Regenarasi Vios ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Regenarasi Vios ???
Apa ini mobil pengganti vios? sekilas dimensi dan bodinya sekelas vios..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Gue dah pernah liat mobil ini langsung waktu liburan ke Guam. Menurut gue ini mobil lebih kecil dan lebih sempit dari VIOS. Emang bener kata Bung Edward, toyota ECHO adalah kelas sedan dari Toyota yg paling murah. Sangat jarang mobil ini keliaran dijln, maybe karena modelnya aneh, juga sempit sekali, jadi kurang laku dipasaran.
Mobil toyota yg paling jelek dan aneh ya toyota echo ini.
Mobil toyota yg paling jelek dan aneh ya toyota echo ini.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
BTW, Echo juga dijual di Singapore. Di Jepang bernama Platz. Mobil ini merupakan versi saloon dari Toyota Vitz yg di Eropa bernama Yaris (kebiasaan Toyota, mobilnya satu namanya banyak atau namanya satu mobilnya banyak).
Toyota Yaris yg hatchback, sangat bagus penjualannya di Eropa dan selalu masuk nominasi car of the year supermini di sana. Kualitas dan handling mobil ini termasuk baik di kelasnya, terutama Yaris T-Sport yg cukup mengguncang penjualan Honda Civic Type-R karena lebih murah (meski lebih kecil body dan mesinnya tentunya).
BTW, mesin Yaris ini sama dengan Vios, 1500cc VVTi, namun tentunya ada perbedaan di tiap negara.
Tapi di Jepang, Vitz udah diganti Toyota ist yg juga bermesin 1500cc dan 1300cc. Sebentar lagi, Yaris di Eropa juga bakal diganti New Yaris yg berbasis ist.
Toyota Yaris yg hatchback, sangat bagus penjualannya di Eropa dan selalu masuk nominasi car of the year supermini di sana. Kualitas dan handling mobil ini termasuk baik di kelasnya, terutama Yaris T-Sport yg cukup mengguncang penjualan Honda Civic Type-R karena lebih murah (meski lebih kecil body dan mesinnya tentunya).
BTW, mesin Yaris ini sama dengan Vios, 1500cc VVTi, namun tentunya ada perbedaan di tiap negara.
Tapi di Jepang, Vitz udah diganti Toyota ist yg juga bermesin 1500cc dan 1300cc. Sebentar lagi, Yaris di Eropa juga bakal diganti New Yaris yg berbasis ist.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Dulu Harganya Rp 200jutaan, cari aja di dealer2 built-up.............................Kalo mau yg lebih murah pilih yg 1.3.DigitALL wrote:Mending sekalian Toyota iSt aja lah ... Btw, iSt itu OTRnya berapa sih ? Yang 1.5L. Dan mesinnya sama dengan VIOS kan ? Jadi gampang ngga nyari spare part buat iSt ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
Iya Itu Toyota Echo
Ini Gambar Mobil yang aku pakai waktu di Bahrain .....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03
Nah ...Klo YANG di INDONESIA ITU SOLUNA ....
Nah .Klo.. YANG di INDONESIA ITU SOLUNA ....
DI SANA KOK NAMANYA TERCEL YAH ..... Padahal Tercel yang DI Amrik Gak Gitu dech .....
[ SAYANG AKU GAK SEMPET MINTA UNTUK LIAT MESIN NYA ] :-d
DI SANA KOK NAMANYA TERCEL YAH ..... Padahal Tercel yang DI Amrik Gak Gitu dech .....
[ SAYANG AKU GAK SEMPET MINTA UNTUK LIAT MESIN NYA ] :-d
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Oh ya, saya ada cerita nih:
Sebenarnya Toyota Astra Motor (TAM) berniat meluncurkan Tercel sejak tahun 1997 buat menghadang Timor S-515 yg waktu itu booming dan bikin harga jual sedan & minibus (kecuali Kijang) bekas jatuh, juga bikin pabrikan lain meluncurkan sedan kecilnya yg murah di Indonesia seprti Suzuki Baleno 1600cc yg pertama kali dijual OTR Rp 43 juta (maklum kurs Rupiah masih kuat lawan US Dollar waktu itu) menggantikan Esteem yg udah ada sejak 1992, Mazda 323 Familia yg bermesin besar, 1800cc mirip (mesin & body sama) dgn 323 Lantis yg "harga perkenalan"nya Rp 49,9 juta, bermesin 1800cc tapi seharga 1500cc kan? (bandingkan dengan kakaknya, Lantis yg dijual Rp 70 jutaan, seharga Corolla), Honda City 1.3 (Honda pakai mesin 1300cc punya Civic Wonder keluaran 1984-1987, terkesan maksa) buat hajar kelas Rp 35-Rp 60 juta, dan juga Bimantara Cakra (berbasis Hyundai Accent) di rentang harga Rp 40 juta.
Lalu, gimana jagoan Toyota di rentang harga itu? Well TAM punya Toyota Starlet bermesin 1300cc. Starlet, meski masih laku tetap kena imbas Timor waktu itu. Harga Toyota Starlet 1.3 SE-G (tipe termewah) waktu itu sekitar Rp 52 juta, well terasa mahal kan dibanding rival Jepang Baleno, 323 Familia, dan City yg berbody lebih besar (sedan 4 pintu, Starlet hatch 5 pintu) dan bermesin juga lebih besar? Harga segitu waktu itu setara Toyota Kijang Krista yg juga baru diluncurkan & benar2 gres dari model 'Grand' ke 'kapsul'. Krista adalah Kijang termewah, sama dengan Starlet SE-G yg juga termewah.
