perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Oh keadaannya sdh “warning” ya om? Ok deh rencana bsk ane mau ganti, khawatir mati saat dibutuhkan.adri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1427
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
nih ane lagi beli,
sbelumnya juga pake amaron beli tahun 2021,
ya standar ajalah ,
cuma gak tau mau beli merk lain,
klo varta biasanya minimal mendekati 6 taun,
sbelumnya juga pake amaron beli tahun 2021,
ya standar ajalah ,
cuma gak tau mau beli merk lain,
klo varta biasanya minimal mendekati 6 taun,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 550
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Jgn pikir panjang lagi, 10.9 v udah minta ganti itu. Buat dinamo cas/ampere, sebaiknya cek jg, masak idle cuma 13.2 volt, rata2 lampu/AC idup itu dapat 13.8 volt idle.chain90s wrote: Tue Aug 15, 2023 14:38 Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIWadri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter

Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Case close,
20 agustus dia sudah ganti aki. viewtopic.php?p=1275543#p1275543
20 agustus dia sudah ganti aki. viewtopic.php?p=1275543#p1275543
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
wah beneran fiesta lagi
pengalaman di Ecosport telat ganti aki: Transmisi bunyi ceklek ceklek terus, ABS dan Traction Control Error, ga bisa masuk ke gigi R jadi ga bisa mundur. Ujung2nya towing ke bengkel untuk repair transmisi dan reset semua modul, ada habis 6 juta biar bisa mundur lagi

pengalaman di Ecosport telat ganti aki: Transmisi bunyi ceklek ceklek terus, ABS dan Traction Control Error, ga bisa masuk ke gigi R jadi ga bisa mundur. Ujung2nya towing ke bengkel untuk repair transmisi dan reset semua modul, ada habis 6 juta biar bisa mundur lagi

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ah amaron skrg kok kurang yah gansvanosz wrote: Mon Jan 08, 2024 22:59 nih ane lagi beli,
sbelumnya juga pake amaron beli tahun 2021,
ya standar ajalah ,
cuma gak tau mau beli merk lain,
klo varta biasanya minimal mendekati 6 taun,
Screenshot_20240109_055510.jpg
di alphard ane ga ada aksesoris apa2 umur nya ga sampe 2 taun
balik lg ke orinya panasonic. mau varta katanya ga ada yg agm buat alphard
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Thanks responnya om, btw kemarin pas ganti accu ane lupa mau cek alternatornya juga om, padahal udh diniatin dari rumah.RezPrat wrote: Tue Jan 09, 2024 10:33Jgn pikir panjang lagi, 10.9 v udah minta ganti itu. Buat dinamo cas/ampere, sebaiknya cek jg, masak idle cuma 13.2 volt, rata2 lampu/AC idup itu dapat 13.8 volt idle.chain90s wrote: Tue Aug 15, 2023 14:38 Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Nextnya mungkin ane cek alternatornya dah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIWadri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.chain90s wrote:Permisi om2 up lagi tritnya,
Mau nanya sama suhu2 SM dimari.
Accu boil ane amaron pro 45Ah umurnya dah 2 tahun 1 bulan. Tadi pagi starter boil perlu waktu sekitar 3 detik smpe hidup.
Boil dipake 2 minggu sekali, tapi rajin dipanasin 3 hari sekali.
Ane cek voltase di MID boil dlm keadaan:
1. Mesin mati : 10,9 Volt
2. Mesin hidup (idle) : 12,8 - 13,2 volt
3. Pas jalan di toll (AC on, Audio On) : 12.2 Volt
Dengan keadaan seperti ini apakah accu ane sudah layak ganti?
Mohon pencerahannya suhu, karena bulan depan ada rencana dipake jauh, hatur nuhun
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak![]()
Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
most likely alternator nya yg bermasalah, mungkin brush nya habis.chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
normal charging voltage 13.5-14.7V
sebaiknya jangan dipaksa pakai mobilnya dulu, sayang aki baru kl sampai tekor ntar rusak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobatichain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIWadri31 wrote: Thu Aug 17, 2023 12:28 Ganti. Kondisi aki mati 10,9 volt ini mengkhawatirkan. Pengalaman di avanza 2nr, ketika aki 11,6 volt saja sudah berat.
Tegangan aki ketika mati 12v saja, berarti cuma terisi separuh.
Tegangan saat pengisian/jalan harusnya antara 13,8-14,1
Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak![]()
00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg
Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.
60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.

kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus
sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Oke om ane cek pengisian alternatornya dulu deh biar ketahuan apa penyebabnyaOmnibus wrote: Wed Jan 17, 2024 15:38most likely alternator nya yg bermasalah, mungkin brush nya habis.chain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.
normal charging voltage 13.5-14.7V
sebaiknya jangan dipaksa pakai mobilnya dulu, sayang aki baru kl sampai tekor ntar rusak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanksazu wrote: Thu Jan 18, 2024 2:01keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobatichain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.azu wrote: Wed Jan 10, 2024 7:08
Kalau dalam kondisi mesin hidup dan tegangan dibawah 13.2V coba cek pengisian alternatornya juga om, bisa jadi itu pengisiannya sudah tidak maksimal juga. Apalagi itu di tol cuma 12.2V sih sudah tanda2 alternatornya ga maksimal isinya, karena saat mesin mobil jalan harusnya kelistrikan cukup dari alternator saja dan aki lebih jadi backup ketika ada lonjakan singkat dalam penggunaan listrik CMIIW
Tapi hebat juga itu akinya di 10.9V masih kuat starter
Kalau di ford Fiesta/Ecosport itu udah nyala semua indikator gara2 coba starter si tegangan rendah, kalau apes modul ABS dan TCM langsung rusak![]()
00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg
Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.
60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.![]()
kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus
sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
saya malah nemunya yg Video Ecosport sih om, tapi harusnya mirip2 ya, dan disitu keliatan sih kalau groundingnya di plat yg dicat.chain90s wrote: Thu Jan 18, 2024 2:50Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanksazu wrote: Thu Jan 18, 2024 2:01keluarga Ford Fiesta dan Ecosport ini haram deh pakai aki kondisi kurang bagus, soalnya kalau apes itu TCM dan Modul ABS kena bakal nguras duit dari belasan sampai puluhan juta jadi mending mencegah daripada mengobatichain90s wrote: Wed Jan 17, 2024 15:28
Ngeri juga ya om bisa ngerusak ABS dan TCM gtu. BTW setelah ane ganti accu, ane coba cek voltage saat mesin mati hasilnya di 11.2 volt. Which is gak signifikan dgn accu lama.
00B6022F-57C9-4C81-B1A9-998B90B750E8.jpeg
Terus ane coba manasin mobil buat tau tegangannya saat idle (semua aksesoris off) dan hasilnya di 12.8 - 13.2 volt. Ini pun mirip2 sama accu lama sebelum ganti.
60B5422B-D429-4735-87AF-C9F561A57E45.jpeg
So, ini accu barunya yg bermasalah atau pengisian alternatornya yg bermasalah ya?
Btw so far ga ada keluhan sih, starter juga masih grenggg.![]()
kalau lihat dari tegangannya sih coba cek alternatornya dulu om, pastikan pengisiannya masih bagus
sama kalau baca dari sharing pengguna fiesta sih katanya utk fiesta ini grounding dari aki ke chassisnya kurang bagus karena di titik grounding tersebut dicat sehingga kontak dengan chassisnya kurang, makanya banyak yg diamplas dulu cat di titik groundingnya supaya kontak dengan chassisnya lebih bagus.
lokasi di mana om? Kalo di Jakarta bisa ke NYS Garage yg spesialis Ford Fiesta/Ecosport/Focus https://www.instagram.com/_n.y.s_/
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sy bantu jawab yachain90s wrote: Thu Jan 18, 2024 2:50
Om kalau mau cek grounding dari accu ke chasis bagus atau enggaknya gmn ya? Apa sekalian aja di bengkel ya sekalian cek berkala accu dan alternator? Thanks
punya multimeter kan dan kayanya om paham pake nya nih. caranya: masuk ke mode mV-DC atau kl ga ada masuk ke mode VDC aja. tempel kabel merah ke body alternator dan tempel kabel hitam ke terminal min aki.
jadi dlm hal ini yg diukur beda potential antara ground di body alt vs ground absolut di terminal min aki.
hasilnya yg OK jika multimeter menunjukkan <200mV atau <0.2V. itu tandanya ground alt bagus krn ga jauh berbeda thd ground absolut di terminal aki.
pas ngetes mobil dlm keadaan mesin nyala dan ssmua aksesoris on (lampu2, hi beam, ac, radio)
stlh itu sekalian lah cek B+ alt nya. dgn cara sama (VDC) cek antara B+ alt vs terminal min aki. tempel kabel merah ke pole B+ alt dan tempel kabel hitam ke terminal min aki. kl ternyata disitu charging volt nya bagus artinya kabelnya yg ada problem (due to high resistance). sebaliknya kl ternyata di pole alt sama kaya yg udah om cek charging voltage rendah berarti alt nya memang problem.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
tergantung mobil apa om. ada yg pake eld (electrical load detector) kaya sebagian honda. kl batt sdh penuh dia nurunin charging volt utk menghindari overcharge. ada yg pake temp compensated (baca dr suhu ambient) kaya sebagian toyota, kl dingin volt nya diatas 14 kl panas dibawah 14.t105erd wrote: Fri Jan 19, 2024 7:29 punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
sy hampir misdiagnosed anf sy krn max di 13.9V pdhl normal. ampir aja beli regulator baru. dr web oz n brazil ada yg bahas ttg temp compensation tsb. sy cek di fsm memang tertulisnya 13.5-14.7V normal range. jadi pake range utk spek nya. kesimpulannya kl ga pernah kejadian aki drop jika mobil sering dipake berarti ga ada masalah charging.
data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Omnibus wrote: Fri Jan 19, 2024 11:07
data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.
pernah pasang ampere meter veglia borletti ngejumper langsung dari kabel batt. alt., ga lama kobong.

