Serba-serbi Minyak Rem
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Serba-serbi Minyak Rem
Perkenankan nubie membuka tret baru, karena sangat ingin mengetahui info2 dlm dunia otomotif..
Kebanyakan didalam forum otomotif membahas fluida semacam oli mesin, oli ATF, radiator coolant, etc.
Sedangkan minyak rem jarang dibahas karena minyak rem sendiri umurnya sangat panjang & tidak begitu terasa perbedaan antara yg satu dgn yg lainnya. Padahal disadari atau tidak, minyak rem juga merupakan fluida penting dalam sistem rem mobil.
Walaupun harganya murah, tapi minyak rem memiliki fungsi yg sangat vital, bahkan lebih vital drpd oli mesin.
Minyak rem sendiri dibagi berdasarkan kandungan (glycol-based / silicone-based) dan standard DOT (Departement Of Transportation USA). Dan saat ini banyak sekali produsen oli yg juga ikut2an memproduksi minyak rem, baik itu DOT3 ataupun DOT4.
Yang nubie ingin tanyakan;
1. Apakah tidak ada standard khusus mengenai kualitas minyak rem? Sebagai perbandingan pada oli ada stadard API service dan JASO.
2. Bagaimanakah ciri2 minyak rem yg bagus, apakah bisa dilihat dr kekentalan dan warnanya saja?
Mungkin master2 disini bisa menjelaskan perbedaan2 antara minyak rem yg berkualitas tinggi dgn minyak rem yg kualitasnya rendah. Karena saya heran jg, ada minyak rem seharga 10rb, tp ada juga minyak rem dr produsen oli terkenal seharga 50rb ke atas..
Kebanyakan didalam forum otomotif membahas fluida semacam oli mesin, oli ATF, radiator coolant, etc.
Sedangkan minyak rem jarang dibahas karena minyak rem sendiri umurnya sangat panjang & tidak begitu terasa perbedaan antara yg satu dgn yg lainnya. Padahal disadari atau tidak, minyak rem juga merupakan fluida penting dalam sistem rem mobil.
Walaupun harganya murah, tapi minyak rem memiliki fungsi yg sangat vital, bahkan lebih vital drpd oli mesin.
Minyak rem sendiri dibagi berdasarkan kandungan (glycol-based / silicone-based) dan standard DOT (Departement Of Transportation USA). Dan saat ini banyak sekali produsen oli yg juga ikut2an memproduksi minyak rem, baik itu DOT3 ataupun DOT4.
Yang nubie ingin tanyakan;
1. Apakah tidak ada standard khusus mengenai kualitas minyak rem? Sebagai perbandingan pada oli ada stadard API service dan JASO.
2. Bagaimanakah ciri2 minyak rem yg bagus, apakah bisa dilihat dr kekentalan dan warnanya saja?
Mungkin master2 disini bisa menjelaskan perbedaan2 antara minyak rem yg berkualitas tinggi dgn minyak rem yg kualitasnya rendah. Karena saya heran jg, ada minyak rem seharga 10rb, tp ada juga minyak rem dr produsen oli terkenal seharga 50rb ke atas..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Serba-serbi Minyak Rem
belom bisa kasih komen...
cuman sharing aja, sekarang pakai minyak rem conoco, sudah setahun lebih dan waktunya kuras:
mungkin ada yg pake barang se-merk?
cuman sharing aja, sekarang pakai minyak rem conoco, sudah setahun lebih dan waktunya kuras:
mungkin ada yg pake barang se-merk?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Serba-serbi Minyak Rem
menarik!!
betul sekali oom badak, walaupun mempunyai peran yg sangat vital, namun di lapangan masih merupakan barang yg kurang diperhatikan..........
sy juga sama, klo utk oli mesin sudah memiliki merk2 dan spek tertentu utk dijadikan pegangan dalam memilih, lain hal nya dengan minyak rem (selain DOT nya aja), terus terang saya sendiri juga sdh lupa terakhir pakai minyak rem merk apa
hal2 yg diketahui sehubungan minyak rem jg tdk terlalu banyak pembahasan nya, di bandingkan misal nya tentang oli mesin. Hampir mirip dengan oli power steering.
betul sekali oom badak, walaupun mempunyai peran yg sangat vital, namun di lapangan masih merupakan barang yg kurang diperhatikan..........
