This is the Way I drive : en ... Yukk Kita Kampanye Drive Safely Drive Economically
Katanya Biar Mesin Awet dan Konsumsi BBM Irit
1. Bensin Jangan Mepet2 Udah mau Abis .... ( sebelum 1/4 udah aku isi lagi )
2. Akselerasi Smooth ....... Lihat gerakan Jarum di Pembacaan RPM ...... Begitu Juga Waktu Mau naikin Gear.
3. RPM saat melaju aku pertahankan antara 2500 s/d 3200 .... Kecuali Terpaksa ( di Gigi 1 waktu macet .... atau di Gigi 5 waktu Pengin Boker .. jadi Ngebut ... :-) )
Believe Me I did no. 3 .... Mesin mobilku umur 4 tahun masih .... Nyaris Tak Terdengar .... he he he ....
4. Jangan Nge Gas dan Nge Rem kayak Koboi ...... NgeGas harus Smooth dan Ngerem harus Smooth ........ ( Kecuali Keadaan Darurat )
5. Pindah Gear Waktu Akselerasi ... di RPM 3000 atau 3100
6. Gear Jangan Terlalu Rendah Jangan terlalu tinggi .....( Bisa dilihat di RPM atau Getaran Mesin ) Lihat Ratio Gear : Speed : RPM ( Nanti hubungannya ke Torsi Maksimum )
Apa Lagi Yah ....
Oh Ya Kalo Belok .... Jangan Di Habisin ...... ( Habisin trus kurangi sedikit .. )
Apa Lagi Yah ....
Ya Ikuti Buku Petunjuk Maintenance
Apa Lagi Yah ....
Apa Lagi Dong .... Ada Yang Bisa Nambahin ... ?
The Right Way to Drive #2 [Drive Safely Drive Economically]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
Re: The Right Way to Drive #2 [Drive Safely Drive Economical
Tambahan ada yang lupa kemarenktaufik wrote:This is the Way I drive : en ... Yukk Kita Kampanye Drive Safely Drive Economically
Katanya Biar Mesin Awet dan Konsumsi BBM Irit
1. Bensin Jangan Mepet2 Udah mau Abis .... ( sebelum 1/4 udah aku isi lagi )
2. Akselerasi Smooth ....... Lihat gerakan Jarum di Pembacaan RPM ...... Begitu Juga Waktu Mau naikin Gear.
3. RPM saat melaju aku pertahankan antara 2500 s/d 3200 .... Kecuali Terpaksa ( di Gigi 1 waktu macet .... atau di Gigi 5 waktu Pengin Boker .. jadi Ngebut ... :-) )
Believe Me I did no. 3 .... Mesin mobilku umur 4 tahun masih .... Nyaris Tak Terdengar .... he he he ....
4. Jangan Nge Gas dan Nge Rem kayak Koboi ...... NgeGas harus Smooth dan Ngerem harus Smooth ........ ( Kecuali Keadaan Darurat )
5. Pindah Gear Waktu Akselerasi ... di RPM 3000 atau 3100
6. Gear Jangan Terlalu Rendah Jangan terlalu tinggi .....( Bisa dilihat di RPM atau Getaran Mesin ) Lihat Ratio Gear : Speed : RPM ( Nanti hubungannya ke Torsi Maksimum )
Apa Lagi Yah ....
Oh Ya Kalo Belok .... Jangan Di Habisin ...... ( Habisin trus kurangi sedikit .. )
Apa Lagi Yah ....
Ya Ikuti Buku Petunjuk Maintenance
Apa Lagi Yah ....
Apa Lagi Dong .... Ada Yang Bisa Nambahin ... ?
7. Pasang Kaca Spion : BLINDSPOT
.... biar gak ditabrak oleh motor dari arah 135 atau 225 waktu kita belok
[ Tahu Sendiri khan gaya Naik Motor orang Jakarta ]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Maksudnya derajat..dari arah Utara (0 derajat) bergerak searah jarum jam sampai 135 derajat (kanan belakang) dan 225 derajat (kiri belakang)..betul tidak, bung ktaufik?gege wrote:arah 135 dan 225
maksudnya gimana ya?
Btw, mempertahankan RPM sebaiknya di RPM yang menghasilkan torsi maksimum, yang berbeda-beda untuk setiap mesin...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Cuman tambahan
Carilah mobil yang tangguh biar gak cpet rusak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Nambah lagi
Pakailah mobil yang irit bahan bakar biar gak boros BBM kan mau naik tuh.
Trus Kalo bisa naik bus aja biar udara kita jadi bersih (gak polusi)
Trus Kalo bisa naik bus aja biar udara kita jadi bersih (gak polusi)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
Itu Arah ...gege wrote:arah 135 dan 225
maksudnya gimana ya?
Maksudnya Begini ...
Jadi kalo kita bikin tanda arah mata angin ..... U(tara) itu di Atas, S(elatan) itu di Bawah, B(arat) itu di Kiri dan T(imur) itu di Kanan.
U:000
T:090
S:180
B:270
Nah Sekarang Mobil dianggap Menghadap ke Atas/Utara atau 000,
Maka ada daerah di sekitar Kanan Belakang dan Kiri Belakang di mana tidak dapat dilihat baik menggunakan kaca spion di kanan, kiri, maupun spion overhead. Nah daerah yang tidak kelihatan oleh ketiga kaca spion itu disebut daerah BLIND SPOT ..... dan itu cukup untuk MEMBUTAKAN kita kalau ada motor di daerah blind spot tsb.
Sebenarnya arahnya tidak tepat 135, 225 sih .. itu untuk mempermudah saja ...... Karena ini tergantung dari tipe mobil ( panjang, pendek, stelan kursi supir dll )
Untuk melakukan pengetesan, silakan parkir di tempat yang lapang. kemudian duduk di kursi pengemudi, pasang spion .........NAH .. sekarang suruh seorang rekan anda BERDIRI di sekitar daerah kanan belakang atau kiri belakang .... Nanti Ketemu tuh .. daerah blind spot nya ..... [ KAWAN KAMU DISSAPEAR DARI Ke-3 SPION ] .... SIm Sala Bim ...
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
IYAH ... BETUL BETUL ...conan wrote:Maksudnya derajat..dari arah Utara (0 derajat) bergerak searah jarum jam sampai 135 derajat (kanan belakang) dan 225 derajat (kiri belakang)..betul tidak, bung ktaufik?gege wrote:arah 135 dan 225
maksudnya gimana ya?

conan wrote: Btw, mempertahankan RPM sebaiknya di RPM yang menghasilkan torsi maksimum, yang berbeda-beda untuk setiap mesin...
Emm ... Biasanya sih .. kalo untuk kebut2an .... Pindah Gigi pada Torsi Maksimum.
Kalo untuk Irit .... RPM nya dipertahankan itu Trade Off ( atau posisi optimal ) .. antara Tidak terlalu Rendah ( jadi Daya nya Kurang ) .... dengan tidak terlalu tinggi.
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------