Untuk pengecekan, pastinya, kalo urusan body ngga majalah (apapun penilaian dan kriteria Anda), liat juga karat yang ada, udah seberapa parah,..? Curigai juga kalo sampe ada slang2 / komponen kecil yang ada bekas cat yang sewarna bodi. Pertanda bermasalah catnya. Entah hanya di cat ulang sama persis, atau parahnya, udah bekas tabrakan. Untuk bekas tabrakan, perhatikan tulang2na, sama jarak antara radiator dengan mesin, terlalu dekat atau ngga?
Urusan mesin yg riskan, setau ane nih, radiator, waterpump, kipas pendingin dan extra fan. Coba liat termostat, jgn sampe dicopot. Kondisi mesin, dengarkan baik2. Perhatikan dulu dari oil dipsticknya, ama ownernya dikasi oli kentel apa ngga? Kalo oliya kentel, masih bening alias belum menghitam, tinggalin aja. Nakalan tuh, baru diisi oli kuentel tuh. Trus, ngga usah liat rembesan di head cylinder, pasti udah pernah dia lap. Perhatiin aja knalpot. Panasin mobil. Setelah uap air yg keluar, trus, dekatkan wajah ke knalpot. Apakah asapnya perih? Kalo perih, berarti camputan bensin nya kaya / malah setelannya udah kacau. Ada bekas oli? Kalau nggada, ada asap biru kah? kalau asap biru keluar tipis, cek dengan di gas. Apakah kalo di gas asapnya ilang dan ada lagi saat langsam? Kalo iya, sil klepnya kena. Kalo digas asapnya malah tambah, berarti ringnya kena.
Trus, kondisi panel2 dasbor diperhatikan, apakah sdh mati atau redup? Tuas persnelingnya udah oblak atau belum? Perhatiin juga kebersihan kabin dan jok nya udah kempes banget? Stirnya udah gundul pa blum? Peratikan speleng kopling. Perhatikan koplingnya. . Curigai juga bila ada balon karet pintu yang ngga rata/ganjil di mata. Pertanda pernah tabrak samping yang parah.
CMIIW yaaa...!
Urusan begini mah, di SM ada buanyaaaaakk yang jauh lebih ahli dari saya... Monggo ditambahkan.
