[ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2920
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut » 14 Jun 2019, 16:51

permanaeza wrote:
13 Jun 2019, 23:51


betul suhu marmut 1 set (kampas,matahari,drek laher) + seal kruk as + seal & per master kopling bawah (jaga2 aja) biar sekalian,pas diganti kata montirnya masih bagus flywheelnya..tp itu secara kasat mata aja kan..yg bener kan diukur pake alat ukur dial gauge,sya terpaksa kudu bongkar lagi karena takut umur kopling set sy gak lama jebol lagi,kalo dr kualitas sy yakin kualitas nya karena beli langsung di dealer honda nya...
apakah flywheel bs dibubut sj...or hrs ganti?
apakah ada kemungkinan lain semisal input shaft sudah tidak center?

alangkah baiknya memang diukur dengan dial gauge saat bongkar transmisi, supaya jelas kondisi flywheel seperti apa.
tapi jika diraba dengan tangan dan periksa visual permukaan flywheel (yang bersinggungan dengan plaat kopling) masih rata, ya berarti aman.

flywheel bisa dibubut untuk diratakan permukaannya dengan syarat si flywheel-nya masih dalam keadaan bagus tidak peyang / meleyot.

mobil dipakai untuk keperluan harian? tidak perlu hawatir input shaft. bergetar saat lepas kopling pertama umumnya dari clutch cover atau dari damper di plat kopling (bisa per atau karet), atau bisa juga keduanya. kemungkinan terakhir baru dari flywheel.
pipes - cigars - coffee

ZEXELGRIFONE
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by ZEXELGRIFONE » 15 Jun 2019, 08:33

DOHC wrote:
14 Jun 2019, 09:04
ZEXELGRIFONE wrote:
14 Jun 2019, 08:46
Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2920
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by marmut » 15 Jun 2019, 09:22

ZEXELGRIFONE wrote:
15 Jun 2019, 08:33

Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

ganti kabel kopling saja dulu, harganya juga nggak seberapa dibanding kalau putus mendadak ditengah jalan.... pengerjaannya juga nggak sulit, bisa dilakukan sendiri dirumah.
pipes - cigars - coffee

outlaw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 14 Nov 2012, 08:46

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by outlaw » 15 Jun 2019, 10:16

ZEXELGRIFONE wrote:
15 Jun 2019, 08:33
DOHC wrote:
14 Jun 2019, 09:04
ZEXELGRIFONE wrote:
14 Jun 2019, 08:46
Sekalian nanya boleh yaa..

Kemaren pas mudik, diminta setirin mobil adek ipar (wuling confero s).. pedal koplingnya enak, enteng dan empuk..

Nah jadi kepikiran mobil ortu dirumah, Xenia 2011 MT.. injekan pedal koplingnya agak berat.. Dan kayaknya blum pernah turun kopling (beli sekend),
Nah biar injekan pedal kopling Xenia ortu enteng gimana yak? Apanya yg kudu diservis?
Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

Bisa jg karena pegas di plat tekan / matahari / dekrup sdh mengeras akibat umur pemakaian dan panas om...ini berdasar pengalaman mobil nubie dulu ....kalo ga mau ganti dekrup coba modif tuas kopling yg di girbox transmisi...tuas aga di perpanjang sedikit/disambung entah bagaimana caranya....atau ada yg jual kit peringan kopling yg sdh tinggal PnP bs jd pilihan ....yg penting fungsi jg keamanan dn kekuatan terjamin, kosekuensi... paling pas injak kopling hrs dlm krn langkah berkurang / tuas lbh panjang tp lbh enteng.

ZEXELGRIFONE
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 479
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by ZEXELGRIFONE » 16 Jun 2019, 09:54

outlaw wrote:
15 Jun 2019, 10:16
ZEXELGRIFONE wrote:
15 Jun 2019, 08:33
DOHC wrote:
14 Jun 2019, 09:04


Faktor kupling enteng berat bsa bnyak macem, mekanisme either kabel sling baja atau hidrolik, per matahari, ukuran diameter flywheel dsb dsb... laen mobil laen karakter, di ipah ane plaat kupling nya awet bener, bsa 100 rebu km masi tebel dan ngegigit, tp ntuh pedal ud keras nya minta ampun, ad lg lipina ane dl, 90 rebu jg masi enteng tp ud selap selip plaat nya..

Tp kl avanxenia sehh setau ane yg seri masi pake kabel sling baja rata2 pd keras, agak mendingan stelah yg pake hidrolik..

Btw mbah marmut mana nehh.. mbah, perlu pencerahan nehh
Thank u pencerahannya om..
Mungkin ganti kabel sling nya dulu kali ya? Sekalian di cek dan lumasin parts2 yg berhubungan itu.

Bisa jg karena pegas di plat tekan / matahari / dekrup sdh mengeras akibat umur pemakaian dan panas om...ini berdasar pengalaman mobil nubie dulu ....kalo ga mau ganti dekrup coba modif tuas kopling yg di girbox transmisi...tuas aga di perpanjang sedikit/disambung entah bagaimana caranya....atau ada yg jual kit peringan kopling yg sdh tinggal PnP bs jd pilihan ....yg penting fungsi jg keamanan dn kekuatan terjamin, kosekuensi... paling pas injak kopling hrs dlm krn langkah berkurang / tuas lbh panjang tp lbh enteng.
Thank u om..
Klo modif2an, maaf kurg sreg om..

