Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
newbie nih, mo minta saran2 suhu semua.
dalam rangka peremajaan sarana transportasi keluarga
ada 3 pilihan AERIO, GETZ & AVEO, saya kira satu level lah kalo di-compare ..manakah yang paling worthy menurut suhu2 sekalian?
sebagai bahan pertimbangan saran2 suhu2 sekalian:
dana : 85jeti
rencana pemakaian : 2-3th
mobil sebelumnya : CJ7 '81 (waktu masih bujang..hehe), sipik LX.
alasan ganti : bosan aja
kalo dari 3 pilihan itu, ane milih aerio, getz lalu aveo..
aerio, mobil yang enak. perawatan gak susah. gak harus ke beres. konsumsi bbm 1:9-11 dalkot.
ruang cukup lega...
getz dan aveo gak pernah pake. tapi getz kabarnya irit juga. tapi sepertinya dua mobil ini lebih kecil daripada aerio.. cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
betul kata oom kopat, aerio jauh lbh lega dari pada getz dan aveo................bahkan sebener nya kelas nya pun berbeda, getz dan aveo adalah city car sedangkan aerio adalah mini mpv (walau sebener nya saya lbh liat nya sebagai estate karena merupakan versi "extra trunk" dr sebuah sedan, yakni next-g)
perbedaan lain nya, aerio bermesin 1500cc sementara getz dan aveo itu 1400cc klo ga salah cmiiw.
mengenai "worthy" yg mana, itu berpulang kepada sang pengambil keputusan. Ngga bakal habis berdebat klo soal yg satu ini
lebih baik menjabarkan data2 objektif aja terlebih dahulu, baru nanti nya merambah ke preference pribadi sehingga bisa menemukan kendaraan yg paling worthy versi oom TS.
mungkin bisa mulai dari dimensi masing2 kendaraan pilihan tsb, kemudian ke kapasitas mesin, konsumsi bbm, kelegaan interior dll dll
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
memang saya buat list prority seperti judul artinya memang kecenderungan ke aerio.
setuju juga dg om doq, memang 'worthy' terlalu luas ya om....
oke deh, sy kerucutkan jadi 'kemudahan maintenance' sajalah, sebab saya takutnya part aerio
akan sulit didapat karena aerio seperti produk yg 'discontinuous'....lha getz dan aveo kan masih on going produk cmiiw.
kl masalah mekanik sudah disinggung ama maskopat....tak perlu ke beres...
klo mengenai kekhawatiran mengenai maintenance, sy rasa ga perlu khawatir utk suzuki oom...........walo type mobil nya sdh discontinue sejak lama, kemudahan spare part apalagi maintenance bukan lah hal yg susah utk sebuah suzuki, ibarat nya bengkel kaki lima sudah hampir pasti bisa menangani nya. Ini sebagai gambaran saja, soale saya ga ada pengalaman utk dua merk lain nya
Sy sendiri pemakai suzuki tua yg sudah discontinue lama sebelum aerio/next-g, dan sampai saat ini tidak pernah mengalami yg nama nya kesulitan s.part maupun maintenance
apalagi klo di lihat dr type mesin aerio=m15a, yg mana aplikasi nya di negara kita sangat beragam; next-g, swift, sx4 sampai neo-baleno...............so no worries lah soal ini
satu2 nya hal yg perlu diperhatikan saat hunting aerio/next-g ini imho; generasi pertama memiliki corong air scoop yg agak rendah, sehingga rentan kemasukan air. Tapi menurut berita yg saya dengar, hal ini sdh diperbaiki oleh suzuki dg melakukan modifikasi (recall?) dan pada generasi berikutnya sdh tdk ditemui lg problem serupa...........
mungkin bisa ditambahkan oleh rekan2 lain nya?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
kalo part sih, harusya aerio sepertinya gak masalah ya. mungkin body part yang agak repot.
soalnya mesinnya lumayan banyak dipake oleh suzuki lain. seperti carry 1500, apv, swift, sx4... mungkin kalo sudah piston atau metal2 kruk as yang beda.
kalo hyundai, harusnya juga lebih oke... chevy aveo juga bagus koq...
tinggal prioritas aja om...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Jeeper wrote:haha selamat maskopat atas pertamax nya
memang saya buat list prority seperti judul artinya memang kecenderungan ke aerio.
setuju juga dg om doq, memang 'worthy' terlalu luas ya om....
oke deh, sy kerucutkan jadi 'kemudahan maintenance' sajalah, sebab saya takutnya part aerio
akan sulit didapat karena aerio seperti produk yg 'discontinuous'....lha getz dan aveo kan masih on going produk cmiiw.
kl masalah mekanik sudah disinggung ama maskopat....tak perlu ke beres...
gimana mas kopat n om doq......
di Indonesia, getz setau saya juga sudah discontinue, ganti sama i20
tapi di beberapa negara memang masih dijual simultan dengan i20
untuk mesin getz disini, genetika nya masih sebangun dengan mesin mitsubishi
tapi yg i20 sudah beda karena sudah benar2 rancangan RnD hyundai, cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
btw selain common problem corong air scoop yg agak rendah yg dibilangin om doq,
masalah lain yg biasa muncul apa ya....sebab dg bajet segitu, paling dapet aerio th 2002an yah..yg speedometer digital ya...nah pernah ada kasus spido trobel ngga ya...secara bentuknya yang ngga bisa di'cangkok' pake yg lain gitu.
sebenernya pengin sih ada cerita2 ttg aveo, secara bajet segitu dapet yg mudaan 2005-2006, tapi saya ga pernah dapet sih cerita ttg aveo, hanya sekali baca iklan aveo, pedege-nya bilang "dg harga yg jauh lebih murah, bisa dapet kenyamanan yg ngga bisa diberikan oleh Jazz"
untuk ketiga pilihan yang dierikan, ane milih untuk AERIO, terutama AERIO yang generasi terakhi ya, kalo yang generasi pertama yang speedometernya digital ane malah kurang suka, tapi untuk yang generasi terakhir yang speedometer udah analog, ada penambahan body kit, ada MID ane tertarik bgt ama modelnya.
m4rio wrote:untuk ketiga pilihan yang dierikan, ane milih untuk AERIO, terutama AERIO yang generasi terakhi ya, kalo yang generasi pertama yang speedometernya digital ane malah kurang suka, tapi untuk yang generasi terakhir yang speedometer udah analog, ada penambahan body kit, ada MID ane tertarik bgt ama modelnya.
nah itulah om m4rio, bujet nggak dapet buat generasi2 akhir aerio...
btw kl kabar miring ttg performa aveo, kira2 pada sisi apanya ya? ...no offense buat aveo lovers lho ...secara aveo mulai menarik hatiku neh.
Last edited by Jeeper on Wed Jun 15, 2011 14:57, edited 1 time in total.
imsus2c wrote:
di Indonesia, getz setau saya juga sudah discontinue, ganti sama i20
tapi di beberapa negara memang masih dijual simultan dengan i20
untuk mesin getz disini, genetika nya masih sebangun dengan mesin mitsubishi
tapi yg i20 sudah beda karena sudah benar2 rancangan RnD hyundai, cmiiw
eh om imsus2c,....bukannya i20 itu 'sambungan'nya i10 yg sebelumnya A-Z yah?
maksudnya sambungan gimana ya? generasi penerus atau naik kelas?
i10 rasanya memang pengganti A-Z
kalo i20 kelasnya diatas i10 jadi banyak yg mengartikan i20 penggantinya getz
i10 dan i20 dipasarkan simultan/bareng
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
nah master2 nya udh pada turun tangan nih, ur in good hand here oom jeeper
mengenai aerio gen awal yg speedo digital, sy belum pernah denger klo ada trouble seputar ini, mungkin disamping masih berumur relatif baru juga karena memang tidak gampang bermasalah
utk hal satu ini bisa tanya ke salah satu momod dg nick poeticmind, beliau pemakai next-g gen awal yg jg speedo digital
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Jeeper wrote:
oo gitu ya, saya pikir platform atau basis mesin a-z , i10, trus i20 itu sama, sedangkan getz itu varian yg lain...
btw, "untuk mesin getz disini, genetika nya masih sebangun dengan mesin mitsubishi"..maksudnya part mesin bisa disubstitusi pake mitsu gitu oom?
maksudnya, bukan hanya di getz saja, tapi mesin2 hyundai produksi/generasi awal itu diambil dari basis mesin mitsubishi, kemudian dikembangkan dengan modif2 dikit sampai akhirnya tim RnD-nya bener2 bisa bikin mesin sendiri dari nol
karena mirip ini, penanganannya jadi kurang lebih sama dengan mesin mitsubishi
kalo ada mekanik/bengkel yang terbiasa dengan mesin mitsubishi, biasanya juga akan langsung paham dengan mesin hyundai (lama)
kalo interchangeable parts-nya, ada yang cocok tapi ada juga yg engga (karena ada perubahan/modifikasi tadi), jadi tdk lantas semuanya interchangeable
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
doq wrote:klo review mengenai getz, rasa nya oom gmx yg pake deh disini
ya saya, baru pake dari pertengah februari lalu.. budget 85jt mungkin dapet getz 2004 1341cc SOHC MPI 4Cyl 12 valve, Multi point injection (MPI) itu teknologi mitsubishi bukan berarti sparepart bisa substitusi dengan mitsu, namun belum variable valve, jadi dalkot macet2 cuma dapet 1:9 pake premium. buat saya, cukup lah buat sehari2 ngantor only, jarang banget saya pake untuk ke tempat lain. perawatan cukup mudah karena umur belum uzur dan teknologi belum canggih, belum abs, power steering hidrolik, cabin lumayan lega dibanding swift, masih ada bagasi tapi ngga cukup buat angkut troli bayi..
Power 82/5800 ps/rpm, 11.9/3200 kgm/rpm, CR 9.5:1, pernah pake lari 150kmph masih lumayan stabil
apalagi ya.. not much special about this car, just to take u from A to B.. bentuknya saya suka, simple..
doq wrote:nah master2 nya udh pada turun tangan nih, ur in good hand here oom jeeper
mengenai aerio gen awal yg speedo digital, sy belum pernah denger klo ada trouble seputar ini, mungkin disamping masih berumur relatif baru juga karena memang tidak gampang bermasalah
utk hal satu ini bisa tanya ke salah satu momod dg nick poeticmind, beliau pemakai next-g gen awal yg jg speedo digital
thanks oom doq, so tinggal berharap, spedo digital oreo bisa durabel sampai 3than ke depan lah... , tinggal nunggu juga petuah oom poeticmind
imsus2c wrote:
maksudnya, bukan hanya di getz saja, tapi mesin2 hyundai produksi/generasi awal itu diambil dari basis mesin mitsubishi, kemudian dikembangkan dengan modif2 dikit sampai akhirnya tim RnD-nya bener2 bisa bikin mesin sendiri dari nol
karena mirip ini, penanganannya jadi kurang lebih sama dengan mesin mitsubishi
kalo ada mekanik/bengkel yang terbiasa dengan mesin mitsubishi, biasanya juga akan langsung paham dengan mesin hyundai (lama)
kalo interchangeable parts-nya, ada yang cocok tapi ada juga yg engga (karena ada perubahan/modifikasi tadi), jadi tdk lantas semuanya interchangeable
oo gitu ya oom, duh makin binun neeh , getz semakin considerable nih
gmx wrote:
doq wrote:klo review mengenai getz, rasa nya oom gmx yg pake deh disini
ya saya, baru pake dari pertengah februari lalu.. budget 85jt mungkin dapet getz 2004 1341cc SOHC MPI 4Cyl 12 valve, Multi point injection (MPI) itu teknologi mitsubishi bukan berarti sparepart bisa substitusi dengan mitsu, namun belum variable valve, jadi dalkot macet2 cuma dapet 1:9 pake premium. buat saya, cukup lah buat sehari2 ngantor only, jarang banget saya pake untuk ke tempat lain. perawatan cukup mudah karena umur belum uzur dan teknologi belum canggih, belum abs, power steering hidrolik, cabin lumayan lega dibanding swift, masih ada bagasi tapi ngga cukup buat angkut troli bayi..
Power 82/5800 ps/rpm, 11.9/3200 kgm/rpm, CR 9.5:1, pernah pake lari 150kmph masih lumayan stabil
apalagi ya.. not much special about this car, just to take u from A to B.. bentuknya saya suka, simple..