Salam kenal rekan milis sekalian...
Langsung aja nih, saya mau nanya soal handle 4x4, soalnya saya baru beli (bekas) Cygnus dan baru pertama kali pakai jenis jeep, so gatek nih.
Sebenarnya posisi netral yg benar untuk handle ada di mana sih, L, N, or H? Soalnya waktu saya beli posisinya ada di H, tapi kata rekan saya (dia juga ngga pasti) seharusnya di N, kecuali kalo memang mau go off road baru di L ato di H.
Bagaimana cara memakai handle tsb? Dapatkah waktu sedang jalan dipindahkan?
Mohon pencerahan rekan specialist yg ngerti masalah ini...Thank you sebelumnya? Mohon maaf bila artikel ini sudah di bahas sebelumnya.
About 4x4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kalo di ceroke sih saya pake nya di 2wd pak jadi posisi transfer case ada di 2wd.
baru kalo iseng mau jalan 4wd diaspal dipindah ke fulltime 4wd.
kalo N (di ceroke) itu diseagage axle from the power train biasanya ngak ada yang mutar rodanya guna nya buat kalo misalnya mobil ditarik.
kalo di 4Low buat offroad tuh biasanya buat yang kejebak lumpur dan memerlukan traksi yang tinggi.
dan di ceroke ada juga 4x4 parttime high range ini untuk offroad juga.
jangan pernah pakai 4L (4wd low range) dijalan aspal karena jalan yg beraspal atau jalan yg tidak memberikan beban traksi ke roda2 karena dapat mengakibatkan tekanan pada t-case yg dapat mengakibatkan komponen2 yg ada didalam jadi rusak (karena tidak ada beban traksi yg menjadikan t-case bekerja sebagai mana mestinya / normal)
saya kurang tau kalo di cygnus mungkin kalo ngak ada kerjaan isa baca owner manual nya ato tanya aja ama yang sebelum nya.
tapi kan lebih enak jalan di 4wd traksi keaspal lebih tinggi.
cerita cerita dong gimana pake cygnus enak ngak kata orang karena bobot nya saking berat nya jadi kalo kena jalan hancur dan jeglongan ngak begitu kerasa.
baru kalo iseng mau jalan 4wd diaspal dipindah ke fulltime 4wd.
kalo N (di ceroke) itu diseagage axle from the power train biasanya ngak ada yang mutar rodanya guna nya buat kalo misalnya mobil ditarik.
kalo di 4Low buat offroad tuh biasanya buat yang kejebak lumpur dan memerlukan traksi yang tinggi.
dan di ceroke ada juga 4x4 parttime high range ini untuk offroad juga.
jangan pernah pakai 4L (4wd low range) dijalan aspal karena jalan yg beraspal atau jalan yg tidak memberikan beban traksi ke roda2 karena dapat mengakibatkan tekanan pada t-case yg dapat mengakibatkan komponen2 yg ada didalam jadi rusak (karena tidak ada beban traksi yg menjadikan t-case bekerja sebagai mana mestinya / normal)
saya kurang tau kalo di cygnus mungkin kalo ngak ada kerjaan isa baca owner manual nya ato tanya aja ama yang sebelum nya.
tapi kan lebih enak jalan di 4wd traksi keaspal lebih tinggi.
cerita cerita dong gimana pake cygnus enak ngak kata orang karena bobot nya saking berat nya jadi kalo kena jalan hancur dan jeglongan ngak begitu kerasa.
Last edited by mpoezz on Sun Nov 07, 2004 12:53, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Nov 07, 2004 12:01
Itu dia masalahnya! Manualnya bhs Jepun! Yang pake dulu juga katanya ngga tau-dia sih cuma pake doang..., ada sih bhs Inggrisnya tapi musti beli di internet. Trus kalo di Cherokee ada posisi H nggak? Saya sendiri kurang paham apakah Cygnus ini termasuk full time 4WD tidak. Saya sudah sourcing cari artikelnya di internet belum dapet juga.mpoezz wrote: saya kurang tau kalo di cygnus mungkin kalo ngak ada kerjaan isa baca owner manual nya ato tanya aja ama yang sebelum nya.
tapi kan lebih enak jalan di 4wd traksi keaspal lebih tinggi.
cerita cerita dong gimana pake cygnus enak ngak kata orang karena bobot nya saking berat nya jadi kalo kena jalan hancur dan jeglongan ngak begitu kerasa.
Kalu soal kesan make ini mobil sih, pada umumnya memang enak. No offense, saya juga pernah nyobain Cherokee (sebelumnya saya mau beli mobil ini), tapi rasanya lebih mantep Cygnus sih...ini menurut saya lho, selera orang kan bisa berbeda-beda

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kalo ceroke mah sih ngak enak pak racvn terlalu goyang kayak goyang inul gitu hehehe dan terlalu banyak masalah nya (hampir 94-96 barang nya kurang begitu bagus terlalu banya trouble).cycgnus kan gede bodi nya lalu mesin nya v8 yah kalo ngak salah itu mah baru sip V8 bok konsumsi bensin nya berapa liter per km tuh pak..
dulu saya pernah parkir jejer in ceroke ama Vx limited uhauhuha kecil banget tuh ceroke jadi nya kekeke.
emang kombinasi nya transfercase (yang buat mindah in 4wd nya) cuman L N ama H aja yah di cygnus pak.
kalo di ceroke sih ada
2Wd
4x4 partime (khusus ofrot)
4x4 fulltime
N
4x4L (khusus ofrot)
nah kalo saya biasanya pake di 2WD
kalo pengen traksi lebih saya bisa gunain yang 4x4 full time (kalo diluar digunain buat hujan dan salju) nah ini boleh dipake di jalan aspal.mungkin ini sama kayak H nya di cygnus
mungkin punya nya pak racvn sama kayak subaru forester (soalnya saya ngak begitu tau cygnus sih)
udah jalan AWD.jadi kalo kena lumpur bisa dipindah ke L.
emang cygnus nya taun berapa pak,beli nya dapet berapa duit.
dulu saya pernah parkir jejer in ceroke ama Vx limited uhauhuha kecil banget tuh ceroke jadi nya kekeke.
emang kombinasi nya transfercase (yang buat mindah in 4wd nya) cuman L N ama H aja yah di cygnus pak.
kalo di ceroke sih ada
2Wd
4x4 partime (khusus ofrot)
4x4 fulltime
N
4x4L (khusus ofrot)
nah kalo saya biasanya pake di 2WD
kalo pengen traksi lebih saya bisa gunain yang 4x4 full time (kalo diluar digunain buat hujan dan salju) nah ini boleh dipake di jalan aspal.mungkin ini sama kayak H nya di cygnus
mungkin punya nya pak racvn sama kayak subaru forester (soalnya saya ngak begitu tau cygnus sih)
udah jalan AWD.jadi kalo kena lumpur bisa dipindah ke L.
emang cygnus nya taun berapa pak,beli nya dapet berapa duit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Nov 07, 2004 12:01
1. Inul tdk bis di 'test drive' krn goyang trus...mpoezz wrote: emang cygnus nya taun berapa pak,beli nya dapet berapa duit.
2. Ada banyak tombol di kiri kanan shift knob ; di sebelah kiri tombol dg tulisan jepang, sebelah kanan ada tombol PWR (ini buat nge-beset, spt di BMW) dan tombol dgn tulisan 2nd (saya nggak berani coba pencet takut rontok, mungkin juga ini 2WD-nya kali) selebihnya cuma buat stel suspensi dan hidrolik naik turun. Kalau di-izin-in ama Bung Mod saya upload gbrnya.
3. Tahun 2000, 685jt, kalau untung saya lepas lagi

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
ngak papa pak upload aja.kalo 2nd itu kayak nya untuk tranmisi kayaknya jalan di gigi 2 aja.
wah suspensi nya enak yah hidrolik kalo udah jebol benerin nya bikin kanker tuh kantong kering uhauhauhuha.
saya belum pernah test drive inul pak cha hehehe ngak cuman goyang nya kayak inul.ceroke kan kurang begitu enak.
wah suspensi nya enak yah hidrolik kalo udah jebol benerin nya bikin kanker tuh kantong kering uhauhauhuha.
saya belum pernah test drive inul pak cha hehehe ngak cuman goyang nya kayak inul.ceroke kan kurang begitu enak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven