wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
temen2 mau minta saran nih, saya punya kia sportage 2, dimodif ban ukuran 19, suspensinya keras, kalo lewatin polisi tidur gak nyaman banget, ada yg bisa kasi solusi untuk membuat bantingannya lebih empuk? thanks all
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
ring 19?
profil bannya brapa?
profil bannya brapa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
yup, ring 19evolution21 wrote:ring 19?
profil bannya brapa?
profil ban 245/45/19, pake merek accelera
apakah perlu di modif suspensinya atau cukup nambah ketebalan ban doang?
thanks
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
ketebalan ban berpengaruh....shock lebih berpengaruh cmiiw...tapi upsize rim emg itu konsekwensi nya bang leiv.....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
iya, mobilnya seken, dari awal dapetnya gitu, mau ubah peleknya sayang jg, sapa tau bisa diakalin dgn perubahan lain yg bisa mempertahankan tampangnya, tp bisa menambah kenyamanan, hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
klo tuk bantingan sepertiny susah oom.soalny itu tergantung karakter mblny.klo dr bawaan mbl emank stiff y ttp z stiff.trus klo profile ban udah 45 se tipis trus udah pasti keras bantinganny.

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Coba check kondisi shock-nya apa masih main atau sudah seret / mau mati.leiv wrote:temen2 mau minta saran nih, saya punya kia sportage 2, dimodif ban ukuran 19, suspensinya keras, kalo lewatin polisi tidur gak nyaman banget, ada yg bisa kasi solusi untuk membuat bantingannya lebih empuk? thanks all
Yg sudah pasti :
kembalikan ukuran velg ke kondisi asal atau paling besar 17" dimana bisa tetap menggunakan ban profile 60 atau maksimal profile 55
Tetapi jika tetap ingin mempertahankan velg 19" coba ganti ban dgn yg komponnya lebih empuk spt Toyo / Dunlop / Michelin, serta ganti shock arbsorber dengan yang adjustable / bisa disetel kekerasannya spt HotBits, saya lihat di web HotBits ada utk Sportage 2 (DT-1)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
ok deh, tar coba dipikirkan mana yg ternaik, dan sepertinya shock nya jg agak mati, kurang maen, saya coba cari info ttg hotbisnya deh om turbo, thanks ya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Ya coba aja cek dgn seksama kondisi shock-nya, lepas en coba tekan2 di luar, kalo udah keras sekali berarti dah mati.leiv wrote:ok deh, tar coba dipikirkan mana yg ternaik, dan sepertinya shock nya jg agak mati, kurang maen, saya coba cari info ttg hotbisnya deh om turbo, thanks ya
Bisa ganti shock standard atau kalau mau lebih enak mmg HotBits DT-1 bisa dipertimbangkan utk nyari empuk dan stabil, sy liat di web-nya ada utk Sportage 2
HotBits = www.hotbits.org
No telp agen di Indo = 0815 8800 847 (pak Hendry)
*ane bukan sales HotBit*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
@leiv
waktu dengan ban std apa bantingannya keras jg? kalo iya, berarti suspensionnya ..shocknya memang seperti itu.
Solusi nya ganti shock yg agak lembut, konsekwensi nya handling di tikungan ga setajam yang shock rigid. Walaupun ganti shock yg lebih lembut, tetep aja lewatin polisi tidur/lobang harus perlahan.
shock mati umumnya bantingan jadi lebih ngayun.
kalo cuma ga nyaman krn lewatin polisi tidur, sebaiknya pelan2 saja sewaktu lewat polisi tidur.
waktu dengan ban std apa bantingannya keras jg? kalo iya, berarti suspensionnya ..shocknya memang seperti itu.
Solusi nya ganti shock yg agak lembut, konsekwensi nya handling di tikungan ga setajam yang shock rigid. Walaupun ganti shock yg lebih lembut, tetep aja lewatin polisi tidur/lobang harus perlahan.
shock mati umumnya bantingan jadi lebih ngayun.
kalo cuma ga nyaman krn lewatin polisi tidur, sebaiknya pelan2 saja sewaktu lewat polisi tidur.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
rodanya kebesaran, bannya ketipisan
mau di buat nyaman rasanya hopeless
dengan ring 19, paling bisa cuman sedikit "diperbaiki" saja
mau di buat nyaman rasanya hopeless
dengan ring 19, paling bisa cuman sedikit "diperbaiki" saja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Dan jgn lupa keras empuk tuh relatif tiap2 pant*t yah bang:)..tp klo ajrut2an sih biasanya bisa dibilang keras...nh pasti kemungkinan sok nya kaput
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
oh ya, itu pernya diganti jg ga?
biasanya kalo dah main ring besar gitu
suka pernya diganti pendekan agar tdk keliatan ketinggian
kalo bener diganti, coba di cek apakah itu per potongan ato merk tertentu beserta tipenya apa
biasanya kalo dah main ring besar gitu
suka pernya diganti pendekan agar tdk keliatan ketinggian
kalo bener diganti, coba di cek apakah itu per potongan ato merk tertentu beserta tipenya apa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
kelihatan semua masih standard, tidak hanya poldur aja yg krg nyaman, tetapi jalan gelombang atau jalan tidak rata rasanya agak keras goncangannya, istri saya lgsg teringat jimmy katana nya dulu, tp blm separah katana sih, hehe, udah cek di hotbits, agak mahal ya ternyata, rasanya krg cocok utk di sportage, hehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Kalau memang kaki2 masih mumpuni....berarti prime suspect nya itu ukuran profil, compound dan tekanan angin ban oom.....
Btw, ga ada suara aneh2 dr arah kaki2 ya?
Btw, ga ada suara aneh2 dr arah kaki2 ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Tipikal Sportage2 emang gituleiv wrote:kelihatan semua masih standard, tidak hanya poldur aja yg krg nyaman, tetapi jalan gelombang atau jalan tidak rata rasanya agak keras goncangannya, istri saya lgsg teringat jimmy katana nya dulu, tp blm separah katana sih, hehe, udah cek di hotbits, agak mahal ya ternyata, rasanya krg cocok utk di sportage, hehe
Ini komen paling bener.. CMIIWevolution21 wrote:rodanya kebesaran, bannya ketipisan
mau di buat nyaman rasanya hopeless
dengan ring 19, paling bisa cuman sedikit "diperbaiki" saja
Kembalikan ke standar saja ya oom kalau cari nyaman..

