Pengalaman Voltage Stabilizer

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

marco195
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Feb 03, 2011 8:45

Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by marco195 »

Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?

Thanks.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by Turboman »

marco195 wrote:Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?

Thanks.
Utk mobil dgn sistem TBW maka penggunaan Ground Cable tambahan akan membantu membuat respons pedal gas & mesin lebih sinkron, terutama sistem TBW yg lag-nya agak besar spt di Innova misalnya.

Voltage Stabilizer tergantung sistem charging di mobil kita, andai sistem charging stabil, saat mesin digeber Voltasi nggak terbang lebih dr 14 Volt maka Voltage Stabilizer sebetulnya gak begitu perlu. Jadi better diukur dulu aja.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by AD74YA »

marco195 wrote:Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?

Thanks.
Jawaban singkat padat dan jelas adalah sebenarnya keduanya nggak ada pengaruh yang terasa signifikan terhadap performa kendaraan (penambahan HP misalnya).

Saya menggunakan Pivot Raizin blue untuk voltage stabilizer.. Fungsinya volt stabilizer adalah membantu menstabilkan arus listrik dari aki (alternator) sehingga kurva nya tidak fluktuatif.... Fitur yang saya paling suka dari voltage stabilizer pivot adalah display digital tegangan terendah dan tertinggi dari aki yang menyala ketika kontak di ACC atau ON.. sehingga dengan seketika kita langsung tau bagaimana kondisi aki...

Penggunaan VS sangat berguna untuk mobil yang menggunakan perangkat audio tambahan.. agar arus yang dipakai semakin stabil.. bagi yang mengatakan penggunaan VS membuat nyala lampu HID makin terang saya pribadi belum mengalami hal seperti itu.. dari pengalaman saya saya rasakan sama-sama saja..

Sedangkan grounding adalah sebagai media yang menghubungkan antara beberapa parts utama dalam kabin mesin yang tugasnya adalah untuk membantu kerja alternator mengisi aki (menangkap arus listrik statis yang "terlepas") sehingga kinerja aki dan alternator menjadi lebih efisien... efeknya adalah, mesin terasa agak lebih responsif... dalam jangka panjang pengaruh paling penting pada ground adalah memperpanjang umur aki...

CMIIW :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
marco195
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Feb 03, 2011 8:45

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by marco195 »

Trims atas pencerahannya :frm_salut:

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang? :e-think:

Trims
wisky88
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jan 16, 2011 9:42

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by wisky88 »

marco195 wrote:Trims atas pencerahannya :frm_salut:

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang? :e-think:

Trims
dr negatif accu ke body/mesin yg penting agar sirkulasi arus tdk terlalu panjang ke masing2 part
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by esh »

Sekedar sharing, saya barusan pasang VS produk lokal dari forum Avxen di Luxio X manual '11. Setelah dipasang saya merasakan tarikan menjadi lebih ringan dan rpm tidak terlalu tersendat saat kompresor AC menyala.

Pemasangan dibantuin sama om mod poeticmind. :thanks:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by AD74YA »

marco195 wrote:Trims atas pencerahannya :frm_salut:

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang? :e-think:

Trims
Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik

Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama :big_peace:

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by aburaza »

AD74YA wrote:
marco195 wrote:Trims atas pencerahannya :frm_salut:

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang? :e-think:

Trims
Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik

Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama :big_peace:

CMIIW
Bs diperjelas om? Maksudnya kabel 1 dipasang di A dan B, dst.
Thx
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by AD74YA »

maksudnya gimana oom aburaza?

itu tempat-tempatnya saya rasa sudah cukup jelas, tinggal mencari apa ada tempat dimana kepala kabel bis dihubungkan ke bagian itu, misalnya dengan skrup atau sejenisnya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by aburaza »

Groundwire yg dimaksud Oom AD74YA tuh cabangnya 4, 6, 8 alias kabelnya bercabang sebanyak 4 or 6 or 8 ya?
Saya pengen bikin sendiri, tapi masih bingung, kalo pake kabel yang gak bercabang bisa gak?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by DDR »

Ngidupin thread lama soalnya ane tertarik sama Raizin Blue + Ground Cabling untuk Ertiga, tp kan biasanya BeRes Suzuki kan suka rewel tuh. Kalau ane pasang ini ntar mereka angusin garansi mobil ane ngga yah?? Kalau Daihatsu (Tunas Pdk Gede) sih enak ngga rewel... Ane pasang VS EXR di Terios tapi garansi masih tetep jalan...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pengalaman Voltage Stabilizer

Post by y_anjasrana »

aburaza wrote:
AD74YA wrote:
marco195 wrote:Trims atas pencerahannya :frm_salut:

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang? :e-think:

Trims
Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik

Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama :big_peace:

CMIIW
Bs diperjelas om? Maksudnya kabel 1 dipasang di A dan B, dst.
Thx

Ane bantu deh.

1. terminal negatif accu ke chasis.
2. altenator ke chasis.
3. firewall ke terminal negatif accu.
4. tutup kepala silinder ke terminal negatif accu.
5. body kompresor ac ke terminal negatif accu.
6. grounding ecu ke terminal negatif accu.
7. grounding body (kiri dan kanan) ke terminal negatif accu. (sama aja sih dgn nomer 1)
8. grounding body transmisi ke terminal negatif accu.
9. body fuel pump ke terminal negatif accu.

CMIIW

klu sy dulu pernah aplikasikan sekitar 4-5 kabel aja di hyundai atoz. segitu aja udah lumayan. yg penting jgn lupa rapikan posisi kabelnya, biar ga keliatan berantakan. :big_peace:
Accurate V5 Accounting System Consultant