:
Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..
:shrug:
iya, detail gambarnya bahwa avanja ada/tidak ada SIB
apakah hanya itu yg bikin efek harga "harusnya" lebih murah?
Hmmm... seingat ane yg males mengquote kalau terlalu jauh halamannya,.... :mrgreen: , dari gambar pintu tengah kanan mobil nahas yg sobek dan lapisan dalam pintu tengah yang dihadirkan om Turbo, kok sepintas terlihat mirip yaa dengan SIB yang di gambar ini:
Image
Image

Begitu....
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari

Image

Image

Image

Image

Image

Image

di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?

btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...?? :e-think: :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by asudarsono »

Setidaknya lumayan buat melindungi mata kaki.
Ready to Race
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari

Image

Image

Image

Image

Image

Image

di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?

btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...?? :e-think: :e-think:
Harusnya n\om Putic yang masukin gambar seperti ini waktu masang peredam Habanja.

Halo, om Poetic?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Knalpot »

jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari

Image

di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?

btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...?? :e-think: :e-think:
Hmm.. kalau compare dengan foto dihalaman pertama yang di upload Om Turboman sih, tidak ada ya..
Kekekekeke... nah lo.. siapa yang nipu siapa yang ketipu... Konsumen ? Produsen ?

Ayo ribut lagi sono... kekekeke..:big_peace:
Last edited by Knalpot on Thu Oct 13, 2011 6:57, edited 2 times in total.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Yang venting jalaaaan, mobil pake bonnet, ngga reweeeelll, muat banyaaaaakk, serpisnya muraaaaah, bengsin iriiiittt, bengkel dimana mana.... :mky_02:


:big_slap:




Mau ber bonnet, model macam habanja, udh lengkap fitur keamanan pasif, below 150 juta....???
Image
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 324
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Knalpot »

VanzMatic wrote:Yang venting jalaaaan, mobil pake bonnet, ngga reweeeelll, muat banyaaaaakk, serpisnya muraaaaah, bengsin iriiiittt, bengkel dimana mana.... :mky_02:


:big_slap:




Mau ber bonnet, model macam habanja, udh lengkap fitur keamanan pasif, below 150 juta....???
Image
JIakakakakaaaa.. lucu tenan iki.. :wkkk:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Hlaa, daripada tinimbang ribut, lebih baik aluwung ngakak thoo??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by DOHC »

hebat.... kak pembina emang bener2 spesialis barang2 berbau cungkuo.... smua bisa didapet data nya.. :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari

Image

Image

Image

Image

Image

Image

di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?

btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...?? :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari

Image

Image

Image

Image

Image

Image

di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?

btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...?? :e-think: :e-think:
di mata nubie ... itu sah adalah side impact beam :big_smoking: :mky_04:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by DOHC »

saya jg yakin itu side impact bar bang jemb... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Dennif »

solar_kerosen wrote:
FortunerMan wrote:
solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
masa? :mrgreen: :mrgreen:

http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159

Image

Daihatsu Sirion(2005-on)
Image

gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo :wkkk:
ya sudah kalo kita lihat uji tabrak versi malaysia gimana, karena toh sirion di indo produk malaysia.
dapet 4 stars MyVAP
http://www.cbt.com.my/110803/myvi-lagi- ... ety-rating
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:saya jg yakin itu side impact bar bang jemb... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Sama lah chiong......ane juga yakin.....tapi kadang, ane sering salah kalau sudah yakin...uwkwkwkw
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

jembie bilang side impact beam
chiong bilang side impact bar

kalo buat saya itu namanya "batang" side impact... :big_weee:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby