kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc ...........
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc ...........
salam
kenapa yah kalau mobil sejenis minibus carry 1000 cc , AC nya tidak bisa terasa dingin dan sejuk walaupun udah di servis di otak atik gimana pun, tetap kabin ngga bisa terasa sejuk, apalagi setelah di jemur di parkiran siang siang terik.
mohon masukan temen2 semua
thanks
kenapa yah kalau mobil sejenis minibus carry 1000 cc , AC nya tidak bisa terasa dingin dan sejuk walaupun udah di servis di otak atik gimana pun, tetap kabin ngga bisa terasa sejuk, apalagi setelah di jemur di parkiran siang siang terik.
mohon masukan temen2 semua
thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
mungkin krn cc mbl kecil oom,klo mbl abiz jemur di siang wkt terik emank terasa panas oom,walaupun itu ac udah di nyalain,tp kan itu freon bmlom jalan jd terasa panas angin dr ac tersebut,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
klo ga salah hal ini udh sering dibahas di SM 
inti nya, selain karena faktor cc mobil yg kecil (berpengaruh terhadap penggunaan kompressor yg jg berkapasitas kecil), juga karena penempatan radiator ac yg berada di kolong body, sehingga system pelepasan panas nya tdk bsa maksimal. Ditambah lagi volume interior yg harus didinginkan tergolong besar, sehingga membutuhkan waktu yg lama CMIIW


inti nya, selain karena faktor cc mobil yg kecil (berpengaruh terhadap penggunaan kompressor yg jg berkapasitas kecil), juga karena penempatan radiator ac yg berada di kolong body, sehingga system pelepasan panas nya tdk bsa maksimal. Ditambah lagi volume interior yg harus didinginkan tergolong besar, sehingga membutuhkan waktu yg lama CMIIW


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
pemecahan masalah ini IMHO hanya ada dua (walau tetap akan menimbulkan masalah baru seh):
1. Ganti kompressor yg berkapasitas lbh besar (misal. kompressor utk mesin 1300cc or 1500cc). Problem yg akan timbul; tarikan mesin bakal sangat loyo tersedot oleh kompressor, bensin akan lbh boros.
2. Memindahkan radiator ac dr kolong mesin, ini bakal ribet utk nyari posisi yg pas, ditambah lagi modifikasi selang2 freon.
1. Ganti kompressor yg berkapasitas lbh besar (misal. kompressor utk mesin 1300cc or 1500cc). Problem yg akan timbul; tarikan mesin bakal sangat loyo tersedot oleh kompressor, bensin akan lbh boros.
2. Memindahkan radiator ac dr kolong mesin, ini bakal ribet utk nyari posisi yg pas, ditambah lagi modifikasi selang2 freon.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
berdasarkan info & pengalaman dng mbl pesek :
1. Posisi kondensor AC dipindah ke kolong belakang, dan tentu saja butuh selang AC yang panjang. Cara seperti ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya cukup signifikan. Kalo memang spacenya dibelakang masih cukup, sekalian aja pake kondensor yg ukurannya lbh besar dan jgn lupa pasang grill pelindung tambahan supaya aman dr lontaran benda2 seperti kerikil krn posisinya kan menghadap kebawah
2. Pasang lapisan peredam panas tambahan dibawah jok depan (bentuknya seperti beludru abu2), dan ganti karet2 balon yg lbh tebel di bawah jok dan tutup mesin, tujuannya supaya mengurangi udara panas yang masuk dr ruang mesin ke kabin
3. Mengurangi radiasi panas matahari yg masuk ke kabin dengan kaca film yg punya daya tolak panas yg baik
4. Kalo ada dana lebih, ganti kompresor AC dng OEM dr mbl lain krn efisiensinya jauh lbh bagus ketimbang aftermarket, kalo bs sih pake dr mbl lain yg berkapasitas mesin sama supaya performanya tetap oke. Modif seperti ini jg butuh waktu yg luang krn ada kalanya butuh penyesuaian untuk braket/dudukannya.
Langkah2 tsb diatas bukan berarti hasilnya akan sebaik AC orsinil pabrikan, tapi efeknya akan terasa cukup signifikan... Selamat mencoba....
1. Posisi kondensor AC dipindah ke kolong belakang, dan tentu saja butuh selang AC yang panjang. Cara seperti ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya cukup signifikan. Kalo memang spacenya dibelakang masih cukup, sekalian aja pake kondensor yg ukurannya lbh besar dan jgn lupa pasang grill pelindung tambahan supaya aman dr lontaran benda2 seperti kerikil krn posisinya kan menghadap kebawah
2. Pasang lapisan peredam panas tambahan dibawah jok depan (bentuknya seperti beludru abu2), dan ganti karet2 balon yg lbh tebel di bawah jok dan tutup mesin, tujuannya supaya mengurangi udara panas yang masuk dr ruang mesin ke kabin
3. Mengurangi radiasi panas matahari yg masuk ke kabin dengan kaca film yg punya daya tolak panas yg baik
4. Kalo ada dana lebih, ganti kompresor AC dng OEM dr mbl lain krn efisiensinya jauh lbh bagus ketimbang aftermarket, kalo bs sih pake dr mbl lain yg berkapasitas mesin sama supaya performanya tetap oke. Modif seperti ini jg butuh waktu yg luang krn ada kalanya butuh penyesuaian untuk braket/dudukannya.
Langkah2 tsb diatas bukan berarti hasilnya akan sebaik AC orsinil pabrikan, tapi efeknya akan terasa cukup signifikan... Selamat mencoba....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
wah nasib dah
tapi xenia yang sama sama 1000 cc , berasa dingin yah AC nya , padahal gede juga bodi nya , hehehehe
tapi xenia yang sama sama 1000 cc , berasa dingin yah AC nya , padahal gede juga bodi nya , hehehehe

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Wajar lah pak...ac xenia kan orsinil pabrikan, bukan pasang di bengkel...speknya sudah disesuaikan dng kapasitas kabinnya dan mesinnya. Selain itu krn xenia mesinnya di bonet jd panas ruang mesin mudah terbuang dan panas mesin yg merembes ke kabin jg lbh minim ketimbang mbl pesek krn ada firewallsealteam88 wrote:wah nasib dah
tapi xenia yang sama sama 1000 cc , berasa dingin yah AC nya , padahal gede juga bodi nya , hehehehe
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
tambahan: pasang peredam panas di atap mobil. bisa berupa aluminium foil atau peredam panas lain.. kalo masih panas juga, atap dicat warna putih atau perak...jalu wrote:berdasarkan info & pengalaman dng mbl pesek :
1. Posisi kondensor AC dipindah ke kolong belakang, dan tentu saja butuh selang AC yang panjang. Cara seperti ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya cukup signifikan. Kalo memang spacenya dibelakang masih cukup, sekalian aja pake kondensor yg ukurannya lbh besar dan jgn lupa pasang grill pelindung tambahan supaya aman dr lontaran benda2 seperti kerikil krn posisinya kan menghadap kebawah
2. Pasang lapisan peredam panas tambahan dibawah jok depan (bentuknya seperti beludru abu2), dan ganti karet2 balon yg lbh tebel di bawah jok dan tutup mesin, tujuannya supaya mengurangi udara panas yang masuk dr ruang mesin ke kabin
3. Mengurangi radiasi panas matahari yg masuk ke kabin dengan kaca film yg punya daya tolak panas yg baik
4. Kalo ada dana lebih, ganti kompresor AC dng OEM dr mbl lain krn efisiensinya jauh lbh bagus ketimbang aftermarket, kalo bs sih pake dr mbl lain yg berkapasitas mesin sama supaya performanya tetap oke. Modif seperti ini jg butuh waktu yg luang krn ada kalanya butuh penyesuaian untuk braket/dudukannya.
Langkah2 tsb diatas bukan berarti hasilnya akan sebaik AC orsinil pabrikan, tapi efeknya akan terasa cukup signifikan... Selamat mencoba....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Sama, bro. Kalo kondensor diletakkan di samping kanan ngadep bawah, ada space nya tidak? Kalo T120ss ku aku bikin begitu. Kondensor taruh samping kanan di bawah dek, hadep miring ke bawah. Extra fan dua biji dipasang di atasnya, nyembur udaranya ke bawah. Mantap! Trus, kalo mau lebih mantep lagi, tambahin 1 biji extrafan di depan radiator Carry, biar radiator ngga ngos2an waktu siang. Memang, konsekuensinya, akan agak berisik suara extra fan 3 biji.maskopat wrote:tambahan: pasang peredam panas di atap mobil. bisa berupa aluminium foil atau peredam panas lain.. kalo masih panas juga, atap dicat warna putih atau perak...jalu wrote:berdasarkan info & pengalaman dng mbl pesek :
1. Posisi kondensor AC dipindah ke kolong belakang, dan tentu saja butuh selang AC yang panjang. Cara seperti ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya cukup signifikan. Kalo memang spacenya dibelakang masih cukup, sekalian aja pake kondensor yg ukurannya lbh besar dan jgn lupa pasang grill pelindung tambahan supaya aman dr lontaran benda2 seperti kerikil krn posisinya kan menghadap kebawah
2. Pasang lapisan peredam panas tambahan dibawah jok depan (bentuknya seperti beludru abu2), dan ganti karet2 balon yg lbh tebel di bawah jok dan tutup mesin, tujuannya supaya mengurangi udara panas yang masuk dr ruang mesin ke kabin
3. Mengurangi radiasi panas matahari yg masuk ke kabin dengan kaca film yg punya daya tolak panas yg baik
4. Kalo ada dana lebih, ganti kompresor AC dng OEM dr mbl lain krn efisiensinya jauh lbh bagus ketimbang aftermarket, kalo bs sih pake dr mbl lain yg berkapasitas mesin sama supaya performanya tetap oke. Modif seperti ini jg butuh waktu yg luang krn ada kalanya butuh penyesuaian untuk braket/dudukannya.
Langkah2 tsb diatas bukan berarti hasilnya akan sebaik AC orsinil pabrikan, tapi efeknya akan terasa cukup signifikan... Selamat mencoba....
Trus satu lagi: Tambahin Double blower gan! Kalo cuman ngandelin AC depan buat Carry 1000cc minibus, dijamin ngga adem!
Emmm... kalo pake perangkat OEM AC punya Karimun kotak, bisa ngga? Ane belum pernah coba! Kan mesinnya mumun kotak sama tuh sama Carry 1000?
Ruang mesin di bawah jok depan emang harus dibungkus peredam panas yg agak tebel dan berkualitas terbaik sekalian, trus dek tengah di sekitar 'punuk' distributor sampai kursi tengah, tambahin peredam panas juga boss, biar ngga sia2 upaya masang AC nya, ya!