Nah, makanya TAM merasa lama kelamaan Starlet bakal terdesak sehingga mereka berniat menggantinya dengan Tercel. Di China waktu itu sudah diluncurkan tapi belum di Indonesia. Makanya Starlet (yg baru 2 generasi) di stop produksinya sebagai persiapan peluncuran Tercel.
Namun.......................ternyata KRISIS MONETER keburu datang duluan, sehingga rencana TAM DITUNDA. Apa daya, Starlet sudah tidak ada tapi Tercel dihentikan sementara waktu. Karena KRISIS MONETER itu harga mobil melonjak menjadi 2 kali lipatnya, bahkan lebih.
Tetapi................setelah situasi agak membaik, TAM meluncurkan Soluna yg bermesin dan body sama dgn Tercel di tahun 2000, bareng dengan Baleno facelift (termasuk new engine: 1500cc buat memangkas pajak), dan City Type Z. Tapi model Soluna waktu itu udah ketinggalan zaman, abis model 1990an dijual di 'milenium baru', Apalagi Toyota Motor Corp. meluncurkan prototipe yg di kemudian hari dikenal sebagai Vios pada 2002. Soluna waktu itu gak kompetitif lagi karena udah jadi taksi dan penjualan kalah dari Baleno.
Lalu tamatlah Si "Sesuatu Yang Tertunda" Soluna PADA TAHUN 2003 DENGAN MELUNCURNYA VIOS.
Anyway, sekarang saya jadi suka mikir, apa jadinya jika Starlet masih diproduksi? mungkin harganya Rp 180jutaan karena pada 1997 saja harganya sama dengan Kijang Krista yg terakhir dijual Rp 180-190 jutaan.
Jadi gitu menurut info yg saya terima, kalo ada yg salah maklum soalnya waktu itu (1997) saya masih kelas 5 SD jadi mohon dikoreksi jika ada salah........
............................................................................................................
Sebenarnya Toyota Astra Motor (TAM) berniat meluncurkan Tercel sejak tahun 1997 buat menghadang Timor S-515 yg waktu itu booming dan bikin harga jual sedan & minibus (kecuali Kijang) bekas jatuh, juga bikin pabrikan lain meluncurkan sedan kecilnya yg murah di Indonesia seprti Suzuki Baleno 1600cc yg pertama kali dijual OTR Rp 43 juta (maklum kurs Rupiah masih kuat lawan US Dollar waktu itu) menggantikan Esteem yg udah ada sejak 1992, Mazda 323 Familia yg bermesin besar, 1800cc mirip (mesin & body sama) dgn 323 Lantis yg "harga perkenalan"nya Rp 49,9 juta, bermesin 1800cc tapi seharga 1500cc kan? (bandingkan dengan kakaknya, Lantis yg dijual Rp 70 jutaan, seharga Corolla), Honda City 1.3 (Honda pakai mesin 1300cc punya Civic Wonder keluaran 1984-1987, terkesan maksa) buat hajar kelas Rp 35-Rp 60 juta, dan juga Bimantara Cakra (berbasis Hyundai Accent) di rentang harga Rp 40 juta.
Lalu, gimana jagoan Toyota di rentang harga itu? Well TAM punya Toyota Starlet bermesin 1300cc. Starlet, meski masih laku tetap kena imbas Timor waktu itu. Harga Toyota Starlet 1.3 SE-G (tipe termewah) waktu itu sekitar Rp 52 juta, well terasa mahal kan dibanding rival Jepang Baleno, 323 Familia, dan City yg berbody lebih besar (sedan 4 pintu, Starlet hatch 5 pintu) dan bermesin juga lebih besar? Harga segitu waktu itu setara Toyota Kijang Krista yg juga baru diluncurkan & benar2 gres dari model 'Grand' ke 'kapsul'. Krista adalah Kijang termewah, sama dengan Starlet SE-G yg juga termewah.
Nah, makanya TAM merasa lama kelamaan Starlet bakal terdesak sehingga mereka berniat menggantinya dengan Tercel. Di China waktu itu sudah diluncurkan tapi belum di Indonesia. Makanya Starlet (yg baru 2 generasi) di stop produksinya sebagai persiapan peluncuran Tercel.
Namun.......................ternyata KRISIS MONETER keburu datang duluan, sehingga rencana TAM DITUNDA. Apa daya, Starlet sudah tidak ada tapi Tercel dihentikan sementara waktu. Karena KRISIS MONETER itu harga mobil melonjak menjadi 2 kali lipatnya, bahkan lebih.
Tetapi................setelah situasi agak membaik, TAM meluncurkan Soluna yg bermesin dan body sama dgn Tercel di tahun 2000, bareng dengan Baleno facelift (termasuk new engine: 1500cc buat memangkas pajak), dan City Type Z. Tapi model Soluna waktu itu udah ketinggalan zaman, abis model 1990an dijual di 'milenium baru', Apalagi Toyota Motor Corp. meluncurkan prototipe yg di kemudian hari dikenal sebagai Vios pada 2002. Soluna waktu itu gak kompetitif lagi karena udah jadi taksi dan penjualan kalah dari Baleno.
Lalu tamatlah Si "Sesuatu Yang Tertunda" Soluna PADA TAHUN 2003 DENGAN MELUNCURNYA VIOS.
Anyway, sekarang saya jadi suka mikir, apa jadinya jika Starlet masih diproduksi? mungkin harganya Rp 180jutaan karena pada 1997 saja harganya sama dengan Kijang Krista yg terakhir dijual Rp 180-190 jutaan.
Jadi gitu menurut info yg saya terima, kalo ada yg salah maklum soalnya waktu itu (1997) saya masih kelas 5 SD jadi mohon dikoreksi jika ada salah........
............................................................................................................