Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
3 bintang untuk uji tabrakan frontal offset versi Australia NCAPsolar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
masa?solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi


http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159
Daihatsu Sirion(2005-on)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

IMHO....
Mobil jaman sekarang udah gak bisa diliat semata dari tebel tipisnya plat. Karena plat bodi hanya kulit aja, bukan struktur. Kalo mobil jaman dulu memang dibuat dengan material struktur dan kulit luar yang lebih masif, semata karena pertimbangan long life. Apakah lebih aman? Masih harus dipertanyakan dan terbuka ruang untuk didebatkan.
Tapi sekarang, model mobil harus cepat berganti. Soal aman tidaknya, yup, parameternya y standardisasi versi NCAP gitu2lah....
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Jika ada yang berpikir, mobil jaman dulu jauh lebih aman karena asumsi plat yang jauh lebih tebeeelll, think about it again..!Nightster Guy wrote:
IMHO....
Mobil jaman sekarang udah gak bisa diliat semata dari tebel tipisnya plat. Karena plat bodi hanya kulit aja, bukan struktur. Kalo mobil jaman dulu memang dibuat dengan material struktur dan kulit luar yang lebih masif, semata karena pertimbangan long life. Apakah lebih aman? Masih harus dipertanyakan dan terbuka ruang untuk didebatkan.
Tapi sekarang, model mobil harus cepat berganti. Soal aman tidaknya, yup, parameternya y standardisasi versi NCAP gitu2lah....
Perhatikan gambar Chevy Bel Air yang di adu kambing frontal offset dengan Chevy Malibu. Selisih 50 tahun generasinya. Tapi lihat hasil nya di mobil jadul:
hasilnya, jika pengemudi Bel Air bukan dummy: MATI
Lihat hasil Chevy Malibu:

SELAMAT.
Lihat bodi nya Malibu yang keriting itu. Yang penting, pengemudinya selamat.
cmiiw ya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
FortunerMan wrote:masa?solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi![]()
![]()
http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159
Daihatsu Sirion(2005-on)
gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Fortuner tidak dijual di Australia, adanya Hiluxsolar_kerosen wrote:FortunerMan wrote:masa?solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi![]()
![]()
http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159
Daihatsu Sirion(2005-on)
gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo

Jadi kalo mau tau bahaya atau tidak suatu produk harus denger analisa anda?




-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
new CRV kalau gak salah bentuk side impact door beam nya nggak berupa tabung, tapi kotak dan menempel di rangka pintu luar dengan welding penguat di ujung-ujungnya...
ketebalan dengan plat body juga berbeda signifikan. tapi sekarang ane ga bisa lagi ambil fotonya soalnya udah full peredam..
setau ane sekarang bentuk SIDB ga mesti tabung..
ketebalan dengan plat body juga berbeda signifikan. tapi sekarang ane ga bisa lagi ambil fotonya soalnya udah full peredam..

setau ane sekarang bentuk SIDB ga mesti tabung..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mobil apapaun kalau namanya tabrakan tergantung posisi , sudut impact maupun reaksi badan terhadap impact tersebut yg bisa mengurangi resiko cedera
ambil contoh orang yg mau tabrakan tapi melihat tinggal 5 detik dengan yg lagi tidur tiba tiba tabrakan biasanya lebih parah yg tidak siap
ambil contoh orang yg mau tabrakan tapi melihat tinggal 5 detik dengan yg lagi tidur tiba tiba tabrakan biasanya lebih parah yg tidak siap
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail?Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?



Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
iya, detail gambarnya bahwa avanja ada/tidak ada SIBVanzMatic wrote:bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail?Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?
![]()
![]()
![]()
Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..
apakah hanya itu yg bikin efek harga "harusnya" lebih murah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Paham, pak Guru!datsu wrote:http://mobil.otomotifnet.com/read/2010/ ... Kompetitif
dah kejawab blm kenapa cuman diatas 3000cc aja yang bisa drop jauh harganya?“Berkat fasilitas IJEPA (Indonesia Japan Economic Partnership Agreement) kepada ATPM, masyarakat Indonesia dapat menikmati harga New Elgrand yang jauh lebih kompetitif,” yakin Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT NMI.
Dengan perjanjian yang akan dimulai pada tahun 2011 ini, ATPM mobil di Indonesia memperoleh hak istimewa, yaitu berupa pengurangan tarif bea masuk impor dari 45 persen menjadi 4 persen, bahkan akan terus turun menjadi 0 persen pada tahun 2012 mendatang.
“Tapi fasilitas ini hanya bisa digunakan untuk mobil berkapasitas mesin 3000cc keatas. 2999cc pun belum bisa masuk,” ungkap Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur Penjualan dan Promosi Nasional PT NMI.