sy juga sama, klo utk oli mesin sudah memiliki merk2 dan spek tertentu utk dijadikan pegangan dalam memilih, lain hal nya dengan minyak rem (selain DOT nya aja), terus terang saya sendiri juga sdh lupa terakhir pakai minyak rem merk apa
hal2 yg diketahui sehubungan minyak rem jg tdk terlalu banyak pembahasan nya, di bandingkan misal nya tentang oli mesin. Hampir mirip dengan oli power steering.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Serba-serbi Minyak Rem
kalo ane selami ini pake patokan DOT aja, yang ane pake itu DOT 3 Merek Shell.
selain DOT 3 yang ane tau ada juga DOT 4. yang dimana perbedaannya hanyalah pada ketahanan panas minyak rem itu sendiri.
CMIIW
selain DOT 3 yang ane tau ada juga DOT 4. yang dimana perbedaannya hanyalah pada ketahanan panas minyak rem itu sendiri.
CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Serba-serbi Minyak Rem
sy mah pake minyak rem toyota............ ga tau merk apaan........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Serba-serbi Minyak Rem
Sebenernya yg saya ingin tau lebih drpd merk itu sendiri. Tapi perbedaan & spec drpd merk2 yg beredar dipasaran. Selama ini dipasaran minyak rem didominasi merk Prest*n*, tanpa kita tahu keunggulan & kandungan didalamnya. Sementara itu dipasaran semakin banyak dibanjiri merk2 baru dgn harga & kualitas unknown. Bisa dipastikan produsen oli sekarang jg msmbuat minyak rem.
Susahnya, tidak ada standard baku mengenai kualitas minyak rem yg tercantum dikemasan & apa aja kandungannya. Akhirnya muncul berbagai macam merk & harga minyak rem dipasaran.
Mungkin rekan2 yg mengerti hal teknisnya bisa dishare, krn hal ini cukup berguna drpd saling meledek antar member
Susahnya, tidak ada standard baku mengenai kualitas minyak rem yg tercantum dikemasan & apa aja kandungannya. Akhirnya muncul berbagai macam merk & harga minyak rem dipasaran.
Mungkin rekan2 yg mengerti hal teknisnya bisa dishare, krn hal ini cukup berguna drpd saling meledek antar member
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Serba-serbi Minyak Rem
wuahhh kalo bicara kandungan minyak rem mah ane gk faham.
kalo kandungan ............ hmmmm..
kalo kandungan ............ hmmmm..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba-serbi Minyak Rem
AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1
Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid
DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)
Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.
DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.
Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1
Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid
DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)
Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.
DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.
Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba-serbi Minyak Rem
om turbo... mau nanya donk... kan mobil2 skrg biasanya utk minyak kopling dan minyak rem jadi satu reservoir tuh... nah kira2 ada perbedaan ga kalo pake dot 3 atau 4 gt...
dan sdikit oot neh om.. kalo ane mau kuras minyak kopling ipah, dmana yahh.. scara kalo kuras minyak rem.. kayanya yg bagian jalur pipa yg kopling kaga kena terkuras jg tuh...
dan sdikit oot neh om.. kalo ane mau kuras minyak kopling ipah, dmana yahh.. scara kalo kuras minyak rem.. kayanya yg bagian jalur pipa yg kopling kaga kena terkuras jg tuh...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Serba-serbi Minyak Rem
@om turboman : om, kalo DOT 2 gimana om?
di motor kalo gak salah pake yg DOT 2 / DOT 3 ya?
di motor kalo gak salah pake yg DOT 2 / DOT 3 ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Serba-serbi Minyak Rem
@Andrian: Standard DOT cmn mengukur titik didih dr minyak rem bro. Aku blm pernah tau kl DOT2. Yg umum dipake DOT3, kemudian DOT4 di racing, dan 5.1 di mbl dgn sistem ABS+EBD.
Yg kita tidak ketahui adalah spec kualitas masing2 merk, knapa ada yg seharga 10rb tp ada jg yg seharga 50rb. Kalo cmn berdasarkan DOT mestinya gak ada bedanya antara minyak rem hrg murah dgn yg mahal..
