Review Nissan March M/T 2010
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Review Nissan March M/T 2010
Singkat cerita, gue mau beli mobil baru bt kakak gue, syaratnya karena beliau wanita, adalah kecil, radius putar kecil, mesin kecil biar irit pokoknya semuanya kecil deh, namun anehnya tidak mau yg matik lalu disepakati kl budgetnya ada di kisaran Rp.140jt. Akhirnya setelah sibuk milih2, gue tertarik dengan mobil yang (gue percaya) bakal jadi tren di dunia, yaitu mobil 1200cc. Adapun beberapa nominasinya adalah chevy spark, Suzuki splash dan nissan march. walaupun sebenernya pengen polo 1200cc TSI tapi kapan keluarnya .
Ketika gue ajukan mobil yg ada diatas tingkat itu seperti fiesta dan i20, beliau tidak tertarik karena terlalu besar, ya sudah dengan berat hati gue pun meluncur ke beberapa showroom untuk test drive. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya gue memilih nissan march sebagai mobil buat kakak gue. berikut adalah hasil review mobil tsb;
Harus gue akui, kl mobil ini tidak cantik dari sudut manapun, walaupun lebih baik dari generasi sebelumnya. pertama masuk ke dalam nissan march, kesan yg didapat adalah posisi mengemudi yang layak untuk gue, tidak terasa seperti suzuki splash yang atapnya tinggi, mengemudi didalam nissan march tidak jauh berbeda seperti menggunakan sedan hatchback. Buka kap mesinnya, terlihat "jiwa" dari mobil ini, yang memang harus diakui cukup kecil karena hanya 3 silinder 1200 cc, tidak seperti kompetitornya yang menggunakan 4 silinder.
Jok belakang dari nissan march, merupakan salah satu kelemahan dari mobil ini, tidak memiliki head rest yang dapat diatur, sehingga ketika duduk, posisi kepala dan punggung bagi orang yang memiliki tinggi badan diatas 170cm menjadi tidak nyaman. Jok belakang bisa dilipat untuk memberikan akses ke bagasi, namun ketika dilipat, tebal jok belakang march cukup (atau bahkan sangat) tipis bagi standart gue.
Dibawa ketika berkendara, march cukup nyaman, tarikan bawahnya tidak istimewa, dan bila mencoba versi matik, respon tenaga ketika kickdown dalam posisi overdrive masih lambat. radius putar benar2 kecil, dan yang paling bahagia ketika wanita menggunakan mobil ini adalah setirnya yang sangat ringan setingkat dengan setir jazz mk1 atau bahkan lebih ringan. Putaran tinggi di nissan cukup menghawatirkan karena deru mesin 3 silindernya yang masuk ke kabin, tapi ketika digunakan kakak gue, tentu hal ini bukan menjadi masalah, karena beliau bukan pengemudi antusias.
Fitur untuk march yang gue pilih belum dilengkapi oleh ac climate control, namun MID sudah menjadi standart di mobil ini. wiper belakang dengan jet washer pun tersedia, begitupula dengan pelek alloy yang menjadi standart.
sekian uraian singkat review dari nissan march M/T dari gue.. terima kasih telah membaca
Ketika gue ajukan mobil yg ada diatas tingkat itu seperti fiesta dan i20, beliau tidak tertarik karena terlalu besar, ya sudah dengan berat hati gue pun meluncur ke beberapa showroom untuk test drive. Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya gue memilih nissan march sebagai mobil buat kakak gue. berikut adalah hasil review mobil tsb;
Harus gue akui, kl mobil ini tidak cantik dari sudut manapun, walaupun lebih baik dari generasi sebelumnya. pertama masuk ke dalam nissan march, kesan yg didapat adalah posisi mengemudi yang layak untuk gue, tidak terasa seperti suzuki splash yang atapnya tinggi, mengemudi didalam nissan march tidak jauh berbeda seperti menggunakan sedan hatchback. Buka kap mesinnya, terlihat "jiwa" dari mobil ini, yang memang harus diakui cukup kecil karena hanya 3 silinder 1200 cc, tidak seperti kompetitornya yang menggunakan 4 silinder.
