Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.
Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............
Utk sementara no comment dulu
Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............
Utk sementara no comment dulu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yg jelas kualitas material dan juga teknologi body avanza jauh dibawah KIA sephia titik.................. yg punya avanza silahkan berargumen kalau tidak percaya dimulai dari ketebalan plat rangka pintu dan juga side impact barnya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
penahan benturan sampingnya gak ada ya?...lha katanya klo dah pake struktur GOA... pasti ada
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Steering stem is designed specifically to protect drivers from injury in a collision
GOA (Global Outstanding Assessment) Body - (All Type)
GOA body structure effectively protect passengers from injury when the accident occurred
Jadi nyang disebut standard GOA itu nggak termasuk Side Door Beam rupanya ?
GOA (Global Outstanding Assessment) Body - (All Type)
GOA body structure effectively protect passengers from injury when the accident occurred
Jadi nyang disebut standard GOA itu nggak termasuk Side Door Beam rupanya ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Lhaa di picture nya itu maksut yang mau disampaikan itu apa ya? Tentang ketebalan plat? Atau tentang struktur rangka pintu? Atau tentang benar tidaknya struktur GOA diterapkan di pintu? Atau tentang karat di bagian dalem pintu? Karena sy tidak melihat titik karat di gambar itu. Atau bagaimana ya?Turboman wrote:Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.
Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............
Utk sementara no comment dulu

Kalau tentang ketebalan plat, yaa mohon dijelaskan dengan gambar, pengukuran dengan menggunakan sigmat, misalnya
Kalau tentang struktur rangka, mohon dijelaskan, apakah strukturnya ringkih, atau bagaimana? Bagaimana penjelasan argumennya?
Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?
Maaf, supir terlalu banyak tanya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Yg kayak di bawah ini lho um.........konon Starlet tua aja adaVanzMatic wrote: Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?
Maaf, supir terlalu banyak tanya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mungkin di avansa yg baru nanti bakal ada side impact beam.....lha salah pemerintah lah...lha gak ada peraturan keselamatan buat benturan....depan aja gak dipersyaratkan apalagi samping....
Pabrikan kan mau cari untung. Kalo tidak ada aturannya ya pabrikan cari yg paling hemat, soal keselamatan pun gak banyak dipersoalkan konsumen Indonesia (termasuk akang....
)
Pabrikan kan mau cari untung. Kalo tidak ada aturannya ya pabrikan cari yg paling hemat, soal keselamatan pun gak banyak dipersoalkan konsumen Indonesia (termasuk akang....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Turboman wrote:Yg kayak di bawah ini lho um.........konon Starlet tua aja adaVanzMatic wrote: Kalau tentang struktur GOA maupun side impact beam, maksudnya yang bagaimana?
Maaf, supir terlalu banyak tanya..
Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kalau gue lihat sih kualitas struktur bodi maupun ketebalan plat kalah jauh sama karoseri adiputro
yg bikin menarik hanya mesinnya yg irit plus cukup bertenaga dan ada moncongnya ada yg kurang Kreditnya gampang banget

yg bikin menarik hanya mesinnya yg irit plus cukup bertenaga dan ada moncongnya ada yg kurang Kreditnya gampang banget

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
ya karena om TbM sudah sedikit menampilkan salah satu bagian "bunkus" apanja, ya setidaknya hati2 sewaktu berkendara , berdoa sebelum berkendara...
thanks ingpo nya om TM
"GOA tidak temasuk SDB?"
thanks ingpo nya om TM
"GOA tidak temasuk SDB?"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yang dibold, saya setuju sekali...abrof wrote:mungkin di avansa yg baru nanti bakal ada side impact beam.....lha salah pemerintah lah...lha gak ada peraturan keselamatan buat benturan....depan aja gak dipersyaratkan apalagi samping....
kalo pemerintah sudah tegas memberikan aturan standar keselamatan...maka kita2 sebagai konsumen semakin diuntungkan.
plat body mobil2 sekarang makin tipis dan ringan. Bagi kalangan yg optimis, tentu berpendapat semua itu dibuat krn sebagai crumple zone jika terjadi benturan, tapi bagi kalangan yg pesimis cenderung berpendapat itu sengaja dibikin produsen untuk menghemat cost (nyari untung) dng pake material yg tipis karena ada peluang dr longgarnya aturan keselamatan di indonesiaabrof wrote:Pabrikan kan mau cari untung. Kalo tidak ada aturannya ya pabrikan cari yg paling hemat, soal keselamatan pun gak banyak dipersoalkan konsumen Indonesia (termasuk akang....)
kalangan mana yg benar...??
selama indonesia blm ada aturan ketat ttg standar keselamatan...maka hal tsb bisa terus menerus jadi perdebatan

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ane hanya menyampaikan gambarVanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda

Salam
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ane kira versi facelift sudah dilengkapi rupanya blm ya...
Pernah baca di autobild sih sblm jazz diluncurkan pertama si pisjon mempromosikan jazz punya SIB avanza tidak, pas itu kejepret apanja lg dibedah di karawang...cmiiw
Pernah baca di autobild sih sblm jazz diluncurkan pertama si pisjon mempromosikan jazz punya SIB avanza tidak, pas itu kejepret apanja lg dibedah di karawang...cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kayaknya pernah ada leaflet dari avanza deh klo sdh pake side impact beam....atau hanya untuk yg diekspor ya??? 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ya sudah, kalo gitu, saya artikan: Sayang banget buka2 panel pintu, mengurangi orisinalitas, tanda udah pernah diobok2, sehingga pemasangan kembali panelnya, ngga mungkin bakal serapet saat dipasang awal di pabrik..!Turboman wrote:Ane hanya menyampaikan gambarVanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda![]()
Salam

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
...gak apa2 bro VM...yang penting usahakan jangan sampai ketabrak dari samping atau sampingnya nyenggol benda keras (beton/pohon). Intinya jaga keselamatan dalam berkendara....jangan ngebut2...max 80 km/jam saja buat avanza-xenia.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Kalo gitu saya jg artikan: yg buka2 panel pintu kurang kerjaanVanzMatic wrote:Ya sudah, kalo gitu, saya artikan: Sayang banget buka2 panel pintu, mengurangi orisinalitas, tanda udah pernah diobok2, sehingga pemasangan kembali panelnya, ngga mungkin bakal serapet saat dipasang awal di pabrik..!Turboman wrote:Ane hanya menyampaikan gambarVanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda![]()
Salam

kaburrrrrr..............

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan....... 

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
ga orisinil dong, udah diobok2jalu wrote:gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan.......
emang ikan kale diobok2


No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mending ngobok-obok drpd diobok-obokzweifellos wrote:ga orisinil dong, udah diobok2jalu wrote:gak juga dak...toko audio buka2 panel pintu justru krn banyak kerjaan.......
emang ikan kale diobok2![]()

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ketidakjelasan arah trit ini sejak awal, yang justru akan sangat membuka peluang terjadinya flamming. Kalo dari awal sudah stated arah trit ini akan bagaimana, akan jelas, sehingga yang akan mengarah kepada flamming, akan ditegur. Ibaratnya, sebuah petuah yang enggak jelas arah dan isi serta makna petuahnya akan kemana, lantas bagaimana mau dijalankan? (diskusi, dalam hal ini)abrof wrote:...gak apa2 bro VM...yang penting usahakan jangan sampai ketabrak dari samping atau sampingnya nyenggol benda keras (beton/pohon). Intinya jaga keselamatan dalam berkendara....jangan ngebut2...max 80 km/jam saja buat avanza-xenia.
Karena kalo mau membuktikan tipis plat baja nya, mana buktinya? No pic = hoax. Bandingkan dong dengan plat mobil lain, misalnya plat pintu depan Futura (jangan plat yang karoserian, tapi yg asli pabrik Indomobil), bandingkan juga dengan yang selevel harganya, ukur dengan sigmat, potret. Bagaimana caranya? Yaa terserah lah! Kalau memang engga bisa membandingkan dengan adil, ya bagaimana mau mendiskusikan?
Intinya: Yang mau disampaikan itu apa?
Maaf, no offense, meminjam istilah anak remaja : Geje..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
deleted post...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
yang dimaksud bro Turboman ....Avanza gak ada Side Impact Beam....jadi yg punya avanza dari sisi safety kurang dibanding mobil yg pake....sekelas harga Avanza ada yg pake? APV, Luxio dll....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
tadi gue liat ada terios di bengkel bekas tabrakan moncongnya masuk setengah itu bisa dibaikin apa gak yah secara struktur rangkanya udah bergeser sangat jauh kira kira 30 cm mesinnya kehimpit radiator , radiatornya nyungsep juga
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
di fotonya terliat gak ada SIB di pintunya....
dr tret ini sendiri bs ada makna yg bermanfaat jg kok....yaitu supaya kita lbh berhati2 saat berkendara, apalg kalo mbl yg kita kendarai blm dilengkapi SIB (gak hanya berlaku untuk avanza, mbl2 lain tentu ada yg blm pake SIB)
selain itu dr tret ini bs jadi bahan kritik ke produsen supaya lbh menghargai keselamatan konsumen dng struktur kendaraan yg lbh baik.
so...gak perlu ada flaming kan..
dr tret ini sendiri bs ada makna yg bermanfaat jg kok....yaitu supaya kita lbh berhati2 saat berkendara, apalg kalo mbl yg kita kendarai blm dilengkapi SIB (gak hanya berlaku untuk avanza, mbl2 lain tentu ada yg blm pake SIB)
selain itu dr tret ini bs jadi bahan kritik ke produsen supaya lbh menghargai keselamatan konsumen dng struktur kendaraan yg lbh baik.
so...gak perlu ada flaming kan..

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby