Review Kijang Innova
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
Review Kijang Innova
Setelah 2 hari membawa Innova tipe V M/T, kesan pertama adalah sbb (khususnya dibandingkan dengan Serena A/T):
1 Suspensinya cukup keras, sampai istri saya mengeluh;
2 Tarikannya kalah sama Serena. Pada RPM 3.000, gigi 2 mencapai (kurang lebih) 40km/h, gigi 3 60km/h, gigi 4 80km/h, dan gigi 5 100km/h. Keheningan kabin kalah sama Serena, pada semua kecepatan;
3 Tidak ada armrest untuk pengemudi, agak mengurangi kenyamanan;
4 Posisi pengemudian jauh lebih baik dari Kapsul, dan lebih mirip sedan. Sayangnya posisi bangku agak kurang tinggi (untuk yang berpostur >180cm) sehingga lebih melelahkan untuk jarak jauh;
5 Fitur2 bermanfaat yang tersedia di Innova yang tidak ditemukan di Serena: MID (Multi Information Display yang menyajikan beberapa informasi seperti suhu luar, konsumsi bbm rata rata, konsumsi bbm seketika, jarak tempuh, waktu pengemudian, compass), pintu akan terkunci otomatis setelah kecepatan tertentu, back sonar;
6 Gigi transmisinya agak keras, dan feelingnya agak kurang mantap, sehingga kadang2 saya harus cek 2-3 kali untuk memastikan sudah masuk gigi netral atau belum;
7 Konsumsi BBM - belum diketahui secara pasti, kayaknya sih lebih irit dari Serena, tapi ngak banyak.
Mungkin teman2 lain ada kesan lain/tambahan??
1 Suspensinya cukup keras, sampai istri saya mengeluh;
2 Tarikannya kalah sama Serena. Pada RPM 3.000, gigi 2 mencapai (kurang lebih) 40km/h, gigi 3 60km/h, gigi 4 80km/h, dan gigi 5 100km/h. Keheningan kabin kalah sama Serena, pada semua kecepatan;
3 Tidak ada armrest untuk pengemudi, agak mengurangi kenyamanan;
4 Posisi pengemudian jauh lebih baik dari Kapsul, dan lebih mirip sedan. Sayangnya posisi bangku agak kurang tinggi (untuk yang berpostur >180cm) sehingga lebih melelahkan untuk jarak jauh;
5 Fitur2 bermanfaat yang tersedia di Innova yang tidak ditemukan di Serena: MID (Multi Information Display yang menyajikan beberapa informasi seperti suhu luar, konsumsi bbm rata rata, konsumsi bbm seketika, jarak tempuh, waktu pengemudian, compass), pintu akan terkunci otomatis setelah kecepatan tertentu, back sonar;
6 Gigi transmisinya agak keras, dan feelingnya agak kurang mantap, sehingga kadang2 saya harus cek 2-3 kali untuk memastikan sudah masuk gigi netral atau belum;
7 Konsumsi BBM - belum diketahui secara pasti, kayaknya sih lebih irit dari Serena, tapi ngak banyak.
Mungkin teman2 lain ada kesan lain/tambahan??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Wah senang juga yah bung obs sudah dapat Innovanya,
- Ambil warna apa?
- Pakai premium/pertamax? dan bagaimana konsumsi BBM berdasarkan MID kalau dipraktekkan sesuai buku manual.
- Apa benar anti malingnya ada engine immobilizer.
Harus pakai kunci asli agar ID di anak kunci sesuai dengan ECU di mesin.
Jadi kalau dibuatkan kunci palsu atau dipaksa pakai kunci T, mesin ngak mau hidup?
- Ambil warna apa?
- Pakai premium/pertamax? dan bagaimana konsumsi BBM berdasarkan MID kalau dipraktekkan sesuai buku manual.
- Apa benar anti malingnya ada engine immobilizer.
Harus pakai kunci asli agar ID di anak kunci sesuai dengan ECU di mesin.
Jadi kalau dibuatkan kunci palsu atau dipaksa pakai kunci T, mesin ngak mau hidup?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
Saya ambil warna Silver, Mr. hdrw, karena logika saya mobil ini bisa dipakai minimal 6-7 tahun (sampai generasi berikutnya), bahkan sampai 10 tahun, and warna silver kan lebih 'abadi' dan awet.
Tentang MID, seperti pengalaman saya pada mobil lain yang punya fitur ini, realitas angka konsumsi BBM selalu dibawah yang ditunjukkan oleh MID, dan untuk Innova selisihnya sekitar 15-20%. Jadi misalnya angka di MID 10km/L (angka rata rata, sejak saya reset waktu isi bensin), realitasnya hanya antara 8-8.5km/L (perkiraan saya karena belum isi bensin lagi).
Wah, tentang apakah Innova sudah pakai engine immobiliser saya belum temukan jawabannya tuh. Mungkin teman lain ada yang lebih tahu???
Tentang MID, seperti pengalaman saya pada mobil lain yang punya fitur ini, realitas angka konsumsi BBM selalu dibawah yang ditunjukkan oleh MID, dan untuk Innova selisihnya sekitar 15-20%. Jadi misalnya angka di MID 10km/L (angka rata rata, sejak saya reset waktu isi bensin), realitasnya hanya antara 8-8.5km/L (perkiraan saya karena belum isi bensin lagi).
Wah, tentang apakah Innova sudah pakai engine immobiliser saya belum temukan jawabannya tuh. Mungkin teman lain ada yang lebih tahu???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Saya juga indent warna silver, tapi Black Mica keren juga loh, seperti hitamnya camry, walaupun perawatannya lebih repot.
Bung observer, pakai premium atau pertamax ?
Tentang engine immobilizer saya baca dari Top Gear edisi sebelum yang no.terakhir.
Apakah dibuku manual tidak ada keterangan tentang engine immobilizer?
Bung observer, pakai premium atau pertamax ?
Tentang engine immobilizer saya baca dari Top Gear edisi sebelum yang no.terakhir.
Apakah dibuku manual tidak ada keterangan tentang engine immobilizer?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
Pakai Pertamax. Di buku manual tidak disebutkan tentang engine immobiliser.
Hanya bahwa setiap kunci mobil diberi nomor khusus, sehingga jika pemiliknya ingin membuat duplikat, dapat melakukannya melalui dealer dengan menyebut no. kunci tersebut. Apa berarti ada engine immobiliser atau tidak??
Mungkin perlu saya tekankan bahwa sudut pandang review saya adalah jika Innova dibandingkan dengan Serena yang harganya lebih tinggi. Tapi kalau dibandingkan dengan Kijang Kapsul, kemajuannya (kecuali ruang cabin) dan valuenya betul betul significant dan terasa. Apalagi tipe G punya harga lebih murah dari LGX!
Jadi bagi penggemar Kijang Kapsul, tidak ada alasan untuk tidak 'go krazy' for this Innova!
Hanya bahwa setiap kunci mobil diberi nomor khusus, sehingga jika pemiliknya ingin membuat duplikat, dapat melakukannya melalui dealer dengan menyebut no. kunci tersebut. Apa berarti ada engine immobiliser atau tidak??
Mungkin perlu saya tekankan bahwa sudut pandang review saya adalah jika Innova dibandingkan dengan Serena yang harganya lebih tinggi. Tapi kalau dibandingkan dengan Kijang Kapsul, kemajuannya (kecuali ruang cabin) dan valuenya betul betul significant dan terasa. Apalagi tipe G punya harga lebih murah dari LGX!
Jadi bagi penggemar Kijang Kapsul, tidak ada alasan untuk tidak 'go krazy' for this Innova!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 479
- Joined: Sun Feb 15, 2004 17:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
Baru isi bensin lagi. Angka konsumsi BBM rata rata yang ditunjukkan MID adalah 9.9km/l, sedangkan dari perhitungan manual saya adalah 8.4km/l, untuk perjalanan 60% tol dan 40% city driving.
Range yang ditunjukkan MID kurang akurat, karena menunjukkan angka 39km, padahal bensin saya masih ada sekitar 7.8l.
Range yang ditunjukkan MID kurang akurat, karena menunjukkan angka 39km, padahal bensin saya masih ada sekitar 7.8l.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
- Location: surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Berarti benar ada engine immobilizer.observer wrote:Hanya bahwa setiap kunci mobil diberi nomor khusus, sehingga jika pemiliknya ingin membuat duplikat, dapat melakukannya melalui dealer dengan menyebut no. kunci tersebut. Apa berarti ada engine immobiliser atau tidak??
Para supir merangkap maling sekarang percuma bikin kunci palsu.
Kalau saya ngak salah ingat, dibuku manual dikatakan range (jarak tempuh) itu berdasarkan kebiasaan mengemudi kita.observer wrote:Range yang ditunjukkan MID kurang akurat, karena menunjukkan angka 39km, padahal bensin saya masih ada sekitar 7.8l.
Jika mobil berhenti konsumsi BBM menurut MID 5,2 Km/L
Mungkin perkiraan MID, bensin yang ditangki ngak bisa dipakai sampai nol, hanya sekitar 85%*7,8L=6,5 Liter. (kemungkinan posisi mobil lagi nanjak/turun).
Dan biarpun 60% bung Obs lewat tol, di tolnya macet juga.
Jadi MID memakai konsumsi BBM yang tersering terpakai yaitu kurang lebih 6 Km/L untuk menghitung range:6,5Liter*6Km/L=39Km.
CMIIW.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
Dari pengamatan saya angka di range relatif statis, bergerak turun secara perlahan. Harusnya kalau konsumsi BBM rata rata di MID 9.9km/l (atau yang real 8.4km/l), dan sisa bensin 7.8l, maka range adalah 77km (atau 65.5km).
Or mungkin range selalu ada cadangan 25km, supaya orang seperti saya (yang malas ke pom bensin) jangan sampai mogok kehabisan bensin??
Or mungkin range selalu ada cadangan 25km, supaya orang seperti saya (yang malas ke pom bensin) jangan sampai mogok kehabisan bensin??

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Fri Jul 16, 2004 1:43
- Location: DKI Jakarta
Re: Review Kijang Innova
Bung Observer,
mau tanya Kijang Inova itu suspensinya pakai per daun atau per keong ya?
dibanding Kijang Kapsul suspensinya lebih empuk atau sama?
Thanks,
mau tanya Kijang Inova itu suspensinya pakai per daun atau per keong ya?
dibanding Kijang Kapsul suspensinya lebih empuk atau sama?
Thanks,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 873
- Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Yup benar, berarti ada cadangan bensin kurang lebih 4 liter, agar bung obs sempat cari pomp bensin.observer wrote:Or mungkin range selalu ada cadangan 25km, supaya orang seperti saya (yang malas ke pom bensin) jangan sampai mogok kehabisan bensin??

Btw, kita tunggu review Innova kalau pakai premium.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bung Observer,
mau tanya Kijang Inova itu suspensinya pakai per daun atau per keong ya?
dibanding Kijang Kapsul suspensinya lebih empuk atau sama?
Thanks,
Hmmm berarti tergolong nyaman ketika melewati jalan rusak. Karena kapsul itu kan empuk banget suspensinya.Suspensi per keong. IMO kerasnya kurang lebih sama dengan Kapsul.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Sep 19, 2004 4:22
Review Innova
Allo....
Saya indent Innova G M/T, cuma masih bingung pilih warna silver atawa hitam. Bisa kasih pertimbangan??
Saya indent Innova G M/T, cuma masih bingung pilih warna silver atawa hitam. Bisa kasih pertimbangan??

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
silver aja kalo item itu cepet kotor (menurut saya soalnya udah 2 x beli mobil warna hitam semua)
lalu kalo ke bret keliatan banget garis garis luka nya.
dan perawatan nya lebih sulit kalo habis hujan harus cepet dicuci kalo ngak udah dah ngak enak dipandang mata.
pagi di cuci sore juga udah kotor lagi hehehe
lalu kalo ke bret keliatan banget garis garis luka nya.
dan perawatan nya lebih sulit kalo habis hujan harus cepet dicuci kalo ngak udah dah ngak enak dipandang mata.
pagi di cuci sore juga udah kotor lagi hehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
Re: Review Innova
Hitam itu lebih susah rawatnya, tapi memang Innova Hitam lebih keren dari silver.uyak wrote:Allo....
Saya indent Innova G M/T, cuma masih bingung pilih warna silver atawa hitam. Bisa kasih pertimbangan??
Dua2nya warna favorit, jadi tergantung selera bung uyak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven