perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by adri31 »

chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

adri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28
chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Oh keadaannya sdh “warning” ya om? Ok deh rencana bsk ane mau ganti, khawatir mati saat dibutuhkan.
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by vanosz »

nih ane lagi beli,

sbelumnya juga pake amaron beli tahun 2021,

ya standar ajalah ,

cuma gak tau mau beli merk lain,


klo varta biasanya minimal mendekati 6 taun,
Screenshot_20240109_055510.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by RezPrat »

chain90s wrote: Tue Aug 15, 2023 14:38 Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Jgn pikir panjang lagi, 10.9 v udah minta ganti itu. Buat dinamo cas/ampere, sebaiknya cek jg, masak idle cuma 13.2 volt, rata2 lampu/AC idup itu dapat 13.8 volt idle.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by azu »

adri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28
chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIW

Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter :big_peace:
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak :big_biglaugh:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Greenhunter »

Case close,
20 agustus dia sudah ganti aki. viewtopic.php?p=1275543#p1275543
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by azu »

wah beneran fiesta lagi :big_biglaugh:

pengalaman di Ecosport telat ganti aki: Transmisi bunyi ceklek ceklek terus, ABS dan Traction Control Error, ga bisa masuk ke gigi R jadi ga bisa mundur. Ujung2nya towing ke bengkel untuk repair transmisi dan reset semua modul, ada habis 6 juta biar bisa mundur lagi :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by farizfsa »

vanosz wrote: Mon Jan 08, 2024 22:59 nih ane lagi beli,

sbelumnya juga pake amaron beli tahun 2021,

ya standar ajalah ,

cuma gak tau mau beli merk lain,


klo varta biasanya minimal mendekati 6 taun,

Screenshot_20240109_055510.jpg
ah amaron skrg kok kurang yah gans

di alphard ane ga ada aksesoris apa2 umur nya ga sampe 2 taun

balik lg ke orinya panasonic. mau varta katanya ga ada yg agm buat alphard
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

RezPrat wrote: Tue Jan 09, 2024 10:33
chain90s wrote: Tue Aug 15, 2023 14:38 Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Jgn pikir panjang lagi, 10.9 v udah minta ganti itu. Buat dinamo cas/ampere, sebaiknya cek jg, masak idle cuma 13.2 volt, rata2 lampu/AC idup itu dapat 13.8 volt idle.
Thanks responnya om, btw kemarin pas ganti accu ane lupa mau cek alternatornya juga om, padahal udh diniatin dari rumah.

Nextnya mungkin ane cek alternatornya dah.
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08
adri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28
chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,

Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.

Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt

Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?

Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIW

Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter :big_peace:
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak :big_biglaugh:
Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.
00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg
Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.
60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
most likely alternator nya yg bermasalah, mungkin brush nya habis.
normal charging voltage 13.5-14.7V

sebaiknya jangan dipaksa pakai mobilnya dulu, sayang aki baru kl sampai tekor ntar rusak.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by azu »

chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08
adri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28 Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIW

Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter :big_peace:
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak :big_biglaugh:
Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.

00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg

Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.

60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg

So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobati :big_peace:

kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus

sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

Omnibus wrote: Wed Jan 17, 2024 15:38
chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
most likely alternator nya yg bermasalah, mungkin brush nya habis.
normal charging voltage 13.5-14.7V

sebaiknya jangan dipaksa pakai mobilnya dulu, sayang aki baru kl sampai tekor ntar rusak.
Oke om ane cek pengisian alternatornya dulu deh biar ketahuan apa penyebabnya
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by chain90s »

azu wrote: Thu Jan 18, 2024 2:01
chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08

Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIW

Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter :big_peace:
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak :big_biglaugh:
Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.

00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg

Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.

60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg

So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobati :big_peace:

kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus

sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanks
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by azu »

chain90s wrote: Thu Jan 18, 2024 2:50
azu wrote: Thu Jan 18, 2024 2:01
chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28

Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.

00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg

Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.

60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg

So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobati :big_peace:

kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus

sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanks
saya malah nemunya yg Video Ecosport sih om, tapi harusnya mirip2 ya, dan disitu keliatan sih kalau groundingnya di plat yg dicat.




lokasi di mana om? Kalo di Jakarta bisa ke NYS Garage yg spesialis Ford Fiesta/Ecosport/Focus https://www.instagram.com/_n.y.s_/
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

chain90s wrote: Thu Jan 18, 2024 2:50
Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanks
sy bantu jawab ya

punya multimeter kan dan kayanya om paham pake nya nih. caranya: masuk ke mode mV-DC atau kl ga ada masuk ke mode VDC aja. tempel kabel merah ke body alternator dan tempel kabel hitam ke terminal min aki.
jadi dlm hal ini yg diukur beda potential antara ground di body alt vs ground absolut di terminal min aki.
hasilnya yg OK jika multimeter menunjukkan <200mV atau <0.2V. itu tandanya ground alt bagus krn ga jauh berbeda thd ground absolut di terminal aki.

pas ngetes mobil dlm keadaan mesin nyala dan ssmua aksesoris on (lampu2, hi beam, ac, radio)

stlh itu sekalian lah cek B+ alt nya. dgn cara sama (VDC) cek antara B+ alt vs terminal min aki. tempel kabel merah ke pole B+ alt dan tempel kabel hitam ke terminal min aki. kl ternyata disitu charging volt nya bagus artinya kabelnya yg ada problem (due to high resistance). sebaliknya kl ternyata di pole alt sama kaya yg udah om cek charging voltage rendah berarti alt nya memang problem.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by t105erd »

punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Fri Jan 19, 2024 7:29 punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
tergantung mobil apa om. ada yg pake eld (electrical load detector) kaya sebagian honda. kl batt sdh penuh dia nurunin charging volt utk menghindari overcharge. ada yg pake temp compensated (baca dr suhu ambient) kaya sebagian toyota, kl dingin volt nya diatas 14 kl panas dibawah 14.
sy hampir misdiagnosed anf sy krn max di 13.9V pdhl normal. ampir aja beli regulator baru. dr web oz n brazil ada yg bahas ttg temp compensation tsb. sy cek di fsm memang tertulisnya 13.5-14.7V normal range. jadi pake range utk spek nya. kesimpulannya kl ga pernah kejadian aki drop jika mobil sering dipake berarti ga ada masalah charging.

data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut »

Omnibus wrote: Fri Jan 19, 2024 11:07

data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.


pernah pasang ampere meter veglia borletti ngejumper langsung dari kabel batt. alt., ga lama kobong.

:big_cry:

veglia borletti meleleh, sapa yg ga nangis? ahirnya terpaksa beli yazaki tp ngejumper dari tempat lain yg dirasa aman.

ma'lum masih cupu. kala itu port obd blm universal spt hari ini dan cari fsm udh kaya mau beli gélé.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by azu »

Kalau di Toyota Nav1 saya cek di Service Manual untuk pengisiannya berdasarkan input dari Battery Temperature Sensor yg terdapat di Battery Current Sensor. Ketika suhu aki terdeksi tinggi, maka ECU akan mengurangi arus pengisian aki dari alternator untuk mencegah kerusakan aki karena overheat. Malah yg saya baca itu range output tegangan alternator untuk pengisian normal menurut service manual antara 12.1V—15.4V. Kaget juga ternyata range tegangan pengisiannya sejauh itu :mky_01: Kalau ga salah Alphard juga pakai sensor seperti ini.

Kalau di Service Manual Vios Gen 2, tegangan pengisian normal di 2000 RPM tanpa load ada di 13.2V-14.8V.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by t105erd »

azu wrote: Fri Jan 19, 2024 14:49 Kalau di Toyota Nav1 saya cek di Service Manual untuk pengisiannya berdasarkan input dari Battery Temperature Sensor yg terdapat di Battery Current Sensor. Ketika suhu aki terdeksi tinggi, maka ECU akan mengurangi arus pengisian aki dari alternator untuk mencegah kerusakan aki karena overheat. Malah yg saya baca itu range output tegangan alternator untuk pengisian normal menurut service manual antara 12.1V—15.4V. Kaget juga ternyata range tegangan pengisiannya sejauh itu :mky_01: Kalau ga salah Alphard juga pakai sensor seperti ini.

Kalau di Service Manual Vios Gen 2, tegangan pengisian normal di 2000 RPM tanpa load ada di 13.2V-14.8V.
nah saya yaris 1nz
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by t105erd »

Omnibus wrote: Fri Jan 19, 2024 11:07
t105erd wrote: Fri Jan 19, 2024 7:29 punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
tergantung mobil apa om. ada yg pake eld (electrical load detector) kaya sebagian honda. kl batt sdh penuh dia nurunin charging volt utk menghindari overcharge. ada yg pake temp compensated (baca dr suhu ambient) kaya sebagian toyota, kl dingin volt nya diatas 14 kl panas dibawah 14.
sy hampir misdiagnosed anf sy krn max di 13.9V pdhl normal. ampir aja beli regulator baru. dr web oz n brazil ada yg bahas ttg temp compensation tsb. sy cek di fsm memang tertulisnya 13.5-14.7V normal range. jadi pake range utk spek nya. kesimpulannya kl ga pernah kejadian aki drop jika mobil sering dipake berarti ga ada masalah charging.

data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by t105erd »

Omnibus wrote: Sat Jan 20, 2024 13:06
t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tua