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Wah....jatuh2nya jadi mahal donk biayanya..cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
yang bikin agak mahal sih Double blowernya om... Paling juga sama peredam panas..ZombiEE wrote:Wah....jatuh2nya jadi mahal donk biayanya..cmiiw
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
icic....kalau misalkan gitu, pasang dobel blower itu pipa/saluran udaranya gimana diakalin ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Kalau memang mau pasang double blower, ya yang ngakalin si tukang AC mobilnya aja om.. Dia biasanya ganti selang2 dan piping nya. Sekalian pasang double blower, sekalian aja seluruh rangkaian AC nya diservis aja om... Yakin deh mak nyeess...ZombiEE wrote:icic....kalau misalkan gitu, pasang dobel blower itu pipa/saluran udaranya gimana diakalin ya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Makin mumet ane mikirin tuh saluran udara...ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
Uwes ach..
Uwes ach..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
tahun 80-an, nubie pake hijet 1000 minibus
pasang ac non standard pabrikan :
- kompresor ND
- kondensor standard ND + extra fan dipasang didepan radiator
- blowernya merk SuperKing tipe Mark II, blowernya gede jadi gak bisa disembunyikan di balik dashboard, tapi ditempatkan di bagian tengah-bawah dashboard. Hembusan angin dingin sampe bangku barisan ke-tiga.
peredam panas tambahan dibawah jok depan dan penutup mesin di bagian tengah is a must.
lis karet jok depan dan lantai tengah jangan sobek/bocor sebab panas mesin akan masuk kedalam kabin.
untuk mobil jaman sekarang, kondensor bisa di pindah ke bagian samping atau belakang (lebih boros piping) tapi kabin bisa lebih adem.
pasang ac non standard pabrikan :
- kompresor ND
- kondensor standard ND + extra fan dipasang didepan radiator
- blowernya merk SuperKing tipe Mark II, blowernya gede jadi gak bisa disembunyikan di balik dashboard, tapi ditempatkan di bagian tengah-bawah dashboard. Hembusan angin dingin sampe bangku barisan ke-tiga.
peredam panas tambahan dibawah jok depan dan penutup mesin di bagian tengah is a must.
lis karet jok depan dan lantai tengah jangan sobek/bocor sebab panas mesin akan masuk kedalam kabin.
untuk mobil jaman sekarang, kondensor bisa di pindah ke bagian samping atau belakang (lebih boros piping) tapi kabin bisa lebih adem.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Sip!



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
udah pada di jawab semua mau jawab apaan donk ya????




-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Ya tulis aja om... terserah... 

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
knp g pk mobil yg udah dobel blower dr pabrik???
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
makasih yah temen2 atas masukan masukan nya 



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Kang, mana pernah ada, Suzi Carry 1000 minibus dapet double blower bawaan pabrik? Ga pernah lhaa..! Kecuali kalo kita nambahin doku ke dealernya wat dipasangin double blower. Itu pun pasti dipasanginya AC model aftermarket gitu... Si TS ni khan (mungkin) punyanya baru bisa jenis Carry1000, ya jangan gitu donk, ya..!ak4ng wrote:knp g pk mobil yg udah dobel blower dr pabrik???

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Mathama..!sealteam88 wrote:makasih yah temen2 atas masukan masukan nya

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Sun Jun 05, 2011 8:29
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
perasaan sih engine 1000 cc ngga kuat dipasang double blower.
paling logis sih ganti kompressor dan blower dengan teknologi yang lebih baru.
kalo ngga ya udah , buka jendela aja deh , hahahahaha

paling logis sih ganti kompressor dan blower dengan teknologi yang lebih baru.
kalo ngga ya udah , buka jendela aja deh , hahahahaha


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: kenapa kalau mobil minibus sejenis carry 1000 cc .......
Makanya ane pengin tau, kalo dipasangin AC yang OEM nya Mumun kotak, bisa ngga? Gt...sealteam88 wrote:perasaan sih engine 1000 cc ngga kuat dipasang double blower.
paling logis sih ganti kompressor dan blower dengan teknologi yang lebih baru.
kalo ngga ya udah , buka jendela aja deh , hahahahaha

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "