Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Selamat siang agan-agan..salam kenal sebelumnya..saya newbie di forum ini. Mohon pencerahannya..saya ada rencana beli mobil dengan budget yang pas-pasan..karena berbagai pertimbangan dan sempat membaca posting agan-agan..pilihan jatuh pada Corolla Twincam..tapi saya masih bingung kira-kira lebih cenderung ke Twincam SE Limited atau GTi mengingat mobil ini akan saya gunakan untuk pemakaian sehari-hari. Saya tinggal di Denpasar dengan kondisi jalan yang sudah cendenrung macet dan tidak memungkinkan untuk ngebut. Sebenernya ngiler juga ngelihat perfoma seri GTi tapi kok kayaknya jalanan di Denpasar tidak memungkinkan untuk dipakai ngebut. Yang ingin saya tanyakan..apakah selain mesin ada perbedaan yang mencolok baik dari segi interior atau eksterior dari kedua seri tersebut? Dan apakah benar dari yang saya dengar untuk seri GTi di RPM rendah ndut-ndutan..bensin jauh lebih boros dibanding yang seri SE Limited? Mohon maaf jika di posting awal saya sudah menulis panjang lebar :thanks:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

1. Permintaan maaf diterima. :big_peace:

2. Sebenernya sih di sebelah dan di FB saya ngumpul anak2 Twincam Jitiay, jelas di sana akan lebih banyak info dari user langsung yang anda bisa dapetin, bro.

3. Yup, saya tau gimana parahnya Denpasar sekarang. Tapi y gak segitunyalah dibanding Jakarta bukan? Kan anda bisa tuh kebut2an di By Pass Ngurah Rai? :e-dance:

4. Perbedaan eksterior yang pasti di bumper depan, Jitiay pasti yang model terbaru karena dia baru keluar 91 seangkatan Twincam terbaru, yang lain sih gak da bedanya. Paling di gril ada emblem 'GT TWINCAM', plus bagasi kiri belakang yang emblem 'SE LIMITED' diganti emblem 'GT'. Gak da yang mencolok. Velg sama2 kaleng pake dop.

Oiya ada stiker di kaca belakang: GT 16 VALVE TWINCAM, plus stiker kecil di pintu belakang: GT TWINCAM.

Image

5. Perbedaan interior ada di layout dasbor. SE Limited, di sebelah kiri indikator speedo adanya HU. Di bawah kisi AC tombol2 AC, di bawah tombol2 = bolongan buat taruh barang. Jitiay, sebelah kiri speedo ada indikator tekanan oli dan voltase, plus jam digital. HU pindah ke bawah tombol AC yang di SE Limited cuman bolongan tadi. Motif pelapis jok berbeda, model chequered flag kecil2, sama katanya kuping joknya (bolster) bisa disetel.

Image

6. Ndut2an iya, hasil baca2 di sebelah. Boros JAUH, gak juga tuh.

7. Korexi/tambahan/omelan dipersilakan.... :ngacir: :ngacir:

8. Cek PM bro.
Das Beste oder nichts.
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Thank you bro Nightster Guy atas informasinya..ta coba jalan-jalan ke forum sebelah agar lebih cerah. :frm_salut: .
Last edited by chris99 on Fri Sep 02, 2011 5:40, edited 1 time in total.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

Uda saya edit jawabannya, tuh di poin 6. Seterus2nya, baca PM y.... :) UDAAAAA, JITIAY AJAAAAA, performa bener2 masih bisa ngelawan kok sekelasnya kek Genio Estilo gitu, ngelawan yang modern kek Jazz Yaris masi mampu jugaaa....

Masak mesin kelas FE mo ngelawan GE? :e-snooty: :e-snooty:

:big_smoking:
Das Beste oder nichts.
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Masalah di RPM rendah katanya ndut-ndutan apakah masih dalam taraf wajar bro? Dan tidak akan menjadi big problemo disaat terjebak macet..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

Yup, taraf wajar ndut2annya, karena jelas peruntukan Jitiay saat dipasarkan buat mobil pemakaian normal harian, bukan khusus balap kok.... :)
Das Beste oder nichts.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by ak4ng »

Nightster Guy wrote:
Masak mesin kelas FE mo ngelawan GE? :e-snooty: :e-snooty:

:big_smoking:
Ntar ane buat K3-GETT.... :big_weee: :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Wooookkeee...trus apa bener kalau GTi minumnya harus pertamax bro?
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

Pertamax? Lhah, jaman2 dia dipasarkan, BBM cuman ada Premium ama Premix yang entah RON nya brapa itu, fine2 aja tuh om.... :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by solar_kerosen »

apakah anda penikmat otomotif berani turun tangan langsung memperbaiki , jangan malah jadi buah simalakama niat mau gaya dan speed lovers malah terjebak di masalah perbaikan sebaiknya pikirkan dulu membeli mobil tersebut sebelum anda meminangnya . tidak gakmpang memperbaiki mesin tua selain rferensi terbatas spare part udah langka
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by evolution21 »

Premix itu ron brapa ya
95 keknya?
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Terimakasih untuk bro solar_kerosen atas masukannya..memang perlu hati2 untuk menentukan mobil bekas yang mau dipakai harian dengan dana yg terbatas seperti saya ini..memang secara model,fitur dan perfoma GTi lebih ok dibanding SEL..tapi saya pernah baca jika GTi butuh asupan bahan bakar yg bagus karena perbandingan kompresi yg tinggi..dan untuk bro evolution21..terus terang saya kurang paham premix itu ron berapa..yg saya tau..dulu motor kalau dipakai balap pakainya premix..hehehehe
:big_peace:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by ak4ng »

Ga pertimbangkan eterna GTi...?? Jauhhhh lebih kenceng....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by gmx »

ikut nimbrung ya..

saya ngga tau apa2 mengenai corolla GTi, tapi saya ada mobil merk lain yang juga GTi yang seangkatan dengan corolla GTi, mungkin karakternya sama..

1. ndut2an? dulu iya ndut2an, tapi setelah tune up bersih2 fuel line, ganti fuel pump, ganti fuel filter, bersihin throtle body, bersihin injector, dll gejala ndut2an itu ilang, smooth mirip mobil SOHC

2. di tutup tanki mobil saya ada tulisan "PREMIX", tapi selama ini selalu saya isi premium, dan dengan premium itu bisa tembus kecepatan lebih dari 200km/jam

@Ak4ng..
Eterna GTi lebih kenceng daripada twincam GTi? untuk mobil yg sama2 tua banyak faktor yang berpengaruh, terutama kondisi kesehatan mobil, jadi belum tentu juga siapa yang lebih kenceng.. twincam GTi itu kenceng lho.. 4AGE juga mesin legendaris..
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Eterna GTi secara tampang dan perfoma juga sadis untuk ukuran mobil tua...mungkin karena ketakutan pribadi masalah biaya operasional yg kayaknya lebih tinggi kalau mau pelihara si eterna..mengingat di denpasar saya pantau masih jarang bengkel yang mampu handle mitshubisi...kalau di jkt mungkin ga takut karena ada om ak4ng yang siap direpotin...hehehehe
:big_peace:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by ak4ng »

Baru aja diomongin langsung nongol.... Wkwkwk.....
Btw..... Sama2 GTi tp eterna 2.0L kan??... Atw ga mitsu dangan jga lumayan...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Wah...baca tulisan bro gmx jadi bikin merinding..hehehe..btw kok belum ada yg rekomendasikan SEL yach...padahal hati kecil lebih cenderung ke SEL..karena dari sisi perawatan kayaknya lebih mudah dibanding GTi mengingat mobil ni mo saya pakai harian..walaupun di sisi lain masih juga ngiler dengan pesona GTi..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

SE Limited sih bukan gak direkomen bro, itu mobil bandel kok. Jelas, ngerawat lebih mudah dari Jitiay secara dia karbu. Tau aja mobil injexi kalo uda tua, ada aja penyakitnya. Tinggal sekarang anda yang nentuin, karena anda yang tau segimana kuatnya dompet anda, juga gimana habit dan ketekunan anda dalam miara mobil (setengah) tua.

Masing2 ada advantages/disadvantagesnya.

Jitiay:
(+) Performa (masih bisa nempel angkatan lebih muda si Genio Estilo, yang pasti ngentutin jauuuuh pesaing seangkatannya si GrandCi), fitur lebih mumpuni, reputasi (bagi yang ngerti bahwa ini Jitiay), gak pasaran
(-) Harga nebus lebih mahal, miara lebih mahal dan sulit

SE Limited:
(+) Harga nebus dan perawatan lebih murah, miara lebih gampang
(-) Performa pas2an, fitur estede, gak punya image plus

Pilihan di tangan anda. Kalo merasa Jitiay udah bakal ngerepotin anda, berarti jangan coba ambil Mitsu, karena Mitsu secara umum parts lebih mahal, relatif lebih rewel, dan lebih sedikit bengkel yang bisa diagnosa Mitsu dengan tepat ketimbang Atoyot.
Das Beste oder nichts.
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

@ nighster guy : wah..kayaknya situ bisa ngerti yang ada di benak saya..memang bisa dikatakan 60% hati saya cenderung ke SEL karena pertimbangan biaya perawatan..tapi ga bisa dipungkiri pesona GTi begitu menggoda..jujur saya agak trauma nich..saya pernah piara peugeot 505 GTi..tahun pertama saya pakai ga ada masalah..tapi menginjak tahun kedua hampir tiap minggu saya direpotkan tu mobil..kalau ga overheat..di RPM rendah ajrut2an..dan bengkelnya bilang problem ada di ECU...pikir saya kalau TC GTi produk jepang jadi ga seribet si peugeot..btw apa memang bener ya pendapat beberapa orang..kalau mau melihara mobil tua mendingan yang masih pakai karbu..jangan yg injeksi?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by ak4ng »

Skedar ingin tau.. Max budget buat mobilnya sj brp??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

Untuk mobilnya saya budgetkan maximal 55jt om..karena pikir saya yg 5 juta buat berbenah dan sedikit upgrade audio..jadi pas 60jt...hehehe
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by Nightster Guy »

Soal karbu versus injexi (elektronik non mekanikal), dengan asumsi:

- Usia sama tuanya
- Perawatan (oleh owner sebelumnya) sama telatennya

Tetep, IMHO, peluang untuk anda beli > pakai > rusak, itu lebih besar di injexi. Kita logika teknis sederhana ajalah, injexi elektronik kan pake komponen elektronik di ECU nya. Nah, kalo karbu, ibaratnya mo rusak apanya sih tu karburator, wonk full mekanis gitu, ibaratnya bisa dideteksi dan didiagnosa secara visual kasat mata.

Lha kalo elektronik, gimane? Mesti bengkel yang bener2 ngerti. Walau, untuk tingkatan Bali, jelas banyaklah bengkel jagoan , wong banyak mobil aneh seliweran di sana.

Mana sih master2 mesin SM kok gak komeng?!? Ane cuman OB dimari ooooooom.... :big_peace:
Das Beste oder nichts.
chris99
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by chris99 »

@nightster guy : ulasannya mantap bro..memang bener ini semua tergantung saya..sebagai tambahan..saya sudah ada bidikan SEL 91 wrn merah maroon..body bagus tapi cat sudah kusam..mesin (kata montir yg saya suruh lihat) bagus..interior utuh dan bersih..buka harga 51jt..saya belum nawar krn dikompori ama montirnya "nambah dikit dapat GTi"...mungkin kompor itu yg bikin saya agak bimbang dan butuh pencerahan disini..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by ak4ng »

Kl sy jd TS.... Ttp eterna GTi..... Sama 50jtan..... Tp hasilnya jauh......
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?

Post by solar_kerosen »

Nightster Guy wrote:Soal karbu versus injexi (elektronik non mekanikal), dengan asumsi:

- Usia sama tuanya
- Perawatan (oleh owner sebelumnya) sama telatennya

Tetep, IMHO, peluang untuk anda beli > pakai > rusak, itu lebih besar di injexi. Kita logika teknis sederhana ajalah, injexi elektronik kan pake komponen elektronik di ECU nya. Nah, kalo karbu, ibaratnya mo rusak apanya sih tu karburator, wonk full mekanis gitu, ibaratnya bisa dideteksi dan didiagnosa secara visual kasat mata.

Lha kalo elektronik, gimane? Mesti bengkel yang bener2 ngerti. Walau, untuk tingkatan Bali, jelas banyaklah bengkel jagoan , wong banyak mobil aneh seliweran di sana.

Mana sih master2 mesin SM kok gak komeng?!? Ane cuman OB dimari ooooooom.... :big_peace:

setuju om en gie sondakh :wkkk: secara bali mainannya kebanyakan Dolar dibanding rupiah
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun