Mutasi gen Grand Cherokee
(26/10/2004) - Saat sejarahnya dimulai 60 tahun lalu sebagai kendaraan yang sangat sederhana, basic transport dengan tampang brutal, Jeep sukses menjalankan fungsinya untuk menggeser pasukan dan supplies Sekutu di Perang Dunia II.
Ketika perang usai, Jeep berevolusi menjadi kendaraan sipil yang tetap mengabaikan kenyamanan tapi menjamin bisa kemana saja, kapan saja. Ketika namanya mendunia dan tuntutan konsumen makin beragam, Jeep terus berimprovisasi. Mulai dari 1984 ketika SUV Jeep Cherokee diperkenalkan, Jeep masuk ke level yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dengan menawarkan dua baris kursi dan ruang bagasi luas, serta kenyamanan AC, power windows, Cherokee sontak sukses.
Delapan tahun kemudian, keluarga Jeep bertambah lagi dengan varian SUV yang lebih besar, lebih mewah, Grand Cherokee. Kursi kulit, mesin V-8, sistem penggerak 4WD canggih langsung menyedot perhatian konsumen. Sejak saat itu, Jeep tidak lagi identik dengan Wrangler.
Sejumlah penyempurnaan dilakukan pada generasi kedua Grand Cherokee (1999-2004), namun sesaat setelah itu, konsumen menuntut lebih. Pembeli yang berorientasi keluarga, menuntut karakater handling seperti sedan dan interior yang lega, sesuatu yang jelas-jelas tidak dimiliki Jeep.
Bergabungnya Daimler-Benz dengan Chrysler, sedikit banyak mempengaruhi DNA Jeep. Insinyur Jeep mulai lagi dari awal membangun flagship Jeep. Hasilnya, 2005 Grand Cherokee, kombinasi ideal kenyamanan sedan mewah dan kapabilitas off-road luarbiasa.
Memang banyak SUV yang menawarkan kemewahan setara sedan mewah. Tapi yang dikombinasikan dengan kemampuan off-road serius, tidaklah banyak.
2005 Grand Cherokee tetaplah Jeep sejati. Eksteriornya menegaskan itu. Disainernya menghabiskan banyak waktu di terowongan udara untuk mengurangi road and wind noise. Sosoknya berotot, kotak dengan belt line tinggi dengan mengurangi proporsi kaca terhadap body. Lebih tegas lagi, lampu bulat dan radiator grille tujuh batang tetap dipertahankan.
Pilihanya tetap seperti dulu, Laredo dan Limited. Mesin V6 standar pada Laredo, sedangkan Limited V8, plus in-dash six-disc CD changer dan two-tone leather interior trim. Option-nya pemanas kursi, side curtain airbags, rear-seat DVD entertainment, satellite radio dan off-road package
Barangkali perubahan paling revolusioner adalah kabin, dimana sumbangsih Daimler makin nyata sosoknya. Kursi nyaman yang mendukung postur tubuh pengendara berkualitas tinggi, jauh beda dari pendahulunya. Panel dashboard dan pintu dibuat dari plastik lembut bertekstur dengan warna two-tone. Panel instrumen dengan ilumninasi LED memasok informasi secara kontinyu. Konsol dan panel pintu dengan bantalan lebih tebal agar lebih nyaman dan awet. Tombol stereo mudah dioperasikan.
Sepanjang apapun deretan fitur-fitur kenyamanan dan kemewahan, tidak berarti bila tetap di pasang pada platform lama. Karena itulah Jeep merancang kembali dari nol. Grand Cherokee kini bertumpu pada konstruksi unibody daripada platform body-on-frame yang dulu. Pilihan ini karena platform unibody bisa dibuat lebih kaku dan lebih ringan.
Pendekatan yang juga dilakukan SUV mewah lainnya, khususnya dari Eropa, pada kenyataanya tidak mengurangi ketahanannya di medan terjal. Suspensi depan independen kini jadi standar pada model 4WD dan ini yang pertama dalam sejarah Jeep. Dibelakang, five-link menawarkan kemampuan suspensi belakang melibas jalanan kasar lebih baik dari pendahulunya sekaligus tetap mulus dijalan raya.
Dan Jeep tetap mempertahankan sistem penggerak empat rodanya yang perkasa.Grand Cherokee punya tiga pilihan. Laredo dilengkapi dengan full-time all-wheel-drive yang disebut Quadra-Trac. Sistem ini memberikan cengkraman optimal di aspal maupun tanah dengan mengaplikasikan kontrol traksi bila ada gejala slip.
Satu tingkat diatasnya adalah Quadra-Trac II yang jadi optional Laredo dan standar pada Limited. Sama-sama All-Wheel-Drive plus two-speed transfer case yang dikontrol lewat tombol di dashboard. Option ketiga adalah Quadra-Drive II. Ini disebut-sebut sebagai sistem 4WD off-road terbaik yang ada saat ini. Quadra-Drive jadi option untuk Limited. Sistem ini menggunakan kopling yang dikontrol secara elektronik untuk mengunci setiap roda secara independen, tergantung roda mana yang memiliki traksi. Ini memungkinkan 100 persen tenaga dikirim ke satu roda, bila tiga roda lainya kehilangan traksi. Sistem ini juga dilengkapi dual-range gearing dan stability control.
Namun Jeep memensiunkan mesin lama 4.0 liter inline enam silinder dan menggantinya dengan 3.7 liter V6 seperti yang digunakan Jeep Liberty. Mesin ini memproduksi 210hp dan 235 lb-ft torsi yang cukup untuk Laredo sehari-hari. Pilihan lain adalah 4.7 liter V-8 pada Limited. Mesin ini sudah digunakan Grand Cherokee sejak 1999, namun di upgrade hingga versi 2005 dapat memproduksi 230hp dan 290 lb-ft.
Bagi maniak power, ada pilihan mesin 5.7 liter Hemi V8 yang terbukti di Dodge Ram hingga Chrysler 300C. Monster ini memproduksi 300hp dan 375 lb-ft. Mesin ini dilengkapi dengan Multi Displacement System dimana seluruh silinder bekerja bila memang dibutuhkan power tinggi. Jika tidak hanya empat silinder saja yang beroperasi. Ketiga mesin ini dipasangkan dengan transmisi 5AT yang digerakkan secara manual.
Mutasi gen Grand Cherokee
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Mutasi gen Grand Cherokee
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Itu cuma sekedar iklan bung.campoeran wrote:beneran pak
Itulah bedanya iklan di luar negeri dengan iklan di Indonesia. Iklan-iklan di luar negeri itu banyak sekali yg sangat kreatif. Apa yg dianggap kreatif di Indonesia itu di luar negeri cuma dianggap biasa, ato malahan ternyata cuma "jiplakan" doang, karena nyolong ide iklan dari luar negeri.
Lihat saja iklan-iklan kreatif spt yg pernah gue post beberapa waktu yg lalu:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=828
Dan:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=940
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kalo soal manjat gedung, Daimler-Chrysler juga pernah mngerek Mercy A-Class di tembok gedung di Jakarta. Promosi tsb buat merayakan tahun baru (saya lupa tahun brp, sekitar 1999-2000). Tiap hari tuh Mercy dikatrol hinnga akhirnya pas new year udah sampai di puncak.................keren juga sih lihatnya.......apalagi kalo malam, lampu2 Mercynya nyala...............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Gbrnya ada disini.. http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=1393campoeran wrote:eh aku baca koran jawa pos kira2 4 hari lalu
gua liat berita cherokee 2005 bisa manjat gedung ya??
ada gambarnya loh
masak sih betulan??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven