Serba-serbi Minyak Rem

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by osbertc0ol »

Berarti intinya bagi yang males kuras minyak rem mending stay di DOT3 ya.. wkwkwk
DOT4 ngaruh banget ga sih? Mungkin kalo di gunung/race track baru berasa bedanya kali ya?

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by indeskey »

Ganti minyak rem honda ke ptt, rasanya lebih pakem.
IMG_20190921_113539.jpeg
IMG_20190921_121446.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
aceagung
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: 05 Dec 2013, 21:43

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by aceagung »

indeskey wrote:
23 Oct 2019, 08:01
Ganti minyak rem honda ke ptt, rasanya lebih pakem.IMG_20190921_113539.jpegIMG_20190921_121446.jpeg
kuras om? habis brp botol?

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by indeskey »

Habis seliter om
aceagung wrote:
indeskey wrote:
23 Oct 2019, 08:01
Ganti minyak rem honda ke ptt, rasanya lebih pakem.IMG_20190921_113539.jpegIMG_20190921_121446.jpeg
kuras om? habis brp botol?

HRA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 18 Oct 2019, 08:22
Location: Semarang
Daily Vehicle: ANGL CVT 2014

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by HRA »

Om Marmut, rencana minggu ini mau tune up sekalian kuras minyak rem. Saya sudah beli Seiken DOT4, nanti harus dibersihkan semuanya ya seal dll? Kalau misalkan nggak dibersihkan, efeknya seal gampang rusak?

zzzprince
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by zzzprince »

indeskey wrote:Ganti minyak rem honda ke ptt, rasanya lebih pakem.
IMG_20190921_113539.jpeg
IMG_20190921_121446.jpeg
Dari velgnya kelihatannya honda brv ya om? Std nya mmg dot 4 atau dot 3 upgrade ke dot4? Saya masih timbang2 mau pake dot4 di lcgc syaa

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by indeskey »

Iya om brv. Standardnya kurang tau beres pake dot3 apa dot4. Tapi di tutup reservoir minyak rem kan bilang bisa pake dot3/ dot4. Karena bahan dasarnya dot3 dan dot4 sama ya mestinya nggak masalah om.
zzzprince wrote:
indeskey wrote:Ganti minyak rem honda ke ptt, rasanya lebih pakem.
IMG_20190921_113539.jpeg
IMG_20190921_121446.jpeg
Dari velgnya kelihatannya honda brv ya om? Std nya mmg dot 4 atau dot 3 upgrade ke dot4? Saya masih timbang2 mau pake dot4 di lcgc syaa

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16958
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

Standard honda pake dot3, biasa mreka outsourced ke seiken..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16958
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

mumpung lg libur, iseng mau kuras minyak rem, ud jalan 20 rebu dan pas setaon yg lalu di kuras

pake nya minyak rem bawaan ahond aj, toh mobil nya jg ahond, murmer cuman 20an rebu sbotol
trus ikutin om indeskey d atas, one man bleeder with modified bottle
20200213_092343.jpg
20200213_092615.jpg
20200213_092428.jpg
20200213_092408.jpg
kl ban depan enak, tinggal muterin setir jg nyampe, yg rese ban blakang, posisi nya nyempil dan lg musti pake konci pas ukuran 11, sinting ini insinyur nya, sdgkan ban depan pake konci pas 10

btw, baru jalan setaon aj, ini minyak rem ud gelap kaya es teh manis gini yak
20200213_092632.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

indeskey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 23 Nov 2018, 16:27
Location: Depok
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by indeskey »

Mantabsss...

Hmm.. 20k setahun dah gitu yak om. Kayaknya max 20k atau 2 thn harus kuras ya.

HRV belakang kan udah cakram kan ya dan kayaknya ruang lbh banyak dibanding gerobak saya BRV yg tromol (lebih susah karena posisi di jam 12 ban, akhirnya copot ban satu2 ban buat bleed. Kalau brv baut belakang ukuran 8 jadi selang 1/4 agak longgar, jadi perlu di iket pake cable ties biar rapet.
DOHC wrote:
14 Feb 2020, 21:33
mumpung lg libur, iseng mau kuras minyak rem, ud jalan 20 rebu dan pas setaon yg lalu di kuras

pake nya minyak rem bawaan ahond aj, toh mobil nya jg ahond, murmer cuman 20an rebu sbotol
trus ikutin om indeskey d atas, one man bleeder with modified bottle
20200213_092343.jpg
20200213_092615.jpg
20200213_092428.jpg
20200213_092408.jpg

kl ban depan enak, tinggal muterin setir jg nyampe, yg rese ban blakang, posisi nya nyempil dan lg musti pake konci pas ukuran 11, sinting ini insinyur nya, sdgkan ban depan pake konci pas 10

btw, baru jalan setaon aj, ini minyak rem ud gelap kaya es teh manis gini yak
20200213_092632.jpg

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16958
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

indeskey wrote:
15 Feb 2020, 09:04
Mantabsss...

Hmm.. 20k setahun dah gitu yak om. Kayaknya max 20k atau 2 thn harus kuras ya.

