minta bantu analisis hasil cek emisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
minta bantu analisis hasil cek emisi
senior skalian,
saya habis cek emisi di beres. Niatnya sih sama bersihin injector. Tp kata CSnya g usah dibersihin,kalo dibuka takutnya sealnya pada pecah.
Ya akhirnya cm cek emisi aja.
Berikut hasilnya :
Hsl uji emisi
CO: 0,19%
HC: 128ppm
C2: 10,8%
O2: 3.76%
Lambda: 1217
AFR: 17,9
H/C: 1.8500
O/C: 0.0000
mobil : corabs 94
Kata si CS sih emisinya bagus,tp bbmnya jelek.
Nah,yg saya tau sih smua msh dbawah ambang batas, tp saya g mudeng arti dr angka2 tsb. Ada yg bisa bantu bacakan?
Trims sblmnya
Regards
saya habis cek emisi di beres. Niatnya sih sama bersihin injector. Tp kata CSnya g usah dibersihin,kalo dibuka takutnya sealnya pada pecah.
Ya akhirnya cm cek emisi aja.
Berikut hasilnya :
Hsl uji emisi
CO: 0,19%
HC: 128ppm
C2: 10,8%
O2: 3.76%
Lambda: 1217
AFR: 17,9
H/C: 1.8500
O/C: 0.0000
mobil : corabs 94
Kata si CS sih emisinya bagus,tp bbmnya jelek.
Nah,yg saya tau sih smua msh dbawah ambang batas, tp saya g mudeng arti dr angka2 tsb. Ada yg bisa bantu bacakan?
Trims sblmnya
Regards
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
CO = makin tinggi campuran bensin terlalu "kaya" >>> setelan karbu / ECU terlalu kaya
HC = makin tinggi makin banyak bensin atau oli yg tidak terbakar >>> busi / coil lemah atau oli terbakar
CO dan HC tinggi = catalic converter / sensor rusak
Lambda = mirip AFR. Bila AFR = 14:1, lambda = 1000.
AFR = perbandingan volume udara vs bensin yang lewat karbu / throttle body .... paling bagus 14 : 1 (stokiometris)
Mobil bro lolos uji emisi dan cukup irit. Kenapa dibilang BBM jelek, aku kagak tahu ....
NB : itu CO 1,9% kali ya?
HC = makin tinggi makin banyak bensin atau oli yg tidak terbakar >>> busi / coil lemah atau oli terbakar
CO dan HC tinggi = catalic converter / sensor rusak
Lambda = mirip AFR. Bila AFR = 14:1, lambda = 1000.
AFR = perbandingan volume udara vs bensin yang lewat karbu / throttle body .... paling bagus 14 : 1 (stokiometris)
Mobil bro lolos uji emisi dan cukup irit. Kenapa dibilang BBM jelek, aku kagak tahu ....
NB : itu CO 1,9% kali ya?
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
COnya 0,19%. Suer deh. Dibilang sama CS BeRes BBM jelek krn kadar H2O sama O2 kebesaran.
Nah,masalah irit mengirit nih. Abis dr beres trus ganti ban plus spoo-bal. Harusnya lbh irit.
Biasanya pkanbaru-bengkalis via jalintim bisa dpt 1:12. Ini kmrn malah 1:9. Apa krn rpmnya ketinggian ya?soalnya idle 1100. Gigi 1 dari berhenti lepas kopling tanpa injek gas mobil jalan,g ngelitik.
Nurunin RPMnya utk mesin EFI pake ISC ya?
Nah,masalah irit mengirit nih. Abis dr beres trus ganti ban plus spoo-bal. Harusnya lbh irit.
Biasanya pkanbaru-bengkalis via jalintim bisa dpt 1:12. Ini kmrn malah 1:9. Apa krn rpmnya ketinggian ya?soalnya idle 1100. Gigi 1 dari berhenti lepas kopling tanpa injek gas mobil jalan,g ngelitik.
Nurunin RPMnya utk mesin EFI pake ISC ya?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Dec 27, 2010 6:00
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
Bantu dikit ya, kl menurut pemda DKI CO max 4%, HC 1200 ppm,O2 < 1% (teorinya kl pembakaran bagus maka oksigen akan terbakar habis) kl diatas 3% artinya bisa jadi ada kebocoran di knalpot atau biasa disebut pembakaran mentah.aburaza wrote:senior skalian,
saya habis cek emisi di beres. Niatnya sih sama bersihin injector. Tp kata CSnya g usah dibersihin,kalo dibuka takutnya sealnya pada pecah.
Ya akhirnya cm cek emisi aja.