Yg kita tidak ketahui adalah spec kualitas masing2 merk, knapa ada yg seharga 10rb tp ada jg yg seharga 50rb. Kalo cmn berdasarkan DOT mestinya gak ada bedanya antara minyak rem hrg murah dgn yg mahal..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Serba-serbi Minyak Rem
higroskopis itu apaan ya?Turboman wrote:AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1
Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid
DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)
Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.
DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.
Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
ane sih selama ini pake DOT3 untuk SL... pake merk sieken putih...
nah satu lagi, bedanya warna merah dan putih apaan ya? dicampur merah dan putih boleh kah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Serba-serbi Minyak Rem
@badak : maksudny makin tinggi DOT makin gimana bro? ane beneran blom paham nih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6007
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Serba-serbi Minyak Rem
@pak kopat: Kalo gak salah higroskopis itu daya serap air, yg mana jd kelemahan minyak rem. Merah & putih gak boleh dicampur om, kl dicampur pst jebol karet rem nya. CMIIW.
@Andrian: makin tinggi DOT makin tinggi titik didihnya. Jadi lebih tahan thd kerja rem yg berat. CMIIW lg..
Ini gw yg pgn tanya koq mlh jd yg jawab ya
@Andrian: makin tinggi DOT makin tinggi titik didihnya. Jadi lebih tahan thd kerja rem yg berat. CMIIW lg..
Ini gw yg pgn tanya koq mlh jd yg jawab ya
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba-serbi Minyak Rem
Kalo ane sih beli minyak rem dari trusted producer aja dah......
So far yg ane pernah pake :
- Shell DOT 4 (sampe skg), terbukti ramah thd karet2
- Igol / Motul DOT 5.1 di Panther LS AT dulu, juga ramah thd karet2.
Kalo buat minyak kopling di ToKiDies ane pake Shell DOT 3, dimana gak butuh performa khusus.
So far yg ane pernah pake :
- Shell DOT 4 (sampe skg), terbukti ramah thd karet2
- Igol / Motul DOT 5.1 di Panther LS AT dulu, juga ramah thd karet2.
Kalo buat minyak kopling di ToKiDies ane pake Shell DOT 3, dimana gak butuh performa khusus.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Serba-serbi Minyak Rem
benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Serba-serbi Minyak Rem
DOT 3 lebih ramahmaskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah?
Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.
Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Serba-serbi Minyak Rem
minyak rem buat mobil gak apa2 kan dipeke ke motor (sama2 DOT 3)?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Serba-serbi Minyak Rem
terima kasih om turbo untuk penjelasannya... sangat bermanfaat.Turboman wrote:DOT 3 lebih ramahmaskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah?
Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.
Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.
jadi untuk SL ane, ane akan tetap ke DOT3 aja dulu...
nah, kalo warna, bedanya merah dan putih apa ya? katanya sama aja?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Serba-serbi Minyak Rem
hari gini dmana pabrikan mobil umumnya jg udah ngeluarin/ngelabelin produk2 minyak dan oli....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Serba-serbi Minyak Rem
terakhir ganti bbrp bulan yg lalu, itu jg sekalian ganti master rem. pakai yg warna bening. tp merknya lupa, prestone dot 3 kalu ga salah. tp efeknya ga jelas juga, soalnya barengan dgn ganti master rem. jd pastinya jelas lebih baik dibanding sebelumnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Feb 07, 2015 17:00
Re: Serba-serbi Minyak Rem
diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?
minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?
dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?
thx
minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?
dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?
thx
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Serba-serbi Minyak Rem
ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.poorboys wrote:diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?
minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?
dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?
thx
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Serba-serbi Minyak Rem
Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).
FWD + eRWD + 4WD + 4WD =
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Feb 07, 2015 17:00
Re: Serba-serbi Minyak Rem
mobil saya sudah 4th lebih belum pernah diganti dari pabrik, berarti sangat terlambat ya oom.marmut wrote: ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.
klo bawaan mobil biasa menggunakan minyak DOT berapa oom marmut?
semisal DOT3 apakah sebaiknya tetap atau ganti DOT4?
bening jadi terlihat lebih bersih ya oom, baru tau klo pewarnanya bisa nempelb8099ok wrote:Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).
efek higroskopis DOT4 yang oom rasakan bagaimana? apa harus lebih sering diganti?