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Oct 11, 2011 2:49
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Sharing sj bro,
Minggu lalu sy lakukan spooring kia sportage II, hasilnya menjadi steer handling sangat tidak nyaman, goncangan sangat terasa. Sebelum spooring, saya cukup nyaman dgn kia sportage. Kelihatannya salah settingan saat spooring. Rencananya hari ini akan ke bengkel lagi.
Minggu lalu sy lakukan spooring kia sportage II, hasilnya menjadi steer handling sangat tidak nyaman, goncangan sangat terasa. Sebelum spooring, saya cukup nyaman dgn kia sportage. Kelihatannya salah settingan saat spooring. Rencananya hari ini akan ke bengkel lagi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
mau nanya neeh...kalo di ganti angin ban dengan nitrogen...emang jadi lebih empuk ya???...makasih..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Emang yg skg pakai ban ukuran brp ?leiv wrote:kelihatan semua masih standard, tidak hanya poldur aja yg krg nyaman, tetapi jalan gelombang atau jalan tidak rata rasanya agak keras goncangannya, istri saya lgsg teringat jimmy katana nya dulu
Dah balikkin aja ke pelk aslinya atau pakai pelk 16" dan pakai ban profil 65 atau 70
Kalo mau tetap gaya = pelk-nya cat warna Gun Metal & gunakan pelk yg model utk SUV (bukan pelk dress up)
Kalo mau tongkrongan lebih mantap = gunakan ban H/T (yg tapak-nya besar2), bisa consider Toyo Open Country H/T, dipadu dgn pelk warna Gun Metal, hanya saja pakai ban yg tapak kasar kalo lari kencang di aspal agak sedikit berisik, tapi bantingan sih nyaman.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Dec 28, 2010 12:24
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
Sekalian ikut nanya nih Om. Kebetulan ane ada baru ambil Toyota Rush second. Lansiran Juni 2010, KM 27 ribuan. Bantingannya kerasa bener kalo lewat jalan keriting atau polisi tidur
Kondisi velg/ban standar.
Apa karakternya Rush memang begitu atau karena selama ini ane terbiasa pake X-Trail (T31) yang ane akuin emang empuk bantingannya?
Rencana sih emang mau dicheck ke BeRes Toyota. Tapi khawatir juga nanti dikerjain ama orang bengkel suruh ganti ini-itu yang nggak perlu
Maklum, ane ga ngerti soal teknis. Selama ini cuma pemakai aja