veglia borletti meleleh, sapa yg ga nangis? ahirnya terpaksa beli yazaki tp ngejumper dari tempat lain yg dirasa aman.
ma'lum masih cupu. kala itu port obd blm universal spt hari ini dan cari fsm udh kaya mau beli gélé.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kalau di Toyota Nav1 saya cek di Service Manual untuk pengisiannya berdasarkan input dari Battery Temperature Sensor yg terdapat di Battery Current Sensor. Ketika suhu aki terdeksi tinggi, maka ECU akan mengurangi arus pengisian aki dari alternator untuk mencegah kerusakan aki karena overheat. Malah yg saya baca itu range output tegangan alternator untuk pengisian normal menurut service manual antara 12.1V—15.4V. Kaget juga ternyata range tegangan pengisiannya sejauh itu
Kalau ga salah Alphard juga pakai sensor seperti ini.
Kalau di Service Manual Vios Gen 2, tegangan pengisian normal di 2000 RPM tanpa load ada di 13.2V-14.8V.

Kalau di Service Manual Vios Gen 2, tegangan pengisian normal di 2000 RPM tanpa load ada di 13.2V-14.8V.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
nah saya yaris 1nzazu wrote: Fri Jan 19, 2024 14:49 Kalau di Toyota Nav1 saya cek di Service Manual untuk pengisiannya berdasarkan input dari Battery Temperature Sensor yg terdapat di Battery Current Sensor. Ketika suhu aki terdeksi tinggi, maka ECU akan mengurangi arus pengisian aki dari alternator untuk mencegah kerusakan aki karena overheat. Malah yg saya baca itu range output tegangan alternator untuk pengisian normal menurut service manual antara 12.1V—15.4V. Kaget juga ternyata range tegangan pengisiannya sejauh ituKalau ga salah Alphard juga pakai sensor seperti ini.
Kalau di Service Manual Vios Gen 2, tegangan pengisian normal di 2000 RPM tanpa load ada di 13.2V-14.8V.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnyaOmnibus wrote: Fri Jan 19, 2024 11:07tergantung mobil apa om. ada yg pake eld (electrical load detector) kaya sebagian honda. kl batt sdh penuh dia nurunin charging volt utk menghindari overcharge. ada yg pake temp compensated (baca dr suhu ambient) kaya sebagian toyota, kl dingin volt nya diatas 14 kl panas dibawah 14.t105erd wrote: Fri Jan 19, 2024 7:29 punya saya terpantau di obd kalau awal nyalain bisa 13.8v tapi kalo udah jalan lama di 13.3v itu normal ga yah? udah pernah ganti rectifier di alternator
sy hampir misdiagnosed anf sy krn max di 13.9V pdhl normal. ampir aja beli regulator baru. dr web oz n brazil ada yg bahas ttg temp compensation tsb. sy cek di fsm memang tertulisnya 13.5-14.7V normal range. jadi pake range utk spek nya. kesimpulannya kl ga pernah kejadian aki drop jika mobil sering dipake berarti ga ada masalah charging.
data ambil dr obd itu jatuhnya lbh rendah dr di terminal aki. jd kl di obd 13.3v mungkin di aki bisa 13.5-13.6v.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tuaOmnibus wrote: Sat Jan 20, 2024 13:06mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.