HRV belakang kan udah cakram kan ya dan kayaknya ruang lbh banyak dibanding gerobak saya BRV yg tromol (lebih susah karena posisi di jam 12 ban, akhirnya copot ban satu2 ban buat bleed. Kalau brv baut belakang ukuran 8 jadi selang 1/4 agak longgar, jadi perlu di iket pake cable ties biar rapet.
DOHC wrote:
14 Feb 2020, 21:33
mumpung lg libur, iseng mau kuras minyak rem, ud jalan 20 rebu dan pas setaon yg lalu di kuras

pake nya minyak rem bawaan ahond aj, toh mobil nya jg ahond, murmer cuman 20an rebu sbotol
trus ikutin om indeskey d atas, one man bleeder with modified bottle
20200213_092343.jpg
20200213_092615.jpg
20200213_092428.jpg
20200213_092408.jpg

kl ban depan enak, tinggal muterin setir jg nyampe, yg rese ban blakang, posisi nya nyempil dan lg musti pake konci pas ukuran 11, sinting ini insinyur nya, sdgkan ban depan pake konci pas 10

btw, baru jalan setaon aj, ini minyak rem ud gelap kaya es teh manis gini yak
20200213_092632.jpg
Dia cakram tp posisi kira2 jem 1, jd yah sama aj om nyempil d dalem pelek, malah tromol enak, ane kuras ipah ane jg tromol, ga perlu lepas roda
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1315
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by iwing »

DOHC wrote:
14 Feb 2020, 21:33
mumpung lg libur, iseng mau kuras minyak rem, ud jalan 20 rebu dan pas setaon yg lalu di kuras

pake nya minyak rem bawaan ahond aj, toh mobil nya jg ahond, murmer cuman 20an rebu sbotol
trus ikutin om indeskey d atas, one man bleeder with modified bottle
20200213_092343.jpg
20200213_092615.jpg
20200213_092428.jpg
20200213_092408.jpg

kl ban depan enak, tinggal muterin setir jg nyampe, yg rese ban blakang, posisi nya nyempil dan lg musti pake konci pas ukuran 11, sinting ini insinyur nya, sdgkan ban depan pake konci pas 10

btw, baru jalan setaon aj, ini minyak rem ud gelap kaya es teh manis gini yak
20200213_092632.jpg
sebelum di kuras itu, lihat yang di reservoir nya gak om..?? kalo lihat, apa masih kelihatan bening..??

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16958
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

iwing wrote:
15 Feb 2020, 15:08
DOHC wrote:
14 Feb 2020, 21:33
mumpung lg libur, iseng mau kuras minyak rem, ud jalan 20 rebu dan pas setaon yg lalu di kuras

pake nya minyak rem bawaan ahond aj, toh mobil nya jg ahond, murmer cuman 20an rebu sbotol
trus ikutin om indeskey d atas, one man bleeder with modified bottle
20200213_092343.jpg
20200213_092615.jpg
20200213_092428.jpg
20200213_092408.jpg

kl ban depan enak, tinggal muterin setir jg nyampe, yg rese ban blakang, posisi nya nyempil dan lg musti pake konci pas ukuran 11, sinting ini insinyur nya, sdgkan ban depan pake konci pas 10

btw, baru jalan setaon aj, ini minyak rem ud gelap kaya es teh manis gini yak
20200213_092632.jpg
sebelum di kuras itu, lihat yang di reservoir nya gak om..?? kalo lihat, apa masih kelihatan bening..??
ud agak gelap jg om, cuman yg kluar di nepel lebi gelap lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4563
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
15 Feb 2020, 10:34


Dia cakram tp posisi kira2 jem 1, jd yah sama aj om nyempil d dalem pelek, malah tromol enak, ane kuras ipah ane jg tromol, ga perlu lepas roda
udah tau toyota gak susahin...mlh beli merk lain...

klo tinggal di jerman baru beli merk lain...

aya wae wae....
DOHC wrote:
15 Feb 2020, 19:22


ud agak gelap jg om, cuman yg kluar di nepel lebi gelap lg

ganti dong pake minyak rem dot 5.... :big_smoking:


:ngacir:

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16958
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

kompresorz wrote:
16 Feb 2020, 08:18
DOHC wrote:
15 Feb 2020, 10:34


Dia cakram tp posisi kira2 jem 1, jd yah sama aj om nyempil d dalem pelek, malah tromol enak, ane kuras ipah ane jg tromol, ga perlu lepas roda
udah tau toyota gak susahin...mlh beli merk lain...

klo tinggal di jerman baru beli merk lain...

aya wae wae....
DOHC wrote:
15 Feb 2020, 19:22


ud agak gelap jg om, cuman yg kluar di nepel lebi gelap lg

ganti dong pake minyak rem dot 5.... :big_smoking:


:ngacir:
Kan honda itu resing om, vitek kick in yoo

Dot 5 ga bole, d buku manual tulis nya dot 3 ama 4
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19825
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Turboman »

kompresorz wrote:
DOHC wrote:
15 Feb 2020, 10:34


Dia cakram tp posisi kira2 jem 1, jd yah sama aj om nyempil d dalem pelek, malah tromol enak, ane kuras ipah ane jg tromol, ga perlu lepas roda
udah tau toyota gak susahin...mlh beli merk lain...

klo tinggal di jerman baru beli merk lain...

aya wae wae....
DOHC wrote:
15 Feb 2020, 19:22


ud agak gelap jg om, cuman yg kluar di nepel lebi gelap lg

ganti dong pake minyak rem dot 5.... :big_smoking:


:ngacir:
kalo kata Scooty Kilmer

Rich people buy Toyota

Broke ppl buy BMW

Endless Money Pit



kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4563
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
16 Feb 2020, 09:10


Kan honda itu resing om, vitek kick in yoo

Dot 5 ga bole, d buku manual tulis nya dot 3 ama 4
wahhh don spek buku manual indo om


vtek kik in yo tenaganya brutal om...


harus dot 5...itu pun minimal...

naik lagi klo tuning...melintir trs roda bejek dr diam... :big_exellent:
Turboman wrote:
16 Feb 2020, 10:52
kalo kata Scooty Kilmer

Rich people buy Toyota

Broke ppl buy BMW

Endless Money Pit
coba dah klo lewat bsd liat bmw anugrah.....



tiap ari penuh antri....



baksit dah bigbos...


tar lagi beli rumah di menteng cendana... :big_smoking:

Post Reply