Hmmm... seingat ane yg males mengquote kalau terlalu jauh halamannya,....Abu2 wrote:iya, detail gambarnya bahwa avanja ada/tidak ada SIBVanzMatic wrote:bukannya udh disumbang kemungkinan2 tipe SIB dan kiriman gbr contoh SIB sebagai kupasan mendetail?Abu2 wrote:trus, dah tujuhbelas (17) halaman,
kupasan mendetailnya dimana ya?
![]()
![]()
![]()
Masalahnya, ane males buka panel kalo ngga penting banget, misalnya power window macet atau apa..
apakah hanya itu yg bikin efek harga "harusnya" lebih murah?

Begitu....

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198
situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari






di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??

situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari






di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??


"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Harusnya n\om Putic yang masukin gambar seperti ini waktu masang peredam Habanja.jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198
situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari
di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??![]()
Halo, om Poetic?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Hmm.. kalau compare dengan foto dihalaman pertama yang di upload Om Turboman sih, tidak ada ya..jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198
situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari
di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??![]()
Kekekekeke... nah lo.. siapa yang nipu siapa yang ketipu... Konsumen ? Produsen ?
Ayo ribut lagi sono... kekekeke..

Last edited by Knalpot on Thu Oct 13, 2011 6:57, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Yang venting jalaaaan, mobil pake bonnet, ngga reweeeelll, muat banyaaaaakk, serpisnya muraaaaah, bengsin iriiiittt, bengkel dimana mana....
Mau ber bonnet, model macam habanja, udh lengkap fitur keamanan pasif, below 150 juta....???



Mau ber bonnet, model macam habanja, udh lengkap fitur keamanan pasif, below 150 juta....???

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
JIakakakakaaaa.. lucu tenan iki..VanzMatic wrote:Yang venting jalaaaan, mobil pake bonnet, ngga reweeeelll, muat banyaaaaakk, serpisnya muraaaaah, bengsin iriiiittt, bengkel dimana mana....![]()
![]()
Mau ber bonnet, model macam habanja, udh lengkap fitur keamanan pasif, below 150 juta....???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Hlaa, daripada tinimbang ribut, lebih baik aluwung ngakak thoo??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
hebat.... kak pembina emang bener2 spesialis barang2 berbau cungkuo.... smua bisa didapet data nya..







jalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198
situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari
di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??![]()
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
di mata nubie ... itu sah adalah side impact beamjalu wrote:nah ketemu juga situs yg lagi bedah2 body xenia : http://blog.jianghu.taobao.com/u/OTE5MD ... d=39667198
situs diatas berisi dokumentasi pemasangan lapisan peredam di Xenia cungkwo (Faw Senya M80), berikut foto2nya saya copas kemari
di beberapa foto tsb, pada pintu xenia cungkwo terliat ada batang besi bulat yg melintang deket posisi speker, apakah itu SIB ?
btw, apakah batang besi bulat tsb juga ada di pintu avanza/xenia yg di indonesia...??![]()


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
saya jg yakin itu side impact bar bang jemb...




numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
ya sudah kalo kita lihat uji tabrak versi malaysia gimana, karena toh sirion di indo produk malaysia.solar_kerosen wrote:FortunerMan wrote:masa?solar_kerosen wrote:sirion katanya sech kenchang tapi platnya tipis gitu bahaya kalau tabrakan 60 km/jam aja bis nyungsep mesinnya ke depan gencet pengemudi![]()
![]()
http://www.ancap.com.au/crashtestrecord?Id=159
Daihatsu Sirion(2005-on)
gak masuk akal sih nyamain produk australia dengan Indo , coba aja lihat fortuner australia sama indo
dapet 4 stars MyVAP
http://www.cbt.com.my/110803/myvi-lagi- ... ety-rating
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Sama lah chiong......ane juga yakin.....tapi kadang, ane sering salah kalau sudah yakin...uwkwkwkwDOHC wrote:saya jg yakin itu side impact bar bang jemb...![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
jembie bilang side impact beam
chiong bilang side impact bar
kalo buat saya itu namanya "batang" side impact...
chiong bilang side impact bar
kalo buat saya itu namanya "batang" side impact...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby