kapsul 97 wrote:nomor 1 --> yup Oom... ^_^
Nomor 3 --> ga terlalu merhatikan juga Oom, tapi pilot bearing memang bisa menimbulkan bunyi seperti poin nomor 1 ?
nomor 4 --> kalu bandingin dengan kijang lain belum sich, tapi cukup terasa, misal kalu lagi gigi 2, RPM 3000 itu biasanya dah nyampe 40km/jam, tapi ini paling top 35km/jam. Kalu mesin sepertinya tidak ada masalah Oom, kalu kopling slip itu seperti apa ya Oom? plat koopling nemper gitu ?
dulu pernah sempet (tapi sekali-kali nya itu), jalan tengah hari bolong panas gi bawa di tol bau plat kopling gitu tercium sampe dalam kabin ...
mohon pencerahannya kembali ...
pilot bearing bs menimbulkan bunyi, namanya bearing kan bantalan putar, dan pilot bearing adalah tumpuan dr input shaft transmisi ke flywheel.
dari gejala turunnya kecepatan di rpm yg sama, ini ada indikasi kopling slip. Pengertian slip adalah terjadi loss/kerugian putaran, jadi misalkan flywheel sudah berputar X rpm tetapi input shaft transmisi berputar kurang dr X rpm, seharusnya putaran keduanya tetap sama krn kopling kering efisiensinya 100%. berikut beberapa gejala kopling slip :
1. kecepatan menurun di rpm yg sama (seperti pada kasus mas kapsul)
2. saat akselerasi kuat, kenaikan kecepatan tidak seimbang/linear dng naiknya putaran mesin
3. ditanjakan/beban berat terasa ngeden/sulit berakselerasi, padahal mesin sudah meraung
4. kalo sudah parah,mobil hanya bs bergerak pelan meski mesin sudah digeber dan diberbagai posisi gigi percepatan
5. yg terparah, mbl tidak bergerak sama sekali, padahal sudah masuk gigi dan kopling dilepas
untuk menguji kopling ada beberapa metode, yg umum dipraktekan adalah posisi mbl diam, lalu tarik rem tangan sekuatnya....injak kopling lalu masuk gigi 2...lepas kopling perlahan dan perhatikan mesin :
1. jika mesin tetap hidup, maka ini indikasi jelas kopling selip
2. jika mesin mati, jangan senang dulu.....coba lg metode yg sama tapi dng gigi 1, jika pd gigi 1 mesin jg mati, berarti kopling msh bagus, tapi jika pada gigi 1 mesin tidak mati/bergetar hampir mati....ini pertanda kopling mulai slip meski blm parah.
kejadian bau sangit kopling itu akibat gesekan yg cukup lama antara kampas plat kopling dng flywheel & pressure plate, ini terjadi disaat tekanan dr pressure plate blm sempurna menjepit plat kopling ke flywheel, biasanya terjadi waktu "half bite" yg istilah umumnya 1/2 kopling (kopling gantung). Kejadian serupa jg bs ditemui di mobil yang stelan pedal kopling terlalu tinggi....jadi meski pedal sudah dilepas, tapi sebenernya kopling blm release/free sempurna. Maka dari itu setiap pabrikan sudah menetapkan ttg jarak bebas/jarak main pedal kopling (free play) pada tiap2 produknya untuk mencegah kejadian tsb
CMIIW