Apa karakternya Rush memang begitu atau karena selama ini ane terbiasa pake X-Trail (T31) yang ane akuin emang empuk bantingannya?

Rencana sih emang mau dicheck ke BeRes Toyota. Tapi khawatir juga nanti dikerjain ama orang bengkel suruh ganti ini-itu yang nggak perlu

Maklum, ane ga ngerti soal teknis. Selama ini cuma pemakai aja

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
AFAIK karakter suspensi rush/ter yg sebelum facelift itu memang keras, dan yg sejak facelift katanya sudah lbh empuk (yg facelift saya blm pernah coba)....maksudnya kalo memang bener yg facelift ini lbh empuk, mungkin bisa kt subtitusi part2 suspensinya.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
ga ngaruh lahh.. yg nentuin itu tekanan anginnya. yg bilang lebih empuk biasanya orang2 yg sudah isi nitrogen tp ga mw dibilang ketipu. kalau dibilang krn suhunya lebih dingin dari angin biasa, jd kalu dipakai jalan, tekanan ban isi nitrogen tidak naik sebanyak angin biasa. tp kenyataannya paling2 selisih perubahan tekanan cuma 2-3psi. pantat siapa tuh yg bisa merasakan selisih 2-3 psi?mau nanya neeh...kalo di ganti angin ban dengan nitrogen...emang jadi lebih empuk ya???...makasih..

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
memang benar kak rijal... rush kluaran skrg uda lebih "manusiawi" bantingan nya dibanding yg gen 1... soalnya ane inget bgt waktu naek yg gen 1.. itu kalo lewat jalan jelek dan kondisi penumpang cuman dikit, terasa sperti d lempar sana sini gt... sdgkan rush kluaran 2011 yg blom lama ane coba.. sudah ada perbaikan... pas lewat jalan jelek, poldur.. lebi terasa utk suspensi nya lebi "main"... cumann yah tetep aj, masi kategori "keras" bantingan nya..jalu wrote:AFAIK karakter suspensi rush/ter yg sebelum facelift itu memang keras, dan yg sejak facelift katanya sudah lbh empuk (yg facelift saya blm pernah coba)....maksudnya kalo memang bener yg facelift ini lbh empuk, mungkin bisa kt subtitusi part2 suspensinya.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
nitrogen ama angin biasa beda rasanya
ane lebih suka pake angin biasa walaupun lebih gampang kempes
soalnya kalo nitrogen terasa jadi lebih membal2
ane lebih suka pake angin biasa walaupun lebih gampang kempes
soalnya kalo nitrogen terasa jadi lebih membal2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: wta: solusi untuk suspensi/bantingan keras
bukannya isi nitrogen malah lebih cepet kempes ? Molekul nitrogen yg lebih kecil/halus sehingga lebih gampang lolos dari pori-pori karet ban.
cmiiw
cmiiw