personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 juni 20

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 juni 20

Post by amzas99 »

pada kesempatan kali ini, penulis bisa mereview sebuah varian crossover dari suzuki, yaitu suzuki sx4 non facelift bertransmisi otomatis rakitan dalam negeri ( ckd ) tahun 2010.

bagian exterior menggunakan warna graphite grey metallic dengan kombinasi warna hitam di sekeliling bagian bawah body, dan ada tambahan roofrail di bagian atapnya.

pada titik penerangan luar, untuk bagian depan menggunakan lampu halogen dan foglamp. bagian samping dilengkapi lampu sein terpasang pada body samping antara pintu dan fender roda depan.
untuk bagian belakang ditambah adanya tambahan stop lamp yang terpasang di sudut atas pintu bagasi.
pada unit sx4 lain yang sudah mengalami facelift, lampu depan menggunakan tipe projector.

pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy standar dan ban oem berukuran 205/60/r16.
sebagai ban cadangan, menggunakan ban serep darurat yang berukuran t135/90/d16 dengan batas kecepatan yang diperbolehkan maksimal 80 km/jam.

keempat pintu sudah dilengkapi power window dan spion samping dilengkapi perangkat electric mirror dan automatic retract.

memasuki bagian interior, warna gelap mendominasi seputaran kabin, dengan sedikit warna terang di bagian atas pilar samping, dan warna silver di bagian tengah dashboard di samping headunit dan kontrol suhu.

jok juga berwarna hitam dengan kombinasi dot warna merah marun di bagian tengahnya.
pada jok pengemudi dilengkapi kontrol manual untuk menaik-turunkan dan memaju-mundurkan posisi jok tersebut.
area pengemudi dan penumpang depan dilengkapi dengan airbag bagian depan di posisi setir dan dashboard kiri.
lingkar kemudi dilengkapi kontrol audio untuk mengatur sistem audionya, dan dilengkapi fitur tilt steering serta electric power steering.

di tengah bagian atas dashboard tersemat tampilan layar multi information display ( mid ) untuk menunjukkan beberapa parameter seperti konsumsi bbm, suhu dsb. pada unit ckd yang sudah mengalami facelift, mid dipindah ke kluster speedometer dan tachometer, dan posisi sebelumnya digunakan untuk menempatkan center speaker.

headunit merupakan tipe integrated, yang mampu menyajikan keluaran audio dari radio fm/am dan cd berisi mp3/wma/cda.

menilik dapur pacu, unit tersebut menggunakan mesin bertipe m15a dohc vvt 4 silinder 16 katup 1.5 liter, yang mampu menghasilkan tenaga 100 ps pada 5000 rpm dan bertorsi 133 nm pada 4000 rpm.
bahan bakar dianjurkan menggunakan bensin berangka oktan 92 mengingat rasio kompresi yang berangka 9.5:1.

unit ckd non facelift ini, untuk menambah keamanan, pada bagian pengereman dilengkapi dengan anti-lock braking system ( abs ), electronic brake distribution ( ebd ) dan brake assist ( ba ), tentunya dengan menggunakan rem cakram di keempat rodanya. pada unit cbu yang ada di pasaran sebelumnya, rem cakram hanya ada di roda depan, dan roda belakang menggunakan rem tromol.

untuk konsumsi bahan bakar, walaupun idealnya menggunakan bbm ron 92, namun masih mampu menelan bbm ron 88, tentunya dengan konsekuensi sedikit mengurangi performanya.
berdasarkan informasi dari sang pemilik, apabila menggunakan bbm ron 92, konsumsi bbm rata-rata di kisaran 13 km/liter untuk rute dalam kota dan di kisaran 16 km/liter untuk rute luar kota.
apabila menggunakan bbm ron 88, konsumsi bbm rata-rata di kisaran 12 km/liter untuk rute dalam kota dan di kisaran 14 km/liter untuk rute luar kota.

ada sedikit catatan dari sang pemilik, karena pilar depan cukup besar, walaupun dilengkapi kaca kecil, para pengguna harus membiasakan diri, karena pilar depan tersebut seringkali menghalangi pandangan sewaktu kendaraan berbelok ke kanan.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

demikian informasi hasil pengamatan pada suzuki sx4 tersebut, tambahan foto-foto dan informasi bisa dilanjut pada link di bawah ini
http://amzas.wordpress.com/2011/07/10/p ... juni-2011/


trims…

r1
http://amzas.wordpress.com/
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by maskopat »

nyobain kursi belakangnya gak om? penasaran... kalo ane coba di showroom, rasanya agak tegak... :shrug:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by amzas99 »

maskopat wrote:nyobain kursi belakangnya gak om? penasaran... kalo ane coba di showroom, rasanya agak tegak... :shrug:
ya, betul pak, sandaran jok belakang rada tegak, hanya 1 posisi dudukan saja, tidak ada setelan rebahnya walaupun manual.
menurut info dari si pemiliknya, memang untuk jok belakang, untuk orang yang cukup tinggi dan perjalanan rada jauh, karena tegaknya itu jadi sedikit membuat pegal.
kebetulan kalau kemarin saya tidak duduk lama di jok belakang, cuma ngukur jarak dengkul dari sandaran jok depan saja, hehehe...

trims...

r1
http://amzas.wordpress.com/
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by maskopat »

makasih om amzas... sepertinya kekurangan SX4 itu cuman kursi belakang aja menurut ane...
btw yang dicoba X-Over atau X-Road om?
kalo dari spek rodanya, sepertinya X-Over ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by amzas99 »

maskopat wrote:makasih om amzas... sepertinya kekurangan SX4 itu cuman kursi belakang aja menurut ane...
btw yang dicoba X-Over atau X-Road om?
kalo dari spek rodanya, sepertinya X-Over ya?
Image

betul sekali pak, kemarin itu yang saya amati tipe sx4.
kembali menurut info sang pemilik, sepanjang setahun ini dia pake sx4 tsb, secara umum oke-oke saja, sudah dibawa jalur luar kota juga, baru 1 taun sudah 40 ribuan km, hehehe..., palingan ya memang itu, penumpang yang orangnya tinggi ya suka ngeluh lebih pegal kalau di belakang.

trims...

r1
http://amzas.wordpress.com/
User avatar
personal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by personal »

mantab bro amzas reviewnya. klo bisa semua jenis/model yang ada di indonesia di review. buat gambaran yang mau nebus salah satunya.

anyhow, saya pake x-over a/t 09. pake paling jauh ke temanggung (arah timur) dan baturaja (arah barat). jalan jauh lumayan enak, nyupirin, klo jadi penumpangpun duduk di jok depan.

klo performa; lelet di tanjakan (a/t), klo jalan rata bolehlah, body rolling saat nikung juga kacil (hampir kaya sedan).

klo fc punya saya 12 di tol, 9-10 di kombinasi (heran juga kok bisa dapet 11-14 untuk ron 88 dan 13-16 untuk ron 92) saya pake yang ron 88 selalu dan ron 92 sering, dapetnya segitu. jadi mesti belajar nyupir sama pemilik sx4 diatas kayaknya.
trus minusnya lagi,blower ac di setel lebih dari 1 bakalan berisik suaranya, klo vios sampe 3 amsih ok.

anyhow, bagus reviewnya. ngomong2, mobilnya jarang dirumah kali ya, millagenya banyak, punya saya masih 20-an.
Habis Siang, Terbitlah Petang
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

personal wrote:mantab bro amzas reviewnya. klo bisa semua jenis/model yang ada di indonesia di review. buat gambaran yang mau nebus salah satunya.

anyhow, saya pake x-over a/t 09. pake paling jauh ke temanggung (arah timur) dan baturaja (arah barat). jalan jauh lumayan enak, nyupirin, klo jadi penumpangpun duduk di jok depan.

klo performa; lelet di tanjakan (a/t), klo jalan rata bolehlah, body rolling saat nikung juga kacil (hampir kaya sedan).

klo fc punya saya 12 di tol, 9-10 di kombinasi (heran juga kok bisa dapet 11-14 untuk ron 88 dan 13-16 untuk ron 92) saya pake yang ron 88 selalu dan ron 92 sering, dapetnya segitu. jadi mesti belajar nyupir sama pemilik sx4 diatas kayaknya.
trus minusnya lagi,blower ac di setel lebih dari 1 bakalan berisik suaranya, klo vios sampe 3 amsih ok.

anyhow, bagus reviewnya. ngomong2, mobilnya jarang dirumah kali ya, millagenya banyak, punya saya masih 20-an.
lam kenal om... wah ternyata lmyn rame jg yah... kbtln saya pemilik dari sx4 yg direview oleh amzas99

untuk konsumsi BBM memang akan kembali kepada kondisi jalan dan pedal gas-nya (apalg SX-4 ini, saya pakai type X-Over AT) menggunakan Throtle by Wire (TBW) yg respone-nya rada sedikit lelet, waktu awal pakai memang cenderung boros karena karakter sensor throtle by wire ini
biasanya saya melakukan reset TBW ini secara berkala
(kunci on, injak pedal gas kurang lebih 5-10 detik kemudian lepas kunci off dan silakan di on kembali, fungsi reset digunakan u/ membersihkan memory di TBW ini)

mungkin akan jadi hoax kl tidak ada bukti otentik yah... saya lampirkan MID-nya u/ saat ini
Image

pemakaian rumah saya di serpong, tol karang tengah, tol puri, tol kamal, tol dalkot (tj priok), keluar pemuda, kawasan industri, begitu jg sebaliknya
kl pulang kadang saya lewat jl. raya cakung, tol cakung, JORR, Serpong

mungkin kita bisa sharing om xixi
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by maskopat »

ow... rutenya rata2 tol ya om? boleh tahu average speednya om? ada gak di MID?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

maskopat wrote:ow... rutenya rata2 tol ya om? boleh tahu average speednya om? ada gak di MID?
yup tol to tol... tp ya tol skrg jg macet (karang tengah terutama skrg parah)
average speed waktu masih pake GPS sih di 98kpj
skrg dah gak ada GPS, MID gak ada avg speed-nya

13,6 itu dg bbm ron 92, kl di down grade ya rata plg cm dpt 12an
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by maskopat »

chr94 wrote:
maskopat wrote:ow... rutenya rata2 tol ya om? boleh tahu average speednya om? ada gak di MID?
yup tol to tol... tp ya tol skrg jg macet (karang tengah terutama skrg parah)
average speed waktu masih pake GPS sih di 98kpj
skrg dah gak ada GPS, MID gak ada avg speed-nya

13,6 itu dg bbm ron 92, kl di down grade ya rata plg cm dpt 12an
thanks om... tinggi juga ya avg speednya? bisa 98kpj.... om chr94 sepertinya pembalap nih... :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

maskopat wrote:
chr94 wrote:
maskopat wrote:ow... rutenya rata2 tol ya om? boleh tahu average speednya om? ada gak di MID?
yup tol to tol... tp ya tol skrg jg macet (karang tengah terutama skrg parah)
average speed waktu masih pake GPS sih di 98kpj
skrg dah gak ada GPS, MID gak ada avg speed-nya

13,6 itu dg bbm ron 92, kl di down grade ya rata plg cm dpt 12an
thanks om... tinggi juga ya avg speednya? bisa 98kpj.... om chr94 sepertinya pembalap nih... :big_peace:

:big_peace: xixi enggalah, karena nguber waktu paling mudah di tol puri, kl karang tengah tidak bs diharapkan.
tol puri bisa dpt top speed 160kpj, tp rata2 sih 120kpj
kl di tol dalkot paling 100-120kpj

nah terkadang kita sering jalan lambat, konsumsi di MID bisa lebih rendah (boros) tp jika bisa jalan di atas rata2 80kpj malah 100-120kpj MID akan cenderung irit
dari tol puri - tol dalkot MID terkadang bs menunjuk angka 14-15, tp kl jalur pulang lsg drop ke 13an

jadi kembali ke kondisi dari jalan dan injekan gas-nya, untuk sx-4 injek gasnya sehalus mungkin (memang jadi rada lelet), sedikit kasar MID lsg melorot (boros/tp enteng)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by maskopat »

sip sip om chr94... thanks untuk infonya... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
amzas99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by amzas99 »

sip, sang empunya sx4 tsb, mr chr94 aka mr chris langsung jawab sendiri mengenai data-data pemakaian hariannya, jadi lebih valid lagi infonya, trims pak...

bpk 'personal', milleage-nya udah banyak karena rute harian pak chr94 dari ujung barat ke ujung timur pak, hehehe...

trims...

r1
http://amzas.wordpress.com/2011/07/10/p ... juni-2011/
User avatar
personal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by personal »

wah..jadi tambah ilmu nih untuk cara reset;
biasanya saya melakukan reset TBW ini secara berkala
(kunci on, injak pedal gas kurang lebih 5-10 detik kemudian lepas kunci off dan silakan di on kembali, fungsi reset digunakan u/ membersihkan memory di TBW ini)
mo coba di praktekin nanti.
kalo odonya sudah banyak sih no wonder; mobil enak, ground clearance tinggi-jadi tidak takut nyangkut.

potona jugan bagus tuh, ts potograper kayaknya.
Habis Siang, Terbitlah Petang
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

om 'personal'
dah join di milis-nya sxci ([email protected])
saya dapat info reset TBW jg dari sana

untuk odometer ya lmyn rute harian PP bisa 130-150km
User avatar
personal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by personal »

dulu sudah pernah oom, sekarang ngga lagi, banyak email yang harusnya japri tapi kirim ke grup. segitu sudah di diges harian. cape diletnya.

fotonya matep
Habis Siang, Terbitlah Petang
User avatar
personal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by personal »

bro, kalo mo dapetin stiker sxci gimana? free ya? :e-pray:
Habis Siang, Terbitlah Petang
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

wah mesti join member gan, baru bisa dapat stikernya

kbtln saya jg belum join nih
saturdaymechanics
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu May 10, 2007 0:18

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by saturdaymechanics »

Permisi, mau tanya.
Suzuki SX4 ini power window sisi pengemudi bisa naik otomatis sampai penuh?
Terima kasih
chr94
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Jul 14, 2011 5:12

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 jun

Post by chr94 »

bisa om, power windows sisi driver otomatis naik dan turun

punya om gak otomatis? harus di reset pak unit power window-nya
untuk prosedur reset power window sepertinya tarik terus keatas (naikin)sebelum kontak on untuk turun jg sama kunci kontak di acc, tekan kebawah/tarik keatas tombol-nya

cmiiw nih... mesti croscek ma Beres Suzuki, dulu sempet otomatis gak jalan, dan sempet ngotot2an dg SA-nya kl yg otomatis cm naik aja setelah liat unit yg nangkring, otomatis naik dan turun baru ngeh
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: personal review suzuki sx4 non facelift at 2010 - 29 juni 20

Post by wekweks »

Sorry ngebangunin trit lama.
Mumpung bahasnya setting2an yg gk ada di buku.
Mo nanya klo central locknya sx4 ini bisa dibikin otomatis unlock kalau mesin dimatiin. Sama automatis lock kalau bergerak dgn speed berapa gitu gk ya?? Siapa tahu ada hidden settingnya..