Jok belakang dari nissan march, merupakan salah satu kelemahan dari mobil ini, tidak memiliki head rest yang dapat diatur, sehingga ketika duduk, posisi kepala dan punggung bagi orang yang memiliki tinggi badan diatas 170cm menjadi tidak nyaman. Jok belakang bisa dilipat untuk memberikan akses ke bagasi, namun ketika dilipat, tebal jok belakang march cukup (atau bahkan sangat) tipis bagi standart gue.
Dibawa ketika berkendara, march cukup nyaman, tarikan bawahnya tidak istimewa, dan bila mencoba versi matik, respon tenaga ketika kickdown dalam posisi overdrive masih lambat. radius putar benar2 kecil, dan yang paling bahagia ketika wanita menggunakan mobil ini adalah setirnya yang sangat ringan setingkat dengan setir jazz mk1 atau bahkan lebih ringan. Putaran tinggi di nissan cukup menghawatirkan karena deru mesin 3 silindernya yang masuk ke kabin, tapi ketika digunakan kakak gue, tentu hal ini bukan menjadi masalah, karena beliau bukan pengemudi antusias.
Fitur untuk march yang gue pilih belum dilengkapi oleh ac climate control, namun MID sudah menjadi standart di mobil ini. wiper belakang dengan jet washer pun tersedia, begitupula dengan pelek alloy yang menjadi standart.
sekian uraian singkat review dari nissan march M/T dari gue.. terima kasih telah membaca
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Review Nissan March M/T 2010
Nice review bro
Emang March dgn dimensi kompak dan mesin kecil 1,2L 3cyl lebih pas untuk pemakaian dalam kota krn irit dan lincah.
Biasanya anak muda spt mahasiswa atau yg belum berkeluarga cocok banget pake mobil ini. Wanita yg ingin mobil kecil jg cocok krn mudah parkirnya.
Emang March dgn dimensi kompak dan mesin kecil 1,2L 3cyl lebih pas untuk pemakaian dalam kota krn irit dan lincah.
Biasanya anak muda spt mahasiswa atau yg belum berkeluarga cocok banget pake mobil ini. Wanita yg ingin mobil kecil jg cocok krn mudah parkirnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
fotonya donk om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
Re: Review Nissan March M/T 2010
nice review, gw naksir tp setelah baca review di atas malah pikir2.
- cuma 3 silinder alias lemot
- radius putar pendek sama spt livina ya
- cuma 3 silinder alias lemot
- radius putar pendek sama spt livina ya
A/T vehicle.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
kata salah satu member SM yg juga punya march... FCnya ga seperti yg digembor2kan di iklan...........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Review Nissan March M/T 2010
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
uda orgasm dia disepak sikat2an di 2 forum yg bersamaan........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Nissan March M/T 2010
Kalo wong suroboyo nyebutnya,"Wis setrip, c*k..!"
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Review Nissan March M/T 2010
paling parah sih kang katanya kalau 3 silinder itu mesin agak pincang tapi lebih irit di perawatan karena cuma ganti 3 busi sekaligus kabel businya juga cuma 3 buah hehehhe tapi yah itu agak kesal juga kalau dibawa ke luar kota apalagi sampe bawa muatan penuh bisa ngempos tarikannyaak4ng wrote:kata salah satu member SM yg juga punya march... FCnya ga seperti yg digembor2kan di iklan...........
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
3 cyl atau 4 cyl dng displacement sama, output mesinnya bisa gak beda2 jauh sebenernya, yang beda signifikan itu getarannya. Tapi karena mesin 3cyl itu identik dng mesin cc kecil makanya selalu dicap lemot.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
tp FC nya mirip lho...... pdhl bda 1 silinder......jalu wrote:3 cyl atau 4 cyl dng displacement sama, output mesinnya bisa gak beda2 jauh sebenernya, yang beda signifikan itu getarannya. Tapi karena mesin 3cyl itu identik dng mesin cc kecil makanya selalu dicap lemot.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
kalo displacementnya sama, wajarlah FC bisa mirip2ak4ng wrote:tp FC nya mirip lho...... pdhl bda 1 silinder......jalu wrote:3 cyl atau 4 cyl dng displacement sama, output mesinnya bisa gak beda2 jauh sebenernya, yang beda signifikan itu getarannya. Tapi karena mesin 3cyl itu identik dng mesin cc kecil makanya selalu dicap lemot.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Review Nissan March M/T 2010
setuju sama om jalu,
biar silinder beda tapi kalau volume sama kayanya mirip mirip saja
biar silinder beda tapi kalau volume sama kayanya mirip mirip saja
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
nahh..kecuali 3 cyl yang ini, baru dah beda sama nissan march...
Detroit Diesel 2 stroke model 3-71
Detroit Diesel 2 stroke model 3-71
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
baru tau ada diesel 2 tak...... makin ngebullllll dahh....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Nissan March M/T 2010
musti di confirm ulang ke kak rijal.. apakah itu detroit diesel asli atau buatan cungkwo..
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
sejauh ini blm pernah nemuin detroit diesel cungkwo...yg beredar masih yg asli atau rekondisiDOHC wrote:musti di confirm ulang ke kak rijal.. apakah itu detroit diesel asli atau buatan cungkwo..
tapi kalo caterpillar udah banyak bgt yg cungkwo...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Nissan March M/T 2010
maksutna rekondisi ex cungkuo gitu?jalu wrote:sejauh ini blm pernah nemuin detroit diesel cungkwo...yg beredar masih yg asli atau rekondisiDOHC wrote:musti di confirm ulang ke kak rijal.. apakah itu detroit diesel asli atau buatan cungkwo..
tapi kalo caterpillar udah banyak bgt yg cungkwo...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
kalo menurut toko audio langganan saya, untuk kelas sesama 3cyl (xenia, n karlo & march) nissan march ini yg paling halus getarannya....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Nissan March M/T 2010
getaran mesin atw getaran kabin??jalu wrote:kalo menurut toko audio langganan saya, untuk kelas sesama 3cyl (xenia, n karlo & march) nissan march ini yg paling halus getarannya....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Review Nissan March M/T 2010
getaran di kabinak4ng wrote:getaran mesin atw getaran kabin??jalu wrote:kalo menurut toko audio langganan saya, untuk kelas sesama 3cyl (xenia, n karlo & march) nissan march ini yg paling halus getarannya....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 652
- Joined: Sat May 29, 2010 2:49
Re: Review Nissan March M/T 2010
memang halus koq getarannya, dan soal akselerasi, sudah sangat cukup lah untuk keperluan dalkot di Jakarta. Saya pakainya matic lagi...
lincah, parkir gampang, getaran halus, performa cocok untuk dalkot, FC nya acceptable (yah lama2 acceptable lah).
lincah, parkir gampang, getaran halus, performa cocok untuk dalkot, FC nya acceptable (yah lama2 acceptable lah).
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Review Nissan March M/T 2010
oom everester, sekarang march nya sudah menempuh jarak berapa? konsumsi bbm apakah sudah membaik atawa masih seperti sebelum nya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 652
- Joined: Sat May 29, 2010 2:49
Re: Review Nissan March M/T 2010
doq wrote:oom everester, sekarang march nya sudah menempuh jarak berapa? konsumsi bbm apakah sudah membaik atawa masih seperti sebelum nya?
sudah 9000an dan konsumsi BBM sudah membaik dari kira2 1:10 ke 1:10.7 (menurut trip computer) dengan BBM premium.
Powerfully smooth V6 but boros bensin!