Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kecewa Produk Toyota di Bali
Sidi Suartawa - suaraPembaca
Jakarta - Sebulan lalu saya kehilangan kunci mobil Toyota Fortuner. Setelah menghubungi Agung Automall, Dealer Toyota Astra Motor di Bali, saya diberitahu bahwa seluruh kunci dan komponen (ada 6 part) harus diganti. Sistem kunci terkomputerisasi dan tidak bisa dibuka. Komponen tersebut harus diimport. Waktunya bisa sampai 4 bulan dan biaya Rp 14 juta. Setelah menghubungi langsung ke Astra Part Division (Pak Iksanudin) ternyata komponen tersebut bisa disediakan dalam waktu 2 minggu. Awal Juli part-nya sudah tiba. Dari Agung Automall menelepon saya, memberitahukan ada bagian mesin yang juga harus diganti dengan tambahan biaya Rp 8,5 juta. Sebagai orang yang awam soal mesin saya cuma bisa heran ternyata Toyota tidak mampu meng-unlock produknya sendiri. Sampai saat ini sudah lebih 1,5 (satu setengah) bulan mobil saya tidak bisa jalan. Tidak jelas komponen apa lagi yang harus diganti dan berapa lagi biaya yang harus saya keluarkan. Kepada pihak Toyota Astra Motor saya anjurkan sebaiknya jangan mengeluarkan produk baru jika anda belum menyiapkan sumber daya manusia dengan pengetahuan yang memadai. Jangan sampai konsumen yang menjadi korban. Sidi Suartawa Jln A Yani 177 Singaraja Bali [email protected] (0362) 32678, (0362) 7000664 (msh/nrl)
ganti kunci satu set Rp 14 juta belum termasuk kunci immobilizer di mesin Rp 8,5 jt apa mungkin fortuner kuncinya semahal itu
OTOH, menurut nubitol, sedemikian susah nya kunci diganti dan memakan biaya besar itu adalah security, cuma mungkin sewaktu beli kurang sosialisasi kepada customer terhadap fitur yang tidak kasat mata tersebut...cmiiw
Mobilnya mungkin beli second dan cuma dikasih 1 kunci sama pemilik lamanya..
apa mungkin kuncinya dibuang sama istri/pacarnya gara2 sering jemput cewek lain kidding ya
Apa gak bisa order kuncinya aja? Bukannya katanya Toyota sekarang udah menggunakan chip yg di embedded di anak kunci dan kalau mau pesan kunci cadangan harus pesan via dealer?
vote42ner wrote:Serep om hans..bukan serap..hehehe
orang medan dia itu om, biasalah masih memaki prinsip2 EYD.
ZombiEE wrote:OTOH, menurut nubitol, sedemikian susah nya kunci diganti dan memakan biaya besar itu adalah security, cuma mungkin sewaktu beli kurang sosialisasi kepada customer terhadap fitur yang tidak kasat mata tersebut...cmiiw
om zombie apakah buat merk2 lain yang tingkat keamanan (kualitas) dari sistem kuncinya similar dengan toyota (fortuner) harganya mirip2?
kalo memang buat keamanan yang reliabilitasnya baik, kalo dipikir2 mungkin wajar ya. harga fortuner anggap lah 350 juta, harga kunci 14 juta. sekitar 5% dari harga mobil buat produk keamanan (dari maling) untuk mobil tersebut.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Soal kunci di mobil canggih, dipadu dengan product knowledge yang kurang dari si penjual sendiri, jadinya kayak cerita konyol sales Jaguar di Grandauto Dinamika tempo hari: Saat ngejelasin soal fitur2 keamanan di Jaggy, entah apa yang dia utak atik, malah terkunci dalam mobil, gak bisa dibuka dari luar dalam. Sampe bossnya mesti nelepon ke HQ Inggris nanya caranya, sementara si sales udah lemes kepanasan kekurangan oksigen dalam mobil hehehehe.... Calon buyernya ngacir ntah ke mana sambil terpingkal2....
Soal kunci di mobil canggih, dipadu dengan product knowledge yang kurang dari si penjual sendiri, jadinya kayak cerita konyol sales Jaguar di Grandauto Dinamika tempo hari: Saat ngejelasin soal fitur2 keamanan di Jaggy, entah apa yang dia utak atik, malah terkunci dalam mobil, gak bisa dibuka dari luar dalam. Sampe bossnya mesti nelepon ke HQ Inggris nanya caranya, sementara si sales udah lemes kepanasan kekurangan oksigen dalam mobil hehehehe.... Calon buyernya ngacir ntah ke mana sambil terpingkal2....
yah hati hati dong mas udah tahu mobil canggih dan mahal jadi konyol ,
kaya di amerika sering pencurian mobil mewah buat di jual ke amerika selatan via bandar narkoba maupun penyeludup makanya mobil2 mewah sekarang udah canggih banget kunci harus di palsukan begitu juga ECU harus di sinkronkan dengan sinyal remote . mikir deh maling nyuri mobil gak bisa modal kunci doang harus ECU dummy atau mutar akal bongkar langsung ke kontak motor starter
note :
wajar saya rasa kunci fortuner canggih karena mobilnya sendiri udah mahal 400 jutaan
teman ane ilang kunci GV yg ada immobilizernya dan integrated Remote (mesin gak bakal nyala kalo pake kunci palsu), 1 biji = 650rb-an..
selesai 1 minggu sejak order.
Pada saat selesai, kunci yg baru diserahkan , kunci serep (atau serap ya?) di tarik/dikembalikan ke suzuki.
ECu di setting ulang /kalibrasi/sinkronisasi dengan kunci yang baru..
selesai deh...
pingin tau jika memang semahal itu, mekanisme keamanan yang seperti apa yang ada di 42ner
Secanggih apa sih 42ner? Setuju ma mods UG, eh Abu.... Step2nya untuk ngereset 42ner yang keilangan kunci mestinya selevel ama GV lah. So, kenapa bisa 650K versus 14 jeti, terlepas dari harga dia yang 400 jeti, it doesn't make sense at all lah.
Edited:
solar_kerosen wrote:- CUT -
Dari Agung Automall menelepon saya, memberitahukan ada bagian mesin yang juga harus diganti dengan tambahan biaya Rp 8,5 juta.
itu part dan lainnya yang harus diganti untuk fortuner sama dengan apa2 dari harga 650 ribu yang dibilang om abu ga? ini belum lagi ke masalah apakah sistem yang dipakai mirip/serupa dan kualitas yang juga tak jauh beda.
makanya saya tadi nanya kalo tempat lain (pabrikan lain), dengan kasus yang serupa dengan dialami pemilik fortuner, kena berapa?
ga bisa kita langsung mendugje kalo kasusnya aja kita belum tau lengkapnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Ganti kunci ilang E280 W211 kena 5 jeti. TIDAK ADA sama sekali parts yang diganti, apapun itu. Keterangan dari senior SA.
42ner lebih canggih dari Mercs kali y....
Penasaran, telepon Auto2000. Total biaya ganti kunci excluding jasa sekitar 4 jetian. Sama, gak ada komponen mesin apapun yang diganti. Reset ECU dll seperti yang dipaparin mods UG dalam kasus GV....
Abis klik link om Solar yang postingan pertama, ternyata ini kasus lama yak? 2007. Mungkin waktu itu si dealer baru belajar nanganin kasus ginian, kaget dan bingung. Lain lah ama sekarang.
@pelos: saya rasa mungkin ada immobilizer nya, jadi ridiculous price itu wajar, dan oiya, ini juga ditilik dari artikel tsb gak luput dari kesalahan pengguna...Ђεђεђε Ђεђεђε™
@doq: on the other hand...メίίメίίメίίメίίメίίメίί
Kaga tau lah apa yang diganti, kadang kasus itu maaf....dibesar2kan oleh pengguna, dan juga bahasanya seolah2 itu dibuat kesalahan diler *bukan pembela diler* ya.....masalahnya, apakah bener 14jt itu well spend? Item apa saja diganti yang relevan dgn kunci hilang tersebut?serta sejauh mana pengentahuan si customer ttg otomotif supaya tau tidak digorok si diler?;):Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cmiiw......
kurasa kuncinya ilang, masuk kedalam ruang bakar melalui lubang busi, sewaktu ganti busi...sehingga untuk ngambil kunci tersebut, byk komponen yang harus diganti..
Ganti kunci Peugeot 500 ribu. Kalau PIN codenya hilang jadi 700 ribu. Kunci blankonya udah siap di ASTRA. ECU juga ready stock, kalau ECU (BSI) harganya 3 jutaan. Pemrograman kunci emang dari kantor pusat di Perancis, tapi dilakukan melalui internet. Jadi waktu penggantian paling juga 2 hari.
Kalau kartu kredit hilang sih, gak sampai 100 ribu biayanya. Menurut saya sih harga penggantian kunci mobil juga harusnya segini, sisanya keuntungan.