Berikut hasilnya :
Hsl uji emisi
CO: 0,19%
HC: 128ppm
C2: 10,8%
O2: 3.76%
Lambda: 1217
AFR: 17,9
H/C: 1.8500
O/C: 0.0000
mobil : corabs 94
Kata si CS sih emisinya bagus,tp bbmnya jelek.
Nah,yg saya tau sih smua msh dbawah ambang batas, tp saya g mudeng arti dr angka2 tsb. Ada yg bisa bantu bacakan?
Trims sblmnya
Regards
Btw, agak kurang ngeh dengan hasil ini yaitu C2=10.8%. Artinya C2 ini apa ya? Apakah CO2 maksudnya?? Agak susah juga bacanya kalo belum jelas semuanya. Semoga membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
@om ferry, iya, saya salah ketik. Harusnya CO2.Hehe.
Btw kalo kbocoran knalpotnya di bagian resonator wajar g O2nya sgitu?
Btw kalo kbocoran knalpotnya di bagian resonator wajar g O2nya sgitu?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
angkat lagi ahh tret lama.... barusan abis servis si ipah... nekat pake oli 10W-30 padahal odo uda 100rebu... ganti busi, semprot carbjet, ganti filter oli, ama bersihin filter bensin.... iseng2 skalian cek emisi..
sblom servis dapet nya : (kondisi ac mati)
- CO = 0.93 %
- HC = 123 ppm
- CO2 = 13.6 %
- O2 = 0.31 %
- lambda = 0.981
- AFR = 14.4
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
sesudah servis smua nya.... dicek lagi dan dapet nya : ( kondisi ac nyala)
- CO = 0.40 %
- HC = 174 ppm
- CO2 = 12.6 %
- O2 = 0.42 %
- lambda = 1.000
- AFR = 14.7
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
rekan2 SMers ada yg bisa bantu ane terjemahin ??
sblom servis dapet nya : (kondisi ac mati)
- CO = 0.93 %
- HC = 123 ppm
- CO2 = 13.6 %
- O2 = 0.31 %
- lambda = 0.981
- AFR = 14.4
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
sesudah servis smua nya.... dicek lagi dan dapet nya : ( kondisi ac nyala)
- CO = 0.40 %
- HC = 174 ppm
- CO2 = 12.6 %
- O2 = 0.42 %
- lambda = 1.000
- AFR = 14.7
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
rekan2 SMers ada yg bisa bantu ane terjemahin ??
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
klep. pake Carb jet yang di semprot di throtle kan?
waktu habis di smprot itu msin udah di geber2 belom tuh sampe bahan pembersihnya ilang??? soalnya bahan pembersih ruang bakar gitu kalo masih ada sisa pas test emisi suka bikin emisi tinggi loh, ane pernah test waktu temen ane bikin skripsi. gk tanggung2 langsung maksimal semua angkanya.
soalnya ane rada bingung kok HC ente kena tinggi ya setelah di Service? setau ane HC itu bahan bakar mentah yang gk kebakar kan ya?
waktu habis di smprot itu msin udah di geber2 belom tuh sampe bahan pembersihnya ilang??? soalnya bahan pembersih ruang bakar gitu kalo masih ada sisa pas test emisi suka bikin emisi tinggi loh, ane pernah test waktu temen ane bikin skripsi. gk tanggung2 langsung maksimal semua angkanya.
soalnya ane rada bingung kok HC ente kena tinggi ya setelah di Service? setau ane HC itu bahan bakar mentah yang gk kebakar kan ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
betul mar... carbjet yg disemprot di throttle itu...
uda di geber2 sehh ampe asep putih nya ilang... nahh aneh nya selaen HC nya, yg laen nya tuh rendah smua dibanding sblom service...
uda di geber2 sehh ampe asep putih nya ilang... nahh aneh nya selaen HC nya, yg laen nya tuh rendah smua dibanding sblom service...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
kyknya sisa Carb Jet belom ilang smua deh, coba aja ente gebe dulu sono ke tol dalkot high RPM 2 kali puteran aja. trus ente test lagi ada perubahan gk tuh emisi. hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
ahh kmaren gt kluar bengkel lgs ane geber koq... gigi 1 -3 ane tarik ampe 6000 rpm... diulangi 2 kali puteran jg mustinya uda ilang smua tuh...




numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
kalo dari campuran bbm+udara, hasil diatas sudah ideal (secara teori), 14.7 udara (massa) dan 1 bagian bbm (massa), (1 lambda = AFR 14,7:1) itu sudah angka ideal untuk mesin gasolineDOHC wrote:angkat lagi ahh tret lama.... barusan abis servis si ipah... nekat pake oli 10W-30 padahal odo uda 100rebu... ganti busi, semprot carbjet, ganti filter oli, ama bersihin filter bensin.... iseng2 skalian cek emisi..
sblom servis dapet nya : (kondisi ac mati)
- CO = 0.93 %
- HC = 123 ppm
- CO2 = 13.6 %
- O2 = 0.31 %
- lambda = 0.981
- AFR = 14.4
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
sesudah servis smua nya.... dicek lagi dan dapet nya : ( kondisi ac nyala)
- CO = 0.40 %
- HC = 174 ppm
- CO2 = 12.6 %
- O2 = 0.42 %
- lambda = 1.000
- AFR = 14.7
- H/C = 1.8500
- O/C = 0.0000
rekan2 SMers ada yg bisa bantu ane terjemahin ??
bener...HC ini emisi bahan bakar yang tidak terbakar habis oleh siklus pembakaran mesin
pada umumnya, yg menyebabkan HC tinggi:
1. Sistem exhaust
2. AFR tidak tepat
3. System pembakaran di mobil tidak optimum
Meskipun AFR dan pembakaran mobil sudah dikatakan "ideal", tetap aja secara teori, bahan bakar tidak 100% terbakar habis, ada sekian persen yg nyisa dan keluar sebagai emisi. Untuk itu, berusaha cara diterapkan untuk mengurangi emisi HC ini, salah satunya adalah "menyaring" atau "membakar ulang" gas buang ini.
Cara yg umumnya dipakai saat ini untuk proses after-burn ini, produsen menambahkan catalytic converter untuk "membakar ulang" sisa HC dari pembakaran mesin tadi supaya lebih minim lagi
Setau saya sih, mobil tanpa catalytic converter, meskipun pembakaran dan AFR sudah ideal dan pakai injeksi, HC masih relatif tinggi...masih bisa tembus 500ppm
Dgn adanya catalytic converter tadi, HC tadi di "bakar ulang", dan emisi HC-nya harusnya sudah dibawah 200ppm
cmiiw
kalo ga salah, ambang batas HC untuk mobil sebelum dan sesudah keluaran tahun 2007, rasanya juga beda kok...ini mungkin berkaitan dengan peraturan kalau mobil keluaran 2007 keatas sudah mesti EURO2, salah satunya dengan penambahan catalytic converter yg salah satu fungsinya menekan emisi HC
jadi dilihat aja meneer, kalo ipah-nya belum pakai catalytic converter, angka HC 175ppm, masih masuk "normal", tapi kalo sudah pakai catalytic converter, angka itu memang ketinggian, harusnya sih sekitar 50-100ppm
ok...misalnya kalo mobilnya sudah pakai catalytic converter dan kondisinya masih bagus...trus AFR juga ideal (14,7:1), tapi emisi HC tetap tinggi...biasanya ini karena kinerja pembakaran mesin sudah tidak optimal
mungkin ada problem misfiring, busi ga bagus, kelistrikan pengapian ga bagus, timing pengapian ga sesuai kondisi bbm, kebocoran intake...dsb, dsb, dsb...hal2 yg mengakibatkan pembakaran ga sempurna
dan emisi HC yang tinggi ini juga lambat laun akan merusak catalytic converter (membuat catalytic converter overheat, karena emisi HC yang keluar dari exhaust pembakaran nilainya terlalu tinggi dan sudah ga bisa ditoleransi lagi)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
wahhh klupaan baca postingan meneer imsus... thanks om.... btw ipah ane mahh masi gen1... tanpa CC...
btw ane baru aja ketemu artikel penjelasan ttg hasil analysis gas emisi... ane copas ke sini dehh...
CO menunjukkan efisiensi pembakaran di dalam silinder.â€ÂPembakaran mesin injeksi yang efisien berkisar antara 0,2-1,5% dengan nilai ideal 0,5%.
Sedangkan karburator 1-3,5% dengan nilai ideal 1-2%. Jika ternyata angka CO diukur nilai ideal, artinya perlu dilakukan beberapa pemeriksanaan. kemungkinan bisa beragam, mulai dari karburator/injector/ filter udara kotor, choke
karburator menutup, hingga sampai kebocoran kompresi akibat klep.
