Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.

Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............

Utk sementara no comment dulu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

yg jelas kualitas material dan juga teknologi body avanza jauh dibawah KIA sephia titik.................. yg punya avanza silahkan berargumen kalau tidak percaya dimulai dari ketebalan plat rangka pintu dan juga side impact barnya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

penahan benturan sampingnya gak ada ya?...lha katanya klo dah pake struktur GOA... pasti ada
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

Steering stem is designed specifically to protect drivers from injury in a collision
GOA (Global Outstanding Assessment) Body - (All Type)
GOA body structure effectively protect passengers from injury when the accident occurred


Jadi nyang disebut standard GOA itu nggak termasuk Side Door Beam rupanya ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.

Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............

Utk sementara no comment dulu
Lhaa di picture nya itu maksut yang mau disampaikan itu apa ya? Tentang ketebalan plat? Atau tentang struktur rangka pintu? Atau tentang benar tidaknya struktur GOA diterapkan di pintu? Atau tentang karat di bagian dalem pintu? Karena sy tidak melihat titik karat di gambar itu. Atau bagaimana ya? :e-think:

Kalau tentang ketebalan plat, yaa mohon dijelaskan dengan gambar, pengukuran dengan menggunakan sigmat, misalnya
Kalau tentang struktur rangka, mohon dijelaskan, apakah strukturnya ringkih, atau bagaimana? Bagaimana penjelasan argumennya?
Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?

Maaf, supir terlalu banyak tanya..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?

Maaf, supir terlalu banyak tanya..
:big_peace:
Yg kayak di bawah ini lho um.........konon Starlet tua aja ada
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

mungkin di avansa yg baru nanti bakal ada side impact beam.....lha salah pemerintah lah...lha gak ada peraturan keselamatan buat benturan....depan aja gak dipersyaratkan apalagi samping....
Pabrikan kan mau cari untung. Kalo tidak ada aturannya ya pabrikan cari yg paling hemat, soal keselamatan pun gak banyak dipersoalkan konsumen Indonesia (termasuk akang.... :wkkk: )
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?

Maaf, supir terlalu banyak tanya..
:big_peace:
Yg kayak di bawah ini lho um.........konon Starlet tua aja ada

Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

kalau gue lihat sih kualitas struktur bodi maupun ketebalan plat kalah jauh sama karoseri adiputro :mky_07:

yg bikin menarik hanya mesinnya yg irit plus cukup bertenaga dan ada moncongnya ada yg kurang Kreditnya gampang banget :big_peace:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Abu2 »

ya karena om TbM sudah sedikit menampilkan salah satu bagian "bunkus" apanja, ya setidaknya hati2 sewaktu berkendara , berdoa sebelum berkendara...

thanks ingpo nya om TM

"GOA tidak temasuk SDB?"
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

abrof wrote:mungkin di avansa yg baru nanti bakal ada side impact beam.....lha salah pemerintah lah...lha gak ada peraturan keselamatan buat benturan....depan aja gak dipersyaratkan apalagi samping....
yang dibold, saya setuju sekali...
kalo pemerintah sudah tegas memberikan aturan standar keselamatan...maka kita2 sebagai konsumen semakin diuntungkan.
abrof wrote:Pabrikan kan mau cari untung. Kalo tidak ada aturannya ya pabrikan cari yg paling hemat, soal keselamatan pun gak banyak dipersoalkan konsumen Indonesia (termasuk akang.... :wkkk: )
plat body mobil2 sekarang makin tipis dan ringan. Bagi kalangan yg optimis, tentu berpendapat semua itu dibuat krn sebagai crumple zone jika terjadi benturan, tapi bagi kalangan yg pesimis cenderung berpendapat itu sengaja dibikin produsen untuk menghemat cost (nyari untung) dng pake material yg tipis karena ada peluang dr longgarnya aturan keselamatan di indonesia

kalangan mana yg benar...??
selama indonesia blm ada aturan ketat ttg standar keselamatan...maka hal tsb bisa terus menerus jadi perdebatan :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Ane hanya menyampaikan gambar

Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda :mrgreen:

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ZombiEE »

Ane kira versi facelift sudah dilengkapi rupanya blm ya...
Pernah baca di autobild sih sblm jazz diluncurkan pertama si pisjon mempromosikan jazz punya SIB avanza tidak, pas itu kejepret apanja lg dibedah di karawang...cmiiw
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

kayaknya pernah ada leaflet dari avanza deh klo sdh pake side impact beam....atau hanya untuk yg diekspor ya??? :frm_bang_head:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Ane hanya menyampaikan gambar

Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda :mrgreen:

Salam
Ya sudah, kalo gitu, saya artikan: Sayang banget buka2 panel pintu, mengurangi orisinalitas, tanda udah pernah diobok2, sehingga pemasangan kembali panelnya, ngga mungkin bakal serapet saat dipasang awal di pabrik..!

:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

...gak apa2 bro VM...yang penting usahakan jangan sampai ketabrak dari samping atau sampingnya nyenggol benda keras (beton/pohon). Intinya jaga keselamatan dalam berkendara....jangan ngebut2...max 80 km/jam saja buat avanza-xenia.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by BADAK »

VanzMatic wrote:
Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Ane hanya menyampaikan gambar

Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda :mrgreen:

Salam
Ya sudah, kalo gitu, saya artikan: Sayang banget buka2 panel pintu, mengurangi orisinalitas, tanda udah pernah diobok2, sehingga pemasangan kembali panelnya, ngga mungkin bakal serapet saat dipasang awal di pabrik..!

:mrgreen:
Kalo gitu saya jg artikan: yg buka2 panel pintu kurang kerjaan :off_good:
kaburrrrrr.............. :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan....... :big_weee:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by zweifellos »

jalu wrote:gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan....... :big_weee:
ga orisinil dong, udah diobok2


emang ikan kale diobok2 :mrgreen:

:ngacir:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by BADAK »

zweifellos wrote:
jalu wrote:gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan....... :big_weee:
ga orisinil dong, udah diobok2


emang ikan kale diobok2 :mrgreen:

:ngacir:
mending ngobok-obok drpd diobok-obok :big_weee:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

abrof wrote:...gak apa2 bro VM...yang penting usahakan jangan sampai ketabrak dari samping atau sampingnya nyenggol benda keras (beton/pohon). Intinya jaga keselamatan dalam berkendara....jangan ngebut2...max 80 km/jam saja buat avanza-xenia.
Ketidakjelasan arah trit ini sejak awal, yang justru akan sangat membuka peluang terjadinya flamming. Kalo dari awal sudah stated arah trit ini akan bagaimana, akan jelas, sehingga yang akan mengarah kepada flamming, akan ditegur. Ibaratnya, sebuah petuah yang enggak jelas arah dan isi serta makna petuahnya akan kemana, lantas bagaimana mau dijalankan? (diskusi, dalam hal ini)

Karena kalo mau membuktikan tipis plat baja nya, mana buktinya? No pic = hoax. Bandingkan dong dengan plat mobil lain, misalnya plat pintu depan Futura (jangan plat yang karoserian, tapi yg asli pabrik Indomobil), bandingkan juga dengan yang selevel harganya, ukur dengan sigmat, potret. Bagaimana caranya? Yaa terserah lah! Kalau memang engga bisa membandingkan dengan adil, ya bagaimana mau mendiskusikan?

Intinya: Yang mau disampaikan itu apa?

Maaf, no offense, meminjam istilah anak remaja : Geje..

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

deleted post...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

yang dimaksud bro Turboman ....Avanza gak ada Side Impact Beam....jadi yg punya avanza dari sisi safety kurang dibanding mobil yg pake....sekelas harga Avanza ada yg pake? APV, Luxio dll....
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

tadi gue liat ada terios di bengkel bekas tabrakan moncongnya masuk setengah itu bisa dibaikin apa gak yah secara struktur rangkanya udah bergeser sangat jauh kira kira 30 cm mesinnya kehimpit radiator , radiatornya nyungsep juga
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

di fotonya terliat gak ada SIB di pintunya....
dr tret ini sendiri bs ada makna yg bermanfaat jg kok....yaitu supaya kita lbh berhati2 saat berkendara, apalg kalo mbl yg kita kendarai blm dilengkapi SIB (gak hanya berlaku untuk avanza, mbl2 lain tentu ada yg blm pake SIB)

selain itu dr tret ini bs jadi bahan kritik ke produsen supaya lbh menghargai keselamatan konsumen dng struktur kendaraan yg lbh baik.

so...gak perlu ada flaming kan.. :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby