Pengalaman Voltage Stabilizer
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Feb 03, 2011 8:45
Pengalaman Voltage Stabilizer
Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?
Thanks.
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?
Thanks.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Utk mobil dgn sistem TBW maka penggunaan Ground Cable tambahan akan membantu membuat respons pedal gas & mesin lebih sinkron, terutama sistem TBW yg lag-nya agak besar spt di Innova misalnya.marco195 wrote:Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?
Thanks.
Voltage Stabilizer tergantung sistem charging di mobil kita, andai sistem charging stabil, saat mesin digeber Voltasi nggak terbang lebih dr 14 Volt maka Voltage Stabilizer sebetulnya gak begitu perlu. Jadi better diukur dulu aja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Jawaban singkat padat dan jelas adalah sebenarnya keduanya nggak ada pengaruh yang terasa signifikan terhadap performa kendaraan (penambahan HP misalnya).marco195 wrote:Apakah rekan2 punya pengalaman pakai Voltage stabilizer?
Apa bedanya Voltage stabilizer dengan Grounding dan tanpa grounding? dan apakah berpengaruh ke ECU jika gak pakai grounding?
Thanks.
Saya menggunakan Pivot Raizin blue untuk voltage stabilizer.. Fungsinya volt stabilizer adalah membantu menstabilkan arus listrik dari aki (alternator) sehingga kurva nya tidak fluktuatif.... Fitur yang saya paling suka dari voltage stabilizer pivot adalah display digital tegangan terendah dan tertinggi dari aki yang menyala ketika kontak di ACC atau ON.. sehingga dengan seketika kita langsung tau bagaimana kondisi aki...
Penggunaan VS sangat berguna untuk mobil yang menggunakan perangkat audio tambahan.. agar arus yang dipakai semakin stabil.. bagi yang mengatakan penggunaan VS membuat nyala lampu HID makin terang saya pribadi belum mengalami hal seperti itu.. dari pengalaman saya saya rasakan sama-sama saja..
Sedangkan grounding adalah sebagai media yang menghubungkan antara beberapa parts utama dalam kabin mesin yang tugasnya adalah untuk membantu kerja alternator mengisi aki (menangkap arus listrik statis yang "terlepas") sehingga kinerja aki dan alternator menjadi lebih efisien... efeknya adalah, mesin terasa agak lebih responsif... dalam jangka panjang pengaruh paling penting pada ground adalah memperpanjang umur aki...
CMIIW

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Feb 03, 2011 8:45
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Trims atas pencerahannya
Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?
Trims

Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?

Trims
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Jan 16, 2011 9:42
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
dr negatif accu ke body/mesin yg penting agar sirkulasi arus tdk terlalu panjang ke masing2 partmarco195 wrote:Trims atas pencerahannya![]()
Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?![]()
Trims
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Sekedar sharing, saya barusan pasang VS produk lokal dari forum Avxen di Luxio X manual '11. Setelah dipasang saya merasakan tarikan menjadi lebih ringan dan rpm tidak terlalu tersendat saat kompresor AC menyala.
Pemasangan dibantuin sama om mod poeticmind.
Pemasangan dibantuin sama om mod poeticmind.

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)marco195 wrote:Trims atas pencerahannya![]()
Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?![]()
Trims
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik
Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Bs diperjelas om? Maksudnya kabel 1 dipasang di A dan B, dst.AD74YA wrote:Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)marco195 wrote:Trims atas pencerahannya![]()
Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?![]()
Trims
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik
Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama![]()
CMIIW
Thx
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
maksudnya gimana oom aburaza?
itu tempat-tempatnya saya rasa sudah cukup jelas, tinggal mencari apa ada tempat dimana kepala kabel bis dihubungkan ke bagian itu, misalnya dengan skrup atau sejenisnya..
itu tempat-tempatnya saya rasa sudah cukup jelas, tinggal mencari apa ada tempat dimana kepala kabel bis dihubungkan ke bagian itu, misalnya dengan skrup atau sejenisnya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Groundwire yg dimaksud Oom AD74YA tuh cabangnya 4, 6, 8 alias kabelnya bercabang sebanyak 4 or 6 or 8 ya?
Saya pengen bikin sendiri, tapi masih bingung, kalo pake kabel yang gak bercabang bisa gak?
Saya pengen bikin sendiri, tapi masih bingung, kalo pake kabel yang gak bercabang bisa gak?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
Ngidupin thread lama soalnya ane tertarik sama Raizin Blue + Ground Cabling untuk Ertiga, tp kan biasanya BeRes Suzuki kan suka rewel tuh. Kalau ane pasang ini ntar mereka angusin garansi mobil ane ngga yah?? Kalau Daihatsu (Tunas Pdk Gede) sih enak ngga rewel... Ane pasang VS EXR di Terios tapi garansi masih tetep jalan...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pengalaman Voltage Stabilizer
aburaza wrote:Bs diperjelas om? Maksudnya kabel 1 dipasang di A dan B, dst.AD74YA wrote:Jadi ground wire biasanya ada beberapa cabang kabel (4,6,8)marco195 wrote:Trims atas pencerahannya![]()
Grounding cable sendiri harus dipasang dimana yah ? saya dengar ada beberapa lokasi grounding cable yang bisa ditambahkan selain dari yang dari pabrikan, dimana aja itu sebaiknya dipasang?![]()
Trims
Cara menghubungkannya :
1. Sambungkan satu kabel ke terminal negatif aki.
2. Sambungkan kabel berikutnya ke body alternator.
Cara berikutnya bebas memilih dimana, contoh:
3. Firewall
4. Tutup kepala silinder, biasanya deket busi.
5. Body kompresor AC
6. Grounding ECU
7. Grounding body mobil (biasanya di chassis)
8. Grounding body transmisi (biasanya lebh berpengaruh di transmisi A/T)
9. Body fuel pump elektrik
Masing2 tempat memiliki pengaruhnya sendiri-sendiri.. silahkan memilih mana yang utama![]()
CMIIW
Thx
Ane bantu deh.
1. terminal negatif accu ke chasis.
2. altenator ke chasis.
3. firewall ke terminal negatif accu.
4. tutup kepala silinder ke terminal negatif accu.
5. body kompresor ac ke terminal negatif accu.
6. grounding ecu ke terminal negatif accu.
7. grounding body (kiri dan kanan) ke terminal negatif accu. (sama aja sih dgn nomer 1)
8. grounding body transmisi ke terminal negatif accu.
9. body fuel pump ke terminal negatif accu.
CMIIW
klu sy dulu pernah aplikasikan sekitar 4-5 kabel aja di hyundai atoz. segitu aja udah lumayan. yg penting jgn lupa rapikan posisi kabelnya, biar ga keliatan berantakan.

Accurate V5 Accounting System Consultant