Mungkin emang udah waktunya ditengok transmisinya (meskipun fungsi masih berasa normal), tapi blum ada bujet :D

User avatar
Rasuano
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 31 Jan 2019, 21:18
Location: Bandung - Jakarta

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by Rasuano » 18 Jun 2019, 17:55

Suhu2 saya mau tanya, selain gaya mengemudi, apakah settingan pedal kopling juga mempengaruhi usia pakai kopling set?

Mobil saya dari baru udah saya set tinggi, mobil baru jalan kalo pedal dilepas kira2 80% dr full, dan hampir tidak ada freeplay. Skrng mobil usia 2 tahun odo masuk 60.000 blm ada ciri kopling tewas sih.
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi » 19 Jun 2019, 10:17

Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om

P47hos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos » 19 Jun 2019, 14:06

supriyadi wrote:
19 Jun 2019, 10:17
Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi » 19 Jun 2019, 15:20

P47hos wrote:
19 Jun 2019, 14:06
supriyadi wrote:
19 Jun 2019, 10:17
Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp
Oli pake Nissan punya. Ganti di km 50 rban. Waktu ganti kemarin ada 3 botol/3 lt, tapi kayaknya gak masuk semua. Mungkin 2.8 lt lah. Kata Om DOHC jangan kepenuhan nanti berat katanya.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC » 19 Jun 2019, 17:16

kl gearbox OGL ama ANGL masi sama, mustinya sehh ga mungkin bsa masuk 3 liter, kcuali pas di masukin, posisi mobil di dongkrak ngedongak..
tp kl posisi mobil datar, ane dl perna ganti sendiri cuman masuk 2.5an lebi dikit doank..

mustinya sehh abis diganti lebi smooth, kcuali sistem kupling nya ad masalah, dan kl ganti gigi bukannya emang harus injek full yah.. kl kondisi kupling sehat ama minyak MTF bagus, sebenernya lipindut manual enak koq, ganti gigi nya presisi dan jarak travel nya pendek2.. enak buat nyetir sruntulan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

supriyadi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by supriyadi » 19 Jun 2019, 18:58

DOHC wrote:
19 Jun 2019, 17:16
kl gearbox OGL ama ANGL masi sama, mustinya sehh ga mungkin bsa masuk 3 liter, kcuali pas di masukin, posisi mobil di dongkrak ngedongak..
tp kl posisi mobil datar, ane dl perna ganti sendiri cuman masuk 2.5an lebi dikit doank..

mustinya sehh abis diganti lebi smooth, kcuali sistem kupling nya ad masalah, dan kl ganti gigi bukannya emang harus injek full yah.. kl kondisi kupling sehat ama minyak MTF bagus, sebenernya lipindut manual enak koq, ganti gigi nya presisi dan jarak travel nya pendek2.. enak buat nyetir sruntulan..
Sebelum ganti oli transmisi memang harus injak full tapi nggak sampe kandas, sekarang setelah ganti oli kopling terasa ringan & injak pedal langsung mentok ke lantai terasa bunyi duk gitu. Dan kadang, gak sering sih, oper dari 2 ke 3 nyangkut sampe bunyi deerrt, terpaksa balik ke 2 kalo nggak netralin baru injek kopling oper ke 3 lagi. Ok deh besok cek aja ke bengkel buat pastiin

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16705
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by DOHC » 19 Jun 2019, 20:22

Mustinya oli mtf ga ngaruh ke feeling pedal kopling seh om..

Oli mtf biasanya kl jelek berasa nya pas mindahin gigi, berasa seret, tp kl kopling masi bagus yah biar seret tp tetep bsa masuk gigi

Btw jaalur2 oli kupling aman ?, ad rembes2 ga d pipa2 nya, ama sambungan nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

P47hos
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: 16 Feb 2018, 21:23
Location: Kalimantan

Re: [ Gejala Rusak pada Kopling (Manual) ... ]

Post by P47hos » 19 Jun 2019, 21:11

supriyadi wrote:
19 Jun 2019, 15:20
P47hos wrote:
19 Jun 2019, 14:06
supriyadi wrote:
19 Jun 2019, 10:17
Mau nanya nih Om. Mobil saya kalo oper gigi kadang nyangkut padahal kopling dah injak full. Kejadian biasanya pas kecepatan 30-40 oper dari gigi 2 ke 3. Kalo lagi laju gak masalah. Satu lagi kok pedal kopling sampe mentok ke lantai, padahal kemarin sebelum ganti oli transmisi nggak kayak gini. Ada pengaruh dari ganri oli transmisi kemarin gak ya. O iya mobil livina 2014
Thank pencerahannya Om
Oli transmisi pake apa? Diisi brp liter? Kilometer brp
Oli pake Nissan punya. Ganti di km 50 rban. Waktu ganti kemarin ada 3 botol/3 lt, tapi kayaknya gak masuk semua. Mungkin 2.8 lt lah. Kata Om DOHC jangan aàkepenuhan nanti berat katanya.
Ga ada yg aneh sih. Saya jg ganti per 50rb km, Oli transmisi biasa 2.5 an aja tp selisih 300 CC harusnya ga signifikan. Pengalaman saya dgn kopling Livina (OGL 2008) 50rb km ganti oli, 98rb master atas jebol, sebelum jebol ada bunyi nyut2/duk klo diinjek, lgs ganti 1 set kopling soalnya bongkar semua jd sekalian diganti drpd ntar bongkar ulang, cuma problem saya suara Kerr.. nya jd agak lebih nyaring dibanding sebelumnya. Tp secara fungsi tidak ada masalah, transmisi smooth, enteng.

Post Reply