CO2 menunjukkan hasil pembakaran di dalam mesin. Angka idealnya harus diatas
12%. Semakin tinggi nilainya, makin baik pembakaran yang terjadi. Artinya,
energi yang dibakar pun makin banyak. Bila nilai CO2 di bawah 12% ada beberapa hal yang harus disesuaikan, seperti campuran bahan bakar dengan udara kurang
tepat atau ruang bakar yang kotor. HC mengindikasikan sisa bensin yang terbuang bersama asap knalpot. Nilai idealnya tak boleh melebihi 300 ppm. Bila melenceng
dari nilai ini dapat berakibat tenaga mesin loyo dan boros konsumsi bahan bakar. Periksa kompresi di ruang bakar dan system pengapian. O2 yang terlalu banyak keluar dari sisa gas buang menandakan proses pembakaran di mesin tidak efisien. Nilainya tak boleh lebih dari 2%. Jika kelebihan, artinya ada kebocoran di system gas buang atau Setelan bahan bakar terlalu irit. Semakin dekat nilai O2 ke angka 0, maka semakin baik proses pembakaran yang terjadi. Nilai Lambda berkaitan dengan perbandingan antara
campuran udara dan bahan bakar yang terbuang lewat asap knalpot. Nilai idealnya
1. Jika lebih besar dari 1, artinya setelan bahan bakar irit. Jika lebih dari
1,1, berarti bahan bakar terlalu irit. Sedangkan saat lambda kurang dari 0,95,
menandakan bahan bakar boros. Saat kurang dari 0,85, artinya bahan bakar
terlalu boros.
btw ane baru aja ketemu artikel penjelasan ttg hasil analysis gas emisi... ane copas ke sini dehh...
CO menunjukkan efisiensi pembakaran di dalam silinder.â€ÂPembakaran mesin injeksi yang efisien berkisar antara 0,2-1,5% dengan nilai ideal 0,5%.
Sedangkan karburator 1-3,5% dengan nilai ideal 1-2%. Jika ternyata angka CO diukur nilai ideal, artinya perlu dilakukan beberapa pemeriksanaan. kemungkinan bisa beragam, mulai dari karburator/injector/ filter udara kotor, choke
karburator menutup, hingga sampai kebocoran kompresi akibat klep.
CO2 menunjukkan hasil pembakaran di dalam mesin. Angka idealnya harus diatas
12%. Semakin tinggi nilainya, makin baik pembakaran yang terjadi. Artinya,
energi yang dibakar pun makin banyak. Bila nilai CO2 di bawah 12% ada beberapa hal yang harus disesuaikan, seperti campuran bahan bakar dengan udara kurang
tepat atau ruang bakar yang kotor. HC mengindikasikan sisa bensin yang terbuang bersama asap knalpot. Nilai idealnya tak boleh melebihi 300 ppm. Bila melenceng
dari nilai ini dapat berakibat tenaga mesin loyo dan boros konsumsi bahan bakar. Periksa kompresi di ruang bakar dan system pengapian. O2 yang terlalu banyak keluar dari sisa gas buang menandakan proses pembakaran di mesin tidak efisien. Nilainya tak boleh lebih dari 2%. Jika kelebihan, artinya ada kebocoran di system gas buang atau Setelan bahan bakar terlalu irit. Semakin dekat nilai O2 ke angka 0, maka semakin baik proses pembakaran yang terjadi. Nilai Lambda berkaitan dengan perbandingan antara
campuran udara dan bahan bakar yang terbuang lewat asap knalpot. Nilai idealnya
1. Jika lebih besar dari 1, artinya setelan bahan bakar irit. Jika lebih dari
1,1, berarti bahan bakar terlalu irit. Sedangkan saat lambda kurang dari 0,95,
menandakan bahan bakar boros. Saat kurang dari 0,85, artinya bahan bakar
terlalu boros.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
Brarti pengukuran di corabs saya ngaco ya? Co dibawah 0,2%
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
angkat trit lama ah, mau nanya.
Barusan servis di beres, dpt angka cek emisi, iseng2 bandingin dengan emisi setahun yg lalu:
Hasil th lalu:
CO: 00.02, CO2: 14.33, HC: 0027, O2: 00.36, lambda: 1.02
Hasil hari ini:
CO: 00.50, CO2: 12.69, HC: 0086, 02: 02.23, lambda: 1.12
(satuannya ngga ada tulisannya di lembar tes)
CO dan O2 nya naik tinggi, apa ada kebocoran di knalpot?
catatan: th lalu masih pake CC, saat ini ganti header, tanpa CC
Barusan servis di beres, dpt angka cek emisi, iseng2 bandingin dengan emisi setahun yg lalu:
Hasil th lalu:
CO: 00.02, CO2: 14.33, HC: 0027, O2: 00.36, lambda: 1.02
Hasil hari ini:
CO: 00.50, CO2: 12.69, HC: 0086, 02: 02.23, lambda: 1.12
(satuannya ngga ada tulisannya di lembar tes)
CO dan O2 nya naik tinggi, apa ada kebocoran di knalpot?
catatan: th lalu masih pake CC, saat ini ganti header, tanpa CC
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: minta bantu analisis hasil cek emisi
^^^
Kalau cc dilepas, ya mestinya emisi jadi memburuk pak
Kalau cc dilepas, ya mestinya emisi jadi memburuk pak
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking